Bikin Konten Makin Cepat Berkat ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

Menjadi seorang ibu sekaligus content creator tidak selalu gampang. Pasti ada saja tantangan yang harus dihadapi dan disiasati. Bukan cuma perkara membagi waktu yang harus dikuasai. Namun, persoalan memilih senjata untuk memudahkan pekerjaan, sekaligus membuat content creator semakin produktif. Hmm, apa senjatanya?

Bagi seorang content creator, laptop adalah senjata utamanya. Tanpa senjata yang mumpuni, mustahil content creator bisa menghasilkan karya yang ciamik. Tanpa dukungan senjata berkemampuan prima, produktivitas content creator juga bisa terkendala.

Adakah Mama yang akan memulai langkah menjadi content creator? Nah, di tulisan kali ini saya akan berbagi tentang apa itu content creator, kemampuan yang harus dimiliki content creator, serta rekomendasi laptop terbaik untuk menunjang produktivitas content creator.

Apa Itu Content Creator?

content creator
Cerita content creator/ Gambar diolah dari Canva

Content creator atau pembuat konten adalah seseorang yang membuat konten untuk didistribusikan secara digital. Kontennya bisa berupa tulisan, audio, video, ataupun sosial. Sedangkan platform yang digunakan antara lain Instagram, TikTok, YouTube, dan blog.

Media penyebaran konten pun terus berkembang, seiring perkembangan teknologi internet. Ketika ada platform baru yang muncul dan populer, artinya semakin bertambah luas media penyebaran konten yang dibuat oleh content creator. Tentunya ini menjadi kabar baik bagi mereka yang baru merambah dunia content creator.

Tahukah Mama saat ini ada berapa jumlah content creator? Di tahun 2022, diperkirakan 50 juta orang di seluruh dunia mengidentifikasi dirinya sebagai pembuat konten.

Nah, para pembuat konten ini bisa bekerja di bawah naungan perusahaan, agensi, atau freelance. Umumnya mereka memiliki ciri khas konten. Misalnya ada yang menghasilkan konten menghibur, mendidik, atau informatif.

Lalu kenapa saat ini orang beramai-ramai menjadi content creator? Tentu saja karena bisa menghasilkan uang. Jika seorang content creator memiliki keahlian tertentu, punya follower banyak, dan kontennya disukai banyak orang, maka rupiah lebih mudah datang.

Hmm, memangnya berapa sih pendapatan seorang pembuat konten? Dikutip dari Zippia, pendapatannya bisa mencapai Rp 786.000.000 dalam setahun. Beberapa content creator bahkan bisa menghasilkan lebih dari itu. Sedangkan untuk content creator pemula, seturut pengalaman saya, dalam sebulan bisa menghasilkan ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Sementara itu, menurut Investopedia, platform terbaik untuk mendulang pendapatan adalah YouTube. Bagi pembuat konten yang telah memiliki 1.000 subscriber dan 4.000 jam waktu tonton bisa bergabung dengan YouTube Partner. Dengan begitu bisa lebih mudah mengakses fitur monetisasi seperti iklan, pendanaan penggemar, dan penjualan merchandise.

Selain YouTube, TikTok juga disebut sebagai platform yang memiliki peluang besar mendapatkan uang secara online. Ini berdasarkan survei yang digelar NextAdvisor dengan melibatkan 281 pemilik bisnis online.

Bagi saya yang suka menulis, blog adalah platform utama untuk menuangkan karya. Namun, mengingat perkembangan media sosial yang sepesat ini, seorang pembuat konten dengan media tulisan perlu belajar hal-hal lain, seperti fotografi dan videografi.

Tulisan dan visual kerap kali menjadi perkawinan yang menarik untuk suatu konten. Sebab fotografi maupun video sangat ampuh memikat pembaca dan melibatkan mereka secara real time.

5 Kemampuan yang Perlu Dimiliki Content Creator

content creator
Keseharian pembuat konten/ Gambar diolah dari Canva

Menjadi seorang content creator tidak semudah yang terlihat. Nah, bagi yang ingin menjajal dunia content creator, perlu tahu nih kemampuan yang diperlukan.

