Dukung Anak Raih Mimpi dengan Inner Strength BISKUAT ACADEMY 2022

“Jangan takut mimpimu tidak akan terwujud hanya karena merasa tidak hebat, Nak. Kata Najwa Shihab, tiap orang bisa punya mimpi, tapi tak semua bisa bangkitkan semangat tinggi. Kamu punya semangat itu. Kamu juga punya inner strength lain yang kelak membantumu meraih mimpi. Jangan takut!”

-Saya kepada si Sulung, Taqinardi-

Taqinardi, itulah nama tengah yang saya dan suami pilih untuk si Sulung yang lahir 2014 lalu. Sebuah nama yang sekilas pengucapannya mirip dengan Tacchinardi. Adakah yang tahu siapa Tacchinardi?

Alessio Tacchinardi adalah pemain sepak bola asal Italia. Dia memperkuat klub Juventus di tahun 1994 hingga 2007. Kepiawaiannya bermain sepak bola plus karakternya yang kuat membuat Tacchinardi menjadi salah satu legenda sepak bola.

Tacchinardi adalah pemain yang fleksibel. Dia bisa dengan mudah beradaptasi saat ditempatkan di lini belakang ataupun barisan gelandang. Kendati jarang mencetak gol, tetapi gol karyanya kerap tercipta dengan indah dan spektakuler.

Alessio Tacchinardi/ Foto: juventus.com

Tacchinardi juga dikenal sebagai sosok yang berdedikasi tinggi. Di dalam dirinya ada inner strength yang membuatnya jadi andalan Juventus pada masanya. Dirinya adalah sosok pekerja keras dan disiplin. Rasa-rasanya Tacchinardi adalah salah satu pemain sepak bola yang paling banyak berlari mengejar bola ke mana pun tanpa lelah.

Jiwa kepemimpinan pun tumbuh dalam dirinya. Tak heran, selama beberapa tahun Tacchinardi dipercaya sebagai wakil kapten tim. Tak hanya itu, Tacchinardi adalah sosok sabar dan terbuka. Meski pernah beberapa kali tak ditempatkan di tim utama, tapi Tacchinardi selalu menunjukkan dirinya siap menggantikan pemain lainnya saat dibutuhkan.

Saya dan suami berharap Taqinardi kami akan tumbuh dengan inner strength seperti Tacchinardi. Dalam namanya, Renfro Taqinardi Rahman, kami melangitkan doa semoga Taqi jadi orang yang bijaksana, bertakwa, berperilaku dan berhati baik, serta jadi sosok yang pengasih.

Mengenali dan Mengembangkan Inner Strength Anak

Melalui usaha keras dan inner strength, Tacchinardi mewujudkan mimpinya. Ya, satu demi satu mimpinya meraih banyak kemenangan bersama Juventus terwujud. Kendati banyak pula mengalami masa-masa tak menyenangkan, tetapi Tacchinardi selalu bisa menunjukkan dirinya mudah bangkit. Inner strength nyata membuat dirinya mampu lolos dari keterpurukan.

Kekuatan baik dari dalam atau inner strength merupakan kekuatan mental yang tercerminkan oleh kekuatan karakter yang ada pada setiap anak. Inner strength bisa dibilang sekumpulan “perbekalan” seseorang dalam menjalani hidup yang penuh liku.

Melalui inner strength yang dimiliki, seseorang bisa merencanakan dan melakukan berbagai hal dalam situasi apa pun, bahkan saat sulit sekali pun. Inner strength itu pula yang mendorong seseorang untuk berani melangkah, sehingga meraih sesuatu yang diinginkan.

Macam-macam kekuatan baik dari dalam/ Ilustrasi dibuat menggunakan Canva

Setiap anak memang memiliki potensi dan kekuatan sejati masing-masing. Namun, tidak semua anak lahir dengan inner strength yang menonjol. Orang tualah yang bertugas mengobservasi inner strength bawaan anak dan membantu si kecil untuk mengasahnya. Misalnya dengan menyediakan lingkungan yang mendukung.

