5 Keunggulan Yamaha Fazzio, Cocok untuk Emak-emak Antar Anak Sekolah

Tahun ajaran baru baru saja dimulai. Saatnya “macan ternak” kembali beraksi. Ya, macan ternak alias mama cantik antar anak. Di masa ini, emak-emak kembali berjibaku dengan rutinitas mengantar dan menjemput anak-anak sekolah. Untuk mendukung kenyamanan “tugas negara” ini, butuh kendaraan yang mumpuni. Tak perlu bingung, Yamaha Fazzio bisa jadi pilihan tepat.

Alasannya, Yamaha Fazzio Hybrid-Connected memiliki sejumlah keunggulan. Aneka keunggulan ini tak dimiliki sepeda motor lain di kelasnya. Lihat saja tampilannya. Sangat classy.

Desain yang sporty dan modern sebenarnya membuat Yamaha Fazzio tak hanya cocok untuk kaum perempuan. Mereka yang berjiwa muda dan ingin tampil beda pun klop dengan sepeda motor yang satu ini. Pasalnya, Fazzio digadang-gadang sebagai sepeda motor matic fashionable.

Fazzio bisa jadi wadah ekspresi diri. Ibarat kanvas putih, Fazzio bisa menjadi media bagi penggunanya untuk mengekspresikan keunikan masing-masing. Fazzio dapat dimodifikasi sesuai gaya pemakainya. Bila suka gaya retro maupun cheerful, hal itu bisa banget diekspresikan melalui Fazzio.

Untuk lebih mengenal sepeda motor dari pabrikan berlogo garpu tala ini, berikut sejumlah keunggulan Fazzio Hybrid-Connected.

1. Desain Body Simpel dan Modern

Yamaha Fazzio
Fazzio yang stylish/ Foto dokumen Promedia dan Yamaha

Nama Fazzio merupakan perpaduan dua kata dalam bahasa Inggris dan Italia, yakni fashion dan licio. Artinya fashion yang simpel. Itu makanya kesan simpel, modern, dan praktis sangat terlihat dari desain bodi Yamaha Fazzio.

Penampilannya seperti skuter Eropa klasik. Ditambah shape oval di bodinya, menjadikan sepeda motor Fazzio terkesan stylish dan memancarkan aura retro modern yang kuat. Fazzio pun bisa masuk ke segala jenis fashion penggunanya, dari kasual hingga formal.

Ditambah lagi lampu depan yang berbentuk oval dan sudah LED. Tak hanya menimbulkan kesan modern, tetapi juga menghasilkan cahaya yang lebih terang dan lampu yang lebih awet.

Di bawah lampu depan, terdapat pernak-pernik front tie dengan aksen tiga dimensi yang unik. Kesan modern klasik pun terlihat dari penampilan lampu sein-nya.

Fazzio juga dilengkapi lampu hazard untuk penanda kondisi darurat saat berkendara. Lampu hazard ini ada dua buah dan terpasang di bagian samping sepeda motor.

2. Yamaha Fazzio Menggunakan Teknologi Modern

Teknologi modern Fazzio
Teknologi modern Fazzio/ Foto dari situs Yamaha

Seperti berbagai sepeda motor terbarunya, Yamaha juga menyematkan teknologi modern blue core pada Fazzio. Blue core hybrid membuat Fazzio lebih bertenaga, utamanya lebih terasa ketika berboncengan dan berkendara di jalan menanjak.

Sistem kunci pada Fazzio merupakan remote keyless atau tanpa perlu anak kunci untuk menyalakannya. Fitur Answer Back System juga terdapat pada Fazzio untuk memudahkan pengendara mencari posisi sepeda motor di tempat parkir.

Penyalaan mesin sepeda motor lebih cepat dan mudah berkat keberadaan fitur one push start. Suara saat menstarter sepeda motor pun lebih halus. Seperti bisikan angin sepoi-sepoi.

