ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Bikin Freelancer Makin Produktif

“Siapa yang ingin menjadi freelancer produktif?” Jika ada pertanyaan seperti ini, saya bakal tunjuk jari paling cepat. Iya dong, semakin produktif sebagai freelancer, semakin banyak pekerjaan yang bisa dilakukan. Dengan semakin produktif, stres bisa diminimalkan dan penghasilan pun bisa lebih banyak.

Sebagai seorang freelance writer, saya merasa produktif jika bisa mengambil lebih banyak job menulis. Saya juga jadi lebih produktif ketika bisa bekerja lebih cepat, sehingga bisa segera mengerjakan pekerjaan domestik dan membersamai anak-anak. Hmm, ibu-ibu memang harus bisa sat set sat set.

Namun, ada saja hal menghambat produktivitas. Jadi, sekarang ini ‘kan anak saya yang sulung sudah mulai pembelajaran tatap muka (PTM) 50 persen. Hal itu membuat saya harus mengantarnya sekolah. Mengingat waktu sekolahnya hanya dua jam dan jarak dari rumah cukup jauh, saya pun menunggu dia sekolah. Biasanya saya menunggu si sulung di taman dekat sekolah atau di dalam mobil.

Dua jam adalah waktu berharga bukan? Mencari bahan dan meramu tulisan bisa dibuat dalam kurun waktu itu. Sayangnya, tidak semudah yang dibayangkan. Ada saja hal-hal yang menjadi tantangan. Untungnya ada ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) yang bisa banget menjawab tantangan freelancer seperti saya, sekaligus membuat saya lebih produktif.

Nah, ini dia hal-hal yang bisa saya kerjakan bersama ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400).

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Ringkas dan Ringan, Saya Bisa Kerja dari Mana Saja

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)
Laptop yang ringkas dan ringan/ Foto: Dok. ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

Seorang freelance writer harus bisa kerja dari mana saja. Ya, tidak terkecuali dari taman dekat sekolah anak atau di dalam kendaraan. Namun, laptop yang menjadi “senjata” freelance writer terkadang bikin kerepotan. Ini karena laptop yang berat dan kekhawatiran laptop bakal rusak karena dibawa wira-wiri.

Namun, kerepotan itu bisa diselesaikan oleh ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400), lho. Bayangkan, ketebalannya hanya 16,9 mm dan beratnya hanya 1,4 kg. Ringan sekali, bukan? Sungguh sangat meringankan beban bawaan saya.

Kendati ukuran layarnya 14 inchi, tetapi dimensi bodi Zenbook 14X OLED (UX5400) sekelas laptop 13-inci. Kok bisa begitu? Rupanya seri terbaru lini Zenbook Classic ini menggunakan teknologi NanoEdge Display. Hal ini memungkinkan bezel layar Zenbook 14X OLED (UX5400) menjadi sangat tipis. Bezelnya hanya 3 mm di kedua sisi layarnya. Bezel yang sangat tipis ini juga bikin laptop ultra-portable ini memiliki layar dengan screen-to-body ratio hingga 92 persen.

Saya juga nggak perlu khawatir laptop bakal cepat rusak karena dibawa ke mana-mana. Soalnya Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Military Grade (MIL-STD 810H). Uji ketahanannya tidak main-main, ada tes jatuh, tes getaran, hingga tes operasional di lingkungan ekstrem.

Zenbook 14X OLED (UX5400) Aman untuk Mata, Saya Bisa Kerja Maksimal

Salah satu tantangan yang bikin produktivitas menulis saya terhambat adalah mata lelah akibat terlalu lama menatap layar laptop. Penglihatan ganda dan mata yang jadi lebih sensitif terhadap cahaya terang sering sekali dialami.

Sering pula mata terasa kering dan terasa seperti ada sesuatu yang mengganjal. Seperti kelilipan, tapi tidak ada benda lain yang nyangkut di mata. Belum lagi sakit kepala dan rasa pegal di sekitar leher dan punggung. Kalau sudah begini, mau tidak mau saya harus menutup laptop.

