Alasan Harus Rutin Membersihkan Kulkas dan Cara Mudah Melakukannya

Kulkas pasangan selebriti Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar baru-baru ini jadi sasaran komentar netizen. Kata netizen, kulkas Teuku Wisnu kotor. Hmm, auto ngecek kulkas sendiri jadinya. Apa diri ini sudah rutin membersihkan kulkas?

Jujur, kadang kulkas di rumah memang kotor. Rasa-rasanya baru saja dibersihkan, eh nggak lama kotor lagi. Ada sisa makanan ringan yang disimpan. Belum lagi gelas-gelas berisi minuman. Fiuh!

Kadang saya nggak bisa menahan diri untuk ngomel melihat kulkas yang berantakan dan kotor. “Taqi, Ariq, ini siapa yang menaruh gelas kosong di kulkas? Makanan tinggal sedikit habiskan saja, jangan menuh-menuhin kulkas. Kotor banget ini.”

Kulkas di rumah, meski dua pintu, tapi ukurannya kecil. Jadi kalau semua masuk ya pasti bakal penuh dan berdesak-desakan. Eh, tapi ini bukan alasan juga kulkas besar bisa dimasuki benda apa pun, sehingga kesannya berantakan dan jorok.

Alasan Harus Rutin Membersihkan Kulkas

membersihkan kulkas
Ilustrasi membersihkan kulkas/ Foto dari Canva

Kenapa sih kita harus rutin membersihkan kulkas? Kalau menurut saya sih sama alasannya kenapa kita harus rutin mandi dan menggosok gigi.

Sebenarnya, hal-hal yang kotor pasti akan lebih banyak mudaratnya, termasuk kulkas kotor. Nah, Mama, berikut ini beberapa alasan kenapa kita harus rutin membersihkan kulkas.

1. Membersihkan Kulkas agar Sekeluarga Tidak Sakit

Ilustrasi kulkas kotor
Ilustrasi kulkas kotor/ Foto dari Canva

Beberapa penelitian menunjukkan penyakit yang disebabkan oleh makanan sering kali disebabkan oleh kulkas kotor. Kenapa? Karena kulkas kotor bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri berbahaya seperti salmonella, E. coli, dan listeria.

Ketika kuman berkembang biak di kulkas, maka bisa menyebabkan berbagai penyakit, misalnya keracunan makanan. Jadi, Ma, kalau kita punya kecenderungan menumpuk bahan makanan tanpa dihabiskan di kulkas, bisa mengundang kuman.

Termasuk pula jika di dalam kulkas terdapat sayur dan buah yang membusuk. Wah, kuman merasa diundang untuk datang dan berkembang biak di dalam kulkas kita.

Pun jika ada kuah makanan atau saus yang tumpah di kulkas dan tidak segera dibersihkan. Dengan senang hati kuman akan datang dan merasa kulkas itu adalah rumahnya sendiri. Hii!

2. Mencegah Kulkas Berbau Tidak Sedap

Kulkas yang jarang dibersihkan akan menimbulkan bau tidak sedap. Bisa jadi ada makanan busuk dan kedaluwarsa, sehingga menimbulkan berbagai aroma bercampur menjadi satu. Aroma-aroma itu akan berkolaborasi menimbulkan bau tidak sedap.

Yuk, Ma, kita ingat-ingat untuk tidak menjadikan kulkas sebagai “tempat sampah”, lantaran keberadaan makanan tidak layak yang masih bersemayam.

3. Agar Tidak Berdampak pada Rasa Makanan

ilustrasi kulkas bau
Ilustrasi kulkas berbau tidak sedap/ Foto dari Canva

Kulkas yang kotor bisa memengaruhi rasa dan aroma makanan yang disimpan di dalamnya. Jadi, memasukkan segala makanan ke kulkas sangat tidak disarankan.

Bau makanan dipanggang, kuah masakan, serta bau minyak, belum lagi ditambah makanan berjamur akan menimbulkan aroma tidak sedap. Nah, aroma tersebut bisa mengontaminasi makanan lainnya.

