5 Langkah Mudah Dapatkan Kulit Sehat Berseri, Meski Sedang Hamil dan Menyusui

Saat hamil, bisa jadi kulit kita makin glowing. Namun, beberapa mama justru mengeluh kulitnya bermasalah saat hamil. Ada yang kusam dan kering karena perubahan hormon, hingga masalah stretch mark. Apakah Mama mengalaminya juga? Eit, jangan sedih, ada cara mudah mendapatkan kulit sehat berseri lho, meskipun sedang hamil dan menyusui.

Masalah kulit sebenarnya nggak hanya rentan muncul saat hamil dan setelah melahirkan. Kita perlu sadari, di usia yang semakin matang, kondisi kulit nggak lagi seperti dulu.

Dulu di usia 20-an tahun, terasa banget kenyalnya kulit. Bahkan jika ada bekas luka, cepat pula hilangnya. Namun, seiring usia bertambah, masa keemasan kulit sepertinya semakin menjauh ya.

Ketimbang meratapi nasib, lebih baik kita berikhtiar menjaga kulit agar tidak semakin merana. Nah, ini dia lima langkah mudah yang bisa Mama terapkan untuk mendapatkan kulit sehat berseri, meski sedang hamil dan menyusui.

1. Tidur Cukup

kulit sehat
Lebih sehat dengan tidur yang cukup/ Foto: Canva

Jangan remehkan waktu tidur jika ingin punya kulit yang sehat dan cantik. Untuk itu, yuk pastikan setiap malam kita tidur berkualitas selama tujuh hingga sembilan jam.

Seorang dokter kulit di New York, dr. Patricia Wexler, menjelaskan kulit membuat kolagen baru saat kita tidur. Dengan lebih banyak kolagen, berarti kulit lebih kencang dan tidak mudah keriput.

Sebaliknya, jika tidur malam kita kurang dari tujuh jam, garis-garis halus di kulit akan lebih mudah terbentuk. Kulit pun akan lebih kering, sehingga kerutan halus lebih jelas terlihat.

Kata dr. Wexler, orang yang tidur malamnya hanya lima jam, garis-garis halus di wajahnya akan lebih banyak dua kali lipat ketimbang orang yang tidurnya tujuh jam. Demikian dikutip dari webmd.

Kadang ibu hamil dan menyusui tidak bisa tidur nyenyak. Perut yang membesar seringkali memicu ketidaknyamanan kala tidur. Pun saat menyusui, si kecil yang kerap terbangun bikin mamanya sering terbangun dan bahkan begadang. Jika begitu yang dialami, yuk coba bicarakan dengan pasangan untuk mencari jalan keluar.

2. Cukup Minum Air Putih

Minum air putih saja bisa bikin kulit glowing? Hmm, sepertinya too good to be true ya. Apalagi saat ini belum banyak penelitian yang mengungkap kaitan langsung minum air putih dengan kesehatan kulit.

Hanya saja, asupan air yang cukup akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik. Seturut penjelasan Kathleen C. Suozzi, Direktur Dermatologi Estetika di Yale Medicine, hidrasi kulit adalah cerminan dari hidrasi seluruh tubuh.

Kulit terhidrasi dari dalam ke luar, dengan menarik cairan dari aliran darah kapiler di kulit. Nah, apabila tidak ada cukup air untuk menarik cairan karena tubuh mengalami dehidrasi, maka kulit dapat menjadi lebih kering.

Lalu harus berapa banyak kita minum air putih? Sebenarnya kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda. Namun, Kemenkes menyarankan untuk orang dewasa secara umum mengonsumsi air putih delapan gelas berukuran 230 ml atau total 2 liter per hari.

Kebutuhan ibu hamil dan menyusui juga berbeda. American College of Obstetrics and Gynecology merekomendasikan agar ibu hamil minum 1,9 hingga 2,8 liter air sehari. Itu berarti 8 hingga 12 gelas air setiap hari.

Sedangkan untuk ibu menyusui, disarankan minum segelas air setiap kali menyusui si kecil. Perlu diketahui, ibu menyusui kehilangan sekitar 739 ml  air setiap hari untuk produksi ASI. Mengingat kebutuhan cairan sangat meningkat banyak saat menyusui, harus minum setidaknya 3,8 liter atau 16 gelas air dalam sehari.

Oh ya, kebutuhan cairan tubuh juga bisa didapat dari makanan, utamanya buah dan sayur. Kita bisa mengkonsumsi bayam, timun, semangka, dan seledri yang mengandung banyak air.

3. Hindari Mandi Air Panas

kulit sehat
Mandi air panas bisa bikin kulit kering/ Foto: Canva

Mandi air panas memang nyaman dan bikin relaks. Akan tetapi sebaiknya jangan dibiasakan selalu mandi menggunakan air panas ya, Ma.

