ASUS Vivobook 14 OLED (M1405), Laptop Terbaik Versiku dengan Harga di Bawah Rp15 Juta

Bekerja dari rumah tidak selalu mudah. Ada banyak distraksi yang terkadang bikin kepala hampir pecah. Namun, selalu ada solusi di setiap masalah. Misalnya dengan mengandalkan laptop berperforma prima, sebagai senjata menyelesaikan pekerjaan tanpa berpayah-payah.

Laptop apa yang memiliki performa memukau? ASUS Vivobook 14 OLED (M1405) adalah jawaban dari pertanyaan itu. Apalagi laptop yang satu ini harganya cukup terjangkau. Dengan harga di bawah Rp15.000.000, siapa yang nggak mau!

Sebenarnya ASUS Vivobook 14 OLED (M1405) belum di tangan. Hanya saja, saya sudah berkali-kali membaca dan melihat review laptop ini, aih sungguh menawan. Saya yakin, tidak hanya pekerjaan yang terselesaikan lebih cepat, bisa pula dipakai anak untuk les coding tanpa hambatan. Sungguh, laptop idaman!

Nah, di tulisan kali ini, saya hendak berbagi pemikiran dan pengalaman sebagai ibu yang bekerja dari rumah sebagai penulis freelance dan content creator. Tantangan yang kerap dialami saat bekerja dari rumah, tips bagi para ibu yang bekerja dari rumah agar memiliki performa memukau, serta sejumlah alasan menjadikan ASUS Vivobook 14 OLED (M1405) sebagai laptop terbaik yang jadi idaman.

Tantangan yang Kerap Dihadapi Saat Bekerja dari Rumah

kerja-dari-rumah
Ilustrasi kerja dari rumah/ Canva

Setelah pandemi COVID-19 berlalu, adakah yang masih bekerja dari rumah? Atau mungkin ada para ibu yang memilih pekerjaan sistem remote agar tetap bisa membersamai buah hati tanpa resah? Atau ada yang saat ini mempertimbangkan untuk resign dari pekerjaan di ranah publik dan beralih bekerja dari rumah?

Yang jelas ada berbagai alasan mengapa seorang ibu memutuskan bekerja dari rumah. Sayangnya, untuk menjalaninya sama sekali tidak mudah. Apalagi jika harus bekerja sekaligus menyelesaikan pekerjaan domestik yang tak kunjung sudah.

Berikut ini beberapa tantangan yang kerap dihadapi para ibu saat bekerja dari rumah.

1. Lebih Rentan Stres

Bekerja dari rumah saja lebih rentan stres. Penyataan ini tidak mengada-ada. Begitulah hasil riset yang diterbitkan di Communication Reports pada saat pandemi COVID-19.

Menurut studi tersebut, tingkat stres lebih tinggi terjadi pada perempuan yang memiliki anak ketika bekerja secara remote. Level stres meningkat pada orang-orang dengan banyak anak. Mengapa demikian?

Peneliti utama studi ini, sekaligus Asisten Profesor Ilmu Komunikasi di Universitas Nevada, Las Vegas, Natalie Pennington, PhD, menjelaskan hal ini terjadi karena sulitnya mencapai keseimbangan hidup. Di satu sisi harus bekerja, di saat yang sama harus pula mengurus anak dan menyelesaikan pekerjaan domestik.

Psikoterapis, Haley Neidich, LCSW, PMH-C, menyoroti bahwa para ibu bekerja ini mengalami gejala kecemasan, depresi, dan insomnia dengan tingkat yang jauh lebih besar, dibanding sebelum pandemi. Ketika para ibu ini diberi waktu istirahat dari kegiatan pengasuhan anak, biasanya waktunya dihabiskan untuk mengurusi pekerjaannya.

“Bekerja bukanlah sebuah istirahat. Perempuan perlu diberikan waktu untuk dirinya sendiri tanpa anak-anaknya, tanpa merasa terikat dengan komputer. Anggota keluarga dan pemberi kerja perlu mendukung hal ini,” catat Neidich.

