Sederet Manfaat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

“I want to go down the slide. This is going to be so much fun!” Ucapan gadis kecil di playground membuat saya mencari asal suara. Wah, anak sekecil itu sudah cas cis cus bahasa Inggris. Hmm, belajar bahasa Inggris di mana dia ya?

Gadis kecil itu sepertinya sedikit lebih tua usianya dari si bungsu, Ariq –yang kini berusia empat tahun. Menurut saya, anak yang menguasai second language, baik bahasa Inggris atau lainnya, itu keren.

Saya pun berniat mendorong si kecil belajar bahasa Inggris. Tentu bukan untuk keren-kerenan, tapi lebih menimbang manfaatnya.

Apalagi bahasa Inggris adalah bahasa internasional. Kemampuan menguasai bahasa Inggris akan membuat anak lebih mudah berkomunikasi dengan warga global.

Sepulang dari playground, saya mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang cara menyenangkan belajar bahasa asing anak. Bahkan saya juga menemukan tempat kursus bahasa asing anak yang menarik dan menyenangkan.

Manfaat Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

manfaat belajar bahasa inggris
Manfaat belajar bahasa asing/ Ilustrasi diolah menggunakan Canva

Ariq tahun ini baru akan masuk sekolah TK A. Sebuah sekolah yang berbasis keagamaan. Nah, di sekolah nantinya anak akan dikenalkan bahasa asing yakni bahasa Arab dan Inggris juga.

Menurut saya, belajar bahasa Inggris sejak dini akan lebih efektif, ketimbang dilakukan saat usia anak lebih besar. Ini karena anak usia dini memiliki kemampuan observasi yang sangat tinggi. Otaknya pun banyak menyerap banyak pengetahuan laksana spons.

Berikut ini beberapa manfaat belajar bahasa Inggris untuk anak.

Meningkatkan Sensitivitas Berbahasa

Belajar bahasa asing, termasuk bahasa Inggris, membuat anak menelaah bunyi yang berbeda dari yang biasa didengar. Indra pendengarannya akan dilatih untuk mendengarkan kata-kata asing dengan baik.

Setelah mendengar, anak akan belajar mengucapkan kosakata baru yang didengar. Ketika anak terbiasa mengucapkan dengan tepat, maka mereka akan fasih dalam pelafalan. Hal ini dapat meningkatkan sensitivitas berbahasa.

Meningkatkan Prestasi Akademik

Mempelajari suatu bahasa membuat anak mahir dalam berekspresi. Ini akan sangat bermanfaat bagi keunggulan akademisnya. Selain itu, berbagai studi menunjukkan belajar bahasa asing sejak dini bisa meningkatkan kemampuan kognitif dan memengaruhi pencapaian di bidang lain.

Anak-anak yang belajar bahasa kedua sejak dini memiliki materi abu-abu di otak yang lebih padat. Materi abu-abu adalah bagian otak yang bertugas memroses informasi, hal ini terkait dengan ingatan, ucapan, dan lainnya.

Anak-anak yang belajar bahasa asing juga cenderung memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik. Tak hanya itu, keterampilan mendengarkannya juga lebih baik.

Hal-hal tersebut dapat membantu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kreativitas anak. Dengan kemampuan akademik yang baik, tentunya bisa turut meningkatkan kepercayaan diri anak.

Memiliki Wawasan yang Lebih Luas

Bahasa Inggris banyak digunakan di banyak negara, berbagai kegiatan, serta aneka bahan bacaan. Kemampuan bahasa Inggris akan membuat anak tidak kesulitan saat berkomunikasi, juga memahami teks dalam bahasa tersebut.

Kemampuan bahasa Inggris yang baik akan membuat anak mudah menyerap berbagai informasi dari situs-situs global. Membaca buku, jurnal, ataupun artikel dalam bahasa Inggris sama sekali bukan masalah. Jadi, ketika bahan bacaan itu digunakan sebagai referensi kegiatan pun anak tidak memiliki kesulitan berarti.

Memahami Teknologi Baru dengan Lebih Mudah

Banyak teknologi baru lahir dari negara-negara yang menggunakan bahasa Inggris. Alhasil, manual book dan informasi-informasi awal juga tersedia dalam bahasa Inggris.

