Aqiqah Nurul Hayat, Solusi Aqiqah Terbaik Keluarga Indonesia

Oeek! Oeek! Kelahiran bayi laki-laki di pagi itu mengurai tangis dari sepasang mata ini. Hadirnya menegaskan kembali peran saya sebagai seorang ibu. Untuknya, saya siap mempersembahkan cinta terbaik. Salah satu bukti cinta itu dengan menggelar aqiqah untuknya.

Kenapa aqiqah merupakan salah satu bukti cinta orang tua kepada anak? Karena ini merupakan ungkapan syukur atas diberikannya karunia anak oleh Allah. Selain itu, juga menjadi upaya mendekatkan diri kepada Allah.

Apalagi Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan para sahabatnya juga melakukan aqiqah. Selain itu, Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin, menjelaskan aqiqah menjadi sebab seorang anak akan mendapatkan kemaslahatan, hatinya tidak begitu gelisah, dan semakin mudah dalam aktivitasnya.

Bagi saya dan suami, untuk menggelar aqiqah ada berbagai hal yang harus dipersiapkan. Terkadang, dalam mempersiapkannya tidak mudah, tapi kami memilih untuk tetap melakukannya.

Pertama, suami harus menyiapkan uang untuk keperluan aqiqah. Mengingat bayi kami laki-laki, maka harus menyembelih dua ekor kambing. Di saat yang sama, si sulung masuk sekolah dasar. Untuk itu, harus mempersiapkan dana lebih banyak.

Kedua, karena kami adalah perantau, maka harus mengurus segala sesuatunya sendiri. Pun ketika kami mencari tempat yang menyediakan jasa akikah, harus mencari sendiri. Pokoknya harus praktis, sesuai syariat, masakannya enak, dan harganya terjangkau.

Di tulisan kali ini, saya akan sedikit berbagi cerita tentang aqiqah. Bagi Mama dan Papa yang hendak menggelar aqiqah untuk anaknya, alhamdulillah terdampar di blog saya. Saya juga ada rekomendasi tempat aqiqah terbaik lho. So, baca sampai selesai ya.

Pengertian Aqiqah

Pengertian aqiqah/ Foto: diolah dari Canva

Secara bahasa, aqiqah merupakan sebutan untuk rambut yang berada di kepala bayi ketika lahir. Sementara secara istilah, aqiqah merujuk pada sesuatu yang disembelih ketika menggundul kepala bayi.

Hewan yang disembelih adalah kambing. Ini sebagaimana sebuah hadis yang menyebut ‘Aisyah pernah memberi tahu Hafshah binti ‘Abdirrahman, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan para sahabat untuk menyembelih dua ekor kambing yang hampir sama umurnya untuk anak laki-laki dan satu ekor untuk anak perempuan.

Biasanya daging kambing ini dimasak gulai, lalu disedekahkan. Ada harapan di balik masakan gulai ini lho, Ma. Harapannya, anak kelak akan tumbuh jadi sosok yang manis dan enak dipandang mata, sebagaimana masakan gulai.

Terkait hukum aqiqah, di kalangan para ulama terdapat silang pendapat. Ada ulama yang menyebut wajib, ada pula yang menyatakan tidak wajib. Akan tetapi, aqiqah adalah suatu yang disyariatkan. Sebagian besar ulama mengatakan hukum aqiqah adalah sunnah yang dianjurkan.

Waktu Pelaksanaan Aqiqah

Pelaksanaan aqiqah disunnahkan pada hari ketujuh kelahiran bayi. Dari mayoritas ulama pakar fiqih, waktu siang hari kelahiran menjadi awal hitungan tujuh hari. Misalnya seorang bayi yang lahir hari Ahad (24/7) siang, maka penghitungan tujuh hari sudah dimulai di hari Ahad itu. Dengan demikian, aqiqah digelar pada hari Sabtu (30/7).

Sementara apabila bayi lahir pada Ahad (24/7) malam, maka penghitungan tujuh hari dimulai keesokan harinya, yakni di hari Senin. Sehingga waktu aqiqah digelar pada Ahad (31/7).