Sebagai contoh, anak dengan tanda inner strength kreatif diikutkan kelas melukis. Sedangkan anak yang menonjol sisi empatinya didorong untuk banyak terlibat dalam kegiatan kesukarelawanan.

Di diri anak sulung saya, perhatian dan empati pada orang sekitar merupakan salah satu inner strength yang terlihat sejak kecil. Hal ini menjadikan dia pribadi yang hangat dan memiliki kepekaan sosial.

Untuk mengasah empatinya, saya dan suami sering mengajaknya berbagi sesuai kemampuan. Kami pun mendorongnya untuk bisa memberikan pertolongan kepada orang yang membutuhkan.

Anak saya, Taqi, juga punya rasa ingin tahu yang tinggi. Inner strength lain yang terdeteksi oleh kami. Dia pun tidak mudah menyerah saat melakukan hal-hal yang sangat disukai. Misalnya saja, suatu kali dia tertarik dan penasaran pada bumerang.

Dia pun mencari tahu dan melakukan sejumlah percobaan untuk bisa membuat bumerang. Mulanya dia membuat menggunakan kertas HVS, lalu beralih menggunakan kardus, hingga karton tebal. Setiap pulang sekolah dia sibuk dengan penggaris, pensil, gunting, pisau dan aneka kertas.

Untuknya yang punya rasa ingin tahu tinggi, kami memfasilitasinya dengan memberikan aneka buku bacaan. Saat akhir pekan, kami memberinya waktu mengakses YouTube untuk mencari tahu cara membuat sesuatu atau melihat sesuatu lebih dekat.

Di rumah, kertas HVS serta berbagai alat dan bahan prakarya wajib ada. Taqi pun kami bolehkan “menumpuk” barang bekas yang akan dijadikan alat bereksperimen. Biarlah rumah mungil ini jadi “rumah ajaib” baginya, yang di dalamnya dia bebas bereksplorasi sambil mengasah inner strength-nya.

Membangun Inner Strength Anak Melalui Sepak Bola

Taqi latihan sepak bola dengan membawa bekal Biskuat/ Foto: Nurvita Indarini – www.mamanesia.com

“Mama, Taqi mau ikut ekstrakurikuler sepak bola di sekolah,” ujar Taqi suatu kali. Di matanya terpancar semangat dan antusiasme yang begitu besar.

Jujur, saya agak khawatir jika Taqi ikut kegiatan yang banyak melibatkan fisik. Ini karena secara fisik Taqi tidak sekuat kebanyakan teman-temannya. Lihat saja, saat panco dengan temannya, Taqi selalu kalah. Saat tidak sengaja bertabrakan, Taqi-lah yang terjatuh.

Namun, saya nggak tega memadamkan bara semangat di matanya. Akhirnya saya mengangguk tanda mengizinkan dirinya ikut ekskul sepak bola. Saya yakin, Taqi akan banyak belajar dari sepak bola.

Selama beberapa kali mengikuti ekskul sepak bola, Taqi merasa dirinya tidak sejago teman-temannya yang lain. Beberapa kali dia sedih lantaran tidak dipercaya teman satu timnya untuk membawa bola. Ya Allah, sedih sekali membayangkan Taqi berlari ke seluruh penjuru lapangan tanpa bola di kakinya.

“Terus bagaimana? Taqi mau sudahi ekskul sepak bolanya?”

“Nggak mau. Taqi memang tidak sejago teman-teman lainnya, tapi Taqi senang main bola, Ma. Taqi senang diajari cara menggiring bola, menendang bola,” ucapnya.

“Oh gitu, tapi karena ekskul sepak bola Taqi jadi sedih. Gimana dong?”

“Taqi akan berlatih lebih rajin, Ma,” janjinya.

