Cerita Sunat di Safubot, Harga, Lokasi, dan Metode yang Dipakai

Assalamualaikum, Mama, adakah anak laki-lakinya yang akan sunat dalam waktu dekat? Jika iya, saya punya cerita nih tentang persunatan. Kebetulan, belum lama ini anak bungsu saya sunat di Safubot.

Si bungsu berusia empat tahun, dan bulan Juli tahun ini bersiap masuk ke taman kanak-kanak (TK). Salah satu persiapan masuk sekolah yang kami lakukan adalah menyunat si kecil. Hah? Sunat kok jadi persiapan masuk sekolah TK?

He-he, sebenarnya agar saat sekolah kelak, anak lebih fokus untuk kegiatan lainnya. Rencananya si kecil akan ikut serta di kegiatan luar sekolah juga, seperti olahraga atau belajar bahasa asing.

Dulu, si sulung juga sunat di umur empat tahun. Keluhan agak sakit saat buang air kecil menjadi dorongan untuk segera mengajaknya ke klinik sunat. Ketika itu, si sulung sunat dengan metode klamp. Ada yang belum tahu teknik sunat yang satu ini? Akan saya singgung sekilas ya.

Untuk si bungsu ini, kami memilih sunat di Safubot. Salah satu alasannya adalah lokasi sunat cukup dekat dari rumah. Selain itu, banyak cerita positif dari tempat sunat ini. Jadi, baca selengkapnya cerita sunat di Safubot ini ya.

Sunat dengan Metode Klamp

Ilustrasi sunat/ Foto: Canva

“Apakah sunat di sini menggunakan metode klamp?” tanya saya pada petugas call center Safubot. Ternyata jawabannya: tidak.

Dulu, saat si sulung sunat, kebetulan saya masih bekerja kantoran. Butuh waktu penyembuhan 10-14 hari setelah khitan, sehingga suami memilih izin bekerja dari rumah.

Untuk mempercepat penyembuhan, si sulung waktu itu direndam di baskom berisi air hangat. Hal itu dilakukan selama beberapa menit di pagi dan sore hari. Jika sunat atau sirkumsisi dilakukan menggunakan metode klamp, luka sunatnya memang boleh terkena air.

Seperti apa sunat dengan metode klamp? Mengutip penjelasan di situs Siloam Hospitals, sunat klamp dilakukan dengan menggunakan alat khusus berupa tabung plastik atau penjepit berbahan logam. Gunanya untuk menjepit kulit di bagian ujung penis (kulup).

Setelah dijepit, kulup dipotong dengan pisau bedah tanpa dijahit. Ukuran alat clamp dapat disesuaikan dengan ukuran penis pasien. Metode ini memang jamak digunakan sebagai prosedur sunat pada anak, karena diyakini minim menimbulkan rasa sakit dan perdarahan pascatindakan.

Si sulung dulu menggunakan metode smart klamp. Metode ini menggunakan tabung plastik yang dilengkapi penjepit di kedua sisinya. Penjepit ini akan menahan kulit di bagian ujung penis untuk menghentikan aliran darah. Dengan begitu, kulup akan lebih mudah dipotong.

Selain smart klamp, ada juga gomco klamp dan mogen klamp. Prinsipnya, memiliki cara kerja yang sama. Keduanya sama-sama menggunakan penjepit berbahan logam. Hanya saja, gomco klamp menggunakan alat tambahan lain untuk melindungi penis.

Metode Sunat di Safubot

sunat di safubot
Safubit/ Foto: Nurvita Indarini

“Lalu metode sunat di Safubot seperti apa?” tanya saya lagi kepada petugas call center Safubot. Dia jawab: metode bipolar pen sealer. Wah, apa itu?

Jadi, ini merupakan alat seperti pena bersuhu rendah yang bisa memotong kulup dan langsung mengeringkan luka. Perdarahannya sangat minim, dan lukanya langsung menyatu sendiri tanpa harus dijahit dan diperban.