2. Deadline Berantakan

Niatnya menyelesaikan pekerjaan saat anak tidur siang. Nyatanya, saat itu tiba, malah menyelesaikan hal lain. Mencuci piring, mencuci baju, melipat pakaian, atau memasak.

Gagal membereskan pekerjaan di siang hari, coba lakukan kembali di malam hari. Bertekad akan membereskan pekerjaan saat anak tidur nyenyak di malam hari. Namun diri malah kelelahan sehingga ikut tidur bersama si kecil hingga pagi menjelang. Akibatnya pekerjaan keteteran, deadline pun berantakan.

3. Berpotensi Lebih Lelah

Bermultitasking ria bukanlah hal mudah. Alih-alih pekerjaan cepat selesai, malah bikin lebih lelah. Ini karena otak kita butuh lebih banyak energi untuk menyelesaikan multitasking.

Ketimbang multitasking, mengerjakan tugas satu per satu justru membuatnya lebih cepat dan produktif. Beberapa orang berpendapat melakukan banyak hal sekaligus memang mengesankan, akan tetapi sama sekali tidak efisien.

Tips agar Performa Memukau Saat Kerja dari Rumah

Ilustrasi bekerja dari rumah/ Foto: Canva

Saya pernah merasakan bekerja di kantor. Kendati saat berjauhan dari anak sering kepikiran, tapi bekerja dari kantor relatif lebih produktif. Pekerjaan lebih cepat selesai, dan level stresnya tidak setinggi saat kerja dari rumah.

Namun, bekerja dari rumah saat ini adalah pilihan terbaik bagi saya dan suami. Segala macam tantangan dan konsekuensinya harus dihadapi dan diatasi. Jika dilakukan dengan tepat, bekerja dari rumah pun bisa memiliki performa memukau.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan agar performa memukau saat kerja dari rumah.

1. Delegasikan Pekerjaan Domestik

Pekerjaan domestik memang tiada habisnya. Entah apa yang membuat pekerjaan domestik laksana seekor induk yang rajin beranak pinak. Inilah yang membuat perhatian kita terbelah-belah.

Untuk itu, ada baiknya mendelegasikan pekerjaan domestik. Kita bisa berbagi tanggung jawab dengan anggota keluarga lainnya seperti suami dan anak yang sudah besar.

Jika ada rezeki, bisa mempekerjakan asisten rumah tangga. Pilihan lainnya adalah dengan menyewa jasa kebersihan melalui aplikasi.

Harus ditanamkan dalam diri bahwa ibu yang baik itu bukan yang harus bisa menyelesaikan semua dengan tangannya sendiri. Jika memang tidak bisa menyeterika, lebih baik diserahkan ke jasa laundry untuk melincinkan pakaian.

Pun jika terlalu lelah untuk memasak, menggunakan jasa katering atau membeli makanan di luar bisa dilakukan. Pokoknya kita harus terus mencari cara yang bisa meringankan beban pikiran dan ganjalan hati.

Bahkan jika pekerjaan sedang banyak-banyaknya sehingga deadline datang bertubi-tubi, kita bisa memilih opsi menitipkan anak ke daycare.

2. Perbaiki Managemen Waktu

Ilustrasi manajemen waktu/ Foto: Canva

Ada yang bilang, waktu 24 jam rasanya kurang bagi seorang ibu. Bisa jadi benar, tapi bisa jadi kita belum memanagemen waktu dengan baik.

Terlalu mengandalkan “perasaan” bisa menyelesaikan semua tugas, biasanya justru berkhir keteteran. Tugas rumah tangga berantakan, pekerjaan pun terbengkalai.

Sering kali dengan alasan “healing” sejenak, kita memanjakan diri scrolling media sosial atau nonton film. Tanpa terasa waktu berlalu begitu cepat tanpa ada satu pun pekerjaan yang terselesaikan dengan baik. Bukannya nggak boleh ngecek media sosial dan nonton film, tapi kita harus pastikan hal itu tidak menggganggu prioritas.