Sah-sah saja menyimpan makanan di kulkas. Namun, sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup terlebih dahulu. Selain itu, jangan menyimpan makanan terlalu lama untuk menghindari risiko busuk dan kedaluwarsa.

4. Membersihkan Kulkas untuk Efisiensi Energi

Kulkas yang kotor biasanya berantakan dan terlalu penuh. Bila kulkas kepenuhan, bisa menyebabkan penurunan efisiensi energi. Selain itu akan mengakibatkan aliran udara yang buruk di kulkas.

Cara Mudah Membersihkan Kulkas

membersihkan kulkas
Ilustrasi membersihkan kulkas/ Foto dari Canva

Sebenarnya membersihkan kulkas bukan pekerjaan sulit. Hanya saja, terkadang kita punya 1001 alasan untuk tidak melakukannya.

Berikut ini cara mudah membersihkan kulkas. Yuk, dicoba!

1. Cek Stok Makanan dan Buang yang Tidak Layak

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan langkah pertama untuk membersihkan kulkas adalah dengan menginspeksi isi kulkas. Caranya adalah dengan mengeluarkan seluruh isi kulkas.

Saat mengeluarkan stok makanan, sembari dicek kondisi makanannya. Jika sudah tidak layak, tempatkan dalam satu kantong sampah. Sedangkan yang masih layak disimpan sementara di nampan atau baskom.

2. Keluarkan Bagian-bagian Kulkas

Keluarkan rak, laci, dan bagian lain kulkas yang dapat dilepas. Selanjutnya, bersihkan bagian dalam kulkas dan bagian-bagian kulkas yang sudah dilepas dengan campuran sabun dan air panas.

Jangan lupa, bilas setelah dibersihkan menggunakan sabun. Kemudian keringkan menggunakan lap bersih.

O, ya, lakukan pembersihan ini dari bagian atas kulkas terlebih dahulu. Dengan begitu, air kotor yang mengalir atau menetes tidak akan mengotori bagian yang sudah bersih.

3. Lakukan Pembersihan Menyeluruh Sesuai Kebutuhan

membersihkan pintu kulkas
Membersihkan pintu kulkas/ Foto dari Canva

Pembersihan menyeluruh dapat menghilangkan kotoran di kulkas yang membandel. Caranya, bisa menggunakan larutan campuran pemutih dan air. Gunakan kain lembut untuk membersihkan semua bagian kulkas.

Sebaiknya gunakan pemutih yang tidak mengandung amonia, agar tidak menimbulkan reaksi kimia yang berbahaya. Bisa juga dengan menggunakan larutan air dicampur cuka putih.

Selain membersihkan jejak rak dan laci di kulkas, pastikan juga membersihkan karet segel di sekitar pintu. Gunakan sikat gigi bekas untuk menggosok lemari es hingga bersih.

Segel karet di sekitar kulkas biasanya menjadi tempat bersembunyi partikel makanan, aneka kotoran, bahkan jamur. Dengan membersihkan secara teratur, kulkas akan tetap tertutup rapat dan dalam kondisi baik.

Untuk menghilangkan larutan pembersih di permukaan interior kulkas, Mama bisa menggunakan spons basah. Setelah selesai semua, jangan lupa dilap menggunakan kain bersih hingga kering. Lanjut deh dengan memasang kembali rak dan laci kulkas.

4. Membersihkan Freezer

Area freezer –untuk kulkas dua pintu– sebenarnya tidak perlu sering-sering dibersihkan. Membersihkannya sekali dalam setahun saja sudah cukup. Beda dengan kulkas satu pintu, kita perlu mencairkan bunga es secara teratur untuk membantu freezer berfungsi lebih baik.

Saat akan membersihkan freezer, keluarkan dulu semua barang yang ada di dalamnya. Untuk bahan-bahan makanan yang butuh pendinginan baik, simpan sementara di kotak pendingin dan lengkapilah dengan dry ice atau es batu.

Selanjutnya, cabut steker kulkas selama beberapa jam agar freezer mencapai suhu ruang. Biasanya di dasar freezer terdapat lapisan es yang akan mencair dan menetes. Jadi, pastikan meletakkan kain lap atau handuk kering di atasnya. Taruh pula keset di bawah pintu kulkas.