Baca juga: Menumbuhkan Karakter Pantang Menyerah pada Anak

Di saat yang lain, Taqi membawa cerita dirinya mencetak gol. Secara teknik, mungkin Taqi jauh di bawah kebanyakan teman-temannya. Namun, dia berhasil mengasah keberaniannya. Satu inner strength baru dia kumpulkan dalam tas “perbekalan hidupnya”.

Dari sepak bola, Taqi juga belajar lebih sabar dan hati-hati. Dengan begitu, dia tidak akan melanggar aturan atau menyakiti pemain lain saat berusaha merebut bola.

Taqi juga jadi lebih percaya diri. Dia punya kesempatan yang sama dengan teman-temannya untuk berlatih menendang bola. Kepercayaan dirinya meroket kala diajari menendang dari titik penalti, dan saat dipraktikkan Taqi berhasil merobek gawang lawan.

Taqi juga belajar menjadi pribadi yang tangguh. Ketika dirinya tidak terpilih dalam tim untuk berlaga melawan sekolah lainnya, Taqi sempat kesal dan sedih. Saya validasi emosinya. Namun, dia akhirnya berefleksi dan menyadari anak-anak yang terpilih ikut pertandingan memang memiliki kemampuan lebih baik.

“Nggak apa-apa, Ma, mungkin nanti ada gilirannya Taqi. Taqi sekarang latihan terus saja sampai jago banget,” tekadnya. Mendengar kalimat itu, ada bulir air mata yang berdesakkan ingin keluar dan membanjiri pipi.

Meningkatkan Teknik Sepak Bola dan Inner Strength di BISKUAT ACADEMY 2022

Keuntungan gabung di BISKUAT ACADEMY/ Ilustrasi diolah menggunakan Canva

Melihat semangat Taqi belajar dan berlatih sepak bola, rasanya ingin mendaftarkannya ke sekolah sepak bola. Keinginan ini pun saya sampaikan pada Taqi. Dia menyambut dengan antusias. Hmm, berarti harus mencari sekolah sepak bola yang tidak jauh dari rumah.

Hingga suatu kali saya ajak Taqi belanja bulanan ke minimarket dekat rumah. “Mama, Taqi bisa ikut sekolah bola BISKUAT ACADEMY,” ucapan Taqi yang antusias mengagetkan saya yang sedang memilih sabun pencuci piring.

Taqi menyampaikan hal itu sambil membawa beberapa Biskuat. Dia memang selalu minta dibelikan Biskuat untuk bekal latihan sepak bola di sekolah, atau sebagai camilan di rumah. “Biar Taqi sekuat macan, Ma,” celetuknya selalu.

Wah jadi penasaran nih dengan BISKUAT ACADEMY 2022. Rupanya sejak 2019, Biskuat menggelar BISKUAT ACADEMY sebagai dukungan pada anak untuk mengembangkan kekuatan dari dalam diri dan mencapai mimpinya.

Anak-anak yang ikut serta dalam BISKUAT ACADEMY tidak hanya diberi kesempatan mengembangkan kemampuannya bersepak bola. Biskuat juga mendorong lahir dan berkembangnya kekuatan baik dari dalam diri anak seperti berani, percaya diri, baik hati, dan tangguh. Melalui sepak bola, berbagai karakter kuat dan positif saat berinteraksi dengan orang lain maupun diri sendiri juga semakin berkembang.

Dari tahun ke tahun jumlah peserta BISKUAT ACADEMY selalu meningkat, kendati di tiga tahun terakhir latihan dilakukan secara daring. Bayangkan, dari 9.600 peserta di tahun 2019, menjadi lebih dari 12.000 anak di tahun 2020. Di tahun 2022 ini diperkirakan pesertanya bisa mencapai 50.000.

