Tips Memilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor, Tak Khawatir Dicurangi Lagi

Duh! Mentang-mentang emak-emak yang bawa sepeda motor ke bengkel, jadinya dicurangi. Ini adalah pengalaman paling mengesalkan saat membawa sepeda motor ke bengkel. Hmm, sebaiknya memang harus servis ke bengkel terbaik untuk sepeda motor. Jika tidak, gondoknya nggak ketulungan.

Begini nih cerita mengesalkan tersebut. Suatu kali saya membawa si merah, sepeda motor kami, ke bengkel yang lokasinya tidak jauh dari rumah. Saya berinisiatif ke bengkel untuk ganti oli.

Kata abang bengkelnya, karena sepeda motor lama tidak diservis, maka ada beberapa suku cadang yang harus diganti. Katanya, ada yang sudah usang, juga ada yang sudah aus. Ban sepeda motor juga katanya harus diganti. Padahal menurut saya bannya belum botak deh.

“Bannya kayaknya masih bagus ini, Bang. Belum lama juga kok gantinya,” protes saya.

“Ya saya sih terserah Ibu saja. Saya bicara apa adanya dan demi keselamatan,” jawab abangnya yang bikin saya ketar-ketir.

Saya akhirnya setuju dengan berbagai penggantian tersebut. Mengingat abangnya butuh waktu cukup lama untuk menservis sepeda motor itu, saya pun meninggalkannya.

Singkat cerita, sehari setelah saya ambil sepeda motor dari bengkel, terjadilah hal tak terduga. Sepeda motor berasap! Ketika dicek oleh suami, tangki oli nyaris kosong. What?! Padahal baru beberapa hari lalu ganti oli dan nggak ada tanda-tanda kebocoran.

Tak cuma itu, kata suami, ban sepeda motor masih aman, belum mendesak diganti. Parahnya lagi, aki sepeda motor saya diganti menggunakan aki yang sudah bulukan. Padahal kata suami, baru diganti beberapa bulan lalu. Belum lagi ada baut-baut yang hilang.

“Besok-besok, kalau mau servis ke bengkel terbaik untuk sepeda motor ya. Yang amanah, jadi nggak khawatir dicurangi,” saran suami.

Hmm, bengkel sepeda motor ‘kan bertebaran di mana-mana, lantas bengkel terbaik untuk sepeda motor itu seperti apa? Tenang, Mom, jangan panik kayak saya dulu. Simak terus tulisan ini, ada tips memilih bengkel terbaik untuk sepeda motor.

Namun, sebelumnya perhatikan dulu yuk, langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan agar terhindar dari upaya nakal mekanik bengkel sepeda motor.

Cara Sederhana Menghindarkan Diri dari Bengkel Sepeda Motor Curang

ilustrasi bengkel/ Foto: Canva

Kejahatan, termasuk kecurangan, bisa terjadi jika ada peluang. Maka itu, agar tidak menjadi korban kecurangan bengkel sepeda motor nakal, kita perlu membekali diri dengan jurus-jurus jitu.

Nah, berikut ini beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri dari praktik curang bengkel sepeda motor nakal.

1. Cari Tahu Harga Sebelum ke Bengkel

Untuk menghindari “getokan” harga suku cadang, sebaiknya kita cari tahu dulu harganya. Kita bisa andalkan internet, atau bertanya pada teman dan kerabat yang lebih tahu.

Nah, saat bengkel menawarkan penggantian spare part dan harganya jauh lebih mahal, sebaiknya tolak saja. Lebih baik mencari alternatif ke bengkel lainnya.

2. Dokumentasikan Suku Cadang Sepeda Motor Kita

Yuk, biasakan untuk mendokumentasikan suku cadang sepeda motor kita. Misalnya dengan mencatat kapan ganti oli terakhir dilakukan. Foto juga suku cadang kendaraan, utamanya yang memperlihatkan ciri khusus, misal ada coretan atau nomor serinya.

Dengan begitu, kita benar-benar tahu segala hal yang melekat pada sepeda motor kita. Jadi, jika ada pegawai bengkel sepeda motor nakal, kita bisa langsung mengetahuinya.

O ya, jika dilakukan penggantian suku cadang, ada baiknya suku cadang lama diminta untuk dibawa pulang. Hal itu setidaknya bisa jadi ikhtiar untuk memastikan bahwa suku cadang sepeda motor kita benar-benar diganti.