Mandi dan mencuci muka menggunakan air panas bisa mengurangi kelembapan kulit. Seusai mandi, keringkan kulit dengan cara ditepuk-tepuk lembut menggunakan handuk. Jika ingin menggunakan pelembap, sebaiknya langsung digunakan setelah mandi.

4. Hindari Terik Matahari Langsung

Sinar matahari pagi memang menyehatkan. Namun, saat semakin siang, sebaiknya hindari paparan terik matahari secara langsung. Paparan berlebihan sinar matahari bisa mengakibatkan kerusakan kulit.

Area kulit yang tak terlindungi bisa kering. Hal ini terjadi karena minyak pelumas alami kulit berkurang, sehingga secara bertahap kehilangan kelembapan. Kulit pun menjadi kering, bersisik, dan keriput sebelum waktunya.

Jadi, saat beraktivitas di bawah terik matahari, sebaiknya gunakan pakaian yang memberi perlindungan maksimal. Boleh juga menggunakan topi dan kacamata yang mampu memberi perlindungan dari cahaya UV. Jangan lupa juga pakai losion sunscreen sebelum keluar rumah.

5. Mengonsumsi Tambahan Kolagen

Kolagen untuk kulit yang lebih sehat dan cantik/ Foto: Canva

Kolagen menyusun sekitar sepertiga total protein dalam tubuh. Zat ini memang diproduksi secara alami di kulit, tapi kemampuan tubuh memproduksi kolagen berkurang seiring bertambahnya usia.

Untuk itu, kita perlu banget mengasup tambahan kolagen secara rutin. Ya, konsumsi kolagen diyakini dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit. Minum minuman kolagen secara teratur bisa membuat kulit lebih segar, kenyal, dan terlihat awet muda.

Menurut saya, Aurora Saffron Collagen adalah minuman kolagen terbaik. Alasannya, Aurora Saffron Collagen menggunakan bahan alami pilihan. Dari namanya saja kita bisa tahu bahwa minuman kolagen ini mengandung saffron.

Saffron sendiri sejak lama digunakan sebagai pewarna alami makanan, juga sebagai bumbu. Selain itu juga digunakan untuk mengobati luka dan abses.

Nah, rupanya Aurora Saffron Collagen adalah minuman serbuk saffron collagen pertama di dunia lho.

Mama masih penasaran pada saffron? Simak infografis berikut ini ya.

Kandungan dan Manfaat Aurora Saffron Collagen

Aurora Saffron Collagen dibuat menggunakan bahan-bahan alami yang kaya manfaat. Selain saffron, ada bahan lain yang mendukung manfaat sehat minuman serbuk yang satu ini.

Yuk kita simak kandungan di dalam Aurora Saffron Collagen dan manfaatnya.

Manfaat Minum Aurora Saffron Collagen

Wah, kandungan yang terkandung dalam setiap sachet Aurora Saffron Collagen luar biasa banget ya. Untuk mendapatkan manfaat sehatnya, kita hanya perlu minum satu sachet per hari setelah makan pagi atau makan malam. Secara garis besar, berikut ini 10 manfaat yang bisa didapat.

1. Mencerahkan kulit secara alami.

2. Membuat kulit lebih kenyal dan lembut.

3. Menyamarkan garis halus dan kerutan.

4. Melindungi sel tubuh dan radikal bebas.

5. Meningkatkan imun dan stamina.

6. Menjaga kesehatan lambung dan jantung.

7. Memperlancar pencernaan.

8. Membantu detoks racun dalam tubuh.

9. Merawat persendian dan sistem saraf.

10. Meringankan nyeri haid dan migrain.

Saya sendiri merasakan manfaat nyata mengonsumsi Aurora Saffron Collagen lho. Sebelumnya, kulit saya kusam, ada kerut halus di sekitar mata, dan teraba kasar. Saya juga sering mengalami migrain yang bikin tak bersemangat menjalani hari. Setiap kali migrain menyapa, saya lebih banyak menghabiskan waktu di tempat tidur. Menemani anak bermain pun sekadarnya saja.

Namun, sejak mengonsumsi kolagen yang satu ini, perlahan tapi pasti kulit saya jadi lebih cerah. Kerut halus pun mulai berkurang. Saya jadi lebih berstamina menjalani aktivitas, serta migrain tak datang sesering dulu.

Dulu, saya juga gampang sakit jika kelelahan. Memang sih, sakit batuk pilek atau masalah pencernaan biasa. Meski begitu, tetap saja mengganggu. Saya jadi tidak maksimal beraktivitas. Sejumlah pekerjaan pun jadi keteteran. Alhamdulillah lagi-lagi setelah konsumsi rutin Aurora Saffron Collagen, badan lebih fit dan nggak gampang sakit. Makin trengginas nih!