Salah satu cara terbaik untuk managemen waktu adalah menyusun daftar yang harus dilakukan atau to do list. Selanjutnya, atur alarm di handphone sebagai pengingat untuk berganti dari satu tugas ke tugas lainnya. Dengan begitu, kita akan lebih bijak memanfaatkan waktu dan tidak akan terburu-buru menyelesaikan pekerjaan.

Baca juga tulisan ini yuk: Bikin Konten Makin Cepat Berkat ASUS Vivobook Pro 14 OLED (M3400)

3. Menurunkan Ekspektasi

Be realistic! Kita harus selalu ingat bahwa bekerja dari rumah memiliki sejumlah tantangan yang tidak mudah ditaklukkan. Apalagi jika support system yang dimiliki tidak terlalu kuat.

Untuk itu, kita nggak perlu mengambil banyak pekerjaan, terutama jika menjadi pekerja lepas. Mengukur kemampuan diri dan menurunkan ekspektasi untuk tidak mengambil semua pekerjaan adalah cara terbaik untuk bekerja dengan performa prima.

Seringkali kita terlalu semangat mencari peluang kerja. Maunya semua tawaran diambil tanpa sisa. Akan tetapi saat eksekusi kepayahan karena keterbatasan waktu dan tenaga.

4. Berbagi Tanggung Jawab dengan Pasangan

Pasangan adalah pakaian bagi kita. Bersama dirinyalah kita bertumbuh bersama dalam suka dan duka. Jika bekerja dari rumah adalah keputusan bersama, maka ada baiknya berbagi tanggung jawab pengasuhan anak dan .

Ya, jangan bawa semua beban dibawa sendiri. Ada pasangan yang bisa menjadi support system. Kita bisa minta tolong jika sedang kesulitan. Performa prima dalam bekerja nyaris mustahil dilakukan bila kita tertekan.

5. Pakai Alat Kerja Terbaik

ASUS Vivobook 14
Vivobook 14 M1405/ Foto: asus.com

Selanjutnya, performa prima dalam bekerja harus didukung alat kerja terbaik. salah satu alat kerja yang saya butuhkan adalah laptop. Lalu laptop apa yang terbaik?

Laptop terbaik versi saya adalah ASUS Vivobook 14 OLED (M1405). Bagaimana tidak? Layarnya menakjubkan, RAM dan storage besar, keyboard nyaman, koneksi wireless dan port lengkap, serta kapasitas baterai pun. Dengan kemampuannya yang mumpuni, laptop ini tidak menguras kantong.

Bagi saya, ini adalah laptop paling rasional untuk dimiliki demi menunjang performa kerja memukau. Yuk kita lihat lebih dekat ASUS Vivobook 14 OLED (M1405) ini.

Alasan ASUS Vivobook 14 OLED (M1405) adalah Laptop Terbaik Versi Saya

“Karena wanita ingin dimengerti”, adalah ungkapan yang tepat adanya. Lebih tepat lagi, “karena setiap ibu ingin dimengerti”. Jika merasa dimengerti, maka level kebahagiannya meningkat. Nah, ibu yang bahagia akan membesarkan anak-anak yang bahagia juga. Rumahnya pun akan dikelilingi aura positif penuh warna.

Sebagai ibu rumah tangga yang juga content creator, ASUS Vivobook 14 OLED (M1405) adalah alat kerja yang mengerti sekali diri saya. Terbaik! Ini dia sejumlah alasan yang menjadikan saya menobatkan laptop di lini ASUS Vivobook Classic Series ini sebagai yang terbaik.

1. Minimalis

Bekerja di ruang tunggu sekolah sambil menjemput anak bukan masalah karena ASUS Vivobook 14 OLED (M1405) adalah laptop minimalis. Tidak merepotkan saat harus dibawa ke mana-mana.

