Pelajaran Meraih Sukses dari 40 Under 40 FORTUNE Indonesia

Meraih sukses saat berusia di bawah 40 tahun bukan mimpi. Banyak orang yang sudah membuktikannya. Bahkan ada juga lho orang-orang yang mencatat kesuksesan di bidangnya saat usianya masih 20-an tahun. Iri? Hmm, lebih baik ambil pelajaran penting saja dari kesuksesan mereka.

Melalui tulisan ini, saya ingin mengambil pelajaran penting dalam meraih sukses dari 40 under 40 dan Businessperson of the Year versi FORTUNE Indonesia. Kisah-kisah inspiratif mereka semoga menjadi pelecut bagi siapa saja untuk terus berikhtiar.

Dalam perhelatan FORTUNE Indonesia Summit, terdapat sejumlah tokoh yang masuk daftar FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40. Oke, yuk langsung saja kita kumpulkan berbagai pelajaran berharga dari mereka sebagai motivasi untuk meraih kesuksesan.

5 Cara Raih Sukses yang Bisa Dipelajari dari 40 Under 40 FORTUNE Indonesia

40 Under 40 FORTUNE Indonesia
Beberapa penerima penghargaan 40 Under 40 Fortune Indonesia/ Foto: Instagram FORTUNE Indonesia

Kisah-kisah orang lain bisa menjadi pelajaran bagi kita. Kesuksesan orang lain pun bisa jadi motivasi dan inspirasi. Dalam hidup, terkadang melihat ke atas diperlukan untuk melecut diri menjadi lebih baik.

Ketika membaca deretan nama orang-orang sukses di 40 under 40 FORTUNE Indonesia, saya tertegun. Usia saya tak lama lagi berkepala empat. Usia yang tak muda lagi. Hmm, selain lebih meningkatkan keimanan, saya juga perlu meneladani kesuksesan orang-orang muda ini. Mungkin tidak semua bisa saya terapkan, tetapi bisa ditanamkan untuk anak-anak yang saya lahirkan.

Ini dia lima cara meraih sukses yang bisa dipelajari dari 40 Under 40 FORTUNE Indonesia:

Pelajaran #1 40 Under 40 FORTUNE Indonesia: Terbuka Menerima Masukan

Tidak semua orang terbuka akan masukan orang lain. “Ah sok tahu. Tahu apa kamu akan hidup dan usaha saya? Nggak usah jadi orang yang merasa paling tahu deh.” Kalimat bernada sinis semacam itu mungkin terlontar dari orang yang tidak terbuka pada masukan.

Padahal, masukan dari orang lain bisa jadi saran untuk kesuksesan kita. Ya sih, tidak semua masukan itu bersifat membangun. Itu makanya perlu menyaring mana masukan yang membangun dan mana masukan yang justru menjatuhkan.

Terbuka pada masukan, menurut Presiden Direktur Aladin Syariah, Dyota M. Marsudi (32) yang namanya masuk dalam 40 Under 40 FORTUNE Indonesia menunjukkan sikap tidak mudah puas pada dirinya sendiri.

Pelajaran #2 40 Under 40 FORTUNE Indonesia: Pandai Mengatur Prioritas

40 Under 40 FORTUNE Indonesia
Belinda Tanoko/ Foto: Instagram FORTUNE Indonesia

Seringkali kita ingin melakukan banyak hal. Harapannya, dari banyak hal yang dilakukan itu, semuanya mendatangkan hasil. Namun, kita harus sadar hanya memiliki dua tangan, dua kaki, dan satu otak. So, tidak perlu menjadi manusia super yang bisa melakukan semua hal di waktu yang sama. Kunci agar hal-hal dalam hidup bisa berjalan dengan baik adalah pandai mengatur prioritas.

Itu pula yang jadi pegangan Belinda Tanoko (39), Direktur Utama Tanrise Property. Menjadi pebisnis, ibu, dan istri sekaligus tentu tidak mudah bagi Belinda. Namun, dia belajar untuk bisa menentukan prioritas. Harus bisa bisa bagi waktu dengan baik agar fokus tidak terpecah belah.

Jadi, ketika kita sedang bersama keluarga, maka jangan mengurus pekerjaan. Ketika sedang bekerja, ya fokus dengan apa yang dikerjakan. Time management dan working balance menjadi kunci dalam mengatur prioritas.