Sebelum pemotongan kulup dilakukan, anak akan diberi bius lokal terlebih dahulu. Setelah lima menit, pada penis anak dipasang gland protector. Gunanya adalah untuk melindungi kepala penis pada saat pemotongan kulup. Setelah tindakan selesai dilakukan, tidak ada alat apa pun yang terpasang.

Anak lantas diminta menggunakan celana sunat untuk melindungi area penisnya. Selesai, anak boleh pulang. Tidak perlu ada kontrol secara tatap muka jika kondisi penis normal.

Suasana di Safubot

sunat di safubot
Berposes ebulum sunat/ Foto: Nurvita Indarini

Anak saya happy sekali saat tiba di tempat sunat Safubot. Bagaimana tidak, begitu masuk disambut patung robot khas Safubot. Selain itu ada playground kecil yang langsung dijajal si bungsu.

Interior Safubot saya akui sangat ramah anak. Di dindingnya terpasang ornamen robot. Lagu anak-anak seperti “Baby Shark” terdengar dari berbagai penjuru ruangan.

Suasana seperti ini membuat tempat sunat jauh dari kesan menyakitkan dan menyeramkan. Anak-anak pun jadi lebih berani dan percaya diri.

Ruang untuk tindakannya juga nyaman. Ada satu tempat tidur untuk tindakan. Sementara di sisi lain terdapat sofa empuk untuk menunggu. Di sudut ruangan terdapat aneka mainan seperti boneka robot, boneka binatang, juga mobil-mobilan.

Kesalahan terbesar saya saat membawa si bungsu ke tempat sunat adalah tiba di jam yang mepet banget dengan tindakan. Jadi si kecil kurang waktu untuk lebih mengenal tempat tersebut.

Apalagi si bungsu ini anaknya tuh tidak mudah percaya pada orang lain dan tempat baru. Dia harus punya waktu yang cukup lama untuk membangun bonding. Karena tidak punya waktu cukup, alhasil dia nangis-nangis deh sewaktu tindakan dilakukan.

Jadi, tangisannya bukan representasi kesakitan, tapi kekesalan. Dia kesal karena ada orang lain melihat penisnya. Padahal yang melihat ‘kan om dokter dan om perawat, Nak. Di rumah juga sudah di-briefing. Sayangnya, kenyataan tak seindah ekspektasi.

Dalam perjalanan pulang, si kecil menangis dan minta balik lagi ke Safubot. Lho, mau disunat lagikah? Rupanya dia belum puas bermain di sana. Akhirnya kami bujuk-bujuk, nanti saat libur di akhir pekan akan diajak main ke playground.

Tangisannya reda. Sampai rumah, bahkan dia langsung main-main bersama abangnya. Hanya saja, saat bius lokalnya habis, dia mengeluh sakit. Saya beri dia obat pereda rasa sakit dari Safubot. Setelah itu, dia tidur deh sampai maghrib.

Harga Sunat di Safubot

sunat di safubot
Sebelum masuk ke tempat sunat/ Foto: Nurvita Indarini

Penasaran dengan harga sunat di Safubot? Beberapa waktu lalu, biaya yang kami keluarkan tidak sampai Rp3.000.000,00. Tepatnya, Rp2.810.000,00, dari yang seharusnya Rp.2.930.000,00.

Ini dia harga sunat di Safubot.

A. Safubot Anak (usia 0 sampai 11 tahun)

1. Paket Reguler 2.930.000

2. Paket VIP 3.630.000

B. Safubot Anak Gemuk (usia 0 sampai 11 tahun)

1. Paket Reguler 3.630.000

2. Paket VIP 4.130.000

C. Safubot Remaja (11 sampai 19 tahun)

1. Paket Reguler 3.290.000

2. Paket VIP  3.890.000

D. Safubot Remaja Gemuk

1. Paket Reguler 3.790.000

2. Paket Vip 4.390.000

E.  Safubot Dewasa (> 20 tahun)

1. Paket Reguler 3.690.000

2. Paket VIP Dewasa 4.190.000

Asyiknya, di Safubot sering ada diskon. Misalnya nih, untuk bulan Juni-Juli 2024, ini ada ekstra diskon sebagai berikut:

1. Ekstra diskon spesial potongan Rp.120.000,00 khusus tanggal 1-2 Juni 2024, dalam rangka Hari Kesaktian Pancasila.

2. Ekstra diskon spesial potongan Rp.120.000,00 khusus 17 Juni 2024, dalam rangka Idul Adha.

Selain itu, ada diskon super Rp.150.000, khusus diberikan pada yang berulang tahun di bulan tersebut. Diskon tersebut juga diberikan kepada yang berusia di atas 20 tahun.

