Kopi Opak dan Sensasi Bersantap di Tepi Kali

Bagi orang-orang yang terbiasa hidup di antara gedung-gedung dan kemacetan, tempat yang satu ini laksana surga. Aliran air dengan gemericiknya menciptakan ketenangan jiwa. Tak heran, minum kopi di Kopi Opak menjadi semacam kemewahan yang didamba.

Begitu sampai di tempat ini beberapa waktu lalu, saya langsung menuju kursi di pinggir kali. Berada di bawah pohon, duduk di sana sambil mendengarkan suara air sungguh menenangkan.

Sayang, arus sungai sedang besar. Jika tidak, tentu bisa bermain air di kali. Nostalgia masa kecil. Di sungai yang sama, mandi dan main air bersama teman-teman. Tak dinyana, puluhan tahun sejak saat itu, kembali ke sepanjang aliran Kali Opak. Menggembol kenangan dan rindu yang membuncah.

Kopi Opak berlokasi di Jalan Jogja Wonosari Km 11,5 Karanganom, Bantul, Yogyakarta. Saya ke cafe ini bersama suami dan keluarganya. Kebetulan keluarga suami bersilaturahmi sambil liburan tipis-tipis ke Yogyakarta.

Cafe ini pernah sangat ngehits. Nggak heran sih, pasalnya Kopi Opak memiliki banyak spot yang instagramable. Yuk, kita sambangi bersama cafe ini.

Tak Cuma Ngopi, Makan Kenyang pun Bisa di Kopi Opak

Makan kenyang di Kopi Opak/ Foto: Nurvita Indarini

Kala itu, saya datang ke Kopi Opak pas jam makan siang. Alhasil memesan menu makan siang deh. Perut sedang lapar-laparnya karena sebelumnya berjalan-jalan di Tebing Breksi yang cukup menguras tenaga.

Mulanya kami mengambil tempat di pinggir kali. Namun, mengingat ada balita yang rasa ingin tahunya masyaallah besar sekali, kami pindah tempat duduk.

Ada saung, di mana pengunjung bisa makan secara lesehan. Akan tetapi mengingat ada kakek-kakek dan nenek-nenek yang nggak kuat duduk di lantai, jadilah memilih meja dan kursi kayu.

Meja dan kursi kayu di Kopi Opak ditata sedemikian rupa. Ada beberapa ornamen khas Jawa Tengah yang bikin spot ini unik dan instagramable. Misalnya saja, terdapat gebyok. Ini merupakan partisi atau penyekat dari kayu jati. Ukiran unik menghiasi, sehingga gebyok terlihat cantik dan unik.

Oke, pesan makanan yuk! Saya meneliti buku menu. Hmm, harganya cukup bersahabat. Kami pun memesan gurame bakar, gurame asam manis, ayam bakar, steak ayam, dan ca kangkung.

Setelah menunggu beberapa saat, pesanan pun tiba. Hmm, semua makanannya enak. Gurame bakarnya mantul. Daging ikannya kering, tidak bau tanah, dan bumbunya meresap.

Ayam bakarnya juga yummy. Sayangnya, agak menunggu lama karena kebutulan menu ini dipesan belakangan. Daging ayamnya lembut. Paduan manis dan asinnya pas.

Saking banyaknya yang dipesan, akhirnya beberapa menu tidak habis dimakan. Daripada mubazir, mending dibungkus untuk dibawa pulang saja ah.

Fasilitas Lengkap Kopi Opak

O, ya, jalan menuju Kopi Opak ini cukup baik dan terjangkau. Andalkan saja Google Map, pasti nggak bakal nyasar. Memang sedikit melewati permukiman warga, tapi ini merupakan jalan yang benar kok.

Begitu tiba, kita akan disambut tempat parkir yang cukup luas. Jadi, nggak perlu khawatir nggak dapat tempat parkir.