Lagi-lagi keluhan penghambat produktivitas bisa dijawab oleh ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400). Meskipun berjam-jam mengetik atau riset bahan menulis, mata tidak akan cepat lelah. Ini karena penggunaan layar ASUS OLED yang telah mengantongi sertifikasi low blue-light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland. Fitur eye care-nya juga dapat mengurangi tingkat paparan radiasi sinar biru pada layar hingga 70 persen.

Brightness dan warna dari layar laptop ini sangat sesuai sehingga membuat nyaman di mata. Kualitas visual yang dihadirkan juga sangat baik. Akurasi warna panel OLED juga sangat tinggi. Ini membantu banget sih bagi para desain grafis profesional untuk memaksimalkan kinerjanya. Bahkan layar Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki spesifikasi Display HDR true black 500 berstandar industri melalui sertifikasi PANTONE Validated Display.

Zenbook 14X OLED (UX5400) Dukung Kenyamanan Bekerja dan Saya Bisa Multitasking

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)
Laptop nyaman, kerja pun nyaman /Foto: Dok. ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

Terkadang kita berada di posisi duduk yang tidak terlalu nyaman untuk mengetik. Misalnya nih saat sandaran kursi terlalu tegak atau ketika terlalu lama mengetik. Jika mengetik tak lagi nyaman, yang dilakukan adalah menutup layar laptop. Duh, hal ini tentu bakal menghambat produktivitas kerja.

Zenbook 14X OLED (UX5400) memang didesain sangat nyaman ketika digunakan. Salah satu pendukung kenyamanan bekerja itu adalah mekanisme 180 derajat ErgoLift Hinge. Mekanisme tersebut memungkinkan laptop ini dapat dibuka hingga 180 derajat. Enak banget nih saat harus kerja secara berkelompok.

Tak hanya itu, mekanisme yang digunakan itu juga bikin bodi utamanya sedikit terangkat. Efeknya, posisi mengetik jadi lebih nyaman pada saat mode penggunaan clamshell. Karena mekanisme ini juga, aliran udah lebih mudah mengalir. Laptop nggak gampang panas deh.

Baca juga yuk: Hampir 3 Tahun Resign, dan Saya Masih Menulis

Yuk, kita lihat bagian keyboard Zenbook 14X OLED (UX5400). Keyboard-nya sederhana, namun kesan elegan dan premium sangat terlihat. Di sudut kanan atas terdapat tombol power yang merangkap sebagai finger print scanner. Keryboard ini menggunakan layout tenkeyless (TKL) dengan backlight putih dan memiliki 3 tingkat kecerahan.

Kerja memakai Zenbook 14X OLED (UX5400) juga bakal lebih produktif karena keberadaan ScreenPad™ 2.0. Area layar sentuhnya nggak hanya luas, tapi juga menawarkan sudut pandang 178 derajat. Nyaman banget ‘kan kerja dengan area yang luas.

Oh ya, rupanya ada softwear atau aplikasi dari ASUS yang memungkinkan kita mengetik tangan memakai aplikasi hand writing. Memudahkan sekali!

Kita juga nggak akan kerepotan mengakses shortcut. Nggak perlu menghafal kombinasi tombol di keyboard, soalnya ada fitur Quick Key. Bahkan Quick Key ini juga bisa dikustomasi sesuai dengan aplikasi yang sedang berjalan. Senyaman itu.

Zenbook 14X OLED (UX5400) juga memiliki fitur untuk menampilkan antarmuka tambahan di berbagai aplikasi utama Microsoft Office. Kita nggak akan repot saat harus menggunakan berbagai fungsi di aplikasi Microsoft Office. Lalu, dengan App Switch, berbagai aplikasi dapat ditampilkan dari layar utama ke ScreenPad™ 2.0. Mudah sekali dan sangat mendukung kegiatan multitasking. Happy!

