ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Bisnis Pendukung Kerja Lebih Produktif

“Aku mau ganti laptop nih. Laptop aku sudah jadul banget dan lemot. Ingin ganti laptop bisnis yang gampang dibawa ke mana-mana dan nggak lemot.” Suami menyampaikan keinginannya untuk ganti alat kerja.

Dulu, suami dibekali alat kerja dari kantornya. Namun, ketika pandemi dan harus pindah kerja, dia tidak lagi mendapat pinjaman laptop. So, suami mengandalkan laptop usangnya untuk kerja.

Belum lama ini, layar laptop suami bermasalah. Di layar ada titik-titik yang menunjukkan kesehatan si laptop sedang tidak prima. Duh, sudah pasti mengganggu produktivitas kerjanya. Apalagi belakangan ini dia mengambil pekerjaan sampingan yang mengharuskannya bertemu klien. Jika klien disodori rencana kerja dan hasil kerja dari laptop lemot, tentu bikin naik darah.

Akhirnya kami mencari-cari laptop bisnis terbaik yang cocok untuk suami. Kalau bisa harganya tidak terlalu mahal, tetapi memiliki kinerja handal. Hmm, memangnya ada?

“ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) kayaknya cocok nih,” ujar suami sambil memperlihatkan informasi tentang laptop tersebut. Saya segera melirik info tersebut, dan seketika membelalakkan mata.

ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402). Achieve more, anytime, anywhere.” Begitu judul tulisan tentang informasi ExpertBook B3 Flip. Di bawahnya terdapat gambar laptop bisnis yang super keren. Layarnya bisa dilipat ke belakang, sampai 360 derajat, sehingga posisi laptop menyerupai tenda. Dengan posisi itu, laptopnya bisa ditegakkan di permukaan datar tanpa harus dipegang. Super keren!

Wah, harus cari tahu banyak dulu nih tentang ExpertBook B3 Flip. Bagi Teman-teman yang sedang mencari laptop handal, yuk kita sama-sama cari tahu kelebihan ExpertBook B3 Flip. Siapa tahu cocok di hati dan cocok di kantong, sehingga kita bisa langsung memilihnya.

ASUS ExpertBook B3 Flip Mudah Dibawa

asus expertbook B3 Flip
Foto: dok. ASUS

Mengingat mobilitas kerja suami cukup tinggi, maka laptop barunya harus mudah dibawa. Layarnya tidak perlu terlalu besar, dan bobot laptop juga jangan terlalu berat. Bagaimana dengan ExpertBook B3 Flip?

Wah, layarnya 14 inch dan laptop bisnis ini memiliki berat 1,61 kg. Ketebalan bodi Expertbook B3 Flip kurang dari 2 cm. Modelnya pun ringkas. Dengan dimensi tersebut, Expertbook B3 Flip pastinya mudah dibawa ke mana-mana.

Konektivitas 4G LTE Dukung Aktivitas Kerja Bebas Hambatan

Biasanya untuk keperluan internet, kami mengandalkan WiFi. Di rumah, sinyal WiFi kami kuat dan lancar. Namun, bagaimana saat harus bekerja dari lokasi yang tidak ditunjang jaringan WiFi? Duh, bisa-bisa malah nggak bisa kerja.

Bahkan sering kali kita tidak boleh sembarangan mengakses WiFi untuk melakukan aktivitas tertentu, misalnya transaksi keuangan atau mendownload dokumen penting. Agar kegiatan tersebut tetap aman, maka dibutuhkan sambungan ke jaringan intranet yang lebih aman.

Nah, Expertbook B3 Flip memberikan solusi dengan menyematkan fitur konektivitas 4G LTE. Jadi, di laptop ini terdapat slot kartu SIM layaknya ponsel. Di slot ini pula, bisa digunakan untuk membaca kartu microSD. Multifungsi ‘kan? Ketiadaan jaringan WiFi, bukan halangan untuk tetap terkoneksi. Jaringan 4G Expertbook B3 Flip bisa bikin aktivitas kerja bebas hambatan.

Baca juga:

ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402), Laptop Bisnis Terbaik dengan Koneksi 5G Pertama di Indonesia

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Bikin Freelancer Makin Produktif

Bila memilih mengakses internet menggunakan WiFi, Expertbook B3 Flip didukung WiFi 6 yang menawarkan sambungan lebih baik dan kecepatan transfer data terbaik. Bahkan laptop ini juga memiliki port ethernet (LAN) yang memungkinkan konektivitas ke jaringan komputer secara fisik. Internet wus wus wus, kerjaan lancar, cuan insyaallah mengalir lebih deras. Aamiin.

