Merasakan Kemewahan Bus Indorent, di Perjalanan Jakarta-Jogja

Mudik ke Jogja kali ini, terasa berbeda. Pasalnya kami menjajal naik bus Indorent yang menawarkan fitur mewah. Wah, rasanya seperti berada di kabin pesawat.

Kami naik bus Indorent dengan rute Jakarta-Jogja dari Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Padahal sebenarnya kami bisa nih naik dari agen yang lebih dekat dari rumah, yang berlokasi di Pasar Rebo. Ah, tidak apa-apa, kebetulan sudah lama tidak ke Kampung Rambutan.

Bus Indorent yang kami naiki nyaman sekali. Sejak melihat penampakan busnya, hingga masuk ke dalam badan bus, dan duduk di kursinya, kesan mewah sangat terasa. Ini dia pengalaman kami mudik naik bus Unicorn Indorent dari Jakarta ke Jogja.

Harga Tiket Bus Indorent Jakarta-Jogja

Bus Unicorn Indorent yang membawa kami dari Jakarta ke Yogyakarta/ Foto oleh Nurvita Indarini

Indorent menawarkan tiga pilihan kelas untuk rute Jakarta-Yogyakarta, yakni First Class, Super Executive Class, dan Executive Class. Ini dia harga tiket dan perbedaan ketiganya.

First Class

Harga tiket bus Indorent Jakarta-Jogja untuk First Class dibanderol Rp450.000,00. Kelas ini terdapat di dek bagian bawah bus. Merupakan kabin sleeper dengan konfigurasi seat 1-1.

Kabin sleeper ini memungkinkan penumpang tidur nyaman sepanjang perjalanan. Bagaimana tidak? Kursinya bisa diatur hingga 180 derajat. Tak hanya itu, penumpang juga akan mendapatkan bantal, guling, dan selimut.

Terbayang ‘kan kenyamanannya? Tidur cantik sepanjang perjalanan, tahu-tahu sudah sampai tujuan.

Super Executive Class

Di Super Executive Class, harga tiketnya Rp425.000,00. Ini merupakan kelas dengan konfigurasi seat 2-1 yang berada pada dek bawah bus.

Kursi yang digunakan penumpang di kelas ini merupakan electric seat leg rest. Jadi, lebih mudah dan leluasa mengatur kursi untuk menopang kaki agar lebih  nyaman dan tidak mudah pegal.

Executive Class

Di Executive Class, harga tiketnya Rp400.000,00. Ini adalah kelas dengan konfigurasi seat 2-1 yang berada pada dek atas bus.

Nah, untuk Executive Class ini, yang masuk kategori hot seat adalah kursi paling depan. Penumpang leluasa melihat kondisi sekitar melalui kaca besar bus dari ketinggian, tanpa ada penghalang.

Beli Tiket Bus Indorent

Jajaran bus/ Foto dari situs Indorent

Di mana beli tiket bus Indorent? Kami memesannya melalui redBus. Kebetulan, saat beberapa waktu lalu mudik naik bus ke Bengkulu, kami juga menggunakan layanan dari redBus ini.

Mama juga bisa melakukan pemesanan tiket bus Indorent melalui situs resminya, https://unicorn.indorent.co.id. Bisa juga melalui aplikasi resminya yang diunduh di Play Store maupun Apple Store.

Untuk pilihan keberangkatan, penumpang bisa memilih pagi dan malam. Disesuaikan saja dengan kebutuhan dan kepentingannya.

Fasilitas Mewah Bus Indorent

Kursi kami, dengan snack, selimut, dan bantak/ Foto oleh Nurvita Indarini

Saat memasuki kabin bus Indorent, interior serba biru menyambut. Saya dan anak-anak langsung naik ke dek atas, karena kami mengantongi tiket kelas eksekutif.

Di atas kursi telah disiapkan sekotak snack berisi dua roti dari Holland Bakery, sebotol air mineral, selimut yang masih dalam kemasan plastik, dan bantal.

Wah, Ada AVOD!