Setelah lapisan es di freezer mencair, bersihkan dengan proses yang sama saat membersihkan bagian dalam kulkas. Setelah semua bersih dan kering, pasang kembali steker kulkas dan atur bahan makanan dengan rapi.

5. Bersihkan Bagian Luar Kulkas

memberishkan pintu kulkas
Membersihkan eksterior kulkas/ Foto dari Canva

Tak hanya bagian dalam, bagian luar kulkas juga perlu dibersihkan. Kita bisa menggunakan cairan yang sama untuk membersihkan kulkas bagian dalam.

Tumpahan makanan atau minuman, noda, atau bekas sidik jari harus kita singkirkan dari bagian luar kulkas. Demikian pula dengan bagian pegangan kulkas, jangan lupa untuk dibersihkan. Meski tampak sepele, tapi bisa jadi tempat bakteri menumpuk.

Jangan lupa juga membersihkan bagian atas kulkas ya, Ma. Sering kali di bagian itu banyak sekali debu-debunya.

Kapan Sebaiknya Membersihkan Kulkas?

Ilustrasi kulkas rapi/ Foto dari Canva

Para ahli menyarankan pembersihan dua minggu sekali bisa menjaga kebersihan kulkas. Namun, idealnya, sebelum berbelanja, bersihkan dulu rak dan kompartemen kulkas. Jadi, usai belanja bisa langsung menatanya di kulkas yang bersih.

Peter Hansen, pakar industri perhotelan mengingatkan hanya karena kulkas tidak berbau, bukan berarti tidak perlu dibersihkan. “Kesalahpahaman ini dapat menyebabkan terabaikannya tempat berkembangnya bakteri dan jamur, sehingga mempengaruhi kualitas dan keamanan pangan,”  kata Hansen, dikutip dari tomsguide.com.

O, ya, selain membuang makanan kedaluwarsa atau busuk, penting juga untuk mengelompokkan barang-barang serupa. Dengan begitu, isi kulkas lebih rapi dan teratur.

Menjaga isi kulkas tetap teratur akan membuat pembersihan lebih mudah. Selain itu, bisa meningkatkan sirkulasi udara dan efisiensi kulkas.

Penutup

Ketimbang julidin kulkas Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar, lebih baik kita cek kulkas masing-masing, Ma. Gimana, apakah dalam keadaan bersih dan teratur atau kotor?

Jika dalam keadaan kotor, yuk luangkan waktu untuk membersihkannya. Saat melihat kulkas bersih, perasaan kita juga bisa jadi lebih baik lho. Jika tidak percaya, coba deh Mama praktikkan.

Bicara soal kulkas, saya punya sedikit cerita, nih. Cerita tentang kulkas lama yang diganti kulkas baru oleh Allah.

Di rumah Mama, biasanya kapan biasanya membersihkan kulkas?

Referensi

cdc.gov. “5 Steps to Clean Your Refrigerator,” https://www.cdc.gov/foodsafety/pdfs/5-steps-to-clean-your-refrigerator.pdf, diakses pada 10 Juni 2024.

bonappetit.com. “How to Clean Your Fridge Without Ruining All Your Food,” https://www.bonappetit.com/story/how-to-clean-fridge, diakses pada 10 Juni 2024.

tomsguide.com. “How often should you clean your refrigerator?” Here’s what the experts say, https://www.tomsguide.com/how-to/how-often-should-you-clean-your-refrigerator-heres-what-the-experts-say, diakses pada 10 Juni 2024.

29 Comments
  1. Fenni Bungsu says

    Kebersihan kulkas memang perlu diperhatikan ya. Apalagi kan kulkas menjadi tempat menyimpan berbagai bahan makanan dan ada makanan/minuman juga yang bisa disimpan di kulkas

  2. Diaz Bela says

    Semenjak ada cairan pencuci kulkas, aku selalu rutin cuci lap kulkas! Kalau dulu rasanya malas sekali karena nggak cukup di lap saja, harus bongkar dan cuci manual di air mengalir hihi

  3. Hani says

    Bagian pintu & karet pintu tuh yang sering kotor. Baru tahu loh ada cairan pencuci kulkas.
    Cek-cek ah. Jujur suka ada makanan sisa yang udah kelamaan.
    Makasih remindernya Kak…

  4. Wiwin Pratiwanggini says

    Penting sekali memperhatikan kebersihan kulkas. Suka gemes kalau ada yang naruh sembarang makanan atau minuman di kulkas. Karena toh tidak semua bisa disimpan di kulkas ya

  5. Avizena Zen says

    Ternyata bersihkan kulkas cukup 2 Minggu sekali ya. Tapi emang penting banget bersihkan kulkas itu biar awet juga plus tetap higienis
    .