Sebagai sepeda motor hibrida, Fazzio menggunakan bahan bakar minyak (BBM) dan listrik. Nah, untuk penggerak listrik, Fazzio mengandalkan dorongan tenaga dari Smart Motor Generator (SMG), yang mendapatkan asupan daya listrik langsung dari aki.

Yamaha Fazzio Hybrid-Connected disebut-sebut sebagai sepeda motor hibrida pertama yang dilengkapi teknologi terbaru. Tak heran, banyak yang menyebutnya sebagai sepeda motor idaman.

Teknologi modern Fazzio tersemat pula di speedometernya yang merupakan multi information display. Bukan sekadar kecepatan berkendara saja yang ditampilkan, tapi juga odometer, info trip, jam digital, hingga penampil pesan dan panggilan telepon.

Rahasianya ada pada fitur Y-Connect yang terkoneksi dengan smartphone. Fitur ini juga memungkinkan pengguna mengetahui kondisi sepeda motor secara real time. Misalnya saja kondisi aki, oli mesin, pemberitahuan malfungsi, serta konsumsi bahan bakar melalui handphone.

3. Lebih Ramah Lingkungan dan Hemat BBM

Yamaha Fazzio
Fazio yang irit BBM dan ramah lingkungan/ Foto dokumen Promedia – Yamaha

Teknologi blue core hybrid menjadikan Fazzio lebih ramah lingkungan dan hemat BBM. Pasalnya power assist memadukan tenaga BBM dan tenaga aki di awal akselerasi alias di tiga detik pertama.

“Kenapa hanya di awal akselerasi? Menurut Research And Development (RnD) Yamaha, BBM banyak terhambur saat pertama kali jalan, lalu start, langsung tanjakan. Dengan hybrid ini, akselerasi lebih enteng,” terang Aloysius Adhi Prasetyo dari CCS & Yamaha Institute dalam workshop produk yang digelar Yamaha dan Promedia, 17 Juli 2024.

Aloysius menganalogikan dengan peristiwa penarikan gerobak. Tenaga paling banyak dikeluarkan saat menarik gerobak adalah di waktu awal, di mana gerobak mulanya berada dalam posisi diam. Akan tetapi, jika ada orang lain yang membantu mendorong di awal, maka akan lebih enteng. Begitu pula saat blue core menyala, ada power assist dari listrik yang membantu.

Fazzio juga diperkaya teknologi stop and start system. Hal itu membuat Fazzio otomatis mematikan mesin kendaraan saat sepeda motor sedang berhenti lebih dari 5 detik, misalnya saat sedang di lampu merah atau perlintasan kereta api. Sepeda motor akan start atau menyala kembali saat tuas gas diputar.

Penggunaan BBM bisa dihemat sampai dengan dua persen. Alhasil lebih ramah lingkungan pula, lantaran emisi gas buangnya rendah.

Menurut Aloysius, konsumsi BBM rata-rata Fazzio adalah 71,1 km/liter. Namun, Fazzio juga memiliki catatan terbaik, yakni 102,8 km/liter.

4. Praktis dengan Ruang Penyimpanan Luas

Ruang penyimpanan Fazzio
Ruang penyimpanan di Fazzio yang luas/ Foto dari situs Yamaha

Fazzio menawarkan kepraktisan bagi penggunanya. Hal itu terlihat dari ruang penyimpanan yang luas. Bagasinya mencapai 17,8 liter, sehingga bisa memuat berbagai perlengkapan berkendara. Bahkan bagasi ini bisa digunakan untuk menyimpan helm half face Yamaha Fazzio, lho.

Kepraktisan juga terlihat dari dek kaki yang luas. Bagi perempuan yang menggunakan rok, tentu sangat memudahkan saat berkendara. Pun saat ingin membawa barang, bisa lebih leluasa menaruhnya di bagian dek kaki.

Masih di bagian depan sepeda motor, terdapat spacious lidded untuk menyimpan barang berukuran kecil. Ada pula open pocket yang bisa digunakan untuk menaruh botol minum.

