Matematika Tak Lagi Menakutkan, Belajar Secara Live Interaktif Solusinya

Beberapa anak menganggap matematika dan ilmu eksakta lainnya seperti fisika dan kimia adalah momok nan menakutkan. Sering kali, jika ada sedikit kesalahan dalam pengerjaan soal di awal, maka akan salah semua. Seram ya?

“Sudah serius mengerjakan, tapi kalau ada yang salah sedikit saja di awal, semuanya salah. Kesal banget. Belum lagi ada banyak rumus-rumus dan aturan pengerjaannya. Matematika, fisika, dan kimia cukup sulit buatku.” Demikian curahan hati seorang siswa sekolah menengah pertama (SMP), Rama, kepada saya.

Ditambah lagi, guru-guru yang mengajar ilmu eksakta di sekolahnya terkenal “killer“. Hal itu membuat Rama dibayang-bayangi ketakutan dan kecemasan saat belajar. Alih-alih makin pintar, justru makin nggak paham akan penjelasan sang guru.

Lalu gimana solusinya? Sebagai orang tua, tentu kita punya keterbatasan dalam membersamai anak-anak belajar. Mungkin keterbatasan waktu, tenaga, maupun kemampuan. Tidak perlu merasa bersalah dengan keterbatasan yang dimiliki. Pasti selalu ada solusi dari setiap persoalan.

Nah, salah satu solusi sekaligus tips jitu agar anak jago matematika dan ilmu eksakta lainnya adalah dengan mengikutsertakan anak pada bimbel alias bimbingan belajar dengan metode belajar live interaktif.

Ya, belajar matematika dan ilmu eksakta lainnya secara live interaktif bisa menjadi cara agar anak memahami konsep pelajaran tersebut lho. Ini dia sejumlah alasan belajar secara live interaktif bisa menjadi solusi agar matematika dan ilmu eksakta lainnya tak lagi menakutkan.

1. Bisa Dilakukan dari Mana Saja

belajar matematika
Ilustrasi anak belajar/ Foto: Sinotif

Perkembangan teknologi memudahkan kegiatan manusia, tak terkecuali dalam belajar. Sejak pandemi COVID-19, banyak kegiatan yang semula berlangsung offline beralih ke online. Hal itu membuka mata siapa pun, bahwa sebenarnya banyak kegiatan yang tetap bisa efektif dilakukan dari rumah saja.

Juga dalam belajar matematika, fisika, dan kimia, anak-anak bisa banget melakukan dari rumah atau dari mana saja. Bila punya kesempatan, orang tua bahkan bisa turut menemani, sekaligus belajar kembali, he-he-he.

Belajar secara live interaktif membuat siswa yang kebetulan menemukan soal-soal sulit bisa langsung bertanya ke ahlinya untuk menemukan jawaban. Sepraktis itu. Jadi, meskipun kegiatan belajar digelar online, rasanya seperti berhadapan langsung dengan sang pengajar. Jika ada kesulitan bisa langsung ditanyakan dan dikonsultasikan.

2. Visual Memudahkan Anak Belajar

Dibandingkan belajar sendiri bersama buku-buku pelajaran, belajar secara live interaktif akan membuat anak lebih semangat belajar. Kenapa? Karena saat belajar secara live, anak mengakses pengalaman yang membantunya memvisualisasikan hal-hal yang sebelumnya sulit dibayangkan. Dengan begitu, anak mampu memahami hubungan berbagai konsep.

Saat kegiatan belajar mengajar, guru bisa menggunakan diagram untuk menunjukkan komponen-komponen suatu sistem. Bisa pula dengan menggunakan permainan edukatif, simulasi, dan video yang memperagakan suatu konsep. Memanfaatkan bantuan visual, anak dapat mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep matematika, fisika, dan kimia.

3. Akses pada Berbagai Contoh Soal

belajar matematika
Ilustrasi anak belajar/ Foto: Canva

Sering kali anak paham saat dijelaskan satu soal. Namun, ketika menghadapi variasi soal lainnya, jadi kebingungan. Nah, dengan memanfaatkan teknologi, saat ini anak-anak bisa mengakses berbagai contoh soal dan pembahasan.

Level soal pun berbeda-beda, dengan variasi yang berbeda pula. Anak jadi lebih terbiasa memahami konsep dan mengasah kemampuannya.

Lalu di mana tempat bimbel matematika terbaik? Terus baca tulisan ini, karena saya punya rekomendasinya.

Bimbel Matematika, Fisika, dan Kimia Terbaik

Bagi saya yang saat sekolah kurang jago matematika dan pelajaran eksakta lainnya, keberadaan bimbel khusus eksakta sangatlah membantu. Kekurangan saya dalam membimbing anak belajar eksakta bisa ditutupi oleh bimbel.