  6. Ria says

    Bener banget ini, sebelum julitin orang harusnya cek diri sendiri dulu. Saya waktu liat kulkas wisnu shireen malah jadi ngerasa mereka ternyata sama aja kayak kita kita ini, gak kepikir julid kayak netizen.

  7. Bambang Irwanto says

    Benar ini, sebelum julid pada kondisi kulkas orang lain, cek dulu kulkas sendiri. Bisa saja lebih kotor dan jorok hahaha. Dan memang harus dicek secara berkala dan dibersihkan. Karena kadang kita lupa menyimpan makanan apa. Tau-tau sudah mengeluarkan aroma tak sedap.

  8. Hendra Suhendra says

    Netizen +62 sangat pandai berkomentar, hahahaha.. sampe kulkas artis aja dikomentarin. Kulkas emak saya noh, kotor sangat, isinya makanan sisa kabeh, wkwkwkwk, mesti rutin dibersihkan. Jadi ngeri nih mesti rajin-rajin dibersihkan, biar nggak ada bakteri. Terima kasih infonya yang sangat bermanfaat ini ya. Kalo nggak baca artikel keren ini, saya nggak bakal tau infonya…..

  9. tukang jalan jajan says

    Membersihkan kulkas secara rutin penting untuk menjaga kesehatan, kesegaran makanan, menghemat energi, dan menjaga estetika dapur.
    Makanan yang disimpan di kulkas yang kotor lebih cepat basi dan berjamur. Membersihkan kulkas dapat membantu menjaga kesegaran makanan dan memperpanjang umur simpannya.

  10. firsty molyndi says

    klo mama molly tiap sebulan sekali pasti bersihin kulkas. apalagi pas menjelang lebaran. biar gak bau katanya dan bersih juga pas dibuka.

  11. Yuni Bint Saniro says

    Imbas berita viralnya Teuku Wisnu dan Shireen ya. Kulkas oh kulkas.

    Emang rada ada malas-malasnya sih aku buat bersihin kulkas. Jadi malu. Hehehe…

  12. Putu Felisia says

    Wah gercep nih mbaknya. Kalau Teuku Wisnu-Shireen Sungkar itu sih kampanye iklan ya …

  13. Kyndaerim says

    Tim kulkas satu pintu, nih, hehe.. Pokoknya, kalo freezer es udah nambah 5 centi aja, auto siapin ember deh buat bersihin. Apalagi, kalo mau pergi lama, harus bebersih deh tu. Aku juga suka ngomel kalo ada apa-apa yg kosong dikulkas, biar apa gitu loh, wkwk.

    Enw, aku juga sempet tau tuh beritanya Wisnu dan Shireen. Netijen memang jeli banget dah ah, haha..

  14. Dian says

    Setuju
    Aku juga rutin bersihin kulkas
    Biasanya aku bersihin dua minggu sekali sih

  15. Alfida Husna says

    “Wahh kak percis suamiku, suka bilang “Habis-habiskan ini makanan, emang kulkas tempat penampungan apa?” wkwkwk. Aku sih suka bersihin sebulan sekali. Ternyata kulkas yang kotor mengundang kuman ya kak. Dikira baik-baik aja karena suhunya yang dingin, padahal nnggak gitu konsepnya. Daipada julid sama kulkas artis yang isinya penuh, hehe mending bersihin kulkas sendiri aja ya.

