Konferensi Ibu Pembaharu Digelar Online, tapi Terasa Offline

Pandemi Covid-19 membuat banyak kegiatan digelar secara online atau daring. Salah satu kegiatan yang juga digelar secara online adalah Konferensi Ibu Pembaharu. Ibu Pembaharu merupakan perayaan satu dekade Ibu Profesional. Hanya saja, meski acara digelar online, tetapi terasa offline. Penasaran?

Panitia berusaha keras memindahkan dunia nyata ke dunia maya. Pengalaman ini menurut saya bisa meningkatkan antusias peserta untuk datang dan berjalan-jalan, kendati secara virtual. Yuk, kita lihat seberapa nyata gelaran online Konferensi Ibu Pembaharu.

Lokasi Virtual Konferensi Ibu Pembaharu

Gedung virtual yang memberikan pengalaman seperti aslinya.

Konferensi Ibu Pembaharu digelar di gedung dunia maya. Para peserta yang akan mengikuti acara, wajib datang ke lokasi dengan mengklik tautan ini. Peserta kemudian diminta login menggunakan akun email yang sudah didaftarkan.

Setelah mengisi kuis kecil, peserta diarahkan menuju lobi. Penampakan lobi ini mirip sekali dengan lobi hotel. Areanya luas dan dilengkapi air mancur di bagian tengahnya.

Dari lobi, terlihat ada tiga ruangan utama tempat digelarnya Konferensi Ibu Pembaharu. Ada Exhibition Hall, Conference Hall, dan SKUI Hall.

Sekarang, yuk kita lihat ada apa di dalam Exhibition Hall. Rupanya di dalam ruangan itu terdapat sekitar 23 booth yang antara lain diisi Aha! Project, Keluarga Kita, Genzy, dan Dompet Dhuafa.

Area Exhibition Hall/ Foto: situs Konferensi Ibu Pembaharu

Mari lanjutkan eksplorasi ruangan ke Conference Hall. Wah, ada layar besar di bagian depan. Rupanya di sinilah aneka kegiatan seperti workshop, webinar, dan talkshow digelar. Sebagian besar kegiatan diperuntukkan bagi peserta yang sudah memiliki tiket masuk, meskipun ada juga beberapa yang terbuka untuk umum.

Ruangan selanjutnya adalah SKUI Hall. Di sini ada beberapa booth yang merupakan bagian dari enam komponen Ibu Profesional. Keenam komponen tersebut yakni Sekretariat Nasional, Komunitas, Institut, KIPMA Sejuta Cinta, dan Resource Center Ibu Profesional (RCIP).

Area SKUI Hall/ Area Exhibition Hall/ Foto: situs Konferensi Ibu Pembaharu

Ayo kita coba berkunjung ke salah satu booth-nya. KIPMA Jakarta menempati satu booth yang disediakan panitia. Saat datang, pengunjung akan diberi penjelasan melalui video tentang apa saja yang ada di KIPMA Jakarta.

Rupanya KIPMA Jakarta menyediakan aneka barang yang ramah lingkungan seperti menspad, sikat gigi bambu, dan mens cup. Ada pula fashion, makanan, serta buku-buku menarik. Itu semua dijual lho. Situasinya memang mirip sekali dengan pameran di dunia nyata yang memungkinkan aneka transaksi.

Goodie Bag untuk Para Peserta

Meskipun digelar secara online, tetapi Konferensi Ibu Pembaharu ini bertabur goodie bag lho. Peserta cukup berjalan-jalan saja di lokasi kegiatan sambil menajamkan penglihatan.

Nah, bila melihat gambar tas, segera diklik saja, sebab itulah goodie bag yang sudah disiapkan. Isinya apa saja? Macam-macam, seperti e-book dan cara membuat kerajinan tangan.

Bagaimana, siap berburu goodie bag yang pasti bermanfaat sekali untuk para ibu? Langsung saja eksplorasi gedung virtualnya ya.

Daftar Kegiatan yang Bisa Diakses Umum

Bila tidak sempat mendaftar sehingga tidak mengantongi tiket untuk mengakses kegiatan di Conference Hall, jangan sedih. Ada beberapa kegiatan yang terbuka untuk umum. Berikut ini jadwal untuk umum yang bisa diakses secara gratis.

  1. Talkshow bersama Nani Zulminarni dengan tema “Aku Berdaya, Aku Berkarya” pada Minggu, 19 Desember 2021 pukul 10.00 – 11.30 WIB.
  2. Workshop bersama Deasi Srihandi tentang “Lingkungan dan Kehidupan yang Berkelanjutan” pada Minggu 19, Desember 2021 pukul14.00 -15.30 WIB.
  3. Talkshow bersama Listriana Suherman tentang “Lingkungan dan Kehidupan yang Berkelanjutan” pada Senin, 20 Desember 2021 pukul 16.30 – 18.00 WIB.
  4. Talkshow bersama Farha Ciciek mengenai “Ibu dan Anak Bahagia” pada Selasa, 21 Desember 2021 pukul 15.30 – 17.00 WIB.
  5. Webinar bersama Nicky Clara tentang “Disabilitas Unggul” pada Selasa, 21 Desember 2021 pukul 20.00 – 21.30 WIB.
  6. Talkshow bersama Septi Peni Wulandari dengan tema “Saya Ibu Rumah Tangga dan Saya Bangga” pada Rabu, 22 Desember 2021 pukul 20.00 – 21.30 WIB.

Baca juga yuk: Komunikasi Produktif Saat Anak Merengek di Tengah PJJ

Konferensi berlangsung dari tanggal 17 hingga 22 Desember. Namun, ketika konferensi sudah selesai, kita masih bisa jalan-jalan agar bisa mengeksplorasi dan menemukan goodie bag menarik di gedung virtual Konferensi Ibu Pembaharu sampai akhir Desember 2021. Yuk, jangan terlewat kegiatan-kegiatannya!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com