Rekrutmen Digelar September, Ini Tips Lulus Seleksi CPNS

Ada yang berminat menjadi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) alias Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Segera persiapkan diri yuk, sebab rekrutmen CPNS 2023 disebut mulai dibuka bulan September. Ada tips lulus seleksi CPNS nih di tulisan ini.

Ya, menjadi ASN atau PNS menjadi impian beberapa orang. Stabilitas pekerjaan yang tinggi menjadi alasan beberapa orang ingin berkarier sebagai PNS. Bandingkan dengan pekerja di luar lingkup PNS yang kerap dihantui tutupnya tempat kerja hingga pemutusan hubungan kerja.

Sayangnya, menjadi PNS tidak semudah membalik telapak tangan. Ada proses seleksi yang ketat. Kita harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan orang lainnya.

Bagi yang ingin mencoba tes seleksi CPNS, berikut beberapa hal yang perlu diketahui. Simak juga rahasia sekaligus tips lulus seleksi CPNS.

Formasi CPNS 2023

seleksi cpns
PNS, profesi idaman/ Foto ilustrasi: Canva

Pembukaan rekrutmen CPNS 2023 memang belum secara resmi diumumkan. Akan tetapi, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, beberapa waktu lalu menyebut September jadi bulan dimulainya rekrutmen.

“September 2023 ini mulai. Kita tetapkan dulu formasinya lalu diumumkan,” kata Azwar pada Juni 2023 lalu, seperti dikutip dari CNBC.

Total jumlah ASN yang akan direkrut pada 2023 sementara ada 1.030.751. Dari jumlah tersebut, telah terbagi dalam 80 persen PPPK dan 20 persen CPNS.

Rinciannya adalah sebagai berikut:

15.858 CPNS dosen

18.595 tenaga teknis lain

6.472 PPPK dosen

12.000 PPPK tenaga guru

12.719 PPPK tenaga kesehatan

15.205 PPPK tenaga teknis lain.

Untuk tenaga daerah:

580.202 PPPK guru

327.542 PPPK tenaga kesehatan

35.000 PPPK tenaga teknis lainnya

PNS lulusan kedinasan sebanyak 6.259 orang.

Wah, jika pendaftaran seleksi CPNS 2023 resmi dibuka bulan September, masih ada waktu nih untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya.

Syarat Pendaftaran Seleksi CPNS 2023

seleksi cpns
PNS, profesi idaman/ Foto ilustrasi: Canva

Setelah mengetahui perkiraan formasi CPNS 2023, yuk cari tahu syarat pendaftaran seleksi CPNS. Lebih baik syarat-syaratnya dipersiapkan sejak jauh-jauh hari agar tidak ada yang terlewat.

Berikut ini syarat pendaftaran seleksi CPNS 2023 secara umum, seperti dikutip dari kabar24.bisnis.com.

1. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun saat melamar, kecuali jabatan tertentu, maksimal 40 tahun.

Jabatan CPNS yang dapat dilamar dengan batas usia maksimal 40 tahun saat melamar, yakni:

– Dokter dan dokter gigi, dengan kualifikasi pendidikan dokter spesialis dan dokter gigi spesialis

– dokter pendidik klinis

– dosen

– peneliti dan perekayasa, dengan kualifikasi pendidikan strata III (doktor).

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap karena melakukan tindakan pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.

3. Pelamar tidak pernah diberhentikan:

– Dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai PNS. – Dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai prajurit TNI.

– Dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau dengan hormat sebagai anggota kepolisian Republik Indonesia.

– Tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta.

4. Pelamar tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota kepolisian RI.

5. Pelamar tidak menjadi anggota/ pengurus parpol atau terlibat politik praktis.

6. Pelamar memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan.

7. Pelamar sehat jasmani dan rohani sesuai persyaratan jabatan yang dilamar.

8. Pelamar bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah.

9. Calon pelamar hanya dapat mendaftar pada satu instansi dan satu formasi jabatan.

10. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan yang ditetapkan Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK).

Tips Lulus Seleksi CPNS 2023

seleksi cpns
PNS, profesi idaman/ Foto ilustrasi: Canva

Setelah mengetahui perkiraan formasi dan syarat seleksi CPNS, sekarang saatnya cari tahu tips lulus seleksi CPNS 2023. Menurut saya, tes CPNS semacam medan laga. Sebelum memasukinya, perlu persiapan matang.