3. Jangan Langsung Setuju untuk Mengganti Suku Cadang

Jika bengkel menawarkan mengganti suku cadang, ada baiknya kita catat dulu apa saja yang perlu diganti. Jadi, jangan langsung di-iya-kan. Nantinya kita bisa mencari second opinion apakah suku cadang tersebut benar-benar harus segera diganti atau bisa digunakan hingga berbulan-bulan ke depan.

bengkel terbaik sepeda motor
Bengkel terbaik sepeda motor/ Foto: Instagram Planet Ban

4. Tenang, Jangan Terintimidasi

Biasanya pegawai bengkel nakal gemar mengeluarkan kalimat-kalimat bernada intimidatif, yang bikin kita khawatir. Misalnya, “Ya, terserah saja, kalau nggak mau ganti sekarang, nanti bisa merusak mesin.”

Tenang, Ma, jangan terintimidasi dan terprovokasi untuk melakukan aksi yang bikin dompet menipis. Hadapi dengan tenang dan sabar.

“Maaf, Bang, ini lagi nggak bawa uang banyak. Saya catat dulu apa saja  yang harus diganti dan perkiraan biayanya ya, soalnya minta uang dulu ke suami,” misalnya dengan mengatakan seperti itu.

5. Ke Bengkel Bersama Orang yang Paham Seluk Beluk Sepeda Motor

Jika ada kenalan atau kerabat yang paham seluk beluk sepeda motor, bisa diminta menemani ke bengkel. Mengajak orang yang paham tentu bikin tenang karena pasti tahu kalau ada gelagat curang mekanik bengkel.

6. Langsung Saja ke Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor

Agar lebih tenang dan aman saat servis sepeda motor, sebaiknya memang langsung ke bengkel sepeda motor terbaik. Bengkel yang sudah dikenal luas reputasinya.

7 Tips Memilih Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor

bengkel terbaik sepeda motor
Bengkel terbaik sepeda motor/ Foto: Instagram Planet Ban

Oke, sampai nih di bagian paling dinanti dari tulisan ini, yakni tips memilih bengkel terbaik untuk sepeda motor. Ini dia tujuh tipsnya.

1. Harga Jujur dan Transparan

Salah satu kecurangan bengkel nakal adalah tidak memberikan informasi harga suku cadang secara gamblang pada calon konsumen. Nah, saatnya pembayaran, konsumen kaget bukan kepalang. Ini terjadi lantaran dirinya harus membayar biaya yang cukup mahal.

Maka itu, sebaiknya kita cari tahu dulu harga suku cadang dan layanan servis yang ingin dilakukan. Dengan begitu, kita bisa tahu jika pihak bengkel memasang harga yang tidak masuk akal. Selanjutnya, tinggal menolak saja tawaran penggantian suku cadang tersebut.

2. Mekanik Profesional dan Handal

Ditangani orang yang ahli dan profesional pasti akan bikin hati tenang. Tak terkecuali saat servis ke bengkel sepeda motor. Lalu bagaimana bisa tahu apakah suatu bengkel memiliki mekanik yang profesional dan handal?

Caranya adalah dengan mengajukan pertanyaan mengenai masalah sepeda motor. Akan tetapi pastikan kita sudah mengetahui jawabannya ya. Selanjutnya tingga cocokan saja jawaban sang mekanik dengan pengetahuan yang kita tahu mengenai kerusakan pada motor. Apabila jawaban mekaniknya meyakinkan, tentu kita jadi makin percaya dan tak ragu untuk kembali ke bengkel tersebut.

3. Memiliki Peralatan Modern

Bengkel terbaik pasti didukung peralatan yang baik dan modern. Peralatan bengkel yang modern akan menjamin pekerjaan perbaikan sepeda motor bisa dilakukan secara efisien dan efektif. Tak hanya itu, dengan perlengkapan yang modern, perbaikan suku cadang sepeda motor juga jadi lebih aman.

Contohnya nih, saat kita ingin mengganti ban motor, penggunaan Tyre Changer (alat melepas dan memasang ban) di bengkel akan membuat kondisi velg motor lebih aman. Keberadaan alat ini tidak akan menimbulkan baret atau lecet, sebagaimana bisa terjadi jika menggunakan alat congkel untuk melepas ban. Bahkan alat congkel ban juga bisa menyebabkan ban akan selalu bocor setelah dipasang.

4. Kelengkapan Suku Cadang

Pastikan bengkel yang kita tuju kelengkapan suku cadang yang tersedia. Sebab ini merupakan salah satu ciri bengkel terbaik.

Keberadaan suku cadang yang lengkap di suatu bengkel akan memudahkan kita mendapatkan suku cadang. Selain itu, kita sudah pasti akan mendapat layanan yang lengkap dan menyeluruh. Kita pun jadi lebih hemat waktu, karena tidak perlu pergi ke bengkel lain untuk mendapatkan suku cadang yang diperlukan.