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Memiliki Konektivitas Lengkap, Kerja Jadi Lebih Cepat

Sedang enak-enaknya menulis, eh butuh data dari perangkat lain. Duh, masalah muncul kala port di laptop tidak mendukung perangkat lain. Mau tidak mau harus menyediakan dongle. Masalah kembali muncul ketika dongle-nya terselip entah ke mana. Duh, ide menulis keburu menguap dan kerjaan nggak kelar-kelar.

Dengan ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400), tidak harus bergantung pada dongle, lho. Lihat deh opsi konektivitasnya yang super lengkap. Meskipun laptopnya tipis, tapi ada berbagai port yang disematkan. Port-port tersebut memudahkan Zenbook 14X OLED (UX5400) terhubung dengan berbagai perangkat. Ada HDMI 2.0, USB 3.2 Gen2 Type-A, hingga MicroSD dan 3.5 mm combo audio jack.

Zenbook 14X OLED (UX5400) juga memiliki dua port USB Type-C Thunderbolt™ 4. Ini adalah port modern yang mendukung transfer data dengan kecepatan tinggi, yaitu hingga 40 Gbps. Thunderbolt 4 juga bisa dipakai untuk menghubungkan monitor tambahan dengan dukungan resolusi tinggi. Keren banget!

Baca juga tulisan ini yuk: (Tidak) Enaknya Menjadi Penulis

Keberadaan port ini mendukung fitur USB Power Delivery. Dengan demikian, daya baterai dapat diisi melalui adapter charger maupun power bank. Baterainya pun memiliki daya tahan panjang. Untuk pengisian baterai juga tidak perlu waktu lama. Dalam 30 menit, pengisian baterai bisa mencapai 50 persen.

Di Zenbook 14X OLED (UX5400) juga tertanam WiFi 6. Wah, transfer data bisa dilakukan lebih cepat dan stabil nih. Sungguh bikin freelancer selalu tersenyum karena bisa lebih produktif bekerja. Efektif dan efisien.

Zenbook 14X OLED (UX5400) Memiliki Performa Kencang, Produktivitas Kerja Meroket

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)
Performa laptop cepat, produktivitas meroket/ Foto: Dok. ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400)

Hal penting yang bikin produktivitas freelance writer meroket adalah dukungan alat kerja dengan performa kencang. Kebutuhan ini dijawab dengan baik oleh ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400).

Laptop modern ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Harware modern ini memungkinkan kita bekerja dengan lebih lancar. Tak sekadar mendukung kebutuhan komputasi sehari-hari, tetapi mendukung banget untuk melakukan kegiatan multitasking yang tidak main-main. Powerful banget!

Keberadaan Intel® Iris® Xᵉ graphics memungkinkan Zenbook 14X OLED (UX5400) memiliki kemampuan pemrosesan grafis ekstra. Saya pun bisa lebih optimal saat membuat desain gambar pendukung tulisan menggunakan Photoshop, Canva, atau program lainnya.

Saking banyaknya menyimpan gambar dan data lain, laptop biasanya jadi lemot. Ini masalah besar bagi freelance writer. Namun, bagi ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400), itu bukan masalah besar.

Pasalnya Zenbook 14X OLED (UX5400) dilengkapi memori dengan kapasitas hingga 16 GB. Ada pula penyimpanan berupa PCIe SSD dengan performa tinggi, serta kapasitas yang ekstra lega.

Bila butuh performa yang lebih kencang, jangan khawatir. Ada fitur ASUS Intelligent Performance Technology (AIPT) dengan tiga mode performa, yaitu Performance Mode, Balance Mode, serta Whisper Mode. Nah, di Performance Mode, prosesor dapat dipacu dayanya hingga 40W lho. Sudah pasti performa laptop lebih kencang, penggunanya pun bisa “ngebut” menyelesaikan deadline pekerjaan.

Itu dia cerita tentang hal yang bisa saya lakukan dengan ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) di dunia freelance writer. Kerja cepat, nyaman, dan pastinya produktivitas tinggi membuka peluang datangnya cuan lebih banyak. Alhamdulillah.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Writing Competition bersama bairuindra.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com