Saat menikmati makanan, azan zuhur berkumandang. Duh, salat di mana ya? Eit, jangan khawatir. Di dekat tempat parkir terdapat musala plus tempat wudunya.

Pun jika ingin buang air kecil atau air besar, jajaran kamar mandi yang bersih telah tersedia. Pokoknya memfasilitasi banget siapa pun yang ingin nongkrong lama-lama.

Pramuniaga di Kopi Opak juga ramah dan helpful. Dia siap menjelaskan menu yang ada, juga mengarahkan lokasi duduk para pengunjung.

Hmm, kapan-kapan kalau ke Yogyakarta, mampir lagi ah ke Kopi Opak.

Rencana Berwisata ke Karawang

Ilustrasi traveling/ Foto: Canva

Waktu berputar cepat. Tiba-tiba Yogyakarta menjadi masa lalu. Masa kini berada di Ibukota. Bagaimana dengan masa depan? Insyaallah ingin jalan-jalan lagi sambil tadabur alam. Ke mana tuh? Karawang, yuk!

Karawang menjadi kota yang rencananya akan kami keluarga kecil saya sambangi setelah Lebaran. Bismillah, semoga tidak ada aral melintang, sehingga rencana ini bisa terwujud.

Ada yang mau bareng-bareng ke Karawang? Ini dia beberapa tempat wisata yang akan kami sambangi.

Hutan Kertas

Melarikan diri sejenak dari padatnya aktivitas di rimba Jakarta yuk. Biarkan mata bersantai sejenak dengan melihat yang hijau-hijau. Lepaskan penat dengan menikmati hembusan angin di sela-sela pohon eukaliptus dan akasia.

Tempat ini dinamakan “Hutan Kertas” karena keberadaan tanaman utama bahan baku pulp dan kertas, eukaliptus dan akasia. Hutan ini berada di kawasan PT Pindo Deli Pulp and Paper Mills, anak perusahaan Sinar Mas Group.

Pohon-pohon yang menjulang tinggi menghadirkan suasana yang sejuk. Banyaknya area bersantai, menjadikan Hutan Kertas cocok menjadi destinasi wisata bersama keluarga.

Biaya tiket masuk ke Hutan kertas sangat terjangkau. Tiket weekdays dewasa Rp15.000, sedangkan saat weekend Rp20.000. Untuk anak usia 8 tahun ke bawah dan lansia, hanya dikenakan tiket seharga Rp5.000.

Di sana ada banyak fasilitas menarik seperti spot-spot foto, live musik, kuliner, dan lainnya. Konon pesona Hutan Kertas di malam hari lebih magis dan romantis. Ya, karena di malam hari, hutan itu diselimuti cahaya lampu LED.

New Marigold Garden Karawang

New Marigold Garden Karawang/ Instagram @newmarigoldgarden

Di lahan sekitar 1 hektar ini dihiasi 13.000 kincir angin. Kincir angin di New Mari Gold Garden memiliki warna-warni yang cerah. Warna-warna tersebut didominasi oleh biru, hijau, kuning, merah dan jingga.

Tiket masuknya pun terjangkau, Rp5.000 saat weekdays dan Rp10.00 saat weekend dan hari libur. Di New Marigold Garden Karawang terdapat pula fasilitas wahana permainan, playground, dan mini zoo.

Taman unik yang satu ini berada di New Marigold Garden berlokadi di Desa Tamelang, Kecamatan Purwasari, Karawang, Jawa Barat.

Puncak Sempur

Wana Wisata Puncak Sempur berada di Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kawasan Sempur juga disebut dengan Loji.

Di Puncak Sempur, kita bisa menghirup udara segar di pagi hari yang berkabut. Sedangkan saat senja, kita dapat menyaksikan elang terbang mengitari Puncak Sempur.

Untuk menikmati keindahan alam dari Puncak Sempur, tidak butuh merogoh kocek terlalu dalam. Yup, tiketnya relatif murah, yakni Rp10.000 per orang.