Fazzio juga dilengkapi double hook carabiner, gantungan barang ganda dengan sistem pengunci model carabiner. Gantungan ini semakin memudahkan untuk membawa barang secara aman dan nyaman saat berkendara. Jika masih butuh wadah untuk membawa barang, bisa menggunakan aksesoris outer luggage yang dijual terpisah. Wah, meski membawa banyak barang, tapi tetap tampil stylish dengan Fazzio.

Selain itu, Fazzio didukung electric power socket untuk mengisi daya baterai smartphone pengendara. Jadi, pengendara tidak akan dipusingkan persoalan smartphone yang kehabisan daya. Praktis bukan?

Fazzio memiliki ban lebar tubeless dengan velg 12 inci. Ban semacam ini tidak hanya menunjang tampilan khas skuter retro, tetapi juga tidak cepat kempes dibanding ban biasa.

Bobot sepeda motor yang ringan dan dimensi cukup ramping, membuat pengendara Fazzio lebih lincah saat berkendara. Pun saat menggunakan standar ganda. Biasanya perempuan kesulitan saat menggunakan standar ganda, lantaran sepeda motor yang berat. Nah, dengan Fazzio, kesulitan itu tidak akan dijumpai.

Satu lagi, Yamaha Fazzio memiliki kapasitas tangki bensin yang besar, yaitu 5,1 liter. Dengan kapasitas ini, Fazzio mendukung daya jelajah yang lebih jauh dan tidak perlu terlalu sering mengisi BBM.

5. Harga Yamaha Fazzio yang Kompetitif

Yamaha Fazzio
Aneka warna Yamaha Fazzio/ Foto dari situs Yamaha

Yamaha Fazzio Hybrid-Connected hadir dengan dua tipe, yakni LUX dan NEO. Yamaha Fazzio NEO dengan warna baru saat ini dipasarkan dengan harga Rp22.700.000,00. Sedangkan Yamaha Fazzio LUX dibanderol dengan harga Rp23.350.000,00.

Kedua tipe Yamaha Fazzio ini dapat dibeli di seluruh dealer resmi Yamaha Indonesia. Jika masih penasaran dengan produk ini, bisa mendapatkan informasi lengkapnya di situs resmi Yamaha Indonesia dan Instagram @yamahaindonesia.

Warna Yamaha Fazzio

Berbagai pilihan warna menarik membalut Yamaha Fazzio. Warna-warnanya menyesuaikan karakter penggunanya.

Yamaha Fazzio tipe LUX memiliki tiga varian warna yaitu LUX Prestige Silver, LUX Matte Black, dan LUX White Pearl. Kesan dari warna-warna ini adalah elegan dan modern.

Sedangkan bagi orang-orang berjiwa muda yang aktif dan enerjik, bisa memilih warna-warna kontras yang ditawarkan Yamaha Fazzio tipe NEO. Ada lima warna yang bisa dipilih yakni NEO Mint, NEO Yellow, NEO Dull Blue, NEO Orange, dan NEO Red.

Penutup

Melihat berbagai keunggulan yang dimiliki Yamaha Fazzio, sepertinya banyak orang bakal jatuh cinta pada pemakaian pertama. Apalagi berbagai prestasi ditoreh Fazzio setiap tahun. Misalnya saja Motorcycle Of The Year 2022, Good Design Award 2022, dan Best Low Retro Skutik 2023.

Sederet teknologi modern yang tersemat, membuat Yamaha Fazzio layak menjadi pilihan. Ditambah warna-warna menarik yang membalut bodinya nan simpel tapi elegan, bikin mata enggan berpaling. 

Yamaha Fazzio memang cocok bagi emak-emak untuk antar anak sekolah dan beraktivitas harian. Namun, siapa pun yang berjiwa muda layak pula menjadikan sepeda motor ini sebagai pilihan.

Gimana, sudah menentukan Yamaha Fazzio warna apa yang akan dibawa pulang?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.