Saya jadi ingat komentar teman sekantor dulu saat kami reuni. “Kamu nih nggak menua ya? Kok nggak ada bakal keriputnya, malah makin halus kulitnya.” Masyaallah, senang sekali mendengar komentar itu. Berarti saya bisa menjaga anugerah kulit yang dititipkan Allah dengan baik.

Suami juga jadi lebih sering mengusap-usap pipi dan tangan saya. Katanya, kulit saya jadi lebih kenyal dan halus. Wah, Aurora Saffron Collagen bikin makin disayang suami nih. 

Menjadi tua adalah keniscayaan. Akan tetapi menjaga kesehatan adalah kewajiban sebagai bentuk syukur atas nikmat yang Allah titipkan.

Baca juga: Manfaat Semangka bagi Ibu Hamil

Amankah Konsumsi Aurora Saffron Collagen?

Aurora Saffron Collagen
Konsumsi Aurora Saffron Collagen untuk kulit sehat dan glowing/ Foto: Nurvita Indarini

Mama sedang hamil atau menyusui tapi tetap ingin mendapatkan manfaat sehat Aurora Saffron Collagen? Bisa banget. Nggak perlu khawatir, karena secara umum aman dikonsumsi ibu hamil dan menyusui.

Prebiotik inulin yang terkandung di dalamnya dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Dengan begitu, penyerapan nutrisi akan lebih optimal selama hamil dan menyusui.

Apakah aman dikonsumsi jangka panjang? Jawabannya: tentu saja. Apalagi Aurora Saffron Collagen telah mengantongi Sertifikasi BPOM RI MD 867028101317. Kualitas dan keamanannya sudah pasti sesuai dengan standar nasional Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Bahan alami pilihan yang terkandung di dalamnya membuat Aurora Saffron Collagen aman dikonsumsi dalam jangka pendek maupun panjang. Nggak cuma perempuan mulai usia 20-an tahun saja lho yang bisa mengonsumsi, para pria pun bisa mengonsumsinya.

Bahan-bahan alami dalam Aurora Saffron Collagen juga nggak mengakibatkan ketergantungan. Jika suatu saat kita berhenti minum Aurora Saffron Collagen, kebutuhan nutrisi kembali sepenuhnya mengandalkan pola hidup dan sistem metabolisme tubuh.

Konsumsi Aurora Saffron Collagen juga tidak memiliki efek samping. Saya pun makin tenang mengonsumsinya karena terdapat sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Harga Aurora Saffron Collagen

Aurora Saffron Collagen
Harga Aurora Saffron Collagen/ Foto: Nurvita Indarini

Sejak pertama kali mencoba minum Aurora Saffron Collagen, saya suka banget rasanya. Sedikit manis dan ada taste sedikit asam juga. Makin enak jika diminum dalam keadaan dingin alias ditambah es batu terlebih dahulu. Mmm, segar!

Cara bikinnya juga mudah sekali. Hanya perlu tiga langkah mudah.

1. Tuang satu sachet ke dalam gelas.

2. Larutkan dengan 150-250ml air minum suhu ruangan atau dingin.

3. Aduk rata dan siap dinikmati.

Aurora Saffron Collagen dijual dalam berbagai paket. Beda paket tentu beda harga, sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan isi dompet kita.

Mama yang penasaran dengan paket dan harga Aurora Saffron Collagen, berikut ini daftarnya ya.

1. Travel Pack isi 3 sachet Rp100.000,00.

2. Stay Fit Pack isi 5 sachet Rp160.000,00.

3. Healthy Pack isi 10 sachet Rp300.000,00.

Mama bisa membeli Aurora Saffron Collagen di reseller Aurora, lapak sehat Aurora, online store, dan langsung di offline store-nya. Untuk selengkapnya Mama bisa kunjungi website www.auroraisme.com atau Instagram @auroracollagenofficial.

Yuk wujudkan hidup lebih sehat dan penampilan yang berseri bersama Aurora Saffron Collagen!

Referensi:

webmd. The Truth About Beauty Sleep, https://www.webmd.com/beauty/features/beauty-sleep#:~:text=Skin%20makes%20new%20collagen%20when,lines%20as%20sleeping%207%20would., diakses pada 2 Juni 2023.

everydayhealth. Can You Hydrate Your Way to Healthy Skin?, https://www.everydayhealth.com/healthy-skin/can-you-hydrate-your-way-to-healthy-skin/, diakses pada 2 Juni 2023.

yankes.kemkes.go.id. Tahukah Kamu, Berapa Idealnya Jumlah Air Putih yang Kita Minum Perhari?, https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/579/tahukah-kamu-berapa-idealnya-jumlah-air-putih-yang-kita-minum-perhari, diakses pada 2 Juni 2023.

drugs.com. Sun-Damaged Skin, https://www.drugs.com/health-guide/sun-damaged-skin.html, diakses pada 2 Juni 2023.

Situs Aurora Saffron Collagen, https://www.auroraisme.com/.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com