Rekomendasi Hotel di Karawang

Ilustrasi lorong hotel/ Foto: RedDoorz

Gimana, seru kan tiga destinasi wisata yang akan kami sambangi di Karawang? Nah, jika sudah menentukan tempat wisata yang akan dikunjungi, sekarang memilih hotel untuk bermalam.

Ada nggak ya hotel yang murah tapi bagus dan nyaman? Setelah melakukan penelusuran, ini dia beberapa rekomendasi hotel murah di Karawang.

Sans Hotel Grand Sabaraya Cikampek

Hotel ini berada di Jalan Bina Marga, No.8, Kota Baru, Karawang. Sans Hotel berada di lokasi yang strategis, lantaran berdekatan dengan berbagai atraksi dan tempat penting. Misalnya saja Cikampek Mall, Cikopo Central Market (2,5 km), Masjid Agung Tajug Gede Cilodong Purwakarta , dan Kolam Renang Pucung Cikampek.

Fasilitas Sans Hotel juga lengkap. Di kamar tersedia meja kerja, kulkas, televisi, dan AC. Air minum dalam kemasan botol juga disediakan di beberapa kamar tamu. Kamar mandi di hotel ini juga dilengkapi dengan perlengkapan mandi dan handuk.

Sans Hotel memberikan fasilitas kamar yang bebas asap rokok. Selain itu ada tempat parkir dan Wi-Fi gratis.

Harga kamarnya juga terjangkau. Mulai dari Rp205.000 saja lho!

Redliving Apartemen Grand Sentraland – AT Properti Tower Pink

Redliving Apartemen Grand Sentraland/ Foto: RedDoorz

Lokasi Redliving Apartemen Grand Sentraland adalah di Wadas, Telukjambe Timur, Karawang. Harganya ramah di kantong, mulai dari Rp252.000.

Kendati harganya murah, tapi kenyamanan tetap diutamakan. Apalagi pihak hotel berkomitmen menyediakan penginapan yang nyaman dan aman di Karawang, dengan harga terjangkau. Jadi, setiap tamu akan menikmati kualitas dan layanan yang luar biasa.

RedDoorz @ Jalan Raya Tuparev

Penginapan ini berada di alan Otto Iskandar Dinata, Adiarsa Barat, Kecamatan Karawang Barat, Karawang. Harganya pun sangat terjangkau, mulai dari Rp198.000 karena ada diskon spesial.

RedDoorz @ Jalan Raya Tuparev Karawang dilengkapi beragam fasilitas penunjang kenyamanan, seperti kamar non-smoking, Wi-Fi, LED-TV, resepsionis 24 jam, air mineral kemasan, dan perlengkapan mandi.

Penginapan ini juga dekat dengan berbagai tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Misalnya saja Pasar Johar, Ciplaz Karawang, Alun-Alun Karawang, Wonderland Adventure Waterpark Galuh Mas Karawang, dan Taruma Leisure Waterpark.

Bagi yang akan liburan ke Bali, baca tulisan ini yuk: Jalan-jalan ke Desa Wisata Penglipuran, Dapat Bonus Taman Bunga Cantik

Penutup

Mengukir kenangan bersama keluarga tercinta bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya dengan wisata kuliner, jalan-jalan ke tempat wisata, hingga staycation sesaat.

Semakin ke sini, saya semakin menyadari bahwa tidak perlu keliling dunia untuk mencipta bahagia. Apalagi jika kondisi kantong pas-pasan, he-he-he. Untung sekarang ini makin banyak tempat wisata yang tidak menguras kantong.

Tempat menginap yang nyaman juga tidak melulu harganya mahal. Banyak lho penginapan cozy yang nggak bikin dompet menjerit.

Ada yang punya saran tempat wisata dekat Jakarta untuk tujuan liburan tipis-tipis? Atau ada yang punya rekomendasi hotel di Karawang lainnya yang bisa kami sambangi untuk liburan mendatang?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com