Apabila anak fasih berbahasa Inggris, tentu mudah baginya untuk memahami instruksi suatu teknologi baru. Ketika teknologi baru diluncurkan pun, anak dapat mengerti seperti apa teknologi tersebut.

belajar bahasa inggris
Ilustrasi belajar bahasa asing/ Ilustrasi diolah menggunakan Canva

Mendorong Anak untuk Mencoba Pengalaman Baru

Belajar bahasa Inggris akan membuat anak lebih memahami bahasa tersebut. Anak-anak pun terdorong untuk mencoba pengalaman baru. Misalnya, saat berada di tempat wisata dan bertemu turis mancanegara, mereka tidak segan untuk memulai percakapan.

Anak pun tidak akan malu dan takut saat harus mengikuti kegiatan di luar negeri, utamanya di negara-negara berbahasa Inggris. Apalagi sering ada olimpiade, perlombaan, atau beasiswa di mancanegara.

Selain itu, saat belajar bahasa Inggris, anak juga akan banyak mendapat informasi tentang negara penutur. Hal ini mengajarkan anak-anak untuk bertoleransi dan memahami orang-orang yang berbicara secara berbeda kepada mereka.

Kecakapan berbahasa Inggris akan meningkatkan keterampilan sosial anak. Kemampuan berbicara dengan orang-orang dari budaya berbeda juga akan meningkatkan kepercayaan diri si kecil.

Mempersiapkan Masa Depan

Sebagai bahasa internasional, tentu bahasa Inggris digunakan secara universal. Penguasaan terhadap bahasa Inggris akan membuka peluang pendidikan dan karier yang lebih baik.

Coba deh kita lihat lowongan pekerjaan saat ini. Banyak perusahaan yang mensyaratkan penguasaan bahasa Inggris. Bahkan sekarang ini banyak pula perusahaan asing yang mencari tenaga kerja Indonesia. Otomatis, tenaga kerja yang dibutuhkan pasti yang mampu berbahasa Inggris.

Pun ketika bergerak di sektor wirausaha, perlu kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Kemampuan ini akan sangat diperlukan kala mengenalkan dan memasarkan produk yang dibuat ke level internasional.

Cara Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

belajar bahasa inggris anak
Belajar menggunakan lagu/ Ilustrasi diolah menggunakan Canva

Setelah mengetahui manfaat belajar bahasa Inggris, sekarang kita cari tahu yuk bagaimana cara belajar bahasa yang menyenangkan. Terlebih, pengalaman yang menyenangkan akan membuat anak lebih semangat belajar.

Hasil baca-baca artikel parenting plus pengalaman pribadi, berikut ini beberapa cara menyenangkan belajar bahasa Inggris untuk anak.

1. Melalui Buku

Saat ini ada banyak sekali buku cerita atau buku bergambar bilingual untuk anak. Kita bisa membacakan anak-anak buku tersebut untuk membuat anak familiar dengan kosakata bahasa Inggris.

Setelah selesai membacakan buku, ajak anak mengulang kosakata sambil menunjuk gambar yang ada di buku. Wah, pasti menyenangkan sekali.

2. Bergerak dan Bernyanyi Menggunakan Bahasa Inggris

Cara menyenangkan lainnya adalah dengan mengajak anak bergerak dan menyanyi menggunakan bahasa Inggris. Kita hanya perlu memutar lagu anak dalam bahasa Inggris, lalu ciptakan gerakan untuk mengikuti lagunya.

Kegiatan ini akan membiasakan anak mendengar kosakata dalam bahasa Inggris. Mereka akan lebih cepat menangkap maknanya.

3. Tayangan Edukatif Berbahasa Inggris

Tidak semua tontonan berbahaya bagi si kecil. Ada juga lho tayangan edukatif berbahasa Inggris yang bisa diakses anak-anak.

Dari tayangan tersebut, anak-anak diajak belajar mengenal kosakata bahasa Inggris dengan cara menyenangkan. Namun, jangan lupa untuk mendampingi si kecil saat sedang mengakses tayangan edukatif ini, Ma.

kursus bahasa inggris anak online
Ilustrasi tayangan video edukatif/ Ilustrasi diolah menggunakan Canva

4. Melalui Pengulangan Sambil Bermain

Alah bisa karena biasa. Untuk membiasakan sesuatu, perlu dilakukan pengulangan. Pun ketika belajar bahasa Inggris, harus terus diulang-ulang.

Salah satu cara menyenangkan mengulang pelajaran bahasa Inggris untuk anak adalah sambil bermain. Misalnya saat belajar warna, kita bisa gunakan berbagai media untuk pengulangan. Hari ini belajar warna menggunakan playdough, besok menggunakan pewarna makanan, lusa menggunakan kertas lipat, dan sebagainya.

