Debellin Premium Cookware Review: Panci Sehat yang Instagramable

Debellin Premium Cookware review ini sebenarnya sudah ingin saya tulis sejak lama. Qadarullah karena sesuatu dan lain hal, baru bisa direalisasikan sekarang. Ibu-ibu yang sedang mencari panci sehat, yuk merapat. Bagi yang mencari wajan untuk menggoreng tanpa minyak, merapat juga ya.

Di Debellin Premium Cookware review ini, saya akan menuliskan pengalaman menggunakan panci sehat ini. For your information ya Mama, saya sudah 7 bulan lebih menggunakan wajan Debellin.

Kebersamaan bersama Debellin Premium Cookware dimulai dari resolusi tahun 2020. Kala itu saya ingin mengganti alat masak. Beberapa alat masak yang penyok disingkirkan. Pengantinya harus lebih baik dan lebih sehat. Pilihan pun jatuh pada Debellin Premium Cookware, si panci sehat.

Cuz langsung simak ya para Mama, Debellin Premium Cookware review saya kali ini.

Debellin Premium Cookware Review: Kenapa Pilih Debellin?

Debellin Premium Cookware Review, Panci Sehat/ Foto: Instagram Debellin

Saya adalah orang yang penuh pertimbangan saat akan melakukan sesuatu. Tidak terkecuali dalam memilih alat masak. Googling sana-sini dilakukan demi mendapat rekomendasi alat masak yang sehat.

Lalu saya menemukan Instagram Debellin. Wah! Cantik sekali pancinya. Benar-benar Instagramable. Nggak cuma cantik, ini juga panci sehat. Akhirnya Debellin Premium Cookware pun jadi pilihan.

Oh ya, produk Debellin Premium Cookware yang saya gunakan adalah fry pan Granite Series ukuran 24 cm.

1. Aman dan Sehat

Debellin Premium Cookware Review, Alat Masak Sehat/ Foto: Instagram Debellin

Debellin Premium Cookware menggunakan teknologi coating German, yaitu Greblon dengan tingkat C3. Teknologi itu membuat Debellin jadi alat masak yang bebas dari PFOA.

PFOA adalah perfluorooctanoic acid atau asam perfluorooctanoic (PFOA), yang juga dikenal sebagai C8. Ini merupakan bahan kimia buatan manusia yang digunakan dalam proses pembuatan teflon.

Nah, PFOA ditengarai berpotensi menjadi masalah kesehatan. Kandungan ini dapat bertahan di lingkungan dalam waktu lama. Apabila masuk ke dalam tubuh manusia, juga bisa bertahan lama.

Badan Internasional untuk Penelitian Kanker (IARC) mengklasifikasikan PFOA sebagai zat yang kemungkinan bersifat karsinogenik pada manusia. Klasifikasi ini berdasar bukti terbatas pada manusia yang dapat menyebabkan kanker testis dan ginjal. Oh ya, IARC merupakan bagian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Tanpa PFOA yang terkandung, saya makin mantap memilih Debellin Premium Cookware sebagai panci sehat.

2. Bisa Menggoreng Tanpa Minyak

Debellin Premium Cookware Review, Alat Masak Sehat/ Foto: Instagram Debellin

Satu hal yang bikin tertarik beli Debellin Premium Cookware adalah karena bisa menggoreng tanpa minyak. Ingin hidup lebih sehat membuat saya bertekad mengurangi minyak banyak.

Teknologi Greblon yang diusung membuat antilengket pada Debellin tidak diragukan. Di awal penggunaan, saya mencoba menggoreng telur tanpa minyak. Berlanjut menggoreng kentang tanpa minyak. Kemudian menggoreng gabin tanpa minyak.

Semua makanan mulus berkecimpung di penggorengan. Tidak ada satu pun yang lengket. Meski dimasak tanpa minyak, rasa makanannya tetap enak. Cita rasa makanan tidak terganggu.

3. Bisa Menggoreng Macam-macam Sekaligus

Debellin Premium Cookware Review, Alat Masak Sehat/ Foto: Instagram Debellin

Bagi saya, wajan ukuran 24 cm itu sudah cukup besar. Maklum, kami adalah keluarga kecil. Karena itu, dalam sekali sesi menggoreng, bisa sekaligus aneka makanan.

Misalnya suatu kali saya menggoreng ikan di satu sisi wajan Debellin. Lalu, di sisi lainnya menggoreng kentang. Semua matang sempurna. Kerennya lagi, aroma ikan tidak mengkontaminasi kentang.

4. Hemat dan Efisien

Debellin Premium Cookware Review, Alat Masak Sehat/ Foto: Vita

Sejak menggunakan Debellin Premium Cookware, saya merasa kegiatan memasak lebih mudah, hemat, dan efisien. Kenapa? Seperti dijelaskan sebelumnya, saya bisa menggoreng macam-macam sekaligus. Jadi hemat gas, kan?

Panci juga cepat panas meski menggunakan api sedang. Panasnya merata, sehingga makanan matang sempurna. Selain itu juga nggak gampang gosong. Memasak juga nggak berisik, lho. Minim suara dari wajan, pokoknya.

Pancinya juga mudah dibersihkan. Kita hanya perlu mengelap wajan dengan tisu untuk menghilangkan minyak dan sisa makanan. Selanjutnya, panci bisa dipakai untuk memasak makanan lainnya.

Saat mencuci juga mudah sekali. Saya hanya menuangkan sabun cuci ke permukaan panci, lalu gosok lembut menggunakan tangan. Ulangi menggunakan spons pencuci piring, termasuk di bagian belakang wajan. Bersih! Tinggal digantung deh.

