SEO Checklist untuk Meningkatkan Performa Blog

Menulis personal website alias blog saat ini beda banget dengan lima belas tahunan lalu. Dulu nulis blog ya nulis saja. Namun, sekarang perlu banget belajar banyak hal untuk meningkatkan tulisan dan performa blog.

Melalui performa yang baik, keterjangkauan blog bisa lebih luas. Harapannya akan lebih banyak orang yang mendapatkan manfaat dari tulisan kita. Apalagi jika berniat memonetisasi blog, meningkatkan performanya adalah hal yang tak terelakkan. Salah satunya dengan memahami search engine optimization (SEO).

Beberapa waktu yang lalu, BRT Network mengundang digital marketing enthusiast, Miftahul Khoir, untuk berbagi tentang per-SEO-an. Materi Mas Miftah menarik banget. Dia meng-highlight pentingnya SEO checklist untuk memenangkan SERP dan meningkatkan performa website atau blog. O, ya, jika ingin tahu lebih banyak tentang digital marketing bisa main-main ke blog Mas Miftah.

SEO Checklist Bisa Bantu Meningkatkan Performa Blog

seo checklist
SEO checklist/ Gambar dari presentasi Miftahul Khoir

Perihal SEO checklist ini ada yang setuju dan ada yang tidak. Bagi yang tidak setuju mungkin karena merasa hal itu ribet atau jelimet. Namun, Mas Miftah sudah membuktikan sendiri “keajaiban” menerapkan SEO checklist dalam meningkatkan performa website.

Kisahnya begini. Suatu ketika, Mas Miftah bergabung dengan klikdokter.com. Di tiga bulan pertama dirinya di sana, rupanya belum ada peningkatan performa website yang signifikan. Duh, apa yang salah ya?

Akhirnya, Mas Miftah melakukan SEO checklist. Hasilnya langsung kelihatan tuh. Jika semula mendapatkan trafik 1.000 per hari cukup ngos-ngosan, sekarang trafiknya meningkat signifikan.

“SEO checklist ini penting dan jadi bisa ketahuan apa yang perlu dilakukan. Lalu naiknya (trafik) nggak pelan, tapi langsung naik ke atas,” ujar pria jebolan jurusan TI bidang infrastruktur jaringan ini.

SEO checklist, lanjutnya, menjadi semacam dinding pembatas. Dinding-dinding ini akan memandu pengelola blog untuk mengetahui apa yang sudah dan belum dilakukan, serta impact-nya.

Dengan membuat dan menerapkan SEO checklist, akan terbentuk kerangka kerja yang sistematis dan terorganisir. Hal ini penting untuk mencegah pengabaian elemen penting.

Mengikuti SEO checklist juga bisa menghemat waktu dan memaksimalkan dampak pengoptimalan website. Seperti diceritakan Mas Miftah, trafik klikdokter langsung meroket begitu dirinya membuat dan mengikuti SEO checklist.

SEO checklist juga mendukung penerapan praktik SEO yang konsisten. Selain itu, seiring berkembangnya algoritma mesin pencari, SEO checklist akan membantu kita beradaptasi dan memperbarui strategi peningkatan performa blog.

Adakah Trik SEO Agar Page One di Google?

SEO untuk meningkatkan performa blog
SEO untuk meningkatkan performa blog/ Foto dari Canva

Jawaban dari pertanyaan, “Adakah trik SEO agar page one di Google?” adalah tidak ada. Mas Miftah bilang Google itu seperti sebuah mal, dan web atau blog kita adalah salah satu toko yang ada di dalam mal. Mengingat toko kita ada di mal, maka harus ikuti aturan mal.

Google merilis sejumlah aturan. Memang, awalnya mungkin sulit menerapkan semua aturannya. Tiap halaman website musti diadit. Kendati tidak ada cara gampang untuk mengoptimasi SEO, tapi sebagai penulis dan pengelola blog, kita harus tahu fundamental Google. Daaan Google memiliki banyak dokumentasi terkait SEO lho.

Dengan membaca dan mempelajari aturan Google sebagai mesin pencari, nantinya kita akan paham polanya. Ini merupakan proses belajar yang terus-menerus, mengingat SEO itu harus dipelajari part by part.