1. Kemampuan Riset

Membuat konten tentu tidak asal-asalan. Untuk itu, butuh kemampuan riset yang harus terus diasah. Riset yang baik diperlukan untuk menganalisis informasi, mengembangkan konten, serta menambah kredibilitas konten yang dibuat.

Riset juga akan membantu kita tetap up to date pada isu-isu yang tengah berlangsung. Seorang pengembang konten yang baik akan selalu ingin tahu dan sibuk mencari topik yang kemungkinan diminati audiens target mereka.

2. Kemampuan Mempelajari Audiens

Memahami audiens adalah kewajiban pertama pembuat konten. Mengetahui minat dan pola audiens akan membantunya menemukan ide-ide baru nan segar. Dengan begitu, kita jadi lebih paham apa saja hal yang menurut audiens menghibur, menarik, atau berguna.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Bagi seorang penulis maupun bloger, tentu tidak asing dengan SEO. Menerapkan SEO dalam menulis akan membantu membuat konten kita menarik bagi mesin pencari.

Namun, SEO tak hanya bisa diterapkan dalam menulis saja lho. Video dan foto yang dibuat dengan memaksimalkan SEO akan mendapat peringkat konten lebih baik. Untuk itu, sebelum membuat konten ada baiknya melakukan penelitian kata kunci.

4. Kemampuan untuk Konsisten

Konsistensi adalah kemampuan yang wajib dimiliki seorang content creator. Tanpa konsistensi, mustahil tercipta berbagai konten yang bisa dinikmati audiens.

Ketika kita memutuskan menjadi seorang pembuat konten, maka perlakukan hal ini sebagai pekerjaan. Jika sudah menjadi pekerjaan, maka harus dilakukan secara teratur, bukan dibuat karena ada waktu luang atau sekadar hobi.

Bayangkan jika kita tidak konsisten membuat konten, ketika audiens ingin menikmati konten kita, ternyata tidak ada yang baru. Hal ini membuat mereka malas untuk kembali. Sayang sekali bukan?

5. Editor

Kemampuan sebagai editor atas konten yang dihasilkan juga perlu dimiliki. Apalagi jika bekerja sebagai pembuat konten mandiri alias tidak berafiliasi pada instansi mana pun.

Konten yang kita hasilkan, baik itu tulisan, foto, maupun video, bisa menjadi cerminan reputasi. Untuk itu, sebelum konten-konten tersebut ditayangkan, wajib banget melalui proses editing.

Sebuah konten dengan editing yang baik akan meminimalkan salah ketik, salah ejaan, suara di video yang tidak jelas, atau foto yang kabur. Konten yang dihasilkan pun akan lebih berkualitas setelah dikurasi.

Rekomendasi Laptop untuk Content Creator agar Bisa Kerja Lebih Cepat: ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)/ Foto: dok. ASUS

Setelah mengetahui apa itu content creator dan kemampuan yang perlu dimiliki, sekarang saatnya berburu senjata handal. Laptop, sebagai senjata seorang pembuat konten, turut menentukan kualitas konten yang dihasilkan.

Seorang teman pernah mengeluh dirinya kesulitan membuat dan mengedit video karyanya. Penyebabnya adalah kemampuan laptop yang kurang mumpuni. Dia jadi uring-uringan sendiri lantaran laptopnya lemot. Padahal dia harus segera menyelesaikan sponsored content. Duh!

Agar pembuat konten bisa kerja lebih cepat dan bahagia, ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) bisa jadi pilihan nih. Bahagia? Iya dong, saat bikin konten wajib banget bahagia agar kontennya makin dahsyat. Mood yang baik mempengaruhi konten yang dihasilkan juga lho.

Kata orang, wanita selalu ingin dimengerti. Tidak cuma wanita, content creator juga harus dimengerti lho. Nah, menurut saya ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini memahami banget kerja seorang content creator. Bagi yang penasaran kenapa saya merekomendasikan laptop ini, yuk simak bersama keunggulannya.