5. Ikut Kursus Bahasa Inggris Anak

Mengikutkan anak kursus bahasa Inggris juga bisa menjadi pilihan. Anak bisa diajari langsung oleh orang yang berpengalaman, sehingga pasti hasilnya lebih baik.

Saat akan memilih tempat kursus bahasa Inggris anak, kita bisa survei terlebih dahulu. Pastikan di dalam kelas muridnya tidak terlalu banyak, sehingga anak bisa lebih fokus.

Lihat juga cara guru mengajar serta metode belajarnya. Pastikan semuanya sesuai dengan anak, sehingga mereka bersemangat setiap kali belajar bahasa Inggris.

O, ya, sekarang ini ada juga kursus bahasa Inggris anak online. Bisa dicoba juga untuk Mama yang memiliki keterbatasan waktu untuk mengantar anak kursus.

Lalu di mana ya tempat belajar bahasa Inggris untuk anak yang bagus? Saya punya pengalaman yang bisa dijadikan pertimbangan.

Pengalaman Trial Kursus Bahasa Inggris Anak di Cakap Kids Academy

Cakap Kids Academy
Cakap Kids Academy di Daan Mogot, Jakarta Barat

Cakap Kids Academy merupakan program untuk kursus bahasa asing anak, khususnya bahasa Inggris dan Mandarin. Saya tertarik mengikutkan si kecil trial belajar bahasa Inggris di sini karena sebelumnya saya pernah mengikuti salah satu kelas di Cakap.

Trial bisa dilakukan secara online dan offline. Nah, saya dan si kecil memilih untuk mencoba belajar secara offline. Pasalnya, anak tidak sekadar belajar bahasa Inggris saja, tetapi juga bisa mengasah kemampuan motorik kasarnya. Menarik sekali bukan?

Ada dua lokasi kursus bahasa asing anak di Cakap Kids Academy. Pertama, di Gading Serpong. Kedua, di Daan Mogot, Jakarta Barat. Kami memilih lokasi Daan Mogot karena lebih dekat dari rumah.

Ariq termasuk pemalu saat bertemu orang baru dan tempat baru. Jujur, saya agak khawatir dia tidak mau ikut kelas. Ariq sudah saya briefing saat di rumah, tapi rasa waswas tidak seutuhnya hilang.

trial kursus bahasa inggris anak di Cakap Kids Academy
Ariq saat sedang trial/ Foto oleh Nurvita Indarini

Rupanya benar, anak saya malu saat akan masuk kelas. Untungnya, Miss Cita, yang memandu kelas trial sangat bisa mengambil hati anak.

Dengan wajah penuh senyum Miss Cita mengajak Ariq bergerak mengikuti lagu. Ada gerakan seperti pemanasan untuk mencairkan suasana.

Lalu, Ariq diminta duduk dan di hadapannya terdapat berbagai macam gambar binatang. Jadi, tema trial hari itu adalah tentang pets atau binatang peliharaan.

“What is it?” tanya Miss Cita sambil menunjuk gambar kucing.

“Kucing,” jawab anak saya menggunakan bahasa Indonesia.

Miss Cita lalu membimbing anak saya untuk mengucapkannya dalam bahasa Inggris. “It’s” ucap Miss Cita sambil memegang kepala.

“A,” lanjutnya sembari memegang bahu.

“Cat,” imbuhnya sambil menepukkan kedua tangan.

Anak saya mengikuti yang dicontohkan Miss Cita. Meski belum terlalu lancar, tapi menurut saya lumayan juga buat pemula. Ketika Miss Cita bertanya, “Where is the dog?” anak saya langsung menepuk gambar anjing. Yeay! Good job!

playground di Cakap Kids Academy
Situasi di playground/ Foto oleh Nurvita Indarini

Seusai kelas percobaan, kami menuju ke area gymnastics. Ada beberapa mainan dalam sebuah ruangan yang cukup besar untuk memfasilitasi anak mengasah motorik kasarnya. Saat kami ke sana, kebetulan kelasnya sudah selesai, dan anak-anak tengah bermain bebas.

Hmm, motorik kasar memang bisa mendukung kognitif anak sih. Menurut saya, terobosan yang dilakukan Cakap Kids Academy sangat tepat, sehingga anak semakin termotivasi untuk belajar.