Setiap harinya, di akhir pekan dan hari kerja, juga ada diskon Rp.100.000,00. Lalu, jika sunatnya berdua, ada diskon tambahan 5 persen. Sedangkan jika sunatnya bareng-bareng berempat, diskonnya sampai 10 persen.

Saat melakukan reservasi, saya tidak membayar apa pun. Pembayaran baru dilakukan saat tindakan sudah selesai dilakukan.

Beda Reguler dan VIP

Ruang tindakan/ Foto: Nurvita Indarini

Saya mulanya penasaran, apa sih beda layanan reguler dan VIP. Oleh petugas call center, diberi penjelasan seperti berikut ini.

Reguler

Mendapat goodie bag berisi topi, pin bros, stiker, sertifikat, obat-obatan, dan celana sunat.

VIP

Mendapat tambahan Safubot oil untuk mempercepat penyembuhan. Apalagi jika ada fimosis atau perlengketan, konon minyak ini bisa membantu mengatasi.

Untuk obat antinyeri lebih paten ketimbang yang reguler. Selain itu, isi goodie bag-nya juga berbeda. Ada tambahan boneka, waist bag, dan sertifikat yang berbeda.

Layanan VIP juga memberikan kebebasan pada keluarga pasien untuk memilih ruangan yang besar. Orang tua pun diberi seragam untuk menunggu anaknya selesai menjalani tindakan. Jadi bisa lebih ketjeh gitu, Ma, saat futu-futu.

Lokasi Sunat Safubot

sunat di safubot
Tempat sunat yang menyenangkan/ Foto: Nurvita Indarini

Rupanya tempat sunat Safubot sudah tersebar di berbagai lokasi di Indonesia. Kami tinggal di Tanjung Barat, Jakarta Selatan, jadi memilih lokasi terdekat yakni di Depok.

Bagi Mama yang tertarik untuk sunat anak di Safubot, berikut ini lokasi cabangnya:

*Safubot Rawamangun

*Safubot BSD

*Safubot Summarecon Bekasi

*Safubot Depok

*Safubot Jatibening

*Safubot Greenlake

*Safubot Cibubur

*Safubot Kemang

*Safubot Bintaro

*Safubot Cinere

*Safubot Karawang

*Safubot Citra Garden

*Safubot Medan

*Safubot Palembang

*Safubot Sentul

*Safubot Cirebon

*Safubot Yogyakarta

*Safubot Jogja Bantul

*Safubot Semarang

*Safubot Bandung

*Safubot Solo

*Safubot Malang

*Safubot Surabaya

*Safubot Cikarang

*Safubot Tangcity

*Safubot AEON JGC

*Safubot Pekanbaru

*Safubot Makassar

*Safubot Jambi

*Safubot Batam

*Safubot Lampung

*Safubot Purwokerto

*Safubot Serang

*Safubot Bogor Pandu Raya

Safubot Indramayu

Celana Sunat

celana sunat
Celana sunat/ Foto: Nurvita Indarini

Biasanya di tempat sunat seperti Safubot sudah memberi celana sunat. Mengingat jumlah celana yang diberikan terbatas, biasanya ada orang tua yang membeli sendiri celana sunat tambahan.

Saya pernah beli celana sunat di market place. Ketik saja kata kunci celana sunat di market place, akan banyak ditemukan penjual celana tersebut dalam berbagai warna dan ukuran.

Harus banget ya pakai celana sunat? Menurut saya sih perlu ya pakai celana sunat usai menjalani prosedur sirkumsisi. Dengan celana sunat, luka pascasunat tidak akan tergesek celana anak, sehingga terhindar dari perih dan rasa tidak nyaman.