Bagaimana jika ada uzur sehingga belum bisa melakukan aqiqah di hari ketujuh kelahiran bayi? Berdasar pendapat ulama Hambali, aqiqah disunnahkan dilaksanakan pada hari keempat belas. Apabila tidak bisa dilakukan lagi pada hari keempat belas, maka boleh dilaksanakan pada hari kedua puluh satu.

Saat menggelar aqiqah anak kedua, saya dan suami menggelarnya di hari kedua puluh satu kelahirannya. Ini dikarenakan si kecil mengalami bilirubin tinggi di pekan awal hidupnya. Dia harus menjalani fototerapi selama dua kali dua puluh empat jam di rumah sakit.

Hampir sepekan kemudian, saya mengalami penggumpalan air susu ibu (ASI) yang bikin badan meriang dan tidak nyaman. Alhamdulillah menjelang hari kedua puluh satu kelahiran bayi, semua kondisi aman terkendali.

Aqiqah Sekaligus Berkontribusi Menekan Angka Stunting

stunting
Mencegah stunting/ Foto: Canva

Bagi saya pribadi, menggelar aqiqah bukan sekadar wujud syukur dan menjalankan syariat agama. Lebih dari itu, ada nilai sedekah juga yang apabila dipraktikkan bisa membantu menekan angka stunting di Indonesia, lho.

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang ditandai dengan ukuran tubuh pendek dibandingkan rata-rata anak seusianya. Stunting tidak bisa diremehkan, Ma. Sebab anak dengan stunting lebih rentan terkena penyakit. Selain itu, mereka memiliki tingkat kecerdasan yang kurang, sehingga akhirnya berdampak pada produktivitas yang rendah.

Merujuk Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2021 yang digelar Kementerian Kesehatan, angka prevalensi stunting di Indonesia pada 2021 adalah 24,4 persen. Angka ini menurun 6,4 persen dari tahun 2018.

Meski angkanya turun, kita jangan sampai lengah. Apalagi pemerintah tengah mencanangkan target menurunkan prevalensi hingga 14 persen di tahun 2024.

Lalu apa hubungan aqiqah dan menurunkan angka stunting? Menurut saya, sangat berhubungan. Jadi, stunting bisa dicegah antara lain dengan memenuhi kebutuhan gizi sejak kehamilan. Apabila ibu hamil mengonsumsi daging dari aqiqah, tentu dia mendapat pasokan gizi. Apalagi bila hampir setiap pekan mendapatkan masakan daging aqiqah, maka bisa mendukung kebutuhan protein bagi ibu hamil.

Tak hanya ibu hamil, ibu menyusui juga wajib banget dipenuhi asupan gizinya. Dengan begitu, ibu bisa memberikan ASI eksklusif kepada bayinya sampai berusia enam bulan. Nah, pemberian ASI yang kaya gizi makro dan mikro bisa menekan risiko stunting pada anak.

Saat aqiqah, daging yang dimasak adalah daging kambing. Daging kambing sebagaimana daging lainnya, merupakan sumber protein. Protein ini penting sekali untuk pertumbuhan janin dan anak-anak.

Dalam 100 gram daging kambing terkandung sekitar 109 kalori. Sedangkan kadar kolesterolnya adalah 57 mg per 100 gram. Apabila ditotal, per 100 gram daging kambing kandungan total lemaknya adalah 2,3 gr. So, komposisi lemak daging kambing tidak jauh berbeda dari daging sapi.

Selain itu, daging kambing juga mengandung zat besi yang berperan penting dalam pembentukan sel darah merah. Dengan begitu, bisa membantu mencegah anemia pada ibu hamil.

Oh ya, penurunan stunting anak menjadi tema Hari Keluarga Nasional 2022 lho. Terlebih, keluarga menjadi tonggak pertama yang harus bisa mencegah terjadinya stunting. Yuk, ikut berkontribusi menekan angka stunting!

