Ide Warna Cat Rumah untuk Sambut Ramadan agar Aura Makin Positif

“Mama, Ariq coret-coret tembok lagi,” teriak si sulung mengagetkan saya yang sedang menggoreng tempe di dapur. Duh, warna cat rumah semakin nggak karu-karuan dengan “hasil karya” terbaru si bungsu.

Tuh, benar ‘kan. Tembok rumah yang aslinya putih semakin banyak nodanya. Apa tembok rumah ini mencerminkan hati pemiliknya yang masih penuh noda? Hiks!

Ingin rasanya marah melihat si bungsu yang kerap mencoreti dinding, padahal dia sudah diberi jutaan kertas untuk media gambar. Namun, marah tidak menyelesaikan masalah. Sepertinya ini “pemanasan” ujian kesabaran sebelum bulan Ramadan 2022 tiba.

Fiuh! Inginnya sih sabar, tapi melihat dinding rumah yang dekil rasanya pikiran jadi awur-awuran. Saat pikiran ruwet, emosi juga jadi mudah menggelegak. Sebelum marah, tarik napas dulu sambil istighfar.

“Sabar, Ma. Ini artinya sudah saatnya tembok rumah kita dicat lagi. Kita ganti warna cat rumah saja. Coba deh nanti kita cari warna yang bisa bantu energi positif kita keluar, biar makin semangat nanti puasa Ramadan.” Suami mengusap-usap punggung saya untuk meredakan kekesalan ini.

Aha! Betul juga. Ganti warna cat rumah adalah solusi jitu menghapus kedekilan istana kami. Nanti mau ganti cat yang bikin dinding mudah dibersihkan. Jadi kalau dicoret anak, gampang menghapusnya.

Rekomendasi Warna Cat Rumah untuk Semarakkan Ramadan

warna cat rumah
Ganti warna cat rumah bisa munculkan suasana baru/ Foto: Nurvita Indarini

Perjalanan mencari warna cat rumah kami pun dimulai. Harapannya, warna yang digunakan bisa mendukung hati dan pikiran penghuninya lebih bersih. Apalagi warna sejak lama diyakini bisa membangkitkan emosi, serta memengaruhi perilaku dan cara berpikir seseorang.

Ramadan bisa jadi momen tepat untuk mengganti warna cat rumah yang sudah pudar. Ini karena warna bukan sekadar dekorasi. Dinding rumah dengan warna baru bisa memberikan kesan rileks dan hangat. Hal ini bisa turut mendukung kenyamanan menjalankan ibadah Ramadan.

Baca juga tulisan ini yuk: Cat Dinding dan Kreativitas Anak, Apa Hubungannya?

Terlebih sudah tiga tahun kita menjalani Ramadan di tengah pandemi Covid-19. Ketidakleluasaan bergerak di luar rumah kerap memicu bosan. Beberapa di antara kita bahkan harus berupaya lebih keras untuk bisa bertahan hidup. Tetap semangat ya, Ma!

Nah, dalam pencarian warna cat rumah, kami terdampar di Instagram @colourscheme.id. Wah, ternyata ada tren warna Ramadan. Senang banget lihat foto-foto ruangan dengan balutan cat aneka warna. Warnanya bagus-bagus banget lagi.

Saya share ya, Ma, ide warna cat rumah untuk menyambut Ramadan yang bisa bikin suasana hati lebih positif. Siapa tahu ada sedang ingin mengganti warna dinding rumah seperti saya. Yuk, kita pilih-pilih bersama.

Warna-warna Tropical

Warna-warna tropical menggambarkan kehangatan daerah tropis di sekitar Khatulistiwa. Kesan cerah dan nuansa menyegarkan terpancar dari warna-warna ini. Efek psikologis dari warna-warna tropical adalah semangat dan bahagia.

Warna-warna ini memberi suasana bersama keluarga dan kerabat menjadi lebih ceria, seru, dan akrab. Ini dia warna-warna tropical yang bisa jadi pilihan.

1. Kuning Mentari

Warna kuning diasosiasikan dengan kegembiraan, kebahagiaan, dan energi. Ruangan yang mendapat sentuhan warna kuning mentari bisa memberikan rasa ceria dan damai.