Pelajaran #3 40 Under 40 FORTUNE Indonesia: Tahan Banting

Mental tahan banting perlu ditumbuhkan agar bisa meraih sukses di bidang apa pun yang tengah digeluti. Dengan mental yang tahan banting, kita tidak akan mudah mengeluh dan menyerah saat sedang menghadapi tantangan. Alih-alih menyerah, kita justru terpacu untuk mencari jalan keluar.

Bermental tahan banting ini pula yang ada di dalam diri sosok-sosok 40 Under 40 FORTUNE Indonesia. Belinda menceritakan saat pandemi Covid-19, usaha yang digelutinya menemukan tantangan besar.

Saat itulah dia harus memutar otak demi menghasilkan sesuatu yang beda. “And then everybody afraid, ‘kan, to invest juga, karena keadaan tidak menentu. Jadi kita puter otak lalu kita buat satu konsep yang baru supaya bisa dijangkau oleh market,” ucapnya.

Pelajaran #4 40 Under 40 FORTUNE Indonesia: Jangan Merasa Paling Hebat

40 Under 40 FORTUNE Indonesia
Erastus Radjimin/ Foto: Instagram FORTUNE Indonesia

Kadang kita merasa diri hebat saat meraih suatu prestasi atau memiliki latar belakang yang mentereng. Hal-hal seperti itu seringkali membuat diri enggan memperbaiki diri, meremehkan sekitar, sombong, dan berpikiran sempit.

Padahal dengan membuka pikiran, kita bisa berdiskusi dengan berbagai kalangan. Founder dan CEO Artotel Group, Erastus Radjimin yang akrab disapa Eri, menyebut diskusi bisa jadi awal mula lahirnya bisnis.

Ketika kita merasa bukan yang paling hebat, maka akan termotivasi untuk terus belajar. Pemikiran yang terbuka juga membuat kita lebih mudah bekerja sama dan menerima nasihat.

Pelajaran #5 40 Under 40 FORTUNE Indonesia: Jangan Berhenti Belajar dan Mau Beradaptasi

Belajar, belajar, belajar, lalu beradaptasi. Inilah salah satu kunci sukses Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo. Angela juga termasuk dalam jajaran 40 Under 40 FORTUNE Indonesia.

Dalam hidup, perubahan adalah keniscayaaan. Untuk itu, manusia perlu untuk belajar dan beradaptasi. Jangan terjebak pada zona nyaman yang melenakan, sehingga enggan berinovasi. Apalagi saat ini kita hidup di tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat. Pengetahuan baru bermunculan. Kemampuan beradaptasi pada kondisi itu adalah keharusan.

“Masih ada banyak hal yang harus terus kita pelajari. Jadi ya kita harus terus belajar dan kita harus punya tujuan hidup,” ujar Angela.

Daftar 40 Under 40 FORTUNE Indonesia

40 Under 40 FORTUNE Indonesia

Sosok-sosok yang masuk dalam daftar 40 Under 40 FORTUNE Indonesia dianggap mampu menjadi agen perubahan. Mereka tak hanya berasal dari sektor bisnis saja, tetapi juga ada dari bidang seni, olahraga, penggerak sosial, bahkan pemerintahan.

Mulanya ada 200-an kandidat kuat. Akan tetapi Fortune Indonesia mengerucutkannya menjadi 40 nama saja. Kendati memiliki latar belakang yang berbeda-beda, tetapi ke-40 orang tersebut sama-sama memiliki perjalanan yang tidak mudah. Namun, mereka tidak menyerah, terus berjuang, sehingga menjadi pemenang.

Berikut ini daftar lengkap 40 Under 40:

Anderson Tanoto (33), Managing Director Rge Pte Ltd
Achmad Zaky (35), Co-founder Bukalapak, Founder Init-6, dan Achmad Zaky Foundation
Anderson Sumarli (27), CEO dan Co-founder Ajaib
Adamas Belva Syah Devara (31) CEO Ruangguru dan Iman Usman (30), COO Ruangguru
Belinda Tanoko (39), Direktur Utama Tanrise Property
Erastus Radjimin (35), Founder & CEO Artotel Group
Dyota Marsudi (32), CEO Bank Aladin Syariah
Edward Tirtanata (33), Co-founder & CEO Kopi Kenangan dan James Prananto (33), Co-founder & Chief Business Officer Kopi Kenangan
Muhammad Fajrin Rasyid (35), Direktur Digital Business Telkom Indonesia
Ernest Saudjana (38), Managing Director & Partner Boston Consulting Group
Ferry Unardi (34), CEO & Co-founder Traveloka
Farell Grandisuri Sutantio (35), Presiden Direktur & Grup CEO PT Cisarua Mountain Dairy (Cimory)
Gibran Huzaifah (32), CEO Efishery
Handhika Wiguna Jahja (33), Executive Director Shopee
Jonathan Tahir (34), Group CEO Mayapada Healthcare
John Marco Rasjid (36) & Christopher Madiam (39), Co-Founder Sociolla
John Riady (36), CEO Lippo Karawaci & Direktur Lippo Group
Kevin Aluwi (35), CEO Gojek
Maya Watono (39), Direktur Pemasaran Injourney
Melissa Siska Juminto (34), COO Tokopedia
Oscar Darmawan (36), CEO Indodax
Roderick Purwana(39), Managing Partner East Ventures
Michael Widjaja (39), Group CEO Sinar Mas Land
Michael Soerijadji (37), Co-founder & Managing Partner AC Ventures
Michael William P. Soeryadjaya (36), Presiden Direktur PT Saratoga Investama Sedaya Tbk
Arief Muhammad (31), Kreator Konten
Angga Dwimas Sasongko (37), Sutradara, Produser, CEO Visinema
Rich Brian (22), Pemusik
Nicole Zefanya (23), Pemusik
Reza Rahadian Matulessy(34), Aktor
Raffi Ahmad (35), Selebriti & Pengusaha
Angela Tanoesoedibjo (34), Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Nadiem Anwar Makarim (37), Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
Gibran Rakabuming Raka (34), Wali Kota Solo
Emil Dardak (37), Wakil Gubernur Jawa Timur
Putri Indahsari Tanjung (25), Staf Khusus Presiden dan Founder Creative Experience Office (CXO)
Eko Yuli Irawan (32), Atlet Angkat Besi
Greysia Polii (34) dan Apriyani Rahayu (23), Atlet Bulu Tangkis
M. Alfatih Timur (29), CEO dan Founder Kitabisa.com
Sharlini Eriza Putri (34), Co-founder dan CEO Nusantics

Pelajaran Penting dari Businessperson of the Year FORTUNE Indonesia

Dalam Fortune Summit 2022, diberikan juga penghargaan Businessperson of the Year 2021. Sejumlah nama yang sukses di bidang bisnis berada di daftar ini. Ada dua puluh nama yang masuk dalam jajaran tersebut. Nah, dari mereka kita juga bisa lho mengambil pelajaran penting.

1. Sukses Itu Tidak Instan

Sukses butuh proses/ Foto: Canva

Sukses itu tidak serupa mi instan yang tinggal dimasak kurang dari lima menit sudah langsung bisa dinikmati. Sukses adalah perjalanan yang tidak singkat dan tidak mudah.

Garibaldi Thohir, Presiden Direktur dan CEO PT Adaro Energy Tbk, menekankan usaha itu tidak mudah. Jika seseorang ingin sukses maka harus meraihnya selangkah demi selangkah.

“Yang paling penting, kalau mau sukses harus jaga reputasi karena kita tidak bisa jalan sendiri,” terang pria yangf akrab disapa Boy Thohir ini, dikutip dari Fortune Indonesia.

2. Memahami Zaman dan Peka pada Tren

Pemahaman yang baik akan perubahan zaman dan kepekaan pada tren di tengah masyarakat adalah hal penting yang harus dimiliki pebisnis. Itulah salah satu yang jadi pegangan Haryanto Adikoesoemo,
Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk.

Kata Haryanto, jika suatu usaha enggan mengikuti tren pasar dan beradaptasi dengan zaman, maka akan seperti dinosaurus. Badannya besar tetapi tidak mampu bertahan. Apabila tidak mampu memahami selera pasar dan pergantian zaman, maka suatu perusahaan tak akan mampu menghadapi persaingan.

3. Belajar dari Masa Lalu

Masa lalu adalah pembelajaran/ Foto: Canva

Segala hal di masa lalu membentuk kita di hari ini. So, jangan remehkan masa lalu, tapi jangan pula terlalu lama bernostalgia pada kisah indahnya. Masa lalu bisa digunakan sebagai media untuk belajar agar tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan.

Inilah yang jadi pegangan Sunarso, Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Apalagi ketika menjadi nakhoda bagi suatu perusahaan, Sunarso tak segan untuk bekerja dan berpikir lebih keras. Dengan begitu, dia bisa mengambil langkah cepat dan detail, memotivasi, dan menginspirasi karyawan.

Baginya, seorang CEO harus bisa menciptakan value serta mengomunikasikan visi dan misi dengan baik. “CEO harus bisa menjalankan fungsi sebagai storyteller dan menggerakkan SDM,” tegas Sunarto.

