Manfaat Semangka bagi Ibu Hamil

Manfaat semangka bagi itu hamil/ Foto: congerdesign from Pixabay

Jika saat ini Mama sedang hamil, ada baiknya mengkonsumsi buah semangka. Sebab si buah berdaging merah ini mengandung banyak manfaat untuk ibu hamil.

Saat hamil, rasa khawatir sering kali melanda. Apalagi terkait makanan yang diasup. Kadang khawatir makanan yang kita makan berdampak nggak baik untuk kehamilan. Tapi kalau makanannya adalah buah semangka, ibu hamil nggak perlu khawatir.

Nah, Mama, kita simak bersama aneka manfaat semangka untuk ibu hamil, yuk.

1. Meringankan mual

Manfaat semangka bagi itu hamil. Foto: Steve Buissinne from Pixabay

Wajar banget merasakan mual saat hamil. Keluhan ini bisa diredakan dengan makan semangka. Ya, semangka memiliki kandungan air yang tinggi, sampai 92 persen. Air ditambah kandungan gula buah bisa banget meringankan mual di pagi hari. Demikian dikutip dari Parents.

2. Mencegah dehidrasi

Ilustrasi air/ Foto:  Steve Buissinne from Pixabay

Kandungan air yang berlimpah dalam semangka juga sekaligus membantu mencegah dehidrasi. Selain itu, kalium dalam semangka bisa membantu mengatur keseimbangan air dalam darah dan jaringan tubuh selama kehamilan.

3. Mengurangi risiko preeklampsia

Ibu hamil/ Foto: Steve Buissinne from Pixabay

Sebagaimana tomat yang juga berwarna merah, semangka kaya akan likopen. Bahkan likopen dalam semangka lebih banyak dari tomat, lho.

Studi di International Journal of Gynecology and Obstetrics menemukan asupan likopen setiap hari bisa mengurangi risiko preeklampsia sampai dengan 50 persen. Luar biasa!

4. Baik bagi perkembangan janin

Ilustrasi hamil/ Foto:  StockSnap from Pixabay

Semangka juga mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin B6, potasium dan magnesium. Nutrisi-nutrisi ini penting untuk perkembangan penglihatan, otak, sistem saraf dan kekebalan tubuh bayi.

5. Mencegah pigmentasi

Ilustrasi hamil/ Foto:  Manuel Alejandro Leon from Pixabay

Salah satu keluhan ibu hamil adalah masalah pigmentasi. Terkadang ada kulit tubuh bagian tertentu yang lebih gelap selama kehamilan. Misalnya yang saya rasakan adalah area yang lebih gelap di sekitar perut, sehingga terlihat seperti kotor berdaki.

Dengan makan semangka, masalah pigmentasi pada ibu hamil bisa dicegah. Semangka memiliki kemampuan meningkatkan pencernaan yang baik, serta menjaga pergerakan usus sehingga jadi lebih lancar. Hal-hal ini bisa memengaruhi tekstur kulit, yang pada gilirannya akan membuat kulit lebih cantik dan bersinar.

Manfaat semangka bagi itu hamil/ Foto:  Couleur from Pixabay

Meski semangka kaya manfaat untuk ibu hamil, tapi jangan sampai kalap makan buah yang satu ini ya, Ma. Konsumsi semangka yang berlebihan bisa meningkatkan gula darah, sehingga meningkatkan risiko diabetes gestasional.

Makan semangka berlebihan juga berisiko pembersihan berlebihan dalam tubuh, lho. Terkait kemampuan semangka membersihkan racun dalam tubuh, dalam proses pembersihan tersebut juga bisa membuat nutrisi penting dalam tubuh juga ikut terbuang.

Dua cup semangka potong atau 2 iris semangka cukup untuk ibu hamil. Selamat mendapatkan manfaat semangka saat hamil ya Mama.