Memiliki dimensi 31,71 x 22,20 x 1,99 cm dan bobot 1,60 kg membuat laptop ini mudah dibawa. Tipis dan ringan, sehingga sama sekali tidak membebani punggung kala dibawa menggunakan tas ransel kesayangan. Bahkan sangat mudah saat dibawa menggunakan satu tangan saja.

Satu lagi, Vivobook 14 menggunakan material Post-Consumer Recycled (PCR) yang ramah lingkungan. Makin luar biasa!

2. Layar Cemerlang

Vivobook 14 OLED memiliki layar NanoEdge tiga sisi dengan rasio aspek 16:10. Kesan layar yang luas dan lebar sangat terasa saat pertama membuka laptop ini. Benar-benar merasakan pengalaman visual nan memanjakan mata.

Layar 14 inchi-nya memiliki resolusi 2880 x 1800 pixel dengan tingkat kecerahan 600 nits, dan refresh rate 90Hz. Sedangkan untuk varian lebih murah, tersedia dengan opsi layar IPS yang resolusinya Full HD 1920 x 1200 pixel.

Hal tersebut membuat layar sangat jelas, dengan panel sekelas bioskop. Jempolan sekali, bukan? Terlebih, layar telah bersertifikat TÜV Rheinland untuk emisi cahaya biru rendah.

Tak hanya cocok untuk bekerja, tapi juga sangat cemerlang kala digunakan untuk menonton film bersama keluarga. Gambar jernih dan tajam untuk mendukung segala keperluan.

ASUS Vivobook 14
Vivobook 14 M1405/ Foto: asus.com

3. Performa Memukau dengan Tenaga Kuda

Performa ASUS Vivobook 14 OLED (M1405) tak perlu diragukan lagi. Pasalnya prosesor AMD Ryzen 5 7530U dan Ryzen 7 7730U telah disematkan, sehingga mampu memberikan performa maksimal saat menjalankan aplikasi berat.

Yup, processor anyar dari AMD ini dikenal irit daya. Itulah yang membuat Vivobook 14 OLED dapat menjalankan berbagai aplikasi berat dengan lancar. Terlebih integrated AMD Radeon Graphics juga turut disematkan untuk menunjang kelancaran penggunaan prosesor.

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari.

RAM dan storage berkapasitas besar menyertai Vivobook 14 OLED. Untuk varian tinggi memiliki RAM 8 GB DDR4 on board dan 8 GB DDR4 SO-DIMM. Sedangkan varian rendah dibekali RAM 8 GB DDR4 on board single channel yang bisa di-upgrade hingga 16 GB dengan modul RAM DDR4 SO-DIMM.

Lalu berapa kapasitas storage-nya? Ada tiga varian yakni kapasitas 256 GB, 512 GB, serta 1 TB M.2 NVMe PCIe 3.0 SSD. Besarnya storage membuat penggunanya leluasa menyimpan data-data penting dengan aman.

Saat laptop lama digunakan, kinerjanya tetap mulus dan stabil. Tidak ada pelambatan kinerja prosesor akibat panas. Rahasianya ada pada kipas IceBlade dan ventilasi udara ganda. Hal ini mempercepat perpindahan panas secara efisien. So, nggak akan ditemukan kasus laptop panas yang bikin lelet.

4. Keyboard Nyaman Digunakan

Sebagai content creator yang banyak menggunakan laptop untuk menulis, mengedit foto, dan mengedit video, kenyamanan keyboard laptop sangatlah penting. Hal ini dipenuhi melalui keyboard ErgoSense.

Pantulan tombolnya optimal, dengan pergerakan yang diperhitungkan, serta presisi yang disesuaikan. Hanya dengan menyentuh keyboard-nya saja rasanya pekerjaan terasa lebih mudah dan bisa diselesaikan lebih cepat.

Tombol-tombol di keyboard didesain dengan penuh perhitungan. Ukuran tombol yang sama dengan desktop membuat kita bisa menyelesaikan pekerjaan dengan kenyamanan dan akurasi mengetik yang mencengangkan.