  16. lendyagassi says

    Alhamdulillah yaa.. dari tragedi kulkas, malah dapat keberuntungan.
    Ini juga menjdi reminder untuk kita semua kalau menjaga kebersihan bukan hanya badan, tapi juga bahan makanan yang nantinya kita konsumsi. Aku sebenernya bersihin kulkas gak rutin 2 minggu sekali. HUhuhu..
    Tapi memang kalau gak bau dan masih bersih, gak ada tumpahan makanan apapun, aku gak pernah aware buat bersihin.

    Haturnuhun sudah berbagi tips membersihkan kulkas kepada pembaca.

  17. Sabrina says

    sepakat banget kulkas itu wajib banget untuk rutin dibersihkan agar tidak bau selain itu pastinya alasan kebersihan dan kesehatan, dan tips di atas pastinya bermanfaat sekali bagi teman-teman yang mungkin jarang membersihkan kulkas

  18. Didik Purwanto says

    Ini kebiasaan buruk emakku sih yg selalu meletakkan makanan/minuman hingga beberapa hari di kulkas. Nte kalo udh bau, kita serumah yg kena omel gara2 kulkasnya bau dan ga ada yg bersihin. Wkwk.

    Ya kita kan ga mau buang makanan/minuman di kulkas. Takutnya itu milik adek/ipar yg msh serumah.

    Ternyata mudah ya utk membersihkan kulkas ini. Cuman kita aja yg ga rajin. Padahal bgs bgt ya kak efek membersihkan kulkas secara rutin ini.

  19. Nurul Mutiara R.A says

    Kulkas itu kadang nano-nano banget aromanya. Masukin buah atau makanan yang ‘agak bau’ dikit, eh kulkas keseluruhan jadi bau benda itu. Akhirnya, kudu dibersihin banget2 haha

  20. Yonal Regen says

    Untuk menerapkan pola hidup sehat memang salah satu syaratnya harus bisa menjaga kebersihan dalam hal apapun, termasuk kulkas kita, apalagi kulkas kan isinya bahan-bahan makanan yang akan kita konsumsi, memang harus banget sih dijaga kebersihannya

  21. Luluk+Sobari says

    Yap. Kulkas sebaiknya bersih, soalnya banyak banget kan bahan makanan di dalamnya. Kulkas yang kotor bisa jadi sumber penyakit.

  22. Akarui Cha says

    Paling gampang memang membersihkan kulkas kalau isi di dalamnya sudah berkurang banyak. Jadi memang waktu idealnya untuk sekadar dicuci dan dilap bagian dalamnya itu ya sebelum belanja sih. Jadi nggak lupa juga sama sisa stok bahan makanan apa saja yang masih tersisa. Anggap saja sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui ya.

  23. Filza Halwa says

    Apapun yang berkaitan dengan makanan tuh rentan banget kotor, termasuk kulkas. Harus rajin-rajin dibersihkan.

  24. Müzeyyen says

    Kalo aku biasanya aku lepas semua, terus aku cuci. Bener tapi kulkas yang ngga dibersihkan, akan membuat banyak energi yang diperlukan untuk proses agar suhu dingin di kulkas ini tetap stabil

  25. Eka Fitriani larasati says

    Aku sih rutin bersihin kulkas seminggu sekali, gak nyaman rasanya liat kulkas berantakan, hahaha. Apalagi kalo kulkas rapi gitu, enak liatnya dan stok barang keliatan

  26. Gemaulani says

    Beneran ampun deh netizen Indonesia, kulkas Shiren sama Teuku Wisnu aja dijulidin kotor. Padahal emang kulkas tuh gampang banget kotor. Punyaku di rumah juga gitu huhu. aku biasanya tim bersihin kulkas setelah belanja mingguan kak

  27. Dyah+Kusuma says

    Betul banget, kulkas harus sering dibersihkan, kadang tuh tumpahan ga kelihatan kalau dibiarkan jadi jamur

  28. Irra Octaviany says

    Kulkas tuh emang harus sering dibersihkan karena menyangkut dengan makanan kita sehari-hari, biar terhindar dari kuman dan juga bakteri.

  29. Anggita says

    Pernah ngalamin kalo kulkas ngga dibersihkan bisa menyebabkan bau kulkas dan makanan malah bisa terkontaminasi bakteri

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.