4. Jangan Halalkan Segala Cara

Jika ingin untung dalam usaha, maka pakailah cara-cara yang baik. Jika ingin menjadi pemenang, maka jangan menggunakan cara menginjak yang lemah. Filosofi semacam ini menjadi panduan Frans Kesuma, Presiden Direktur PT United Tractors Tbk, saat memimpin perusahaan.

“Kita dalam bisnis nggak boleh cheating, dan harus win-win. Tidak mesti posisi kita kuat harus gencet yang lemah. Itu biasanya nggak diridhoi. Saya pikir di tempat saya—di PAMA dan UT—semua bisa menjalankan itu dengan baik,” terangnya kepada Fortune.

Daftar 20 Businessperson of the Year 2021 FORTUNE Indonesia

Beberapa penerima Businessperson of the Year 2021/ Foto: Instagram FORTUNE Indonesia

20 Pebisnis Indonesia dianggap bisa menjadi inspirasi karena sepak terjangnya yang tidak mudah. Terlebih di masa pandemi, butuh energi lebih untuk bisa bertahan. Tak heran, FORTUNE Indonesia memberikan apresiasi kepada 20 orang tersebut sebagai Businessperson of the Year 2021.

Kisah para pebisnis ini bisa jadi pelajaran berharga dalam menjalankan usaha. Bahwa benar, tidak ada usaha yang mudah, tetapi prinsip yang dipegang membuat mereka berhasil menjadi pemenang.

20 Orang ini ditentukan berdasarkan kinerja yang dihasilkan oleh perusahaan pada tahun 2020 dan semester pertama tahun 2021. Indikator lain seperti kepemimpinan yang transformatif, Good Corporate Governance (GCG) yang efektif, dan aksi korporasi yang adaptif juga menjadi pertimbangan.

Baca juga tulisan ini ya: Ingin Hiburan Beragam dan Dapat Cuan? IDN Live Jawabnya

Berikut ini daftar 20 Businessperson of the Year 2021 FORTUNE Indonesia:

Garibaldi Thohir
Presiden Direktur dan CEO PT Adaro Energy Tbk

Franky Oesman Widjaja
Chairman dan CEO Golden Agri-Resources Ltd (GAR)

Anthoni Salim
Presiden Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk

Jahja Setiaatmadja
Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk

Susilo Wonowidjojo
Presiden Direktur PT Gudang Garam Tbk

Andre Sukendra Atmadja
Presiden Direktur PT Mayora Indah Tbk

Nicke Widyawati
Direktur Utama PT Pertamina (Persero)

Haryanto Adikoesoemo
Presiden Direktur PT AKR Corporindo Tbk

Alvin W. Sariaatmadja
Presiden Direktur PT Elang Mahkota Teknologi Tbk

M. Arsjad Rasjid
Direktur Utama PT Indika Energy Tbk

Sunarso
Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

William Tanuwijaya
CEO Tokopedia

Ririek Adriansyah
Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom)

Kuncoro Wibowo
Pendiri Kawan Lama Sejahtera Group

Handojo Santosa
Direktur Utama PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk

Budiarto Halim
Presiden Direktur PT Erajaya Tbk

Silmy Karim
Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk

Frans Kesuma
Presiden Direktur PT United Tractors Tbk

Tjiu Thomas Effendy
Presiden Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk

Parwati Surjaudaja
Presiden Direktur PT OCBC NISP Tbk

Sekilas tentang FORTUNE Indonesia Summit

FORTUNE Indonesia Summit digelar untuk pertama kalinya pada 18-19 Mei 2022. Ada tiga tema besar yang diangkat dalam perhelatan ini yakni impact, sustainability, dan growth. Harapannya, tema-tema tersebut bisa memberi masukan berharga pada kolaborasi untuk memajukan perekonomian Indonesia.

Enam belas sesi talkshow dengan puluhan pembicara inspiratif hadir di FORTUNE Indonesia Summit. Tokoh-tokoh yang mumpuni di bidang bisnis di Indonesia membagikan pengalaman dan pengetahuannya. Semangat membangun perekonomian Indonesia sangat terasa di perhelatan ini.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dalam video sambutannya berharap FORTUNE Indonesia Summit dapat menumbuhkembangkan kembali sektor pariwisata, khususnya kegiatan Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) yang memiliki potensi besar. Jika selama pandemi, sektor pariwisata redup, maka kini harapannya bisa bangkit kembali.