Bimbel yang saya maksud adalah Sinotif Bimbel Live Interaktif. Ada yang sudah kenal dan bahkan telah mendaftarkan anaknya ke Sinotif? Jika sudah, wah ini memang pilihan tepat, Ma. Apalagi Sinotif punya pengalaman lebih dari 20 tahun di bidang bimbel eksakta. Lebih dari tiga puluh ribu siswa dari seluruh Indonesia pun telah sukses dibimbing Sinotif.

Sinotif menawarkan pengalaman belajar “Online Rasa Tatap Muka”. Sinotif mengusung konsep “live dan interaktif”, di mana bimbel digelar menggunakan Zoom. Kegiatan belajar mengajar pun berlangsung dua arah. Jadi, anak-anak tidak hanya menonton video saja, melainkan benar-benar berinteraksi dengan gurunya.

Pengalaman lebih dari dua dekade membuat Sinotif paham bahwa anak-anak memiliki kebutuhan dan target yang berbeda-beda. Itu makanya Sinotif memberikan layanan

belajar yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing anak. Dengan begitu anak bisa belajar dengan kecepatan mereka sendiri, sekaligus mampu memperkuat pemahamannya tentang konsep-konsep eksakta yang kompleks.

Hal inilah yang membuat saya yakin bahwa Sinotif Bimbel Live Interaktif adalah tempat bimbel matematika, fisika, dan kimia terbaik.

Mengenal Lebih Dekat Sinotif Bimbel Live Interaktif

Bagi yang penasaran, yuk kita mengenal lebih dekat Sinotif Bimbel Live Interaktif. Mungkin ada Mama yang penasaran, kapan sih anaknya bisa ikut bimbel di Sinotif. Jawabannya adalah sejak SD.

Ya, Sinotif berupaya memenuhi kebutuhan belajar siswa dari tingkat SD, SMP, SMA, bahkan sampai mahasiswa semester awal. Siswa dari sekolah nasional hingga internasional bisa belajar di Sinotif.

Guru-guru di Sinotif pun nggak kaleng-kaleng. Semuanya merupakan spesialis matematika, fisika, dan kimia yang telah tersertifikasi. Modulnya yang disediakan lengkap dan sistematis, dengan kombinasi gaya belajar linear dan global sesuai kebutuhan siswa di sekolah.

Anak-anak bisa lho bertanya soal ataupun pekerjaan rumah (PR). Gampang sekali jika akan tanya soal. Mudah dan praktis. Kita hanya perlu memfoto soal, lalu mengirimkannya, dan tunggu jawabannya.

Para siswa juga dapat memperdalam materi dan latihan soal 24 jam nonstop melalui website e-learning untuk belajar mandiri. Jadi, kapan saja dan di mana saja bisa banget.

Selain itu, bimbingan dilakukan secara personal sesuai kebutuhan dan karakter anak. Orang tua pun makin tenang karena ada laporan perkembangan siswa setiap belajar. Mantul banget!

Tertarik untuk mendaftarkan anak ke Sinotif Bimbel Live Interaktif? Simak produk-produknya berikut ini untuk menentukan paket yang akan dipilih ya, Ma.

Penutup

Menguasai matematika, fisika, dan kimia bisa meningkatkan rasa percaya diri anak. Apalagi saat ini banyak digelar olimpiade ilmu eksakta untuk para siswa berbagai level pendidikan. Dengan menguasai pelajaran tersebut, anak bisa turut ambil bagian dalam kompetisi. Pengalaman anak bisa bertambah deh.

Semoga melalui tulisan ini, kita semakin memahami manfaat belajar live interaktif, khususnya dalam belajar matematika dan ilmu eksakta lainnya. Layanan belajar seperti itu ditawarkan Sinotif Bimbel Live Interaktif yang modern, murah, dan lengkap.

Sebenarnya tak hanya matematika, fisika, serta kimia saja. Di Sinotif, anak juga bisa belajar bahasa Inggris dan Mandarin.

Yuk, Ma, berikan pengalaman menyenangkan belajar pada anak. Bersama Sinotif, matematika dan teman-temannya tak lagi jadi mimpi buruk. Orang tua pun jadi lebih tenang.

Last but not least, Sinotif saat ini sedang menggelar lomba blog lho untuk periode 1 September – 14 Oktober 2023. Bagi Mama yang suka menulis di blog, jangan sampai nggak ikutan ya. Info selengkapnya bisa disimak di Instagram @sinotif.official.

Referensi:

Website Sinotif

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com