2. Hijau Klepon

Warna hijau klepon yang natural bisa banget digunakan untuk mewarnai dinding rumah. Dari warna ini, kita bisa mendapatkan rasa tenang, rileks, sehingga memudahkan berkonsentrasi.

3. Green Gauze atau Hijau Telur Asin

Apa pun variannya, hijau sebagai warna alam selalu dikaitkan dengan keamanan, keseimbangan, dan menjadi simbol kesuburan. Rumah yang dicat dengan warna hijau telur asin bisa memberikan kesan fresh dan tenang.

4. Biru Samudera

Warna biru mengingatkan pada laut. Warna ini memberikan nuansa nyaman dan menenangkan. Biru juga dikaitkan dengan kestabilan, produktif, rasa aman, damai, dan menjadi tanda stabilitas.

Warna-warna Warm

warna cat rumah
Warna-warna warm/ Foto: Instagram @nipponpaintindo

Warna-warna warm akan membuat siapa pun yang melihat jadi memikirkan hal-hal yang hangat atau membangkitkan perasaan hangat. Warna-warna ini sering digunakan untuk membuat ruangan besar tampak lebih nyaman dan lebih intim.

Warna-warna warm memberikan nuansa kehangatan yang teduh. Efek psikologis yang ditimbulkan warna ini adalah tenang, intimate, dan hangat. Selain itu juga memberi kesan ruangan yang tenang, hangat dan nyaman

1. Home Sweet Home

Warna yang lembut dan membuat ruangan tampak manis.

2. Warm Toast

Merupakan warna yang menciptakan kesan hangat dan elegan.

3. Sable Brown

Warna cokelat, termasuk sable brown, memancarkan kehangatan dan nuansa bersahaja. Warna ini membuat ruangan terlihat berkelas dan terasa nyaman.

Warna-warna Monochrome

Kesan bersih, sederhana, dan tenang sangat menonjol dari warna-warna monochrome. Ruangan yang disapu warna monochrome jadi tampak lebih bersih, luas, dan simpel.

1. Putih Bersih

Memberikan kesan kemurnian, kesempurnaan, kerendahan hati, elegan, minimalis, dan nyaman.

2. Smoking Gray

Ini merupakan warna bebatuan yang natural. Smoking gray ini memberikan efek hangat dan bersemangat.

3. Black

Warna hitam sering dikaitkan dengan kesedihan dan misteri. Namun, warna hitam juga memberikan kesan elegan, misterius, kuat, dan formalitas.

Nuansa Monochrome untuk Warna Cat Rumah Sambut Ramadan

Ruang tamu nuansa monochrome yang menginspirasi kami/ Foto: Instagram @nipponpaintindo

Pada saat mencari inspirasi warna di Instagram @colourscheme.id, kami melihat foto yang menarik perhatian. Sebuah foto yang menampakkan ruang tamu dengan dinding berwarna abu-abu. Elegan sekali dipadu sofa berwarna putih.

Satu foto lainnya adalah sebuah ruang kerja dengan cat abu-abu dan ornamen kayu natural. Melihat pemandangan di foto itu rasanya tenang, damai, bersih.

Akhirnya saya dan suami memutuskan untuk menggunakan warna abu-abu untuk ruang keluarga yang mungil. Informasi di @colourscheme.id, rupanya cat yang digunakan adalah Nippon Paint Satin Glo Smoking Gray NP N 2045T.

Kami lantas pergi ke toko bangunan tak jauh dari rumah. Produk Nippon Paint memang mudah ditemukan dan bisa jadi solusi kebutuhan cat interior, eksterior, kayu, besi, hingga lantai. Bahkan produk Nippon Paint telah terdistribusikan luas di lebih dari 6.000 toko Colour Creations Machine (CCM) di seluruh Indonesia. Wah! Di mana-mana pakai Nippon Paint.

Sesampainya di toko bangunan, kami melihat-lihat katalog warna cat rumah. Duh, jadi galau, soalnya warnanya bagus-bagus semua. Apalagi Nippon Paint memiliki 10.000 warna pilihan.

Seorang sales promotion girl (SPG) menangkap kegalauan kami. Kata dia, jika bingung memilih warna, bisa konsultasi ke Colour Scheme Service. Untuk konsultasi cuma perlu tiga langkah.