Expertbook B3 Flip pun telah diperkuat prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru yang kencang sekaligus hemat daya. Tak heran, daya tahan baterai Expertbook B3 Flip bisa lebih panjang.

Intel® Iris® Xᵉ graphics juga tersemat sehingga membuat laptop ini lebih powerful dalam hal visual. Lihat saja, dukungan miliaran warna membuat tampilan visualnya begitu cemerlang.

Fitur Konektivitas ASUS ExpertBook B3 Flip Sangat Lengkap

Foto: dok. ASUS

Satu hal yang kerap jadi kendala dalam bekerja adalah jumlah port yang terbatas. Expertbook B3 Flip menjawab masalah ini dengan menghadirkan cukup banyak port. Lihat saja, ada USB Type-A, HDMI, dan combo audio jack.

Expertbook B3 Flip juga memiliki port Thunderbolt 4 yang memungkinkan kecepatan transfer data sangat tinggi. Kita juga bisa lho mengisi daya laptop menggunakan power bank. Keunggulan lainnya, port-port ini dibuat menggunakan rangka konstruksi khusus, sehingga bisa lebih tahan lama.

Multifungsi

ASUS Expertbook B3 Flip bisa menjalankan fungsi sebagai laptop maupun tablet, seperti telah disinggung di awal tulisan. Ini karena layar ExpertBook B3 Flip (B3402) bisa diputar hingga 360 derajat.

Mengingat bisa digunakan dalam mode tablet, maka layar laptop ini mendukung input sentuh. Lihatlah di samping bodi laptop, ada sebuah stylus pula yang bisa digunakan untuk menulis catatan bisnis atau membuat sketsa untuk dipresentasikan.

Saat kita menggunakan mode tablet, tetap bisa menggunakan kamera bagian belakang layaknya tablet pada umumnya. Kamera tambahan dengan nama “World Facing Camera” ini berada di bagian atas keyboard. Resolusi kamera ini cukup tinggi, yakni 13 MP. Laptop ini juga dilengkapi webcam di bagian atas layar dengan resolusi HD.

Keamanan ASUS ExpertBook B3 Flip Teruji

Foto: dok. ASUS

Dari sisi keamanan, Expertbook B3 Flip tak perlu diragukan. Ada modul TPM 2.0 untuk menjaga data pribadi. Ada pula sensor sidik jari yang memudahkan proses login dengan aman. Bahkan, ada fitur secure file shredder yang bisa memastikan suatu data bisa benar-benar terhapus.

Bodi Expertbook B3 Flip juga dirancang kokoh dan terbukti lulus tes uji militer yang ekstrem. Benturan saat dibawa dalam perjalanan tidak akan membuat laptop ini gampang rusak. Sebab saat uji coba saja, laptop ini tahan terhadap tekanan 25 kg dan tetap oke meskoi jatuh dari ketinggian 120 cm.

Tak hanya itu, di bagian keyboard terdapat fitur anti-spill, sehingga tetap aman meski terkena tumpahan air. Engsel Expertbook B3 Flip juga tahan banting, masih prima saat diuji hingga 30 ribu kali buka tutup.

Expertbook B3 Flip pun aman dari bakteri lantaran dilindungi lapisan ASUS Antibacterial Guard. Lapisan ini terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri sampai lebih dari 99 persen dalam kurun waktu 24 jam. Lapisan ASUS Antibacterial Guard ini awet, tak mudah hilang meski terkena alkohol dan cairan pembersih.

Penutup

Dari berbagai kelebihan yang dihimpun, ASUS Expertbook B3 Flip bisa menjadi laptop pilihan agar kerja semakin produktif. Tak perlu khawatir meeting jarak jauh bakal terkendala, karena laptop ini mendukung WiFi dengan baik, koneksi di jalur 4G pun mumpuni.

Harga ASUS Expertbook B3 Flip di angka 17 jutaan rupiah saya kira cukup terjangkau, apalagi banyak kelebihan yang bisa dimanfaatkan. Laptop bisnis ini tidak hanya mendukung pekerjaan dengan mobilitas tinggi, tapi juga bisa digunakan untuk belajar online si kecil dengan lebih nyaman. Gimana, tertarik juga pada ASUS Expertbook B3 Flip seperti saya dan suami?

Referensi

Rilis ASUS: ASUS mengeluarkan Laptop bisnis pertama dengan Konektivitas 4G dan 5G di Indonesia

ASUS. Expertbook B3 Flip, diakses pada 28 Juni 2022.

Handiko.com ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Keren dengan Koneksi 4G LTE!, diakses pada 28 Juni 2022.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com