Ingin Hiburan Beragam dan Dapat Cuan? IDN Live Jawabnya

Halo Mama, sedang apa nih? Hah, sedang bosan tapi mager keluar rumah?! Cuaca yang panas terik di siang hari seperti akhir-akhir ini memang bikin malas ke mana-mana ya. Eit, jangan sedih. Meski di rumah saja, Mama bisa lho dapat hiburan. Tak cuma hiburan, Mama pun bisa meraup cuan. Penasaran? Baca tulisan ini sampai selesai ya, Ma.

Ibu-ibu seperti kita bisa banget memanfaatkan teknologi untuk bersenang-senang sekaligus meraup cuan. Bagaimana caranya? Jawabnya adalah dengan memanfaatkan IDN Live yang merupakan fitur live streaming dari IDN App.

Jadi, ketika kita butuh hiburan, langsung saja pilih konten yang diminati di IDN Live. Selanjutnya Mama tak hanya bisa menonton, tetapi juga bisa berinteraksi dengan streamer alias orang yang melakukan live streaming. Jika Mama suka bikin konten, bisa menjajal pula jadi streamer sehingga bisa meraup cuan. Asyik ‘kan?

Makin penasaran? Yuk, simak review fitur IDN Live di IDN App.

Apa Itu IDN Live?

IDN Live adalah fitur streaming yang bisa kita akses di IDN App. Untuk bisa menggunakan fitur ini, tentunya Mama harus download IDN App dari Playstore atau App Store terlebih dahulu. Setelah download, jangan lupa untuk sign up di IDN App ya, Ma.

Nah, sekarang Mama bisa mengakses IDN Live. Gimana, belum menemukan di mana IDN Live? Coba sekarang Mama lihat baik-baik di home IDN App. Perhatikan sisi paling atas ya, Ma. Di sana terdapat tiga menu, yakni:

  • Berita
  • IDN Live
  • Quiz

Langsung saja klik menu IDN Live. Selanjutnya, pilih live streaming yang sedang berlangsung, lalu tonton deh. Semua tayangan live streaming di ini bisa diakses secara gratis. Ya, tidak ada biaya langganan sama sekali.

Sekilas informasi, di IDN App, kita bisa mengakses konten-konten lain dari media-media yang berada di bawah naungan IDN Media. Konten artikel di IDN Media juga lengkap sekali, sehingga bisa memuaskan dahaga akan berbagai informasi terkini.

Apa Keunggulan IDN Live?

IDN Live

Sebenarnya bicara tentang live streaming, hal itu bukan sesuatu yang asing. Mungkin Mama pernah melihat live shopping di platform e-commerce atau pun live streaming seperti mabar (main bareng) game online. Akan tetapi di IDN Live ada berbagai keunggulan, yakni:

  • Konten Live Streaming Sangat Beragam

Konten yang sangat beragam bikin kita punya banyak pilihan. Ada konten tentang game, tutorial make up, cerita bareng artis, travel, musik, komedi, masak-masak, sharing seputar hidup dan parenting, tanya jawab dengan psikolog, lelang barang, dan lain-lain. Tuh lengkap banget ‘kan?

Saya sering mengakses konten tentag masak-masak, sharing seputar hidup dan parenting, dan tanya jawab dengan psikolog. Bagaimana dengan Mama, konten apa nih yang menarik perhatian dan ingin disimak?

  • Bisa Berinteraksi dengan Streamer secara Lebih Real

Keunggulan lain dari menonton live streaming di IDN Live adalah bisa berinteraksi dengan streamer secara lebih real. Penonton dan streamer bisa saling memberikan tanggapan di fitur live chat. Bahkan penonton yang satu dan lainnya pun bisa saling menanggapi pesan.

Virtual gift untuk streamer dari penonton/ Foto: Nurvita Indarini

Uniknya lagi, saat menonton live streaming, kita juga bisa memberikan virtual gift untuk streamer. Virtual gift-nya lucu-lucu, ada makanan seperti sate, siomay dan nasi goreng. Ada pula virtual gift dalam bentuk binatang seperti komodo dan cendrawasih. Ingin memberikan virtul gift barang mewah seperti jet pribadi dan motor sport juga bisa lho.

Virtual gift bisa diberikan jika kita memiliki Gold. Masing-masing gift memiliki harga yang berbeda-beda. Misalnya gift siomay harganya 1 Gold, sedangkan gift nasi goreng harganya 2 Gold.

