Asa untuk Mamanesia

Kelahiran dan tumbuh kembang mamanesia.com sebagai blog pribadi saya tidaklah mudah. Ya, meskipun sang pembuat adalah suami dan si pengisinya adalah si istri. Meski usianya sudah dua tahun, namun langkahnya masih tertatih. Untuknya, selalu ada asa dan doa yang dilangitkan.

Sebenarnya saya tidak punya harapan yang muluk-muluk untuk blog www.mamanesia.com. Namun, tanpa harapan kita nggak akan punya apa-apa. Ya, akan tetap begini-begini saja.

Masih di momen BPN Ramadan Challenge, yang di hari ketiga ini temanya Harapan Terbesar Untuk Blog Kamu, saya akan menuliskan asa itu. Semoga ada yang turut mendoakan dan mengaminkan.

Harapan untuk Blog mamanesia: Klik dan Impresi Imbang

Harapan terbesar untuk blogku/ Foto: Canva

Salah satu kepuasan seorang penulis adalah bila karyanya dibaca orang banyak. Artinya insyaAllah pesan tulisan sampai pada orang lain. Itu makanya dulu, saat bergabung dengan media online ternama di Tanah Air, saya happy sekali saat tulisan banyak ngeklik.

Banyaknya klik juga berarti penghargaan. Kita sudah mengalokasikan waktu dan pikiran, kemudian ada orang yang dengan sukarela membacanya. Wow itu amazing banget.

Saat ini klik dan impresi mamanesia.com masih sangat jomplang. Kendati impresinya cukup tinggi, namun jumlah kliknya tidak sebanding.

Sedih? Banget. Namun, itu jadi PR tersendiri yang harus ditaklukkan. Harus cari tahu banget apa yang membuat tulisan-tulisan di blog berimprasi tinggi, tetapi fakir klik.

Baca juga yuk: Kisah di Balik Nama Blog mamanesia.com

Mengutip Niaga Hoster, penyebab klik tidak sama dengan impresi anatara lain karena kurang memahami audiens. Target audiens yang tidak tepat akan membuat “anak panah melayang tak tentu”. Untuk memahami audiens, bisa dilakukan melalui riset keyword.

Penyebab lainnya judul dan meta description yang kurang berkualitas. Apalagi riset Copyblogger menyebut hanya 20 persen orang yang membaca judul artikel dan membaca isi. 80 persen sisanya hanya membaca judul tanpa membaca isinya sama sekali. Sepertinya judul-judul saya terlalu flat.

Bisa Bermanfaat bagi Banyak Orang

Harapan untuk blogku/ Foto: Canva

mamanesia.com adalah rumah maya berisi aneka sajian parenting. Harapan terbesar saya untuk blog ini tentunya segala macam isinya bisa bermanfaat untuk orang banyak.

Hanya saja, sekarang rasanya setiap orang menulis. Media untuk menulis juga banyak. Selain blog, ada platform di media massa, serta ada pula media jejaring sosial. Artinya apa? Tulisan kita bersaing dengan ribuan atau jutaan tulisan lainnya.

Bisa jadi tulisan di mamanesia.com sangat informatif. Namun, tidak semua orang merasa perlu mengklik tulisan di blog ini dan memilih membaca di tempat lain. Ya, saya kan nggak bisa memaksa orang untuk mampir, mengintip, dan meninggalkan jejak di blog ini.

Baca juga yuk: Alasan Mulai Ngeblog: Mengikat Ilmu Hingga Bersenang-senang

Untuk itu saya akan terus belajar memoles tulisan dan tampilan. Sekali lagi, dengan semakin banyak orang yang datang ke mamanesia.com maka akan sampai juga informasi yang disajikan.

mamanesia.com hanyalah debu kecil di alam semesta. Seolah ada atau tidak adanya dirinya bukan persoalan besar. Tanpa mamanesia.com Bumi akan tetap berotasi pada porosnya. Hanya saja saya percaya bahwa setiap tulisan ada pembacanya sendiri. Meski cuma segelintir, semoga yang segelintir itu bisa mendapat manfaat.

“Dan sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya.”

(HR. Al-Qadlaa’iy dalam Musnad Asy-Syihaab no. 129, Ath-Thabaraaniy dalam Al-Ausath no. 5787).

Itulah Mama harapan saya untuk blog mamanesia.com. Berharap saja tidak cukup, jadi selain berdoa, saya akan terus belajar untuk memperbaiki apa pun dari mamanesia.com. Semoga tulisan receh ini bermanfaat ya.