Aqiqah Nurul Hayat, Solusi Aqiqah Halal dan Praktis Bagi Keluarga Indonesia

aqiqah nurul hayat
Aqiqah Nurul Hayat, solusi aqiqah keluarga Indonesia/ Foto: diolah dari Instagram @aqiqahnurulhayat

Bagi Mama dan Papa yang sedang mencari jasa aqiqah halal dan praktis, bisa memercayakan pada Aqiqah Nurul Hayat. Ada lebih dari lima puluh kota di Indonesia yang telah dijangkau oleh Aqiqah Nurul Hayat.

Sejumlah alasan bisa kita pertimbangkan untuk memilih Aqiqah Nurul Hayat nih, Ma. Ini dia rangkumannya.

  1. Berpengalaman

Aqiqah Nurul Hayat yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia telah melayani ribuan pelangggan. Setiap bulannya saja telah membantu aqiqah lebih dari 3.000 kambing. So, pengalamannya tidak perlu diragukan.

  1. Halal dan Sesuai Syariat

Dengan menggunakan jasa Aqiqah Nurul Hayat, kita tidak perlu waswas. Sebab pemilihan hewan, proses penyembelihan, hingga memasaknya telah memenuhi syarat sahnya aqiqah. Tak hanya itu, sudah ada sertifikasi halal pula dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) pula.

  1. Bisa Sekaligus Bersedekah

Ada kegiatan sedekah yang turut kita lakukan saat menggunakan jasa Aqiqah Nurul Hayat. Sebab semua keuntungan penjualan digunakan untuk mendukung program dakwah dan sosial Nurul Hayat. Untuk diketahui, Nurul Hayat mempunyai program beasiswa tiap semester untuk 4.500 anak yatim.

  1. Mentah Bisa, Dimasak pun Bisa

Jika kita hendak memasak sendiri sehingga hanya membutuhkan hewan mentahnya, Nurul Hayat siap melayani. Pun bila kita ingin lebih praktis, Aqiqah Nurul Hayat bisa membantu memasak daging aqiqah menjadi aneka masakan seperti gulai, satai, krengsengan, dan lain-lain.

Bagaimana soal rasa masakannya? Jangan khawatir, kualitas dan rasanya dijamin enak. Juru masak berpengalaman yang akan memasak daging aqiqah ini, sehingga tidak perlu diragukan lagi rasanya.

“Maknyuss ya! Masakannya luar biasa, enak banget.”

-Ustaz Ahmad Alhabsy-

  1. Pengantaran Gratis dan Bisa Dibantu Pendistribusiannya

Layanan pengantaran gratis lho. Aqiqah Nurul Hayat juga siap membantu mendistribusikan daging aqiqah ke panti-panti asuhan dan desa.

Harga Aqiqah Jakarta Nurul Hayat

Harga aqiqah daerah yang satu dan lainnya bisa berbeda-beda. Jika Mama tinggal di Jakarta seperti saya, berikut ini sedikit gambaran harga aqiqah Jakarta dari Nurul Hayat.

  1. Platinum
    Kambing betina : Rp 2.930.000
    Kambing jantan : Rp 4.430.000
    Satai 550 tusuk
    Gulai 180 porsi
  2. Istimewa
    Kambing betina : Rp 2.580.000
    Kambing jantan : Rp 3.955.000
    Satai 450 tusuk
    Gulai 140 porsi
  3. Super
    Kambing betina : Rp 2.080.000
    Kambing jantan : Rp 3.230.000
    Satai 300 tusuk
    Gulai 100 porsi
  4. Puas
    Kambing betina : Rp 1.830.000
    Kambing jantan : Rp 2.955.000
    Satai 250 tusuk
    Gulai 80 porsi

Jika Mama ingin paket aqiqah plus nasi kotak, berikut ini gambaran harganya.