Yup, keberadaan spons berbentuk tempurung di tengah celana sunat memberikan proteksi pada penis. Aman dan praktis.

Penutup

Nah, itu dia sekelumit cerita sunat anak saya di Safubot. Menurut saya pelayanannya memuaskan sih. Sehari setelah sunat, anak saya sudah naik sepeda di depan rumah. Namun, tetap ya pakai celana sunatnya.

O, ya, anak saya tidak mengenal istilah “titit” atau “burung”. Jadi ketika usai sunat ditanya kerabat, “Burungnya sakit nggak?” anak saya malah kebingungan. Hi-hi, soalnya memang nggak pelihara burung.

Membiasakan menyebut penis untuk alat kelamin laki-laki dan vagina untuk alat kelamin perempuan, merupakan bagian dari edukasi seks. Saya pernah menulis sedikit cerita tentang ini. Mampir ya, di tulisan edukasi seks untuk anak, siapa tahu bermanfaat.

Setelah sunat ini, tidak ada perayaan apa pun di rumah. Bagi kami, sunat adalah bagian dari hal-hal sehari-hari seperti gigi copot karena memang sudah saatnya berganti gigi tetap. Jadi, kami hanya mengapresiasi keberanian si kecil dengan pujian dan hadiah kecil.

Adakah yang punya pengalaman sunat anaknya? Gimana, ada nangis-nangisnya atau benar-benar tanpa air mata?

Referensi

siloamhospitals.com. “Kelebihan dan Kekurangan Sunat Klamp sebagai Metode Khitan”, https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/apa-itu-sunat-klamp*, diakses pada 3 Juni 2024.

33 Comments
  1. Monica Rasmona says

    Pantesan si dede nangis pengen balik lagi, orang playground-nya juga nyaman. Harusnya satu jam sebelum tindakan sudah di lokasi, ya. By the way, jadi anak bujang saya yang tahun ini berusia lima tahun. Masih dalam proses dibujuk untuk disunat, nih.

  2. Alfia D. Masyitoh says

    Aku juga lagi nyari tempat sunat buat anak 4 tahunku mbak. Ya gitu, biar nanti gak ngganggu aktivitas sekolah, mending sunat lebih awal aja. Safuboat udah masuk list pertimbangan, karena emang testimoni2nya bagus sih ya. Tapi ini masih nyari tempat lain yang harganya lebih oke sih, hehe..

    1. Nurvita Indarini says

      Bener, Mbak, setelah sunat sedikit lega karena satu urusan selesai. Sekarang fokus untuk urusan lainnya. He-he semoga segera mendapat tempat sunat pilihan ya Mbak.

  3. Nurvita Indarini says

    Iya bener, Kak, harusnya sejam sebelumnya sudah di lokasi biar puas main-mainnya…

  4. Uswatun Khasanah says

    Wah, pas banget, Kak. Bulan depan mau sunat si kecil bertepatan dengan usianya yang genap 3 tahun. Sedang cari-cari referensi tempat sunat, alhamdulillah baca ulasan lengkap dari yang pernah pakai Safubot. ,😍

    1. Luluk+Sobari says

      Makin keren saja ya metode sunat sekarang. Makin bagus dan makin mudah. Jadinya kan anak bisa dikasih pengertian, kalau sunat itu gak menyeramkan. Apalagi pasca sunatnya kayak langsung sehat gitu, gak perlu kontrol segala kalau gak ada keluhan.

  5. Nia says

    Keren, baru tahu ada tempat sunat se-wah itu, hihi …. Maklum, kalau dari kisah yang kudengar kebanyakan memilih mendatangkan dokter ke rumah, atau langsung ke klinik dokternya. Termasuk adik-adik dan sepupuku, serta anak tetangga, rata-rata sunatnya di rumah. Pengetahuan baru lagi nih, makasih banyak ya Bunda, sungguh mengedukasi banget.