Ditambah lagi desain khusus yang memungkinkan kita mengetik tanpa harus menggunakan terlalu banyak tenaga. Nyaman, ergonomis, dan tidak melelahkan.

5. Higienis

Sejak pandemi COVID-19, saya jadi lebih memerhatikan sisi higienis. Ke mana-mana masih selalu membawa hand sanitizer. Ketika orang-orang mulai menanggalkan maskernya, saya masih setia menggunakannya.

Vivobook 14 M1405 memahami sekali hal ini. Laptop ini dilengkapi ASUS Antimicrobial Guard Plus. Merupakan pelapis permukaan pada laptop yang mengandung ion perak bermuatan positif. Keberadaan ion ini mampu menghambat reproduksi virus dan bakteri.

ASUS Antimicrobial Guard Plus diaplikasikan pada area laptop yang sering disentuh. Pengujian ISO 21702 menunjukkan dapat menghambat pertumbuhan SARS-CoV-2 (COVID-19), H1N1, H3N2 (Influenza A), dan bakteri berbahaya. Wah, lebih tenang saat bekerja menggunakan laptop ini.

ASUS Vivobook 14
Vivobook 14 M1405/ Foto: asus.com

6. Memiliki Fitur-fitur yang Memudahkan

Vivobook 14 memiliki sejumlah fitur yang membuatnya user friendly sehingga mudah digunakan. Misalnya melalui keberadaan ASUS NumberPad 2.0 opsional yang membuat kita lebih mudah saat harus menghitung angka. Caranya hanya dengan mengetuk ikon touchpad untuk mengaktifkan input angka. Sesimpel itu!

Siapa hayo yang memanfaatkan waktu anak tidur malam untuk bekerja? Saya! Mengingat si bungsu sangat sensitif dengan ketidakhadiran sosok ibunya, saya seringkali memilih bekerja di kamar dengan lampu temaram. Bekerja dengan lampu redup bukan masalah, lantaran hadirnya lampu latar keyboard opsional pada Vivobook 14.

Fitur lainnya adalah keberadaan pelindung privasi terintegrasi di atas webcam. Fungsinya adalah untuk melindungi pengguna dari pengintaian dan gangguan.

Kehebatan lain Vivobook 14 adalah kehadiran engsel datar dengan presisi sedemikian rupa, sehingga bisa dibuka hingga 180 derajat. Kemampuan ini memudahkan kolaborasi dan koordinasi dengan orang-orang yang berada di sekitar meja kerja.

Bagaimana dengan bagian koneksi wireless dan wired? Untuk wireless, terdapat Wi-Fi 6E(802.11ax) (Dual band) 1*1 dan Bluetooth 5 agar bisa menangkap sinyal dengan stabil. Hal itu juga mempermudah pengiriman dan penerimaan data.

Di bagian wired, sederet I/O port bisa ditemukan di sisi kanan dan kiri laptop. Ada port USB-C® 3.2 Gen 1 dengan pengiriman daya, dua port USB 3.2 Gen 1 Tipe-A, port USB 2.0, output HDMI®, dan soket kombo audio. Kesemuanya itu memudahkan penyambungan semua periferal, layar yang ada, dan proyektor.

7. Dukungan Prima untuk Bekerja Jarak Jauh

Saat bekerja dari rumah, mau tidak mau harus menghadiri undangan meeting ataupun liputan secara online. Sekali lagi, ini bukan soal jika memiliki Vivobook 14. Laptop yang satu ini memang memudahkan siapa saja yang bekerja dari jarak jauh.

Nah, teknologi ASUS 3D Noise Reduction (3DNR) dan efek webcam baru di Vivobook 14 mampu meningkatkan kejernihan gambar dari webcam HD. Jadi selama panggilan video berlangsung, gambar akan tetap terlihat tajam dan jernih. Tidak berlebihan jika laptop ini disebut sanggup memberi pengalaman panggilan video ke level berikutnya.

