Sumber Inspirasi Saat Jenuh di Rumah Saja

Adakah Mama yang merasa jenuh di rumah saja? Setahun lebih harus banyak menahan diri. Ya, harus sabar untuk tidak kumpul-kumpul. Menahan diri untuk tidak traveling sebebas dulu. Ketika jenuh karena di rumah saja, ada beberapa hal yang menjadi sumber inspirasi saya.

Meski di rumah saja bukan berarti mager nggak jelas kan ya, Ma. Apalagi mama-mama seperti kita yang nggak bisa berlama-lama rebahan. Bukannya nggak mau rebahan, soalnya kalau kelamaan rebahan anak-anak dan suami bisa keleleran.

Nah, masih dalam rangka mengejar ketertinggalan BPN Challenge, kali ini saya menulis tentang sumber inspirasi saat jenuh di rumah. Berikut ini beberapa sumber inspirasi saya, mungkin para Mama ada yang samaan juga.

1. Kajian Ustaz Firanda Andirja

Kadang saat kerjaan banyak, anak berulah, kerjaan domestik menumpuk, bawaannya uring-uringan melulu. Apalagi bila setiap saat ketemunya tembok lagi, tembok lagi.

Satu kesalahan kecil anak bisa kita jadikan drama. Kita yang seharusnya memberikan contoh bagaimana meregulasi emosi malah menampilkan teladan yang buruk. Hari-hari isinya marah dan emosi negatif lainnya.

Emosi itu menular. Saat kita cemas, anak bisa ketularan cemas. Pun ketika kita marah, energi negatifnya bisa menular pula ke anak. Untuk itu, perlu peredam emosi negatif. Bagaimana caranya ya? Kalau buat saya adalah dengan mendengarkan kajian, salah satunya kajian dari Ustaz Firanda Andirja.

Di kanal YouTube Ustaz Firanda Andirja ada berbagai tema kajian yang menjadi sumber inspirasi. Kita hanya perlu scroll untuk mencari bahasan yang relate dengan kondisi diri saat ini.

Buat saya, mendengarkan kajian terbukti ampuh meredam energi negatif. Saya merasa diajak menyelami kalamullah. Saya jadi merasa dinasihati dengan cara yang super lembut. Diingatkan untuk berusaha menjadi pribadi yang lebih baik.

Contohnya ketika saya sedang tergoda untuk sering marah pada anak, saya dengarkan kajian Ustaz Firanda Andirja tentang mendidik anak secara Islami. Masya Allah, ada banyak hal yang membuat saya malu. Betapa mudahnya diri ini marah pada anak yang sedang belajar menjalani hidup. Padahal anak adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan kepada Allah.

Kata Ustaz Firanda Andirja, jika nantinya anak menjadi pribadi yang tidak sesuai harapan (naudzubillah), maka itu bukan lagi urusan kita. Urusan terbesar kita adalah mendidiknya dengan sebaik-baiknya. Kelak jika Allah meminta pertanggung jawaban kita, maka kita bisa menyampaikan bahwa kita sudah berusaha mendidik anak semampunya.

2. Cookpad

Cookpad menjadi sumber inspirasi untuk memasak di rumah/ Foto: Canva

Dulu saat dunia aman dari pandemi, bebas saja ya, Ma, wisata kuliner. Sering cicip makanan yang jarang sekali dimakan. Namun, saat pandemi begini, jadi parno bila makan di luar.

Agar makannya tidak itu-itu melulu, saya mengandalkan Cookpad sebagai sumber inspirasi memasak. Memang sih, Ma, bukan masakan super istimewa yang dimasak. Saya sadar diri sih kemampuan di dapur tidak seberapa. Jadilah cari-cari resep yang super simpel dari Cookpad.

Dari resep di Cookpad, saya bisa menjajal bikin bolu kukus, bikin jajanan tanglur, juga berbagai olahan tempe. Iya, di Cookpad saya mendaoatkan resep sate tempe lilit, sate tempe saus kacang, serta bola-bola tempe. Dengan begitu si tempe tidak hanya digoreng atau dibikin orek saja.

3. Pinterest

Pinterest, menjadi sumber inspirasi untuk beraktivitas di rumah/ Foto: Canva

Untuk kegiatan anak di rumah, Pinterest menjadi sumber inspirasi saya. Di sana ada banyak ide melakikan aktivitas di rumah saja bersama anak. Kegiatan seni, eksperimen sains, bahkan membuat robot pun ada.

So, ketika anak di rumah saja, kita bisa menghadirkan berbagai kegiatan seru nan menarik. Anak pun tetap semangat menjalani harinya, meskipun di rumah saja. Justru kegiatan-kegiatan semacam itu bisa membuat anak lebih kreatif.

Bagaimana dengan Mama, apa saja nih sumber inspirasi saat bosan di rumah saja? Semoga kebosanan justru membuat kita lebih semangat mencari jalan keluar dengan cara yang aman dan kreatif. Dengan begitu kita tidak tergoda untuk sedikit-sedikit ngemal saat merasa bosan di rumah.

Tulisan BPN Challenge lainnya bisa disimak di sini:

blogger perempuan network

Kisah di Balik Nama Blog mamanesia.com

Alasan Mulai Ngeblog: Mengikat Ilmu Hingga Bersenang-senang

Asa untuk Mamanesia

Pencapaian Tertinggi dalam Hidup: Jadi Master Tanpa Biaya

7 Fakta Diriku yang Nggak Semua Orang Dekat Tahu

5 Serial Televisi Jadul Favorit Anak 90-an

Ikhtiar Jadi Pribadi yang Lebih Baik dengan 5 Target di 2021

5 Tempat Liburan Favorit di Penang yang Wajib Disambangi

Barang Wajib di Tas Saat Bepergian di Musim Pandemi

Nostalgia 5 Buku Bacaan Anak Terfavorit pada Zamannya

Leave A Reply

Your email address will not be published.