1. Foto ruangan atau rumah yang warnanya hendak dikonsultasikan.

2. Klik link ini untuk mengisi form Colour Scheme Service.

3. Menunggu hingga lima hari kerja. Nantinya colourist Nippon Paint akan mengirimkan email berisi tiga alternatif visualisasi warna.

warna cat rumah
Yeay, warna yang dicari bisa didapat/ Foto: Nurvita Indarini

Namun, suami telanjur jatuh cinta pada warna smoking gray. Apalagi kami ada rencana untuk membeli sofa baru berwarna putih. Akhirnya diputuskan tetap membeli Nippon Paint Satin Glo Smoking Gray NP N 2045T.

Pengalaman Mengecat Rumah Pakai Nippon Paint Satin Glo

Nippon Satin Glo sudah di tangan. Saya dan suami tidak sabar ingin ganti suasana baru. Akhirnya kami bekerja bakti mengecat dinding rumah sendiri. Ternyata seru juga.

Kesan pertama ketika membuka wadah Nippon Paint Satin Glo super happy. Ini karena sama sekali tidak tercium bau cat. Sebelumnya, setiap kali mengecat rumah, bau cat selalu menyeruak dan bertahan hingga beberapa waktu.

Nippon Paint Satin Glo warna smoking gray pilihan kami/ Foto: Nurvita Indarini

Set, set, set! Kuas menari-nari di dinding. Seketika dinding rumah kami berubah warna menjadi smoking gray. Dinding yang semula kumal bin dekil, kini menjadi mewah dan berkilau. Cat melapisi dinding dengan sempurna.

Kadang-kadang saat diaplikasikan, warna cat berbeda dengan di kartu warna. Namun, Nippon Paint yang kami beli ini warnanya betul-betul sama. Benar-benar maksimal! Nippon Paint juga memberikan garansi pada produk dan warna, yang mana 100 persen akurat dan konsisten.

Selain itu, catnya juga mudah kering. Cocok sekali buat kami yang memiliki anak-anak aktif dan gemar memegang segala macam benda, apalagi sesuatu yang baru. Selain itu, tekstur akhir cat yang water-based ini haluuuus banget, seperti sutera. Dinding juga jadi anti-jamur. Keren!

warna cat rumah
Dindingnya bisa ditulisi dan dibersihkan nih/ Foto Nurvita Indarini

Satu hal yang bikin saya senang banget adalah karena dinding kami sekarang bisa dicuci. Anak-anak bisa menjadikan salah satu sisi dinding untuk menulis menggunakan kapur. Tak perlu khawatir dinding bakal dekil.

Cat juga tidak mudah mengelupas, bahkan tahan disikat 10.000 kali. Sekarang nggak akan ada lagi muka bersungut karena melihat dinding rumah kumal akibat coretan. Hebatnya Nippon Paint yang serba bisa. Hebatnya Nippon Paint, solusi total untuk segala pengecatan.

Selain itu, WhatsApp Care Nippon Paint membantu banget. Saat kami butuh konsultasi pengecatan, langsung dibantu. Pun jika Mama ingin tahu produk Nippon Paint lebih lanjut bisa banget menghubungi WhatsApp Care Nippon Paint di nomor 0811-1283-028.

Nah, Mama, itulah cerita saya mencari dan mengganti warna cat rumah untuk menghadirkan suasana baru. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi Mama yang sedang mencari ide cat warna rumah. Dengan menghadirkan suasana baru di rumah, semoga semakin memotivasi kita untuk menjadi versi terbaik diri ya, khususnya di bulan Ramadan 2022 ini. Hebatnya Nippon Paint, Jadikan Harapan Ramadan Lebih Berwarna.

4 Comments
  1. Era says

    Aku suka warm colournga Nippon Paint. Cakep banget ya. Yang Monochrome juga keren. Kalau Tropical cocok buat yang enerjik nih

  2. Belgie says

    Cakep ya warna mono chrome, minimalis gt jadinya, elegan aja, ide bagus nih utk rumahku

  3. Tika says

    Shenanigon… Oke i will remember that.. pas banget.. untung aq baca ini dlu. Aq tu udah lama pengen cat warna hijau tropikal gitu, tp pas ke toko cat aq ga tau nyebut namanya apa.. haha.. ok deh senanigon ya namanya.. makasiiih infonyaaa

  4. Caca says

    Kalau aku suka warna monochrome white dan hijau klepon. Unik ya mom

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com