Nostalgia 5 Buku Bacaan Anak Terfavorit pada Zamannya

Buku bacaan anak apa yang Mama baca saat kecil dulu? Apakah familier dengan Goosebumps, serial Trio Detektif, atau serial Malory Towers?

Nostalgia buku bacaan anak yang ngehits pada zamannya bermula dari majalah Bobo. Jadi, rencananya saya mau membelikan majalah Bobo bekas untuk si sulung. Kayaknya menarik juga memberikan Bobo era 90-an dan Bobo masa kini buatnya.

Dengan begitu saya bisa nostalgia majalah masa kecil. Anak juga bisa membandingkan majalah di era yang berbeda.

Saya pun mencari-cari majalah Bobo lawas. Tak sengaja, menemukan penjual di market place yang menjual buku bacaan anak jadul. Ya Allah, ingatan saya langsung melayang ke masa kecil yang membahagiakan itu.

Nah, ini dia beberapa buku bacaan anak yang pernah ngehits pada zamannya.

1. Goosebumps

Goosebumps, salah satu buku bacaan favorit di masa kecil.

Pengalaman seram dihadirkan oleh buku bacaan anak Goosebumps. Judul Goosebumps yang saya punya adalah ‘Tetangga Hantu’.

Cuma punya satu, soalnya dulu lebih suka pinjam buku ini di perpustakaan daerah atau taman bacaan. Goosebumps juga mengeluarkan edisi pilih sendiri petualanganmu.

Buku bacaan anak karya R. L. Stine ini bisa bikin bulu kuduk merinding. Meski begitu, saya nggak jadi penakut sih. Justru cerita yang dibaca menginspirasi saat membuat karangan. Hu um, sejak kecil saya suka mengarang dan mengkhayal.

2. Trio Detektif

Trio Detektif, salah satu buku bacaan favorit di masa kecil.

Novel detektif ini judul aslinya adalah Alfred Hitchcock and the Three Investigators. Mulanya ditulis oleh Robert Arthur Jr, novel ini lantas ditulis oleh beberapa penulis berbeda. Ada Dennis Lynds yang menggunakan nama samaran Wiliam Arden, M. V. Carey, Nick West, dan Marc Brandel. Selain itu ada beberapa penulis lain yang tidak diketahui namanya.

Tokoh-tokoh dalam novel ini memiliki karakter kuat. Pertama, Jupiter “Jupe” Jones, sosok cerdas dengan ingatan kuat. Kedua, Peter “Pete” Crenshaw, yahg merupakan atlet bidang atletik. Ketiga, Robert “Bob” Andrews, yang dipercaya memegang dokumentasi dan penelitian.

Kisah-kisahnya menarik, mampu membuat saya bercita-cita menjadi detektif. Dengan berbagai keterbatasan yang dimiliki, tokohnya justru termotivasi untuk menjadi lebih kreatif. Jupe menggunakan berbagai barang bekas untuk membuat alat-alat yang mendukung penyelidikannya. Keren!

Saya hanya punya satu judul, yakni “Misteri Karang Bencana”. Novel Trio Detektif lainnya dulu saya baca dengan mengandalkan perpustakaan daerah dan taman bacaan.

3. Serial si Badung oleh Enid Blyton

Serial Si Badung, salah satu buku bacaan favorit di masa kecil.

Enid Blyton adalah salah satu penulis yang setia membersamai kebanyakan anak-anak, tak terkecuali saya. Banyak karyanya yang membuat siapa pun terhipnosis, melahirkan imajinasi, bahkan menginspirasi untuk membuat cerita anak.

Salah satu karya Enid Blyton yang saya suka adalah seri Si Badung atau The Naughtiest Girl. Serial novel anak ini mengisahkan tentang Elizabeth Allen yang bersekolah di sekolah asrama Whyteleafe. Elizabeth dikirim ke sekolah tersebut karena selama ini dianggap manja, sombong, dan semau sendiri.