Bengkel terbaik sepeda motor/ Foto: Instagram Planet Ban

5. Bengkel Terbaik Sepeda Motor Memberi Jaminan Garansi

Jika ada bengkel yang memiliki garansi dari layanan maupun suku cadangnya, sudah pasti ini bengkel terbaik dan tepercaya. Ya, hanya bengkel tepercaya yang berani memberikan jaminan garansi atas apa yang mereka kerjakan.

Dengan adanya garansi, kita bisa kembali ke bengkel tersebut jika masih ada keluhan atau masalah pada sepeda motor yang baru-baru ini diperbaiki. Bayangkan jika tidak ada garansi, belum tujuh hari digunakan dan ternyata ada kerusakan suku cadang, kita harus beli lagi yang baru.

6. Jam Operasional Panjang

Masalah pada sepeda motor bisa terjadi kapan saja, tidak mengenal siang atau malam. Belum lagi jika kita tidak punya cukup waktu untuk membawa sepeda motor di pagi atau siang hari, dan baru punya waktu di malam hari. Karena itu, jam operasional yang panjang bisa jadi salah satu ciri bengkel terbaik.

7. Menyediakan Berbagai Metode Pembayaran

Berkembangnya teknologi membuat kita tidak harus selalu membawa uang tunai saat bepergian. Untuk itu, jika bengkel sepeda motor menyediakan berbagai metode pembayaran nontunai seperti debit dan e-wallet, tentu memudahkan sekali. Lebih mudah dan lebih nyaman bukan?

Nah, itulah beberapa tips memilih bengkel terbaik untuk sepeda motor. Selanjutnya, saya punya rekomendasi bengkel terbaiknya nih. Bengkel itu adalaaaaah…

Planet Ban, Rekomendasi Bengkel Terbaik untuk Sepeda Motor

bengkel terbaik sepeda motor
Bengkel terbaik sepeda motor/ Foto: Instagram Planet Ban

Yup, rekomendasi bengkel terbaik sepeda motornya adalah Planet Ban. Bukan kata orang belaka ya, Ma, karena saya memang pernah menjajal sendiri servis sepeda motor di Planet Ban.

Penasaran dengan cerita saya menservis sepeda motor di Planet Ban? Begini ceritanya. Suatu hari, seusai mengantar anak les, saya mampir ke Planet Ban yang lokasinya tak jauh dari tempat les anak. Kebetulan, memang jadwalnya si merah servis.

Dulunya saya kira Planet Ban itu jualan ban saja lho. Nyatanya, Planet Ban merupakan pelopor ritel otomotif pertama di Indonesia yang menyediakan berbagai suku cadang berkualitas dan lengkap. Mulai dari servis motor, oli motor, kampas rem, minyak rem, busi, dan berbagai suku cadang lainnya tersedia lengkap di Planet Ban.

Kembali ke cerita, karena melihat banner di bengkel Planet Ban bertuliskan “Servis Motor Rasa Mesin Baru”, saya pun iseng bertanya ke abang mekaniknya. “Sepeda motor saya ini sudah hampir 10 tahun, memangnya bisa kayak baru lagi ya Bang?” tanya saya.

Jadi, Servis Rasa Mesin Baru adalah konsep yang diusung Planet Ban untuk layanan servisnya. Layanan ini berbeda dari servis motor pada umumnya. Jadi,

mekanik tidak menghisap bensin dari tangki motor. Mereka menggunakan cairan khusus yang tersedia di Planet Ban dan harganya sudah termasuk dalam biaya jasa servis di Planet Ban.

Nah, beberapa bagian yang diservis, yakni:

Servis Mesin

Servis Throttle Body

Servis CVT/ Rantai

Servis Injeksi

Selalu tenang saat servis dan membeli suku cadang di Planet Ban. Ini karena harganya transparan. Kita bisa cek langsung harganya di website resmi Planet Ban, planetban.com. Takcuma itu, kita juga bisa lihat langsung di rak produk yang terdapat di bengkel Planet Ban.

Selain itu, masih ada benefit lain dari Planet Ban yang kemungkinan tidak akan kita dapatkan dari bengkel sepeda motor lainnya. Apa saja tuh?

Gratis biaya pemasangan ban

Gratis jasa servis dan ganti oli

Gratis jasa pengisian cairan antibocor

Juga bisa dapat gratis pengisian nitrogen selamanya, lho.

Penutup

Saya merasakan sendiri layanan mekanik yang profesional, peralatan canggih, serta produk suku cadang lengkap di Planet Ban. Jika tak bawa uang tunai pun nggak akan khawatir, karena Planet Ban melayani pembayaran menggunakan debit dan e-wallet. Tak cuma itu, ada pula garansi layanan servis sampai dengan 7 hari.