  6. Avizena Zen says

    Wahh pas banget nih Kak. Daku lagi cari klinik sunat soalnya anak Lanang udah waktunya sunat. Di Safubot recommended yaa dan biaya juga cukup terjangkau. Yg penting layanan juga memuaskan.

  7. tukang jalan jajan says

    Secara keseluruhan, terlihat sangat puas dengan pengalaman sunat di Safubot ya kak. Kliniknya profesional, dokternya berpengalaman, dan metodenya modern sehingga minim rasa sakit dan pendarahan. beneran direkomendasikan Safubot bagi orang tua yang ingin menyunat anaknya dengan nyaman dan aman.

  8. Kyndaerim says

    MaysaaAllah, selamat buat si bungsu, selamat mau masuk TK juga, anak soleh.. Kalo anakku dulu disunat ya pas 3 tahun, biasaaa ikut sunat massal, biar banyak temennya, hihii..

    Kalo sekarang, udah banyak banget ya sunat modern, kayak di Safubot ini. Fasilitasnya komplet dan bikin anak nyaman yah, Maa..

  9. Hani says

    Waduh, nyaman gini mau sunat yak. Pantesan si Adik, auto pengen balik lagi…wkwkwk…
    Semakin canggih ya metode sekarang, ada klem, laser, bipolar pen sealer. Makin lebih cepat kering dan no drama deh…
    Kami dulu juga engga ada pesta sih waktu menyunatkan anak. Paling cuma selametan kecil, kakek-neneknya datang.

  10. bening says

    terima kasih informasi kerennya. wah bisa jadi referensi nih, nanti kalau aku punya anak cowok, semoga udah lebih siap soal sunat

  11. Yuni Bint Saniro says

    Wah, asyik nih. Playground nya bakal bikin anak enjoy. Dan nggak terlalu mengkhawatirkan soal sunat. Sampai giliran mereka buat tindakan. Mantap bener nih tempat sunatnya.

  12. Fenni Bungsu says

    Kalau melihat suasananya asik ya, jadinya si kecil yang akan disunat bisa lebih rileks, karena bisa diajak main dulu

  13. Anggita says

    Wah ada di Surabaya nih. Bisa jadi referensi buat sunat anak lanang nanti. Makasih review nya mba. Suasana di situ terlihat lebih kids friendly ya

  14. Dian says

    Wah, lengkap sekali informasinya kak
    Pas buat yang mau sunatin anaknya nih
    Sekarang metode sunat macam macam ya

  15. Didik Purwanto says

    Seru banget ngajak si kecil sunat. Di sini tuh kalo blm lulus SD/menjelang kelas 6, blm boleh sunat. Entah mitos/apa dah. Takutnya ga ba tumbuh tinggi. Jd ya kdg dijadikan bahan tertawaan teman kl ada anak yg blm sunat.

    Harga paket sunatnya mayan ya kak. Tp ngelihat si kecil happy, bahkan hanya sehari loh udh bs jalan2, ini sih worthed bgt. Si kecilku dl bs semingguan.

    Lucu bgt pas ngebayangin dedeknya nangis bkn krn sakit tp kesal. Haha. Ngebayangin ortu & dokternya nenangin tuh.

    1. Retno Kusuma Wardani says

      Anak pasti happuly kalau masuk Safubot, tempatnya menyenangkan. Hilang deh deg-degan selama di perjalanan yang ada malah nyaman saat disunat..

  16. Eri+Udiyawati says

    Tempat sunat Safubot ini keren sekali. Banyak banget permainannya. Sebelum sunat, anak-anak bisa main sepuasnya.nih.

    Wah iya, harusnya datangnya lebih awal ya Mbak, biar anak bisa main dulu.

  17. Akarui Cha says

    Wah, kalau sunat di Sufabot, lukanya jadi nggak perlu dijahit, pun jad nggak perlu balik kontrol lagi kalau nggak kenapa-napa. Kayaknya kalau pilih layanan VIP bakalan lebih nyaman nggak sih? Banyak pula nih cabangnya Sufabot.