1. Powerful

Produk keluaran ASUS nggak diragukan lagi kualitasnya. Apalagi ASUS Vivobook Pro 14 OLED ini powerful banget. Laptop ini hadir dengan ditenagai AMD Ryzen™ 5000 H-Series Mobile Processors yang memiliki full powerful performance core untuk multitasking bahkan video editing.

Prosesor ini biasanya digunakan di laptop gaming. Untuk menjalankan berbagai game berat saja tanpa kendala, apalagi untuk penggunaan sehari-hari. Prosesor ini menjadikan ASUS Vivobook Pro 14 OLED bekerja lebih kencang dibandingkan laptop sekelasnya. Super power!

Selain powerful, prosesor ini memberikan daya baterai lebih awet sehingga produktivitas harian semakin maksimal. Untuk penggunaan normal, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dapat mendukung aktivitas hingga lebih dari delapan jam. Keberadaan fitur fast charging technology membuat baterai laptop dapat terisi hingga 50 persen hanya dalam waktu 30 menit saja.

Laptop juga dilengkapi dengan kartu grafis integrasi AMD Radeon yang memberikan performa gaming tanpa lag. Produktivitas harian di manapun dan kapanpun jadi maksimal dengan performa prosesor dan kartu grafis dari AMD ini.

Varian paling tinggi Vivobook Pro 14 OLED menggunakan AMD Ryzen 7 5800H Mobile Processor dan grafis AMD Radeon. Prosesor tersebut menggunakan konfigurasi 8-core dan 16-thread, dengan kecepatan maksimal hingga 4,4GHz.

2. Layar OLED Memberi Pengalaman Visual Terbaik

Berbekal layar ASUS OLED, Vivobook Pro 14 OLED memberikan pengalaman visual terbaik untuk segala aktivitas. Selain itu, laptop ini mengusung rasio layar 16:10 beresolusi 2,8K. Content creator bisa lebih produktif nih karena ruang kerjanya lebih luas.

Seperti halnya model lain yang menggunakan ASUS OLED, ASUS Vivobook Pro 14 OLED juga telah mengantongi sertifikasi low blue-light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland. Adanya sertifikasi ini menjadi jaminan lebih aman untuk kesehatan mata penggunanya.

Fitur itu membuat ASUS Vivobook Pro 14 OLED lebih nyaman saat digunakan. Kita bisa bekerja lebih lama karena mata tidak mudah lelah meski terus-menerus menatap layar.

Layarnya juga memiliki color gamut mencapai 100 persen pada color space DCI-P3. Artinya apa? ASUS Vivobook Pro 14 OLED mampu mereproduksi warna yang sangat kaya. Tingkat akurasi warnanya juga sangat tinggi dan telah berstandar industri.

3. Mendukung Multitasking

Seperti disinggung di awal, keberadaan prosesor yang powerful mendukung ASUS Vivobook Pro 14 OLED digunakan untuk pekerjaan yang multitasking. Apalagi ditambah dukungan port USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2 port USB 2.0 Type-A, port HDMI 1.4, port jack 3,5mm Combo Audio, microSD Card Reader, Wi-Fi 6, dan Bluetooth 5.

Pekerjaan multitasking seperti menulis sambil download atau upload video pun terasa lebih nyaman karena keberadaan touchpad berukuran luas. Vivobook Pro 14 OLED memiliki keyboard ASUS ErgoSense. Jadi jarak tombol, kedalaman tekan, serta stabilitas keyboard dirancang sedemikian rupa agar presisi dan nyaman.

Tak hanya itu, Vivobook Pro 14 OLED memiliki memori berkapasitas hingga 16GB serta penyimpanan PCIe SSD berkapasitas 512GB. Benar-benar laptop andal yang bikin kegiatan multitasking berjalan lancar.

Agar semakin nyaman dan mendukung pekerjaan yang multitasking,Vivobook Pro 14 OLED dilengkapi sistem pendingin IceCool Plus terbaru. Sistem pendingin ini bisa menghadirkan aliran udara 16 persen lebih baik. Dengan begitu, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dapat bekerja optimal.