Sekolah Bola Online

Sekolah Bola Online yang diikuti anak saya di BISKUAT ACADEMY 2022/ Foto diolah menggunakan Canva

Salah satu rangkaian BISKUAT ACADEMY 2022 adalah sekolah bola. Di tahun keempat penyelenggaran BISKUAT ACADEMY, sekolah sepak bola masih digelar secara daring. Ada tujuh kelas yang bisa diikuti anak dari bulan Oktober 2022 sampai Januari 2023, yakni:

25 September

9 Oktober

23 Oktober

9 November

27 November

18 Desember

15 Januari 2023

Jangan khawatir jika baru bergabung BISKUAT ACADEMY 2022. Video-video kelas sebelumnya masih bisa diakses dan dipraktikkan kok.

Para peserta BISKUAT ACADEMY 2022 berkesempatan mendapat pelatihan dengan kurikulum yang dibuat Coach Timo Scheunemann. Coach Timo adalah pelatih bersertifikat UEFA yang tidak diragukan lagi kompetensinya di bidang sepak bola.

Akan hadir pula Coach Aji, pelatih inspirasional yang masih aktif sebagai pelatih. Dari tangan dinginnya selama 35 tahun menjadi pelatih, lahir pemain-pemain sepak bola handal di Tanah Air. Tak hanya itu, peserta juga akan mendapatkan bimbingan langsung dari pemain Tim Nasional Indonesia. Komplet sekali ya!

Workshop Guru Olahraga

Rangkaian kegiatan lainnya di BISKUAT ACADEMY 2022 adalah workshop guru olahraga tingkat sekolah dasar, sekolah menengah, dan pelatih sekolah sepak bola. Workshop pengembangan kompetensi ini telah digelar pada 15 Oktober 2022. Tujuan workshop adalah mendukung para guru olahraga, sosok yang secara langsung terlibat dalam pengembangan potensi sepak bola anak.

Selain itu, ada school visitation dan diakhiri dengan tur ke stadion sepak bola di Eropa. Eit, tapi tidak semua peserta BISKUAT ACADEMY 2022 bisa ikut turnya. Ada syarat dan ketentuan yang berlaku.

Cara Mengikuti BISKUAT ACADEMY 2022

Anak saya, Taqi, sudah mendaftar BISKUAT ACADEMY 2022. Wah, dia semangat sekali menyimak video-video latihan yang diberikan Coach Timo. Setelah selesai melihat videonya, Taqi bergegas mengambil bola sepaknya dan berusaha mempraktikkan di halaman rumah.

Bagaimana dengan si kecil di rumah, apakah sudah ikut BISKUAT ACADEMY 2022 juga, Ma? Sayang sekali jika tidak ikut, karena BISKUAT ACADEMY 2022 bisa menjadi wadah untuk mendukung potensi anak di bidang sepak bola.

Cara mengikutinya juga gampang sekali. Mama hanya perlu membeli Biskuat dengan kemasan khusus. Selanjutnya mendaftar melalui nomor Whatsapp yang ada di kemasan Biskuat. Cukup ketik “DAFTAR”, dan ikuti instruksi selanjutnya. Untuk lebih jelasnya simak panduannya berikut ini ya.

Cara mengikuti BISKUAT ACADEMY 2022/ Foto diolah dari BISKUAT ACADEMY menggunakan Canva

Oh ya, dengan mengikuti BISKUAT ACADEMY 2022, anak-anak berkesempatan memenangkan hadiah tur ke stadion sepak bola internasional. Selain itu, ada banyak hadiah menarik lainnya. Wah, anak-anak di BISKUAT ACADEMY 2022 pasti makin semangat berlatih nih.

Seperti anak saya, dia berusaha keras berlatih hanya dengan melihat video dari kelas bola online BISKUAT ACADEMY 2022. Tidak mudah memang. Dia harus berlatih di halaman yang tidak luas, terkadang tanpa ada partner berlatih. Saat asyik latihan, terkadang dia jatuh dan gagal.