Seperti kata sebuah nasihat, “Nasib baik adalah pertemuan antara persiapan dan kesempatan.” Ketika kesempatan terbuka lebar, jangan sampai kita kalah duluan karena tidak punya persiapan yang baik.

Lantas bagaimana tips dan persiapan agar lulus seleksi CPNS 2023?

1. Update Info Terbaru

Membaca koran untuk update info terkini/ Foto ilustrasi: Canva

Dalam ujian CPNS, sering kali muncul soal-soal terkait kondisi terkini. Karena itu, pastikan kita selalu memantau info dan kabar terkini, tak hanya isu domestik tapi juga mancanegara.

2. Gunakan Trik untuk Menghafal

Belajar untuk ujian/ Foto ilustrasi: Canva

Ada banyak topik yang perlu diingat dan dihafal agar bisa mengerjakan tes CPNS. Ada baiknya cari trik untuk membantu menghafal. Misalnya mengubah kata menjadi gambar, atau menghafal menggunakan nada lagu.

3. Jaga Kesehatan

Belajar keras untuk ujian CPNS/ Foto ilustrasi: Canva

Biasanya, saat mempersiapkan ujian, seseorang sering begadang hingga larut malam. Terburu-buru menyelesaikan kumpulan soal bikin kita cenderung memaksa tubuh untuk terus melek.

Padahal memfosir tubuh tidak baik bagi kesehatan. Jika tubuh lelah, otak akan sulit konsentrasi. Apalagi jika sampai jatuh sakit akibat kelelahan, maka tidak bisa datang ke tes seleksi sama sekali. Untuk itu, ketimbang menerapkan sistem kebut semalam, lebih baik bersiap sejak jauh hari.

4. Menjaga Optimisme

Optimistis kunci sukses/ Foto ilustrasi: Canva

Kadang kita pesimistis bisa lulus tes seleksi CPNS. Namun, kita harus yakin bahwa optimisme adalah kunci kesuksesan. Menjaga sikap positif akan memotivasi diri untuk tetap fokus dan melakukan yang terbaik. Sebaliknya, pesimisme malah menjadi penghambat kesuksesan.

5. Ikut Bimbingan Belajar Seleksi CPNS

seleksi cpns
Foto: Skill Academy

Kata orang, rajin berlatih mengerjakan soal akan memuluskan langkah tes CPNS. Apalagi saat ini banyak buku atau soal CPNS yang dijual di pasaran. Namun, menurut saya, akan lebih efektif jika kita ikut bimbingan belajar (bimbel).

Ya, seperti saat akan menghadapi ujian kelulusan sekolah ataupun ujian masuk perguruan tinggi negeri, bimbel bisa sangat membantu. Sekarang nggak perlu bingung cari bimbel tepercaya dan berkualitas untuk menghadapi tes CPNS.

Kebetulan banget, Skill Academy by Ruang Guru membuat Bimbel CASN untuk membantu persiapan lulus ujian CASN. Di sini ada bootcamp online dan kelas paket belajar mandiri. Nah, ke depannya bakal ada bootcamp offline juga.

Secara umum, Bimbel CASN by Skill Academy, terdiri dari:

Bootcamp online dan offline

Kelas Paket Seleksi Kompetensi Dasar (SKD): Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

20+ tryout dan latihan soal

24+ sesi live mentoring

Dan masih banyak lagi.

Paket Belajar di Bimbel CASN by Skill Academy

Saat ini ada tiga paket belajar di Bimbel CASN by Skill Academy. Nah, sekarang sedang ada diskon 50 persen untuk kelas live Basic, Regular, dan Intensive. Mulai belajarnya tanggal 24 Juli 2023, so buruan daftar yuk! 

Foto: Skill Academy

Oh ya, ada juga belajar mandiri kelas CPNS terpopuler. Kelas paket ini dibagi berdasarkan okupasi, dan dapat dipelajari secara mandiri. Materi pembelajarannya berbentuk video yang bisa diakses selamanya.

Di belajar mandiri ini, setidaknya ada 4 kategori:

Paket Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Lengkap

Paket CPNS Guru

Paket PPPK Guru

Paket CASN Guru

Foto: Skill Academy

Alur Belajar di Bimbel CASN by Skill Academy

Saat belajar di Bimbel CASN by Skill Academy, diawali dengan tryout. Selanjutnya diikuti beberapa kali sesi pembahasan. Untuk lebih jelasnya, bisa memerhatikan diagram berikut.