Sekilas tentang Cakap Kids Academy

metode Cakap Kids Academy
Metode belajar di Kids Academy/ Ilustrasi diambil dari Cakap Kids Academy

Cakap Kids Academy menggunakan metode belajar EXPERT. Ini adalah singkatan dari:

Explore

Explorasi target bahasa baru dibimbing langsung oleh guru berpengalaman.

Practice

Latihan dan sesi praktik bersama guru dan teman-teman lainnya.

Certify

Ujian akhir untuk mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan level.

Pembelajaran bisa dilakukan secara online dan offline. Apa saja bedanya?

Kursus Bahasa Inggris Anak Online di Cakap Kids Academy

kursus bahasa inggris anak online
Ilustrasi belajar bahasa Inggris online/ Foto dari situs Cakap Kids Academy

Di kelas online, anak akan mengikuti kursus bahasa Inggris dengan kurikulum Cambridge atau Cakap yang dirancang khusus dan komprehensif. Sebelum mengikuti sesi belajar, akan ada tes penempatan melalui kelas virtual terlebih dahulu.

Kursus bahasa Inggris anak online ini sangat interaktif. Tak hanya itu, si kecil juga akan mendapat pendampingan mengerjakan tugas sekolah. Tutor akan memberikan laporan secara komprehensif, sehingga orang tua bisa memantau perkembangan belajar anaknya.

Menariknya lagi, ada jaminan fasih lho. Jadi, jika kemampuan bahasa asing si kecil tidak meningkat setelah menyelesaikan kursusnya, maka akan diberikan tiga bulan kelas gratis.

Di samping itu, kita bisa memilih tutor yang diinginkan. Bahkan bisa pula menetapkan jadwal yang cocok dengan si kecil.

Enaknya lagi, kursus bisa diakses melalui situs dan aplikasi Cakap, di iOS dan Android. Bahkan bisa juga belajar di website-nya. Belajar bisa kapan pun dan di mana pun.

Kursus Bahasa Inggris Anak Offline di Cakap Kids Academy

kursus bahasa inggris anak
Ariq yang sedang trial bahasa Inggris/ Foto oleh Nurvita Indarini

Di Cakap Kids Academy offline, anak usia 4-12 tahun bisa belajar bahasa Inggris, sekaligus melatih kemampuan kognitif, motorik, dan sensoriknya. Pembelajarannya meliputi soft skill hingga hard skill.

Anak tidak hanya mengikuti kelas bahasa, tetapi juga kelas tematik. Di sini, anak bisa mengasah kreativitasnya, sekaligus melatih kemampuan bahasa Inggris melalui kegiatan seni dan kerajinan tangan.

Cakap Kids Academy offline mengadaptasi fun learning, sehingga kegiatan belajar terasa lebih menyenangkan. Apalagi keberadaan fasilitas playground untuk kegiatan gymnastics, bikin semakin semangat.

Seperti kelas online, di kelas offline ini juga ada sesi konsultasi untuk membantu si Kecil mengerjakan tugas bahasa Inggris dari sekolah. Wah, anak bakalan terbantu banget nih.

Penutup

Cakap Kids Academy
Alasan kursus bahasa asing di Cakap Kids Academy/ Infografis dari Cakap Kids Academy

Kemampuan berbahasa asing, salah satunya berbahasa Inggris, menjadi kemampuan yang semakin penting untuk menyiapkan masa depan anak. Cara-cara belajar yang menarik dan memotivasi akan terus dicari agar proses belajar berlangsung secara efektif dan efisien.

Tempat kursus bahasa asing anak yang bisa jadi pilihan yakni Cakap Kids Academy. Anak saya seusai mengikuti kelas trial bahasa Inggris di Cakap Kids Academy saja senangnya bukan main.

“Mau belajar English di sana, soalnya miss-nya lucu, bisa main di playground,” komentar anak saya dalam perjalanan pulang dari Cakap Kids Academy Daan Mogot.

Kabar yang lebih menyenangkan lagi, Cakap Kids Academy akan hadir di delapan lokasi area Jabodetabek. Hore! Semoga ada yang lebih dekat dengan rumah kami di Jakarta Selatan.

Mama yang sedang mencari tempat kursus bahasa Inggris anak online atau pun offline, bisa nih coba placement test dan trial di Cakap Kids Academy. Kebetulan, saya ada kode referal yang bisa Mama gunakan. Ini kodenya: NURCKPSZXFZON

Cakap Kids Academy

Jika Mama menggunakan kode referal tersebut, akan mendapatkan diskon 15 persen untuk pembelian paket private premium di Cakap. Lumayan ‘kan? Yuk, segera daftar kursus bahasa Inggris anak online atau pun offline di Cakap Kids Academy dan gunakan kode referalnya!