Saya lantas mengajaknya menonton video tentang seorang pelatih yang membuat perubahan. Melihat video itu, saya merinding. Anak-anak dengan mimpi yang dirasa kecil karena keterbatasan yang dimiliki, menjelma jadi mimpi besar. Momen yang mengharukan dan bikin semakin merinding adalah ketika mimpi besar anak-anak itu terwujud.

Di balik terwujudnya mimpi anak-anak itu ada sosok pelatih yang tak lelah memberikan dukungan. Tak cuma melatih kemampuan anak-anak, tapi juga membangkitkan dan mengasah inner strength mereka. Melihat video itu, anak saya juga semakin termotivasi meraih mimpinya.

Mama penasaran dengan videonya? Yuk ditonton di sini bersama si kecil.

“Jika satu orang bisa membuat perubahan, bayangkan perubahan yang satu bangsa wujudkan.” Begitu kalimat yang tertera di video Pelatih yang Membuat Perubahan.

Wah, sebagai orang tua sekaligus anggota masyarakat, saya jadi terpanggil untuk turut membuat perubahan. Ya, meski perubahan kecil dan sederhana. Sesimpel mendaftarkan anak ke BISKUAT ACADEMY 2022. Simak gambar berikut ini untuk mendapat gambaran keuntungan yang bakal didapat dengan mengikuti BISKUAT ACADEMY 2022.

Penutup

Setiap anak memiliki keunikan dan potensi yang berbeda-beda. Potensi dan bakat yang terasah dengan baik, suatu saat bisa mengantarkan anak di gerbang kesuksesan.

Untuk meraih mimpi, menggapai kesuksesan, dan menaklukkan tantangan dalam hidup, perlu mental yang kuat. Inner strength inilah yang harus terus dilatih agar terinternalisasi menjadi karakter yang kuat.

Saya yakin, BISKUAT ACADEMY 2022 bisa jadi salah satu kesempatan terbaik untuk menggali potensi dan mengembangkan inner strength anak. Semoga kegiatan ini menjadi salah satu anak tangga untuk mendekatkan anak pada mimpinya. Aamiin.

Inner strength
Pentingnya kekuatan baik dari dalam/ Ilustrasi diolah menggunakan Canva

Referensi

ibuibudoyannulis.com, BISKUAT ACADEMY 2022, diakses pada 9 November 2022.

Siaran Pers Mondelez Indonesia. Wujudkan Mimpi Anak Indonesia menjadi Lebih Besar, Biskuat Kembali Hadirkan BISKUAT ACADEMY 2022

indiaparenting.com, How to Boost Inner Strength of Children?, https://www.indiaparenting.com/how-to-boost-inner-strength-of-children.html, diakses pada 9 November 2022.

Rick Hanson Ph.D.,Grow Inner Strengths, https://www.psychologytoday.com/us/blog/your-wise-brain/201410/grow-inner-strengths, diakses pada 9 November 2022.

afineparent.com, How to Raise Kids With Virtually Indestructible Inner Strength, https://afineparent.com/strong-kids/inner-strength.html, diakses pada 9 November 2022.

5 Comments
  1. Untari says

    biskuat academy keren banget ternyata, bisa memfasilitasi anak-anak yg punya minat dan bakat dalam hal sepakbola ya,

  2. Tri Ayu Andani Nasution says

    Simpan dulu infonya buat nanti kalo udah punya anak. Hihi

  3. aliyatus sa'diyah says

    keren ya programnya biskuat academy gak kaleng kaleng programnya bagus nih buat anak

  4. Imawati Annisa says

    Bagus sekali program dari Biskuat yang sangat aware dengan perkembangan inner strength anak. Biskuat Academy juga menghadirkan pelatih yang udah pro yaa, keren!

  5. Duwi Lestari says

    Insya Allah mau nyoba, siapa tau program ini bener bener bisa membantu mengembangkan inner strength anak anak yaa

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com