Ikhtiar Jadi Pribadi yang Lebih Baik dengan 5 Target di 2021

Perlahan tapi pasti 2021 sudah hampir separuh perjalanan. Namun, rasa-rasanya begitu-begitu saja. Bangun tidur, beraktivitas di rumah saja, tidur lagi. Apakah dengan begini-begini saja bisa jadi pribadi yang lebih baik? Hm, sepertinya harus pasang target di 2021 yang masuk akal.

Pribadi yang lebih baik itu seperti apa? Kalau bagi saya itu berarti jadi sosok yang lebih dekat pada Tuhan, lebih bermanfaat bagi sesama, serta lebih bijaksana sebagai orang tua.

Nah, ini dia 5 target di 2021 yang masuk akal sebagai ikhtiar untuk menjadi manusia yang lebih baik.

1. Mendengarkan Kajian Agama

Mendengarkan kajian agama untuk menambah asupan rohani.

Menyimak kajian agama penting banget bagi asupan jiwa. Ya, saya merasa perlu memberi makan jiwa melalui nasihat agama. Apalagi saat ini mendengarkan kajian sangat mudah. Cukup buka YouTube atau Instagram, terdapat banyak rekaman kajian para ustaz atau ustazah.

Mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19, beberapa pihak menggelar kajian melalui Zoom Meeting ataupun grup di WhatsApp. Buat saya membantu banget. Soalnya saya nggak mungkin keluar rumah, apalagi sekarang ada bayi yang sedang aktif-aktifnya.

Targetnya berapa kali mendengarkan kajian agama? Saya menetapkan minimal sehari sekali alias tujuh hari dalam seminggu. Meskipun cuma mendengarkan, terkadang bukan perkara mudah juga lho. Ada saja distraksinya. Untuk memuluskan target ini, saya akan memutar kajian di pagi hari sambil mengurus pekerjaan domestik.

Kajian agama adalah pengingat sekaligus nasihat. Perkara nasihat, Allah SWT mensyariatkan kaum Muslimin untuk saling menasihati. Sebagaimana firman Allah: “… dan saling menasihati supaya menaati kebenaran dan saling menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS Al-Ashr [103]: 3).

2. Membaca Alquran dan Hadits

Mentadaburi Alquran agar hidup lebih tenang.

Alquran adalah pedoman hidup, dan hadits melengkapi pedoman tersebut. Itu makanya penting bagi umat Muslim untuk membaca dan mentadaburi Alquran. Sayangnya Alquran kerap dianggap tidak semenarik menonton film. Bahkan membaca Alquran dianggap membosankan bila dibandingkan dengan bermain game.

Padahal Alquran adalah pembuka kunci hati. Ya, agar hati kita tidak terkunci, perlu membaca dan mentadaburi Alquran.

“Maka apakah mereka tidak merenungkan Al-Qur`an ataukah hati mereka terkunci?” (QS. Muhammad: 24).

“Ini adalah sebuah Kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka merenungkan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai fikiran (yang baik)” (QS. Shad: 29)

Lalu seberapa banyak target saya membaca Alquran? Minimal 5 halaman dalam sehari. Harapannya tentu bisa membaca lebih banyak. Semoga dimudahkan dan dimampukan. Aamiin.

3. Membaca dan Menulis Review Buku Parenting

Membaca buku parenting, lalu mengikatnya melalui tulisan.

Untuk menjadi orang tua yang lebih baik, maka harus rajin update ilmu dan mempraktikkanya. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan membaca buku-buku parenting.

Target saya di sisa tahun 2021 ini adalah membaca minimal satu buku parenting setiap bulan. Kemudian, akan saya tulis review-nya di blog. Siapa tahu ada orang tua lain yang membutuhkan informasinya, jadi bisa berbagi deh.

4. 1 Week 1 Post di 2 Blog

Rajin menulis di blog agar rumah maya nggak debuan.

Menulis di blog secara konsisten masih menjadi tantangan untuk saya. Sebab saat ini saya harus bagi waktu dengan pekerjaan lain yang juga di bidang tulis-menulis. Belum lagi si bayi yang sedang aktif-aktifnya pasti nggak akan mengizinkan mamanya membuka laptop dengan leluasa.

Meski begitu, saya berniat untuk bisa mengatur waktu lebih baik lagi. Ingin menetapkan prioritas lebih sempurna lagi, sehingga setidaknya bisa menulis satu tulisan setiap minggu di dua blog saya.

Selain mamanesia.com saya memang punya satu blog lagi di domain gratisan. Silakan Mama mampir ke rumah saya satunya lagi di www.akupunmenulis.com yang sudah lama saya biarkan berdebu, hiks. Meski begitu, sebenarnya isinya lumayan oke lho. Yuk, buktikan, Ma. He-he-he.

5. Tanam Sayur di Kebun Rumah

Yuk, menanam sayur di kebun rumah.

Target di 2021 lainnya adalah menanam sayuran di kebun rumah. Jangan bayangkan kebun saya luas lho, Ma. Sebaliknya, cuiliik banget. Rencananya saya akan menanam berbagai cabai, buncis, kemangi, kelor, tomat, dan lainnya di pot. Benihnya sudah saya beli, tinggal di semai.

Nah, itu dia target 2021 yang tinggal menyisakan 7 bulan lagi. Di rumah saja, nggak terasa tahun 2021 sudah hampir separuh jalan. Meski begitu, yuk tetap semangat menjemput impian dan merealisasikan target yang telah ditetapkan. Saling mendoakan ya, Mama, agar target 2021 kita bisa terwujud.

Tulisan tentang target 2021 ini adalah bagian dari BPN Challenge. Untuk tulisan BPN Challenge lainnya bisa disimak di sini:

Kisah di Balik Nama Blog mamanesia.com

Alasan Mulai Ngeblog: Mengikat Ilmu Hingga Bersenang-senang

Asa untuk Mamanesia

Pencapaian Tertinggi dalam Hidup: Jadi Master Tanpa Biaya

7 Fakta Diriku yang Nggak Semua Orang Dekat Tahu

5 Serial Televisi Jadul Favorit Anak 90-an

1 Comment
  1. Prima says

    Semoga dimudahkan mencapai targetnya tahun ini ya mbak, Insya Allah.

    Untuk target 1-3 rasanya bisa ditiru nih. Buat bekal menuju after life yang kita nggak pernah tahu kapan dapat giliran berangkatnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.