Referensi

smpnegeri2medangderas.sch.id. “6 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Inggris”, https://smpnegeri2medangderas.sch.id/informasi/detail/berita/6-alasan-pentingnya-belajar-bahasa-inggris#:~:text=Alasan%20pentingnya%20belajar%20bahasa%20Inggris%20berikutnya%20adalah%20peningkatan%20karir.,karirmu%20bisa%20menjadi%20lebih%20cemerlang., diakses pada 12 Juni 2024.

blog.cakap.com. “Cakap X Kiddo; Mengulik Pentingnya Belajar Bahasa Inggris untuk Anak di Masa Emas, Wonderful 3 Years!”, https://blog.cakap.com/pentingnya-belajar-bahasa-inggris-bagi-anak/, diakses pada 12 Juni 2024.

lomba blog cakap
25 Comments
  1. Nurul Mutiara R A says

    Jadi ingat salah satu gamer yang bilang bahwa mereka terbiasa belajar bahasa Inggris via game. Dari sini bisa tahu kalau belajar Bahasa Inggris memang harus pakai cara2 atraktif dan kreatif

  2. tukang jalan jajan says

    Belajar bahasa Inggris dapat membantu meningkatkan kemampuan kognitif anak, seperti memori, konsentrasi, dan kemampuan pemecahan masalah. Hal ini karena saat belajar bahasa Inggris, anak harus memproses informasi baru, mempelajari kosakata dan tata bahasa yang berbeda, dan berlatih menggunakan bahasa tersebut dalam berbagai situasi.

  3. Bambang Irwanto says

    Anak sekarang memang harus dipersiapkan kemampuan Bahasa Inggrisnya sejak dini. Apalagi sekarang abnyak kelas-kelas anak. Metode yang digunakan juga disesuaikan dengan anak-anak. Karena nantinya, Bahasa Inggris akan jadi modal plus saat mencari pekerjaan kelak.

  4. Yuni Bint Saniro says

    Belajar bahasa asing sejak dini emang lebih mudah. Anak-anak memiliki daya ingat yang lebih tinggi.

    Selain itu, mereka masih waktunya explore untuk menambah semacam bank data gitu.

    Jadi, bahasa asing bisa jadi semacam informasi awal gitu nggak sih.

  5. lendyagassi says

    Anak-anak genz sama gen alpha ini memang cepet banget memahami bahasa asing.
    Alhamdulillah, mungkin karena zaman sekarang banyak tayangan dan media menggunakan bahasa asing, jadi minimal, kalau belum bisa berbicara aktif, mereka uda paham maksudnya.

    Apalagi ditekuni dengan mengambil kursus di Cakap Kids Academy.
    Akan lebih terarah dengan kurikulum pembelajaran.

  6. Kyndaerim says

    Hi, Mamanesia!

    Seneng banget Ariq bisa ikut trial Belajar Bahasa Inggris di Cakap Kids Academy. Memang kalo mau dapet manfaat yg baik, better ajarin anak² belajar bahasa Inggris sejak kecil yah.

  7. Fenni Bungsu says

    Udah hadir di Jabodetabek jadi memudahkan para orangtua untuk membawa anaknya belajar bahasa Inggris di sana. Karena pastinya bahasa Inggris punya manfaat yang bagus buat masa depan

  8. Yustrini says

    Saya pun takjub ketika tahu ponakanku yang masih kecil bisa dengan santainya mengobrol dengan turis asing pakai bahasa Inggris. Udah pasif banget. Memang kalo dari kecil diajari bahasa asing, cepet banget nyerapnya.

  9. Ada Resensi says

    Kalo metode belajarnya seasik ini dan gurunya juga sabar dan ramah, anak-anak pasti seneng belajar bahasa Inggris.

  10. Ria says

    Keren banget metode kursus offlinenya. Kalau seperti ini anak akan belajar dengan menyenangkan, tidak akan merasa terpaksa.