Elizabeth berusaha jadi anak paling badung di sekolah dengan harapan bisa dikirim pulang ke rumahnya. Nyatanya, di sekolah asrama itu dia justru mendapat banyak hal menyenangkan dan membuatnya betah. Keren sih, banyak pesan moralnya. Saya pun dulu langsung berangan-angan jadi anak yang bisa merasakan sekolah asrama.

Judul-judul dalam serial novel ini yakni Cewek Paling Badung di Sekolah, Sekali Lagi Si Paling Badung, Si Badung Jadi Pengawas, dan Ini Dia Si Paling Badung. Sekarang novel ini dicetak ulang dengan gambar sampul yang lebih kekinian.

4. Serial Malory Towers oleh Enid Blyton

Serial Malory Towers, salah satu buku bacaan favorit di masa kecil.

Masih dari karya Enid Blyton nih, Mama. Ada yang dulu suka baca serial Malory Towers? Wah, seru ya. Selain Si Badung dan Lima Sekawan, serial Malory Towers adalah yang masuk jajaran buku bacaan anak terfavorit bagi saya.

Malory Towers merupakan sekolah berasrama di tepi pantai yang kegiatan utamanya adalah tenis dan renang. Ini merupakan sekolah khusus anak perempuan yang menampilkan berbagai karakter anak. Ada anak yang tegas, ada yang suka bertingkah aneh, ada yang sulit mengendalikan diri. Namun, semuanya menjadi keunikan tersendiri saat anak-anak berbagai karakter itu bergaul satu sama lain.

Keseharian anak-anak di Malory Towers juga menghadirkan kisah yang lucu, menegangkan, dan selalu menarik untuk disimak. Jadi ikut bersemangat saat membaca kisah tokoh anak-anak yang bersemangat ini.

5. Pasukan Mau Tahu oleh Enid Blyton

Pasukan Mau Tahu, salah satu buku bacaan favorit di masa kecil.

Novel berjudul Pasukan Mau Tahu juga merupakan buku bacaan anak terfavorit di zamannya. Lagi-lagi ini karya Enid Blyton. Judul-judul novel anaknya menggelitik dan berbau misteri, bahkan beberapa terkesan horor gitu. Sebut saja, Misteri Pencuri Siluman dan Misteri Rumah Setan.

Tokoh dalam novel ini Frederick atau Fatty, Bets, Philip alias Pip, Larry, dan Daisy. Oh iya, ada anjingnya juga yang bernama Buster. Fatty adalah pemimpin di pasukan ini. Dia pintar banget, selalu bisa menemukan bukti-bukti di setiap kasus yang dihadapi. Saking pintarnya, dia jarang banget teperdaya oleh bukti yang menyesatkan. Tak cuma pintar, Fatty juga jago menyamar.

Untuk novel ini, saya tidak punya satu pun. Dulu hanya meminjamnya di perpustakaan daerah setiap kali pulang sekolah.

Nah, itu dia, Mama 5 buku bacaan anak terfavorit di masa kecil dulu. Mama yang besar di era 90-an mungkin familiar juga ya dengan buku tersebut. Sebenarnya masih ada beberapa buku lainnya, kapan-kapan saya tulis lagi deh untuk melengkapi nostalgianya.

Tulisan ini adalah dalam rangka BPN Challenge. Tulisan BPN Challenge lainnya bisa disimak di sini:

blogger perempuan network


Kisah di Balik Nama Blog mamanesia.com

Alasan Mulai Ngeblog: Mengikat Ilmu Hingga Bersenang-senang

Asa untuk Mamanesia

Pencapaian Tertinggi dalam Hidup: Jadi Master Tanpa Biaya

7 Fakta Diriku yang Nggak Semua Orang Dekat Tahu

5 Serial Televisi Jadul Favorit Anak 90-an

Ikhtiar Jadi Pribadi yang Lebih Baik dengan 5 Target di 2021

5 Tempat Liburan Favorit di Penang yang Wajib Disambangi

Barang Wajib di Tas Saat Bepergian di Musim Pandemi

Leave A Reply

Your email address will not be published.