Foto: Skill Academy

Diagram di atas merupakan contoh alur belajar Bootcamp Online / Kelas Live Interaktif Basic yang terdiri dari 6 sesi pembahasan soal dan 1 tryout. Sedangkan untuk bootcamp online Regular dan Intensive, struktur pembelajaran serupa, tapi dengan jumlah pembahasan soal dan tryout yang lebih banyak.

Sst! Ada Komisi dari Program Referral Bimbel CASN by Skill Academy

Ikut bimbel sekaligus dapat komisi? Bisa banget, jika kita ikut Bimbel CASN by Skill Academy. Kebetulan, ada program referral nih.

Foto: Skill Academy

Jadi, kita hanya perlu membagikan kode referral kepada teman-teman lain yang akan diajak ikut Bimbel CASN by Skill Academy. Kode juga bisa dibagikan melalui beberapa media sosial.

Untuk setiap transaksi yang menggunakan kode referral kita, maka kita akan mendapatkan komisi. Keuntungan pun bisa didapat si pengguna kode, karena dia akan mendapatkan cashback saat transaksi. Dua-duanya untung, nih!

Foto: Skill Academy

Persiapkan Diri Agar Lulus Seleksi CPNS dengan Bimbel CASN by Skill Academy

ASN atau PNS adalah salah satu pekerjaan impian. Bagaimana tidak? PNS mendapat kepastian menerima gaji setiap bulan. Dengan begitu, perencanaan keuangan bisa lebih baik. Bahkan, setiap tahun ada kenaikan gaji.

Selain itu, ada gaji ke-13 yang besarnya sama dengan gaji satu bulan. Kesejahteraan pun terjamin karena ada beberapa tunjangan seperti tunjangan istri, tunjangan anak, dan tunjangan beras. Di samping itu, masa tua terjamin karena ada uang pensiun setiap bulan.

Kesejahteraan yang dimiliki membuat PNS juga jadi menantu idaman para mertua. Hmm, siapa sih yang tak ingin keluarganya hidup dalam kecukupan dan kemapanan?

Jika rekrutmen CPNS dibuka bulan September, maka masih ada waktu sekitar dua bulan lagi untuk persiapan. Yuk, langsung daftar Bimbel CASN by Skill Academy agar persiapannya kian mantap. Segera Cek Info Bimbel CASN selengkapnya

Oh ya, agar tak ketinggalan info diskon masing-masing paket belajar dan kabar terkini seputar persiapan seleksi CPNS langsung Follow akun Instagram Bimbel CASN. Jangan lupa juga, Join Grup Latihan dan Diskusi Soal Gratis

Selamat belajar dan semoga lulus seleksi CPNS ya!

Referensi

cnbcindonesia.com, Kabar Baik! Tes CPNS 2023 Tetap Dibuka Buat 1 Juta Formasi, https://www.cnbcindonesia.com/news/20230612123251-4-445107/kabar-baik-tes-cpns-2023-tetap-dibuka-buat-1-juta-formasi, diakses pada 9 Juli 2023.

kompas.tv, Menpan-RB Pastikan Rekrutmen CPNS 2023 Dibuka September, Ini Rincian Formasinya, https://www.kompas.tv/ekonomi/416169/menpan-rb-pastikan-rekrutmen-cpns-2023-dibuka-september-ini-rincian-formasinya, diakses pada 9 Juli 2023.

kabar24.bisnis.com, adwal Pendaftaran CASN 2023: Formasi dan Syarat Pendaftaran CPNS dan PPPK, https://kabar24.bisnis.com/read/20230705/15/1671864/jadwal-pendaftaran-casn-2023-formasi-dan-syarat-pendaftaran-cpns-dan-pppk, diakses pada 9 Juli 2023.

https://skillacademy.com/casn

1 Comment
  1. ainun says

    test cpns tiap tahunnya selalu rame peminat. Aku sendiri lupa berapa kali ikut tes cpns, setauku waktu awal-awal lulus kuliah, setelahnya nggak pernah coba lagi
    Kalau ada bimbingan seperti ini membantu sekali ya mbak, jadi kita bisa latihan secara insentif gitu dan belajar mengenal tipe-tipe soal juga

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.