OVOD di depan kursi saya/ Foto oleh Nurvita Indarini

Langsung deh, kami duduk dan mengatur posisi ternyaman. Anak-anak bergegas eksplorasi layanan Audio Video On Demand (AVOD) yang ada di setiap kursi penumpang bus. Bentuknya tablet android, mirip seperti yang ada di pesawat kelas bisnis.

AVOD tersebut merupakan layar sentuh. Dari situ, penumpang bisa memainkan film yang diinginkan. Caranya adalah dengan mencolokkan USB ke sistem hiburannya. Nah, untuk mendengarkan audionya, butuh headset. Ini harus bawa sendiri karena pihak bus tidak menyediakan layanan tersebut.

Jadi, untuk bisa memanfaatkan layanan hiburan AVOD dengan baik, jangan lupa membawa USB atau kabel data yang disambungkan ke ponsel.

Bisa juga main aneka game dari AVOD. Lumayan banget ‘kan untuk iseng mengisi waktu saat perjalanan berlangsung. Meminimalkan bosan dalam perjalanan.

Snack dan Minuman

Barcode di lengan kursi untuk memesan amenities/ Foto oleh Nurvita Indarini

Prama dan pramu di bus Unicorn Indorent menawarkan snack dan minuman pada kami. Untuk minuman, ada teh dan kopi. Sedangkan snack-nya adalah mi instan dalam kemasan cup.

Kala itu, kami sedang tidak ingin mengudap. Namun, jika nantinya berubah pikiran, hanya perlu scan barcode yang ada di kursi saja. Nantinya, prama dan pramu akan membantu membuatkannya.

Makan dan minum di dalam bus sudah pasti lebih nyaman dengan keberadaan meja lipat. Ini adalah meja yang sama persis seperti di kursi pesawat.

Makan Siang dengan Pilihan Menu Beragam

Makan siang yang enak dan mengenyangkan/ Foto oleh Nurvita Indarini

Harga-harga yang dibanderol di berbagai kelas itu sudah termasuk makan siang. Saat kami menggunakan jasa bus Indorent, ada beberapa pilihan makan siang yang ditawarkan. Ada baby fish, sate maranggi, daging gepuk, dan ayam goreng.

Minumnya bisa pilih teh atau air jeruk. Bebas ingin disajikan hangat atau menggunakan es.

Saat itu, makan siang dilakukan di Rest Area 379A Tol Semarang-Batang. Tepatnya di Rumah Makan Ibu Haji Cijantung.

Rupanya di rumah makan tersebut, menu yang dipilih sudah tertata di meja. Kita hanya perlu menyambangi meja sesuai nomor kursi di bus. Jadi, nggak perlu antre untuk ambil makanan.

Si sulung memilih menu baby fish, sedangkan saya dan si bungsu memilih ayam goreng. Makan siang tersebut dilengkapi sambal, tahu dan tempe goreng, lalapan, serta semangkuk sayur asem dan kerupuk. Ada pula sepiring semangka. Benar-benar kenyang sih.

Saking kenyangnya sehingga nggak habis. Lauknya saya bawa pulang saja, ah, he-he. Daripada mubazir, lebih baik dimakan lagi saat tiba di tujuan.

Lokasi makan siang kami/ Foto oleh Nurvita Indarini

Sayangnya, kami harus makan dengan terburu-buru. Hanya dikasih waktu 30 menit saja untuk makan siang. Hiks, agak repot jika membawa dua bocah seperti saya. Alhasil saat istirahat, waktu cuma habis untuk makan dengan terburu-buru.

Untungnya saya dan si sulung sudah salat zuhur di dalam kendaraan. Pun saat ashar menjelang, kami bergegas salat di dalam bus. Khawatir ketinggalan waktu salat.

O, ya, saat penumpang turun untuk makan siang, petugas akan membersihkan bus. Jadi, saat kembali ke kursi, semua sudah bersih dan rapi.