“SEO itu nggak instan,” tegas Mas Miftah.

Saya tuh ngelihat SEO kayak pohon, banyak banget cabang dan rantingnya. Untuk lebih mengenal pohon itu ya harus banget memahami tiap cabang, ranting, daun, hingga akarnya.

Bahkan ya, persoalan memilih hosting juga bisa berdampak pada SEO. Jadi kalau beli hosting pakai storage kecil, lanjut Mas Miftah, nantinya bisa bermasalah. Belum lagi persoalan sistem keamanannya.

Intinya, pemilihan hosting akan berpengaruh pada kecepatan, keamanan, dan keandalan. Ketiga hal itu tentunya berpengaruh pada SEO.

Jangan Utamakan SEO

SEO untuk meningkatkan performa blog
SEO untuk meningkatkan performa blog/ Foto dari Canva

SEO memang penting, tapi jangan sampai kita terlalu mengutamakan SEO, sehingga menafikan hal-hal penting lainnya. Saat kita terlalu mengutamakan SEO, maka yang ada di kepala hanyalah kata kunci. Kata kunci disebar di URL, kategorisasi, dan sebagainya. Lalu kita lupa bahwa menulis itu sejatinya untuk manusia, bukan untuk mesin.

Mas Miftah pun berpesan untuk set target utama blog. Tujuan blgnya itu untuk apa. Misalnya nih, untuk edukasi layanan kesehatan, atau memberikan informasi finansial. Kalau mamanesia.com untuk berbagi cerita dan informasi seputar keseharian mama dan keluarga.

Hal yang tak kalah penting dari sekadar mengutamakan SEO adalah memahami audiens. Dengan begitu, kita jadi paham nih siapa yang tertarik pada konten atau tulisan kita.

“Bayangin website kita isinya jokes bapak-bapak, tapi audience kita Gen-Z, jadi kurang pas. Harus dipahami siapa audiensnya,” ucap Mas Miftah.

Hal Penting Lainnya: Pengembangan Topik Halaman

pengembangan topik halaman
Pengtingnya pengembangan topik halaman blog/ Gambar dari presentasi Miftahul Khoir

Dalam pengembangan topik halaman, ada tiga hal yang perlu dilakukan. Ketiganya yakni:

1. Brainstorming

Langkah ini diperlukan untuk mendapatkan ide segar dan inovatif, sehingga menghasilkan konten menarik.

2. Storytelling

Sejak 2019, mulai banyak digemborkan storytelling SEO. Ini merupakan cara mengemas konten dengan narasi memukau, sehingga pembaca terkesima atau hanyut.

Tulisan dengan storytelling memukau sanggup membuat pembacanya berlama-lama membaca setiap kata, kendati tulisannya panjang. Pokoknya kayak udah terlanjur cinta, dan nggak mau move on, he-he.

3. Base on Data

Pengembangan topik di halaman website atau blog juga harus pakai data yang telah dianalisis, bukan sekadar asumsi.

Wajib Banget: Navigasi Website

navigasi website
Pentingnya navigasi website/ Gambar dari presentasi Miftahul Khoir

Ada tiga hal yang ditekankan oleh Mas Miftah saat membahas hal ini, yaitu:

1. Crawling Status

Jadi, kita nggak cuma bikin website di hosting tertentu, lalu terindeks Google. Lebih dari itu, kita juga harus memastikan bahwa blog kita mengizinkan setiap bot masuk untuk dapat membaca semua isi halaman.

2. Website Navigation

Termasuk dalam hal ini adalah kategorisasi, breadcrumb, dan linking. Linking di sini adalah internal linking.

3. Experience

Merupakan core web vital yang menjawab kebutuhan users terkait speed, readability halaman, serta kesediaan.

Perhatikan Pula: E-E-A-T

EEAT
E-E-A-T/ Gambar dari presentasi Miftahul Khoir

Di dunia SEO, dulu kita mengenal E-A-T (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness). Nah, saat ini diperkaya menjadi E-E-A-T yang merupakan singkatan dari Expertise, Experience, Authoritativeness, dan Trustworthiness. Keempat aspek ini menjadi hal utama yang dinilai Google dari sebuah konten yang ada di internet.

