Makanan Khas Padang Ini Bisa Bikin Ngiler Seketika

Cuaca di Padang, siang itu berawan. Duh, perut keroncongan lagi. Pasti efek makan siang yang kurang banyak. Saking laparnya, air liur sampai menetes saat melihat makanan khas Padang di depan mata.

“Nih.” Seorang pria menyodorkan sesuatu. Wajah ini berseri-seri seketika. Rupanya dia tahu benar saya sedang lapar, sehingga menyodorkan makanan. Pucuk dicinta ulam tiba. Makanan yang dia beri adalah makanan khas Padang yang tadi saya lihat.

Penasaran, apakah makanan itu? Yuk, kita cicipi bersama-sama.

1. Kerupuk Mi Siram Kuah Sate

Kerupuk mi khas Padang/ Foto: Vita

Bagi saya yang bukan orang Padang, penampakan kerupuk mi siram kuah sate cukup membetot perhatian. Hm, makanan khas Padang ini sudah pasti enak. Kerupuk renyah dipadu mi yang lembut, dengan siraman kuah sate yang gurih. Aw aw aw! Nikmatnya.

Penganan tradisional ini disebut juga kerupuk leak. Rupanya kerupuk leak ada yang dibikin dari ubi dan ada pula yang dibuat dari nasi. Sedangkan untuk topping, kita bisa pilih mi goreng atau bihun rebus. Nah, yang saya makan adalah kerupuk dengan topping bihun goreng berwarna kuning.

Harga makanan khas Padang yang satu ini cukup terjangkau, antara Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu. Bagi saya, kerupuk mi ini cukup mengenyangkan.

2. Sala Lauak

Sala lauak, makanan khas Padang/ Foto: Vita

Satu lagi makanan khas padang yang bisa bikin ngiler adalah sala lauak. Apalagi saat dimakan anget-anget, beeeh endeus surendeus. Garing di luar, tapi lembut dan gurih di dalam.

Aroma dan rasa daun kunyit yang samar bikin kita nggak cukup cuma makan satu sala lauak. Ingin tambah lagi, tambah lagi, sampai kenyang deh. Lebih enak lagi kalau dicocol ke kuah sate padang. Mmm, bikin merem melek.

Oh ya, lauak itu artinya ikan. Dalam pembuatan sala lauak memang sering ditambahkan ikan, utamanya ikan asin.

Sala lauak terbuat dari tepung beras. Sekilas proses pembuatannya tampak mudah. Namun, tidak semua orang sukses membuat sala lauak lho. Ada yang bagian dalam sala tidak matang, meski kulit luarnya berwarna kecokelatan.

Ada pula yang melaporkan salanya berlompatan saat digoreng. Waduh! Kekerasan di dapur bisa dilakukan oleh sala rupanya.

3. Gulai Paku

Selanjutnya, makanan khas Padang yang bisa bikin ngiler adalah… Gulai paku. Tunggu, ini bukan sedang aksi kuda lumping makan paku ya. Sebab paku yang dimaksud adalah pakis.

Seperti gulai khas Padang pada umumnya, gulai paku ini memiliki kuah kental. Saat kuahnya diseruput, terasa benar bumbu dan rempah yang berlimpah.

Gulai paku biasanya disajikan bersama ketupat, telur, tahu, dan kerupuk merah. Lamak bana!

Nah, itu dia tiga makanan khas Padang yang membuat saya ngiler. Saya betul-betul ngiler, lho. Soalnya makanan-makanan itu selalu berseliweran saat saya lapar di Padang.

Adakah yang bertanya-tanya ngapain saya di Padang? Jawabannya adalah pulang kampung. Ngomongnya ngapak, tapi pulang kampung ke Padang? Jangan bingung. Kebetulan keluarga besar suami masih ada yang di Padang. Jadilah beberapa kali saat Lebaran kami pulang kampung ke Padang.

Oh ya, di awal tulisan saya menyebut ada pria yang menyodorkan makanan bukan? Ada yang penasaran siapa pria itu? Dia adalah Teuku Wisnu KW alias suami saya, he-he-he. Mungkin dia malu melihat istrinya banjir iler jadi buru-buru kasih makanan.

Mama-mama yang kebetulan nyasar ke sini, boleh banget lho menambahkan makanan khas Padang lainnya yang bikin ngiler. Siapa tahu jadi bekal berharga bagi siapa pun yang akan traveling ke Padang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.