Toilet, Wifi, dan USB Plug

Sebagaimana bus-bus yang melayani perjalanan jarak jauh, bus Indorent juga dilengkapi dengan toilet. Namun, harus ingat bahwa toilet ini hanya untuk keperluan buang air kecil saja.

Toilet ini ada di dek bawah, di dekat tangga. Si sulung dan si bungsu beberapa kali menggunakannya saat bus berjalan.

Seperti bus lainnya, ada pula USB plug untuk mengisi daya ponsel. Di awal perjalanan, prama dan pramu mengingatkan agar tidak menggunakan USB plug untuk mengisi daya power bank dan laptop.

Selain itu, ada pula fasilitas Wifi yang bisa digunakan oleh penumpang.

Penutup

Pemandangan dari jendela di sebelah kursi saya/ Foto oleh Nurvita Indarini

Kesimpulannya, perjalanan mudik kami dari Jakarta ke Jogja naik bus Indorent sangat menyenangkan. Anak-anak betah dan ingin kembali merasakan pengalaman naik bus double decker ini.

Bus juga tiba di tujuan tepat waktu. Mungkin karena tidak terlalu lama waktu yang digunakan saat menaikkan dan menurunkan penumpang. Selain itu, bus menghabiskan sebagian besar perjalanan di jalan tol.

Apakah Mama dan keluarga pernah mudik menggunakan bus juga? Gimana, nih, ceritanya?

10 Comments
  1. tukang jalan jajan says

    Sepertinya saya bisa merasakan pengalaman bepergian yang menyenangkan menggunakan bus Indorent. Bus ini benar-benar menawarkan kemewahan dan kenyamanan yang tak tertandingi, dan sangat recommend bagi yang ingin bepergian dengan nyaman dan menyenangkan dari Jakarta ke Yogyakarta.

  2. Dyah Kusuma says

    nyamannya bus indorent, bepergian jauh pun tidak terlalu capek jika fasilitas yang disediakan lengkap dan bersih pula
    kiddos pasti senang dan ga bosan ya karena ada perangkat audio yang bisa digunakan selama perjalanan

  3. Myra (Jalan-Jalan KeNai) says

    Sepertinya perjalanan jauh naik bus kembali jadi favorit. Apalagi sekarang semakin banyak bus yang bagus. Saya jadi kepengen coba. Udah ngobrol ma suami, pengen jalan jauh dengan naik bis

  4. Bayu Fitri says

    Wah keren banget bus Indorent ini jadi pengen coba juga apalagi ada rute Jkt Jogja nyaman pasti ya engga capek

  5. Tyo Setioko says

    Keren banget indorent ini. Jadi pengen coba kak

  6. Maria tanjung says

    Jakarta Yogya saat ini tidak terasa jauh kalau naik Bus Indorent. Saya salfok sama makanannya. Termasuk mewah itu makanannya sebagai penumpang bus

  7. Helena says

    Waah ada AVOD yah di kelas eksekutif. Pengalamanku naik sleeper bus baru dapat AVOD itupun kadang engga bisa nyala.
    Makanannya top! Boleh dicoba nih naik Indorent. Memang harganya lebih tinggi dibanding Rosin yg biasa saya naiki tapi sebagai experience boleh juga.

  8. Fenni Bungsu says

    Kalau snack-nya roti, bisa disimpan dulu ya kak, pas pengen ngemil tinggal santap. Kalau mie yang dibuatkan gitu, kudu tunggu bener² kepengen.
    Namun, dari makanan berat dan kenyamanan busnya, bikin asik deh liburan dengan sleeper bus ini

  9. Jihan Mayzura says

    Keren ya bisnya. Sekarang bis banyak yang berinovasi senyaman pesawat maupun kereta terutama untuk yang jarak jauh. Harganya juga masih terjangkau untuk fasilitas yang sebagu bitu.

  10. Zeneth Thobarony says

    Wah double decker keknya. Seru banget. Alat transportasi bis plg jarang buat kami. Kalau ga road trip, naik kereta api/pesawat. Semoga bisa ngerasain bus trip lagi

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.