Lalu saat meeting jarak jauh, tidak akan lagi terganggu suara bising. Ini karena AI Noise-Canceling Technology yang sanggup menginternir kebisingan sekitar. Meeting pun lancar terkendali. Nggak perlu lagi berkali-kali mengatakan, “Maaf suaranya nggak jelas, bisa diulang lagi?”.

Vivobook 14 juga memungkinkan panggilan konferensi berupa presenter tunggal atau multi-presenter. Ketika peserta meeting berkumpul di sekitar satu laptop, masing-masing akan mendengarkan suara yang jelas dari berbagai arah. Apalagi dengan mengaktifkan sistem melalui aplikasi MyASUS, bisa mendeteksi dan mengoptimalkan audio dari satu arah atau dari segala arah.

Untuk audio, Vivobook 14 dibenamkan ASUS SonicMaster untuk memberi pengalaman audio terbaik. Kebisingan dapat difilter, sekaligus meningkatkan kejernihan audio. Suara yang keluar dari laptop benar-benar berkesan. Bisa dibayangkan jika menggunakan laptop untuk menonton film atau pertunjukkan musik, suaranya pasti memukau.

8. Daya Tahan Baterai Bagus

Hal lain yang menjadikan ASUS Vivobook 14 M1405 merupakan laptop terbaik adalah daya tahan baterainya yang mumpuni. Dua kapasitas baterai 42WHrs dan 50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion diusung, sehingga mampu membuat waktu penggunaan laptop lebih lama. So, nggak perlu sering-sering di-charge.

Selain itu, Vivobook 14 juga mendukung pengisian baterai yang cepat. Dalam 49 menit saja, data sudah terisi 60 persen. Wah, bisa banget bekerja lebih cepat dan aktif.

9. Laptop Kelas Militer

Tahan banting. Itulah salah satu kelebihan produk-produk buatan ASUS, tak terkecuali Vivobook 14. Laptop ini telah diuji dan terbukti memenuhi standar kelas militer AS yang ketat.

Uji coba laptop dilakukan dengan menerapkan 12 metode pengujian yang ketat dan 26 prosedur yang berat. Benar-benar fase uji yang melebihi standar industri.

Ketika sampai di tangan konsumen, siapa pun tak akan khawatir menggunakan laptop ASUS. Dibawa ke mana saja, Vivobook 14 siap menyertai dengan keandalannya dan daya tahannya.

10. Performa Prima, Harga di Bawah Rp15 Juta

Untuk membeli sesuatu, wajib disesuaikan kemampuan. Bagi saya, laptop terbaik dengan kemampuan prima dan harga paling sesuai kantong ya Asus Vivobook 14 M1405 ini.

Di situs resmi ASUS, harga Asus Vivobook 14 (M1405) dengan RAM 16 GB dan kapasitas storage 512 GB adalah Rp 11,299,000. Benar-benar nyata di bawah Rp15 juta ‘kan?

ASUS Vivobook 14
Vivobook 14 M1405/ Foto: asus.com

Penutup

Performa prima saat bekerja dari rumah bukan impian semata. Tantangan hadir dengan berbagai wajahnya. Namun, selalu ada solusi untuk mengatasinya.

Hadirnya ASUS Vivobook 14 (M1405) sebagai laptop terbaik versi saya adalah salah satu kunci bekerja dengan perfoma prima dari mana saja. Laptop tangguh, ringan, tipis, tapi banyak kemampuan hebatnya. Apalagi harganya di bawah Rp15 juta, yang saat ini paling sesuai dengan kondisi kantong saya.

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi siapa saja yang tengah mencari laptop terbaik untuk bekerja dari rumah, belajar, juga berbagai keperluan lainnya. ASUS Vivobook 14 OLED, brighten your vision!

Referensi

verywellmind. Multiple Children and Complex Communication Increased Stress For Women Working Remotely, https://www.verywellmind.com/women-with-multiple-children-experienced-greater-stress-while-working-remotely-study-suggests-5210950, diakses pada 26 September 2023.

asus.com. ASUS Vivobook 14 OLED, diakses pada 26 September 2023.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com