Planet Ban benar-benar bisa menjadi bengkel pilihan bagi yang ingin mendapatkan layanan terbaik dari bengkel motor. Pokoknya seluruh kebutuhan sepeda motor ada di Planet Ban.

Yuk, Ma, cuz kunjungi Planet Ban terdekat. Sst! Mama bisa dapat voucher dengan potongan harga sampai Rp150.000 dari Planet Ban juga nih. Langsung saja minta voucher dan infonya di sini.

20 Comments
  1. Rahman says

    Ini sering terjadi, makanya kita harus pelajari kondisi motor kita sebelum dibawa ke bengkel. Makasih infonya mbak

    1. Nurvita Indarini says

      Betul sekali, Mas. Jangan lupa servis motor ke Planet Ban saja Mas, agar tidak dicurangi 🙂

  2. Lala says

    Ketuju tips memilih bengkel untuk sepeda motor memang sangat relevan jatuh ke Planet Ban, kenapa gitu? Karena saya merasakan sendiri, ketika motor dirumah bermasalah sampai ganti ban dan lainnya, saya serta keluarga udah trust banget sama kualitas pelayanan dan pengerjaan mekanik di Planet Ban Mba..thank you yaa buat info vouchernya, akan terpakai serta manfaat buat kendaraan sepeda motor ku dirumah.

    1. Nurvita Indarini says

      Waaa ternyata Mbak Lala juga pelanggan Planet Ban ya.. Hi hi sama-sama, Mbak…

  3. Yuli says

    Pas banget Bun artikelnya. Kami lagi nyari bengkel yang pas, buat ngecek sepeda motor. Kebetulan kami juga baru pindah. Thanks Sharing-sharingnya ya Bun. Bermanfaat banget ini ❤

    1. Nurvita Indarini says

      Alhamdulilah, semoga di dekat rumah ada Planet Ban ya Bun 🙂

  4. Bu wan says

    Ternyata planet ban juga bisa melayani servis ya… Aku kira hanya penggantian ban saja…
    Makasih infonya .. sangat bermanfaat nich…

    1. Nurvita Indarini says

      Iya, Bu Wan, bisa servis juga. Mantul yaaa

  5. amira parsa says

    wahh tenyata, Planet Ban bukan hanya tempat untuk memperoleh suku cadang berkualitas, tetapi juga menyajikan pengalaman servis yang inovatif dengan konsep “Servis Motor Rasa Mesin Baru”. Dengan tidak menghisap bensin dari tangki motor dan menggunakan cairan khusus, mereka juga baik dalam pelayanan dan berbeda dari servis motor yang lain. Saya jadi tertarik untuk mencoba disanaa!!

    1. Nurvita Indarini says

      Iya, betul sekali, Kak. Nanti cobain langsung deh servis sepeda motor di Planet Ban, tenang dan puas 🙂

  6. Ardi says

    Wah iya, aku juga, Mbak, beberapa kali dikerjai bengkel. Akhirnya ketemu Planet Ban. Emang Planet Ban the best sih. Thank you info vouchernya, semoga masih bisa dapat. Aamiin.

    1. Enza says

      Wiih lagi ada promo ya di Planet Ban. Meluncuuurrr…

      1. Nurvita Indarini says

        Yuuuuk, Kak 🙂

    2. Nurvita Indarini says

      Betul, setuju, Mas Ardi. The best banget emang Planet Ban yaaa. Sama-sama Mas

  7. Vivi says

    Planet Ban memang nggak cuma jual ban sih. Langganan servis motor di sana juga. Mekaniknya baik, mau ngejelasin dengan detail. Setuju banget, Mbak, kalau servis motor di Planet Ban nggak khawatir tipu-tipu.

    1. Nurvita Indarini says

      Nah, Mbak Vivi juga pelanggan Planet Ban yaaa. Iya, Mbak, baik-baik banget mekaniknya yaa

  8. Enggar says

    Wah pas banget ini.. Lagi cari2 tempat service motor yg berkualitas dg layanan ramah dan suku cadang lengkap dan pasti ngak tipu tipu. Sekalian mau ganti ban juga. Maksih informasi nya bun…. Cuzz meluncur ke PLANET BAN.

    1. Nurvita Indarini says

      Nah, bener banget Mbak Enggar, di Planet Ban memang nggak tipu-tipu. Cuuuuzzz yoook

  9. yunita says

    planet ban memang bisa service motor !? wah baru tau saya kira hanya ganti ban saja kemarin habis ke planet ban ganti ban motor next bisa service jg disana..
    makasih informasinya mb

    1. Nurvita Indarini says

      Iya, Mbak Yunita, bisa servis juga. Hi hi iya Mbak, next servis sekalian aja di Planet Ban 🙂

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com