Saat mendaftar di IDN App untuk pertama kali, kita akan mendapat beberapa Gold yang bisa ditukar dengan virtual gift. Saat Gold habis, jangan khawatir. Kita bisa top up atau membeli Gold sesuai kebutuhan dengan pembayaran yang disediakan oleh Google Play atau App Store.

Siapa Saja Streamer di IDN Live?

Melihat konten live streaming di IDN Live yang beragam, dipastikan streamer-nya juga memiliki latar belakang yang beraneka ragam. Mereka bisa dari kalangan selebritas, penulis, influencer, musisi, gamer, psikolog, dan figur publik lainnya. Pokoknya para streamer ini adalah orang-orang memiliki ciri khas topik atau keahlian masing-masing.

Bagaimana Cara Menjadi Streamer?

IDN Live

Mama merasa memiliki kemampuan atau keahlian yang bisa dibagikan kepada publik? Misalnya keahlian read aloud, mendongeng, membuat mainan anak dari barang bekas, atau selalu punya tips dan trik bebersih rumah. Jika iya, coba deh jadi streamer. Selain bisa membagikan hal yang bermanfaat, bisa sekaligus meraup cuan lho.

Wah, menyenangkan banget ya bisa melakukan hal yang disukai sesuai passion dan mendapat pemasukan. Bahkan kegiatan ini bisa menjadi mata pencarian.

Mama bisa mendaftarkan diri dengan mengisi data diri di formulir Pendaftaran IDN Live New Streamer di sini. Selanjutnya, pihak IDN akan melakukan proses kurasi dan seleksi. Jika Mama memenuhi kriteria, maka akan dihubungi pihak IDN untuk mendapat penjelasan tentang proses selanjutnya.

Program IDN Live Streamer Fund Rp 50 Miliar

IDN live

IDN tidak main-main dalam mengembangkan IDN Live sekaligus mendukung pertumbuhan kreator ekonomi di Indonesia. Hal itu terlihat dari diluncurkannya program IDN Live Streamer Fund pada April 2022. Program tersebut menyediakan dana Rp 50 miliar bagi kreator konten di platform IDN Live yang memenuhi kriteria.

Program ini adalah bentuk apresiasi bagi para streamer. Dengan program ini, para kreator diharapkan bisa meningkatkan kreativitasnya, serta bisa menghasilkan konten-konten yang berkualitas dan impactful. Selanjutnya, mereka bisa membangun interaksi yang baik dengan audiensnya.

Dana yang akan diperoleh setiap streamer dihitung melalui kombinasi beberapa faktor. Misalnya saja jumlah jam streaming dan penonton, serta tingkat keterlibatan audiens dan hadiah virtual yang diberikan pada streamer.

Bagi kreator terpilih, nantinya akan mendapatkan berbagai benefit. Misalnya saja, mereka akan mendapatkan media coverage, strategi promosi, dan iklan berbayar di ekosistem IDN Media. Para streamer juga mendapatkan akses menggunakan studio profesional IDN Media di Jakarta dan Surabaya dalam membuat konten.

Tak hanya itu, streamer terpilih juga akan mendapat pelatihan dan mentoring. Bahkan mereka juga difasilitasi perangkat untuk mendukung live streaming seperti kamera, mikrofon, mixer, tripod, lighting, green screen, dan lainnya. Menarik sekali!

Satu lagi yang tak kalah menarik, para streamer terpilih berkesempatan mendapat brand sponsorship yang difasilitasi ICE, platform creator marketing milik IDN Media. Wow banget!

Penutup

Teknologi berkembang cepat sekali. Tiga puluh tahun lalu, jika ingin mendapat hiburan, orang-orang mengandalkan televisi, radio, bioskop, dan tempat-tempat pertunjukan. Kini, di era yang serba digital, hiburan yang diinginkan bisa dengan mudah didapat.

Berbekal smartphone, kita bisa mendapatkan hiburan dan informasi yang beraneka ragam dari IDN Live. Tak sekadar hiburan, kita bahkan bisa menggunakan kemampuan yang dimiliki untuk meraup cuan dengan menjadi streamer. Aneka peluang mengembangkan diri sekaligus mendapat pemasukan kian terbuka. Mama siap untuk turut ambil bagian?

Referensi

Popmama. IDN Live: Fitur Live Streaming yang Bisa Jadi Hiburan, diakses pada 18 Mei 2022.

Popbela. IDN Luncurkan Dana Rp50 Miliar untuk Program IDN Live Streamer Fund, diakses pada 18 Mei 2022.

streamerfund.idn.app

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com