Satu lagi nih, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) memiliki audio dengan teknologi AI Noise Cancelling. Keberadaan teknologi ini bisa meredam suara bising di sekitar. Sehingga ketika kita harus meeting dengan klien secara online, tidak akan terganggu oleh kebisingan.

ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)/ Foto: dok. ASUS

4. Ringkas dan Ringan

Kendati powerful, tapi Vivobook Pro 14 OLED (M3400) mudah dibawa ke mana-mana. Penampakan fisiknya tipis dan ringan, sehingga gampang dibawa bepergian. Bikin konten dari mana saja, bukan masalah.

Berat laptop ini hanya 1,4kg. Sedangkan ketebalannya 18,9mm. Ringan tapi bertenaga kuda banget ‘kan? Sudah pasti bikin content creator makin produktif di mana saja dan kapan saja.

5. Harga Terjangkau

Dengan performa yang ngebut, fitur lengkap, dan tampilan oke, kira-kira berapa harga Vivobook Pro 14 OLED (M3400)? Jawabannya tidak sampai Rp 15.000.000.

Vivobook Pro 14 OLED (M3400) dengan varian paling rendah dibanderol Rp10.999.000. Sedangkan varian tertingginya dihargai Rp 12.799.000. Harga yang cukup terjangkau, mengingat laptop ini memiliki banyak keandalan dan fitur inovatif.

Baca juga:

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Bikin Freelancer Makin Produktif

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Bisnis Pendukung Kerja Lebih Produktif

Memilih Laptop Terbaik untuk Amankan Data Rahasia

Penutup

Nah, itulah serba-serbi content creator serta senjata paling tepat untuk mendukung kerja lebih produktif. Oh ya, Vivobook Pro 14 OLED (M3400) ini menjalankan sistem operasi (OS) Windows 11 Home.

Ada dua pilihan warna menarik Vivobook Pro 14 OLED (M3400), yakni Solar Silver (perak) dan Cosmos Blue (biru). Saya pribadi naksir banget pada yang wara biru cosmos. Cantik, elegan, dan nggak biasa.

Jika membeli produk ini, maka akan mendapatkan 2 tahun garansi global dan 1 tahun Asus VIP Perfect Warranty.

Gimana, berminat menjadi content creator? Atau berniat mengganti senjata lama di rumah dengan Vivobook Pro 14 OLED (M3400)?

Referensi:

Sproutsocial. Content creators: Who they are, what they do and how they partner with brands, <https://sproutsocial.com/insights/content-creator/>, diakses pada 27 September 2022.

Zippia. Content Creator Salary, <https://www.zippia.com/content-creator-jobs/salary/>, diakses pada 27 September 2022.

Investopedia. How Do People Make Money on YouTube?, <https://www.investopedia.com/ask/answers/012015/how-do-people-make-money-videos-they-upload-youtube.asp>, diakses pada 27 September 2022.

Time. We Asked 281 Entrepreneurs What the Best Social Media App for Making Money Is. Here’s What They Said, <https://time.com/nextadvisor/financial-independence/best-social-media-for-business/>, diakses pada 27 September 2022.

Entrepreneur. 6 Skills You Need to Become a Successful Online Content Creator, <https://www.entrepreneur.com/science-technology/6-skills-you-need-to-become-a-successful-online-content/378856>, diakses pada 27 September 2022.

asus.com. ASUS Vivobook Pro 14 OLED, diakses pada 27 September 2022.

zencreator. ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400), Laptop OLED Powerful dan Terjangkau, <https://zencreator.id/asus-vivobook-pro-14-oled-m3400-laptop-oled-powerful-dan-terjangkau/?unapproved=14355&moderation-hash=876eeae8af61c0ce6198994686ddc5a3&swcfpc=1#comment-14355>, diakses pada 27 September 2022.

travelerien.com, Lomba Blog Berhadiah 3 Unit Laptop ASUS dan Voucher OVO Puluhan Juta Rupiah, <https://www.travelerien.com/2022/09/asus-vivobook-pro-14-blog-writing-competition.html?showComment=1663170814689>, diakses pada 27 September 2022.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com