Sedangkan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Muhammad Lutfi, di acara pembuka pada FORTUNE Indonesia Summit 2022, menekankan pentingnya multi-stakeholder platform di Indonesia. Platform tersebut dapat mensinergikan seluruh potensi di tengah tantangan dan kompleksitas perdagangan saat ini.

FORTUNE Indonesia Summit ditutup dengan Awarding Session FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40.

Para pembicara di FORTUNE Indonesia Summit 2022

Acara ini berlangsung secara ofline di The Westin Jakarta, tetapi bisa juga disimak secara online melalui aplikasi IDN Media. Tiket Fortune Indonesia Summit 2022 pun mudah sekali diperoleh. Hanya dengan berlangganan Majalah Fortune Indonesia selama setahun melalui Official Store Fortune Indonesia di Tokopedia, tiket sudah di tangan.

Fortune Indonesia Summit sudah usai. Harapannya ide-ide yang muncul dalam diskusi bisa diwujudkan menjadi sesuatu yang konkret. Masyarakat umum pun bisa mengambil banyak pelajaran penting dari gelaran ini.

Ya, semua orang harus mengambil langkah nyata, memainkan perannya agar Indonesia jadi lebih baik. Seperti kata Founder dan CEO IDN Media Winston Utomo, bisnis harus ada impact dan sustainability-nya.

Referensi

IDN Times. Rahasia Sukses Belinda Tanoko, Jadi Istri dan Ibu Sekaligus Pebisnis, diakses pada 22 Mei 2022.

IDN Times. 4 Kiat Sukses Jalani Bisnis ala Founder Artotel dan Bos Aladin Syariah, diakses pada 22 Mei 2022.

FORTUNE IDN. Wamenparekraf Ajak Kaum Perempuan Gencar Berinovasi dalam Berkarya, diakses pada 22 Mei 2022.

FORTUNE IDN. Daftar Fortune Indonesia 40 Under 40, dari Gibran Hingga Reza Rahadian, diakses pada 22 Mei 2022.

FORTUNE IDN. Garibaldi Thohir, diakses pada 22 Mei 2022.

FORTUNE IDN. Haryanto Adikoesoemo, diakses pada 22 Mei 2022.

FORTUNE IDN, Sunarso, diakses pada 22 Mei 2022.

9 Comments
  1. Erlina Fitriani says

    Masing-masing person yang terdaftar dalam 40 under 40 mempunyai value yang bisa dijadikan pelajaran. Terima kasih atas sharingnya:)

  2. Tanti Amelia says

    FORTUNE Indonesia SUMMIT ini acara bergengsi – mengagumkan ya melihat sepak terjang para orang sukses ini! Jadi termotivasi deh, untuk membuat KOMITMEN – KETEKUNAN – KEDISIPLINAN DAN SETIA DI SATU JALUR SAJA

  3. Shalikah says

    Sukses itu tidak instan. Sungguh menohok tapi memang benar adanya hehehe. Dengan mendengar insight-insight dari para pebisnis top melalui event seperti Fortune Indonesia Summit inilah kita pun bisa mendapatkan wawasan yang mencerahkan.. Penting bagi kita senantiasa membuka diri terhadap perubahan dan masukan agar bisa terus keep up dengan zaman..

  4. Syahri says

    Mereka orang-orang hebat diusianya yang masih muda. Keren bgt, bisa jadi contoh juga buat generasi muda untuk meraih kesuksesan melalui perhelatan akbar Fortune Indonesia Summit 2022 ini

  5. deddyhuang.com says

    belajar dari masa lalu bisa membuat kita lebih mawas diri ya.. tapi belajar dari pengalaman orang seperti di FORTUNE Indonesia Summit ini bisa membantu kita untuk hindari dari kesalahan. aku suka acara ini semoga tahun depan ada lagi…

  6. Ifandhamyi says

    Banyak tips dan pencerahan setelahembaca tulisan ini..keren ada 5 cara raih sukses sebelum usia 40..Bismillah semoga saya bisa mengikutinya biar bisa sukses sebelum umur 40..Aamiin

  7. Anggita R. K. Wardani says

    40 under 40 nya nggak main-main ya awardeenya. Keren acaranya

  8. www.jejakbunda.com says

    Setuju sekali, bahwa walaupun kita ingin bisnis kita maju dan berkembang jangan sampai kita terpedaya dan berniat menghalalkan segala cara untuk meraih kesuksesan.

  9. Sarieffe says

    Mereka yang telah sukses pasti usahanya gak main-main ya mba. Kerja keras dan tetap jujur adalah kunci keberhasilan. Seneng banget bisa dapat insight yang keren dari para pemateri Fortune Indonesia Summit ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com