  18. Okti Li says

    Jadi mesem mesem pas tahu di adik ingin kembali ke tempat sunat karena belum puas main ya.
    Emang tempat sunat nya itu ramah anak, bikin betah dan anak suka ya…

  19. Yusriah says

    Jadi rekomendasi untuk anakku yang sudah hampir 3 tahun nih mbaa…mencari tempat sunat yang nyaman juga penting banget ya, sayangnya disini safubot belum ada

  20. Wahyuindah says

    Wow, sunat pas masuk TK. Keren ya. Anakku baru berani sunat nanti kalau sudah kelas 5 katanya. Sekarang masih kelas 4. Berarti setahun lagi. Eh itu aja dia minta mundur kelas 6 aja. Haduh, pasti ada yang nakutin nih. Jadi anakku takut disunat. Ckckckck

    1. Yonal Regen says

      Ini cabang Safubot banyak juga ternyata, ya. Teman-teman yang ada Safobut di daerahnya jadi ga bakalan bingung lagi nyari referensi buat tempat sunat anak.
      Walaupun harganya memang lumayan, tapi dengan fasilitas yang super lengkap, anak-anak bakalan suka dah

  21. Happy Hawra says

    kalau liat sekarang tuh, sunat gak terlalu jadi momok menakutkan ya. karena teknologi juga udah makin canggih. kadang baru sunat berapa jam juga udah bisa lari-larian lagi anaknya

  22. Eka+Fitriani+larasati says

    kebetulan banget insyallah dalam waktu dekat saya juga mau sunatin anak. rencananya yang pakai sistem laser itu loh, ada di deket sini klinik yang menyediakan. tapi saya tertarik dengan safubot nih, dan ada di Bandung ya ternyata. ini pakai sistem bipolar pen sealer nih menarik banget.

    kalau baca dari artikelnya ini serba cepat tapi rapi dan gak ada pendarahan ya. kalau proses keringnya berapa lama nih mba? dulu anak pertama pake cara konvensional, butuh waktu seminggu sampai sakitnya berkurang dan semingg kemudian baru bisa lari – lari, hehe.

  23. Müzeyyen says

    Tempat keren, dan bikin betah anak-anak, jadi tertarik besok buat nyunatin anakku dengan teknik bipolar pen sesler, jadi Luka cepet kering dan mengurangi rasa sakit ya.

  24. Atiq says

    Wah diskonnya lumayan jg ya 🙂 kayanya rencanain pas ulang tahunnya aja deh kalo gt biar dpt diskon jg hehe

  25. Novita Nurul Islami says

    Wah… aku baru dengar metode sunat safubot, jaman semakin canggih ya kak. Kalau dulu penyembuhan setelah sunat membutuhkan waktu yang panjang. Kalau sekrang dengan metode-metode baru, habis kulup terpotong bisa langsung kering lukanya. Anak jadi gak takut buat sunat ya..

  26. Gemaulani says

    Bener banget kak, sunat zaman dulu lama banget penyembuhannya bisa sampai berminggu-minggu. Befa sama sekarang yang banyak pilihan metode sunatnya. Wah di Safubot suasana tempat sunatnya menyenangkan banget tuh. Harganya juga masuk akal apalagi dengan penggunaan metode bipolar pen sealer.

  27. Uniek Kaswarganti says

    Baru tau nih ada metode bipolar pen sealer gitu. Lukanya cenderung lebih mudah sembuh yaaa.. Dulu anak saya pakenya yang model clamp. Cepat juga sih sembuhnya, sekitar semingguan. Cuma pas nglepasin clampnya malah lebih kesakitan dia, agak nempel clampnya.

  28. lendyagassi says

    Rekomen banget untuk anak berani sunat.
    Selain metodenya yang bikin anak gak takut saat melakukan sunat sampai perawatannya yang relatif mudah daripada metode klasik. Cabang Safubot ada banyak yaah.. Langsung googling info Safubot Bandung.

  29. Irra Octaviany says

    Safubot ini punya tempat yang nyaman banget deh, harganya juga lumayan ternyata ya. Yaaa yang penting anak happy sih bisa sunat dengan nyaman. Hehe.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.