  11. Okti Li says

    Belajar sambil bermain, sepertinya cocok banget jadi salah satu langkah yg diambil kita untuk mengajarkan anak belajar bahasa asing.
    Pengalaman saya waktu kerja di Hong Kong, anaknya kan bahasa Kantonis, sementara ibunya ingin saya mengajarkan dia bahasa inggris walau dasar.
    Akhirnya kalau naik turun tangga itu sambil saya ajarkan hitungan one, two, three gitu sampai Ten. Alhamdulillah anaknya bisa nangkap. Hingga bersamaan masuk sekolah ia langsung masuk les bahasa asing juga

  12. Anggita says

    Bagus ya metode di Cakap Academy ini untuk berbahasa Inggris. Jadi melibatkan milestone anak di setiap usia

  13. bening says

    membelajarkan anak bahasa asing enggak cukup hanya di sekolah saja ya ternyata. peran orang tua untuk menciptakan lingkungan belajar bahasa asing yang mendukung juga penting dilakukan

  14. Alfida Husna says

    Setuju mbaaak lebih efektif mengajarkan bahasa inggris ketika anak masih kecil, anak mudah menyerap pembelajaran. Kalau sudah besar udah banyak pengaruhnya, jadi agak susah kalau mau belajar bahasa inggris. Anakku 3 tahun juga sudah mulai aku ajarkan bahasa inggris sederhana seperti macam-macam warna dalam bahasa inggris. Dan dia ingat terus lohhhh. Cakap Academy semoga ada di Karawang yaa biar anakku juga seru belajarnya nih kalau ada Playground nya.

  15. Atiq says

    Wah sekarang, bahasa inggris udh kaya bahasa kedua yg kudu bisa kalo mau maju

  16. Eri+Udiyawati says

    Bahasa Inggris memang sepantasnya diajarkan ke anak sejak dini. Biar anak juga mudah untuk memahani dan mengingatnya. Selain itu, Bahasa Inggris menjasi bahasa internasional yg penting.

  17. Nurul Fitri Fatkhani says

    Anak-anak memang harus bisa menguasai bahasa Inggris karena menyesuaikan kondisi globalisasi seperti sekarang. Dengan metode di Cakap Academy, anak akan belajar Bahasa Inggris dengan cara menyenangkan ya.

  18. Allaely Hardhiani says

    Zaman sekarang kyaknya emang perlu banget sih buat belajar bahasa Inggris krn bahasa Inggris jd bahasa internasional. Pasti bakal membantu anak dalam pendidikan ke depannya. Dan belajar sedari kecil akan membantu anak lebih cepat menguasainya.

  19. Yusriah says

    waah anak sulungku mulai ada ketertarikan belajar bahasa inggris nih mba, kadang kalau ada kata aneh dia suka tanya, mi ini bahasa inggris ya? apa dimasukkan ke cakap aja ya?

  20. Müzeyyen says

    Bahasa inggris sebagai bahasa Internasional memang sangat penting dipelajari apalagi untuk anak-anak kita. Sebaiknya sich usia paling bagus untuk anak belajar bahasa inggris saat di gold age nya mereka. Jadi anak gampang menyerap ilmu yang diaampaikan.

  21. Müzeyyen says

    Bahasa inggris sebagai bahasa Internasional memang sangat penting dipelajari apalagi untuk anak-anak kita. Sebaiknya sich usia paling bagus untuk anak belajar bahasa inggris saat di gold age nya mereka.

  22. Diaz Bela says

    Anakku termasuk yang minta untuk les bahasa inggris, walau masih TK dan masih terkesan main-main, namun kegiatan ini menjadi kebiasaan yang menyenangkan buat dia karena dia suka 🙂

  23. Didik Purwanto says

    Demi masa depan anak, aku jg udh ngajarin bhs Inggris sederhana ke si kecil. Jd selalu ngasih tahu bhs Inggrisnya apa, Jawa-nya apa trs Inggrisnya apa. Aku sih lgsg praktek misal ke kebun binatang. Ntr nunjukin nama binatangnya dgn 3 jenis bahasa itu.

    Aku coba ah kursus bahasa Inggris di Cakap Kids Academy ini. Siapa tahu english-nya makin casciscus.

  24. Kang Ugi says

    Saya juga senang banget kalau lihat anak kecil sudah bisa menguasai bahasa asing. Benar-benar membuat diri ini takjub akan kemampuannya

  25. Retno+Kusuma+Wardani says

    wah kelas onlinenya menarik ya, anak mendapat kelas tambahan tiga bulan gratis jika belum benar-benar fasihh. Memang kemampuan berbahasa anak itu berbeda-beda ya, senang rasanya Cakap memahaminya..

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.