  1. Platinum
    Paket kambing betina : Rp 6.530.000
    Paket kambing jantan : Rp 8.030.000
    Jumlah kotakan 180 kotak
  2. Istimewa
    Paket kambing betina : Rp 5.380.000
    Paket kambing jantan : Rp 6.755.000
    Jumlah kotakan 140 kotak
  3. Super
    Paket kambing betina : Rp 4.080.000
    Paket kambing jantan : Rp 5.230.000
    Jumlah kotakan 100 kotak
  4. Puas
    Paket kambing betina : Rp 3.430.000
    Paket kambing jantan : Rp 4.555.000
    Jumlah kotakan 80 kotak

Paket Nasi Kotak Aqiqah Nurul Hayat

aqiqah nurul hayat
Paket nasi kotak aqiqah/ Foto: Instagram @aqiqahnurulhayat

Saya lebih suka memesan paket nasi kotak aqiqah. Lebih praktis, dan paketnya bisa langsung didistribusikan ke panti asuhan serta dikirim ke sanak keluarga.

Berikut ini yang akan didapatkan jika kita memesan paket nasi kotak Aqiqah Nurul Hayat

  1. Nasi putih
  2. Tiga tusuk satai
  3. Sambal goreng ketang ati
  4. Satu cup gulai
  5. Acar kuning
  6. Sambal
  7. Kerupuk udang
  8. Buah pisang
  9. Alat makan (tisu, sendok, tusuk gigi)
  10. Kotak nasi esklusif berukuran 22×22 cm.

Ingin menu lainnya? Bisa banget. Juru masak dari Aqiqah Nurul Hayat bisa memasak berbagai menu ini:

  • Satai komoh
  • Satai buntel
  • Satai pentul
  • Satai beber
  • Satai daging kelapa
  • Satai maranggi
  • Satai solo
  • Empal
  • Krengsengan
  • Rendang
  • Rawon
  • Asem-asem
  • Rica-rica
  • Bakso
  • Kambing masak wijen
  • Rolade kambing
  • Sop kambing
  • Kambing guling

Untuk beberapa menu tersebut ada yang memerlukan biaya tambahan. Selengkapnya, Mama dan Papa bisa cek langsung harga di situsnya.

Penutup

Aqiqah adalah bentuk syukur atas amanah yang Allah titipkan, yakni buah hati yang hadir dalam hidup kita. Kegiatan ini juga jadi wujud cinta kita sebagai orang tua, sekaligus sarana bersedekah.

Sedekah dari kita mungkin hanya sedikit, tetapi bagi orang lain bisa mendukung upaya mencegah stunting. Bagaimana pun daging dalam aqiqah mengandung gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak.

Nah, Aqiqah Nurul Hayat sebagai pelopor aqiqah siap saji berkomitmen menjaga amanah kita dalam menjalankan syariat menggelar aqiqah. Prasmanan bisa, kotakan pun bisa. Aqiqah Nurul Hayat, solusi terbaik aqiqah keluarga Indonesia.

Referensi

Rumaysho. Hadiah di Hari Lahir (5), Sunnah Aqiqah Bagi Si Buah Hati, diakses pada 19 Juli 2022.

Rumaysho. Hadiah di Hari Lahir (7), Waktu Pelaksanaan Aqiqah, diakses pada 19 Juli 2022.

NU Online. Buat yang Belum Aqiqah, diakses pada 19 Juli 2022.

Aqiqah Nurul Hayat

Tirto. Tema Hari Keluarga Nasional 29 Juni 2022 dan Tujuan Peringatannya, diakses pada 19 Juli 2022.

HaiBunda. Ibu Hamil Ingin Makan Daging Kambing, Intip Nutrisinya Dulu Yuk, diakses pada 19 Juli 2022.

stunting.go.id, Tahun 2022 Angka Prevalensi Stunting Harus Turun Setidaknya 3%, diakses pada 19 Juli 2022.

Promkes Kemkes, Pencegahan Stunting Pada Anak, diakses pada 19 Juli 2022.

P2PTM Kemkes. 1 dari 3 Balita Indonesia Derita Stunting, diakses pada 19 Juli 2022.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com