Pembeda dari E-A-T dan E-E-A-T adalah pada experience atau pengalaman. Ini merupakan pengalaman langsung yang dimiliki penulis, sehingga informasi yang disajikan lebih berkualitas. Hal tersebut sudah pasti dapat membantu pengguna mencari informasi relevan.

E-A-T berlaku pada konten-konten dengan topik YMYL. Rupanya Google E-E-A-T pun masih menerapkan sistem yang sama.

YMYL
YMYL/ Gambar dari presentasi Miftahul Khoir

Apa itu YMYL? Merupakan singkatan dari your money your life, di mana kontennya membahas tentang hal-hal memengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang. Misalnya saja kesehatan dan keuangan.

O, ya, terkait authoritativeness, ini ‘kan tentang reputasi website. Sayangnya, kata Mas Miftah, masih ada salah kaprah dengan menyangkutkan pada backlink. Hmm, ini kayaknya terkait tanam-tanam backlink. Padahal cara meningkatkan reputasi bisa dibantu melalui media sosial, dan bagaimana penulis berinteraksi dengan pembacanya.

Lalu terkait trustworthiness, merupakan cara membangun rasa percaya percaya user pada tulisan kita. Jadi, big no banget menggunakan konten yang menipu. Jangan lupa, saat menulis juga melampirkan sumber. Mas Miftah biasanya menggunakan rel no-follow saat menulis link sumber, sehingga Google bot tidak perlu melihat isi link sumbernya.

Perhatikan Juga: Schema Data

skema data untuk meningkatkan performa blog
Schema data/ Gambar dari presentasi Miftahul Khoir

Schema data bertindak sebagai bridging antara Google dan isi halaman kita seperti apa.

SERP Layout Condition

SERP
SERP layout condition/ Gambar dari presentasi Miftahul Khoir

SERP (Search Engine Result Page) berarti hasil dari halaman pencarian. Jadi, SERP merupakan halaman web yang ditampilkan kepada pengguna ketika sedang mencari keyword tertentu di mesin pencari.

Analisis SERP Perform

SERP
Analisis SERP/ Gambar dari presentasi Miftahul Khoir

Analisis SERP merupakan praktik menganalisis halaman yang muncul di mesin pencari, sebagai respons terhadap kueri atau kata kunci tertentu. Terkait hal ini, maka URL, deskripsi meta, tag judul, dan komponen HTML bermanfaat lainnya harus ditingkatkan.

Cara Membangun Audiens yang Loyal

loyal audience
Ilustrasi loyal audience/ Gambar diolah dari Canva

Mas Miftah mengakhiri materi dengan memberikan cara membangun audiens yang loyal. Ada empat hal yang perlu dilakukan.

1. Membuat Konten Berkualitas

Konten yang berkualitas adalah yang konsisten, unik, dan bermanfaat bagi audiens. Jika ada banyak manfaat yang dirasakan, tentu audiens tidak segan-segan untuk kembali datang dengan sukarela.

2. Interaksi Aktif

Terdapat interaksi aktif dengan audiens, misalnya dengan memberikan respons, melakukan kolaborasi, serta memberi umpan balik. Ini termasuk membalas komentar yang masuk di tulisan kita.

3. Konsistensi Publikasi

Jangan bikin audiens kecele karena tidak mendapatkan update konten dari kita. Jadi, wajib banget menjaga publikasi tetap teratur.

4. Nilai Tambah

Gimana caranya memberi nilai tambah pada konten kita? Bisa dengan menawarkan konten eksklusif, diskon, giveaway, atau manfaat lain bagi audiens.

Penutup

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih pada BRT yang selalu ingin membernya makin pintar dan berkualitas. Mbak Monica dan Mas Pewe yang berada di balik layar BRT tidak ada lelahnya menghadirkan kegiatan yang kaya dan berdaging seperti ini. Padahal di dunia nyata mereka sibuk berat.

Bismillah, semoga ilmu dari Mas Miftah bisa saya terapkan dengan baik untuk 

meningkatkan performa blog. Harapannya sih bukan untuk membuat blog saya populer, tapi agar ada manfaat lebih banyak yang bisa diambil lebih banyak orang.

Teman-teman bloger gimana, apakah sudah optimal meningkatkan performa blog?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.