5. Satu Wajan, Bisa Masak Apa Saja

Debellin Premium Cookware Review, Alat Masak Sehat/ Foto: Vita

Mama, tahu nggak, dengan masuknya Debellin Premium Cookware ke rumah, saya menyingkirkan berapa alat masak? Jawabannya dua. Satu, wajan antilengket lama yang kehilangan kesaktiannya. Dua, wajan yang biasa digunakan untuk menumis.

Ya, fry pan Debellin bisa digunakan juga untuk menumis. Jadi, setelah selesai menggoreng lauk, wajan dilap saja menggunakan tisu. Selanjutnya, menumis sayuran di wajan yang sama.

Setelah menumis sayur, saya juga menggunakannya untuk membuat pizza kentang atau pizza roti tawar. Dipakai untuk masak ayam kecap juga bisa. Semua enak.

Masakan di wajan Debellin Premium Cookware juga awet hangatnya lho. Meski sudah satu jam sejak api dimatikan, masakan masih tetap hangat.

Teknologi granite coating Debellin menyimpan panas lebih lama dibanding panci yang lain. Sehingga apabila masakan dalam panci dalam keadaan tertutup, akan lebih awet hangatnya.

6. Pengalaman Menyenangkan Saat Memasak

Debellin Premium Cookware Review, Alat Masak Sehat/ Foto: Instagram Debellin

Sesuatu yang ‘memanjakan’ mata, umumnya membuat lebih bersemangat. Debellin Premium Cookware sepertinya paham benar soal ini. Produk yang dikeluarkan memiliki tampilan yang memanjakan mata, sehingga memberikan pengalaman menyenangkan saat memasak.

Wajan yang saya punya, penampakan warnanya seperti batu alam. Kesan natural yang instagramable mencuat nyata. Buat yang suka memfoto makanan, bisa mendapat foto yang bagus tanpa harus memindahkan masakan ke piring.

Selain itu, gagang Debellin terbuat dari lapisan sintetis bercorak kayu. Hal ini membuat nyaman dan tidak panas saat digenggam.

Sebentar, Mama ada yang ingin membuat bakso sendiri di rumah? Simak pengalaman saya di tulisan ini ya: Cara Membuat Bakso Sendiri di Rumah.

Tips Memasak Menggunakan Debellin Premium Cookware

Sebagus dan semahal apa pun suatu barang, jika tidak digunakan dan dirawat dengan baik maka mudah rusak. Tidak terkecuali dalam menggunakan alat masak. Nah, berikut ini tips agar Debellin Premium Cookware yang digunakan lebih awet.

1. Menggunakan Spatula yang Cocok

Debellin Cookware Review, Alat Masak Sehat/ Foto: Instagram Debellin

Agar lapisan antilengket di Debellin Cookware lebih awet, Mama sebaiknya menggunakan pengaduk atau spatula dari plastik, kayu, atau silikon. Jangan menggunakan spatula berbahan logam untuk mengaduk atau mengeluarkan makanan.

Spatula logam atau sendok logam bisa menggores lapisan antilengket. Apalagi jika menggunakan benda yang tajam atau runcing. Big no ya, Mama.

2. Cukup Pakai Api Sedang

Debellin Cookware Review, Alat Masak Sehat/ Foto: Instagram Debellin

Agar performa Debellin Cookware selalu baik dan awet, kita hanya perlu menggunakan api sedang atau kecil. Api sedang justru bakal lebih membantu mencapai kematangan yang lebih cepat.

3. Jangan Panaskan Wajan Kosong Terlalu Lama

Debellin Cookware Review, Alat Masak Sehat/ Foto: Instagram Debellin

Alasan kita disarankan tidak meninggalkan dapur saat kompor menyala adalah untuk mencegah kebakaran. Alasan lainnya adalah agar tidak kelamaan meninggalkan wajan kosong di atas api.

Kebiasaan memanaskan wajan kosong terlalu lama, temperatur di atas 250 derajat Celcius, bisa merusak lapisan antilengket. Alhasil wajan tidak berumur panjang.

4. Jangan Rendam Debellin dalam Keadaan Panas


Debellin Cookware Review, Alat Masak Sehat/ Foto: Instagram Debellin

Saat memasak masakan tertentu, biasanya yang menggunakan kecap atau saus, bisa meninggalkan semacam kerak di permukaan wajan. Jika Mama mengalami ini, jangan buru-buru merendam Debellin Premium Cookware yang masih panas.

Sebaiknya tunggu alat masak tak lagi panas. Selanjutnya, Mama hanya perlu menuangkan sedikit air dan setetes sabun pembersih piring. Gosok lembut menggunakan spons, kerak langsung go away. Semudah itu!

Debellin Cookware Review: Beli Debellin di Mana?

Debellin Cookware Review, Alat Masak Sehat/ Foto: Instagram Debellin

Ada beberapa tempat yang bisa Mama sambangi untuk membeli Debellin Premium Cookware. Berikut ini beberapa toko online-nya.

  1. Situs Debellin
  2. Shopee
  3. Tokopedia
  4. Lazada
  5. Blibli
  6. Bisa juga di beberapa stockist yang tersebar di berbagai kota. Selengkapnya bisa dicek di sini.

Itu dia Debellin Premium Cookware Review saya kali ini. Semoga bisa jadi pertimbangan para Mama yang akan membeli panci sehat.

Referensi:

Perfluorooctanoic Acid (PFOA), Teflon, and Related Chemicals, https://www.cancer.org/cancer/cancer-causes/teflon-and-perfluorooctanoic-acid-pfoa.html

https://debellin.com/about/#1607316880105-18ec4903-ac75

Leave A Reply

Your email address will not be published.