5 Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Mengasuh Bayi

Olahraga sambil mengasuh bayi, memangnya bisa? Bisa banget, Mama. Bahkan, melalui kegiatan ini Mama dan bayi bisa bersenang-senang bersama.

Sebelum melakukan olahraga bersama bayi, pastikan si kecil tidak rewel ya. Pastikan juga keamanannya. Bayi bisa diajak berolahraga dengan baik apabila sudah bisa menegakkan lehernya.

Berikut ini beberapa olah fisik atau olahraga yang bisa dilakukan para mama bersama bayi. Mama sehat, bayi pun senang.

1. Angkat Bayi Sambil Berbaring

Bayi bisa diajak untuk latihan angkat beban. Alih-alih menggunakan barbel, justru bayilah yang digunakan sebagai beban.

Caranya mudah sekali. Mama hanya perlu berbaring di lantai sambil menggendong bayi. Posisi bayi dalam keadaan tengkurap.

Lalu, angkat perlahan bayi ke atas. Kemudian, turunkan lengan perlahan, sehingga bayi mendekat ke arah mama. Agar lebih menyenangkan, dalam posisi terdekat, kita bisa mencium bayi. Lihat, bayi pasti tertawa senang. Kegiatan ini bisa diulang 10-15 kali.

Baca juga yuk, tulisan menarik lainnya: Menumbuhkan Karakter Pantang Menyerah pada Anak

2. Push Up Sambil Cilukba

Olahraga sambil mengasuh bayi/

Bayi umumnya suka bermain cilukba. Agar kita bisa berolahraga sekaligus, yuk, gabungkan push up dan cilukba.

Caranya, bayi dibaringkan di lantai. Sedangkan mama bersiap dengan posisi push up, namun dengan bertumpu pada lutut, tepat di atas bayi. Pastikan mata kita dan bayi saling melihat.

Tutup mata dengan satu tangan saat tubuh terangkat. Sedangkan tangan yang lain digunakan untuk bertumpu. Ketika badan kembali diturunkan, singkirkan tangan dari mata sambil berseru, “Cilukba”. Lakukan berulang sampai 10 kali dengan berganti-ganti tumpuan tangan.

3. Bermain Ciumpang

Olahraga sambil mengasuh bayi/ People photo created by yanalya – www.freepik.com

Adakah mama yang suka bermain ciumpang dengan si kecil? Atau ada yang belum tahu seperti apa permainan ciumpang?

Caranya begini. Kita berbaring dengan menekuk kedua kaki, sehingga berdekatan atau bersentuhan dengan dada. Lalu, bayi diletakkan di atas tulang kering, menghadap ke arah kita.

Kita gerak-gerakkan kaki dan tangan, sehingga bayi terayun lembut ke depan dan ke belakang. Lakukan kegiatan ini 15-20 kali.

Ariq, anak kedua saya, suka sekali diajak bermain ciumpang sambil berolahraga. Dia bahkan tertawa terbahak-bahak saat kegiatan.

4. Angkat Bayi Sambil Duduk

Olahraga sambil mengasuh bayi/ Foto: Valeria Zoncoll dari Unsplash

Variasi olahraga sambil mengangkat bayi bisa dilakukan sambil duduk. Caranya adalah dengan duduk bersila. Lalu, pegang bayi di depan dada dengan siku ditekuk.

Selanjutnya, luruskan lengan atas, sehingga bayi terangkat. Lalu, turunkan lengan, sehingga bayi ikut turun dan berada di posisi awal. Ulangi kegiatan ini hingga 10 kali.

5. Menari Bersama Bayi

olahraga
Olahraga sambil mengasuh bayi/ Foto: Bethany Beck dari Unsplash

Menari dengan gerak teratur merupakan bentuk latihan kardiovaskular. Kita bisa melakukannya sambil menggendong bayi di depan. Bahkan ketika bayi belum bisa menegakkan sendiri lehernya, aktivitas ini aman dilakukan.

Caranya adalah dengan menggendong bayi di depan. Agar lebih aman dan tidak mudah lelah, Mama bisa menggunakan gendongan depan. Lalu putar musik favorit, dan menarilah. Saat bergerak, aturlah napas dengan baik.

Nah, itulah beberapa olahraga yang bisa dilakukan sambil mengasuh bayi. Ada banyak sekali gerakan olahraga yang memungkinkan dilakukan bersama bayi ya, Mama. Ada juga para mama yang berolahraga sambil membawa bayinya dalam stroller. Apa pun itu, tetap pastikan keamanannya ya, Ma.

Referensi:

https://www.parents.com/parenting/moms/healthy-mom/mommy-and-me-workout/

https://www.iseeme.com/blog/blog/2018/10/09/7-exercises-baby/