Jangan Biarkan Gigi Susu Anak Rusak

Mungkin masih ada yang berpendapat perawatan gigi susu anak tidak terlalu penting. Ini karena nantinya akan tanggal dan diganti gigi dewasa. Anggapan ini salah lho, Mama.

Kita jangan sampai meremehkan gigi susu anak. Apalagi anak dengan masalah gigi cenderung memiliki masalah terkait penyerapan nutrisi, pelafalan atau ‘fonetik’ suara anak juga bisa terganggu. selain itu, tentunya mengganggu keindahan. Senyum anak pun kurang manis dan lucu jika giginya hitam dan bahkan reges.

Gigi susu anak
Gigi susu anak

Kebersihan mulut anak sebaiknya memang sudah dikenalkan sejak bayi. Jauh sebelum dia punya gigi. Ketika anak berumur satu tahun, bisa mulai diperkenalkan ke dokter gigi. Terlebih nantinya penting mengecek kesehatan gigi dan mulut setiap enam bulan sekali.

Simak artikel menarik lainnya di sini ya, Ma: Pentingnya Mengenali Passion Anak

Cara Menjaga Kesehatan Gigi Susu Anak

Jadi sebaiknya kita nggak membawa si kecil ke dokter gigi hanya saat sakit gigi. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Lebih baik lagi bila anak tidak pernah sakit gigi.

Dokter gigi akan melihat apakah ada kelainan pertumbuhan gigi anak, juga adakah karies atau lubang gigi. Akan dilihat juga adakah yang salah dengan pengunyahannya, ataukah giginya belum tumbuh.

Cara terbaik menjaga kesehatan gigi adalah dengan menggosok gigi. Anak masih perlu bantuan untuk menggosok gigi sendiri sampai usia 5 tahun. Orang tua perlu membantu anak sambil mengenalkan cara menggosok gigi yang benar. Jangan lupa juga mengenalkan waktu yang tepat untuk gosok gigi.

Gigi susu anak
Gigi susu anak

Lalu kapan waktu terbaik menggosok gigi? Gosok gigi hendaknya dilakukan pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur. Demikian menurut drg. Adela Andartya dalam materi kuliah Whatsapp Mom on Mission.

Artikel menarik lainnya bisa disimak di sini: Nostalgia Majalah Anak Melalui Eksperimen Bersama Si Kecil

Saat menanamkan hal baik pada anak, jangan sampai ada paksaan. Kita bisa bikin situasinya menyenangkan agar anak bersemangat menjaga giginya. Misalnya dengan permainan mencari monster kuman di gigi anak, bernyanyi, atau bermain peran.

Kalau Mama, apa nih yang biasa dilakukan agar gigi anak terjaga kesehatannya?