Jurus Jitu Hempas Masuk Angin agar Keluarga tetap Bugar dan Ceria

Sudah beberapa hari Ramadan 2022 berlalu. Ada rindu pada bulan itu yang perlahan menyusup kalbu. Bulan yang penuh berkah dan kisah. Nah, saya mau cerita pengalaman kami sekeluarga yang masuk angin saat akhir Ramadan, nih.

Waktu itu sekitar tiga hari menjelang mudik ke kampung halaman. Si Sulung mengeluh perutnya kembung. Suami mengeluh kedinginan dan pegal-pegal. Sedangkan saya merasa kepala ini begitu berat. Pokoknya kami bertiga tidak enak badan. Duh, sepertinya kami masuk angin.

Masuk angin memang tidak dikenal dalam medis. Ini hanyalah istilah di masyarakat untuk menyebut kondisi tidak enak badan. Biasanya rasa tidak enak badan ini merupakan gejala common cold atau selesma. Selesma mirip dengan influenza. Hanya saja gejala selesma biasanya lebih ringan ketimbang influenza.

Kenali Gejala Masuk Angin

Gejala masuk angin/ Foto: Canva

Mama dan keluarga pernah merasakan masuk angin juga? Untuk lebih mengetahui kondisi badan kita, yuk cari tahu gejala masuk angin yang umum dirasakan.

Dari artikel yang saya baca di Kompas, spesialis penyakit dalam dari Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk, dr. Mulia Sp. PD mengatakan masuk angin adalah kumpulan gejala dari suatu penyakit. Gejala-gejala tersebut antara lain:

– Badan pegal

– Perut kembung

– Sering buang angin atau sendawa

– Mual

– Batuk

– Pilek

– Demam

– Menggigil

Biasanya, saat tubuh kelelahan, kita akan lebih mudah merasakan gejala-gejala tersebut. Saat Ramadan beberapa waktu lalu, kami memang kelelahan. Pekerjaan suami sedang banyak-banyaknya menjelang libur Idul Fitri.

Anak saya sedang banyak kegiatan di sekolah. Sedangkan saya sendiri merasa lebih lelah karena sering begadang. Maklum, kala itu pekerjaan lepas yang digeluti sedang deadline. Belum lagi harus mengerjakan pekerjaan domestik.

dr. Mulia bilang masuk angin disebabkan oleh daya tahan tubuh yang menurun. Dalam beberapa kasus bisa jadi juga pertanda penyakit serius. Namun, umumnya, masuk angin bisa sembuh dengan cepat, apalagi bila diatasi dengan cara tepat.

Cara Jitu Atasi Masuk Angin

Ketika seisi rumah mengalami masuk angin, saya selalu menggelar sejumlah “ritual”. Berikut ini “ritualnya”.

1. Memperbanyak Istirahat

Tubuh yang pegal, kepala dan area sekitar leher yang terasa berat, serta perut yang tidak nyaman sering kali muncul karena tubuh merindukan kasur. Merebahkan diri di tempat tidur akan membuat tubuh relaks.

Agar nyaman saat istirahat, tempat tidur harus bersih dan wangi. Saya semprotkan dulu pengharum dengan aroma menenangkan ke seprai. Meneteskan minyak atsiri ke beberapa sudut kamar juga dilakukan agar sesi istirahat semakin nyaman.

Selain itu, sebisa mungkin menjauhkan hal-hal yang mengganggu waktu istirahat. Misalnya nih, menjauhkan ponsel sesaat agar tidak terganggu dengan denting notifikasi.

Jadi, setelah selesai salat tarawih saya ajak anak dan suami langsung masuk kamar. Biarkan tubuh mendapatkan haknya untuk beristirahat secara layak.

2. Makan Sup Ayam Hangat untuk Usir Masuk Angin

Sup ayam hangat yang bisa menghangatkan badan/ Foto: Canva

Saat masuk angin melanda, sup ayam hangat selalu jadi menu masakan andalan di keluarga kami. Kuah hangatnya yang gurih terasa menjalar di seluruh tubuh. Efek hangat sup ayam memberikan rasa nyaman.

Apalagi, laporan tahun 1998 dari Coping with Allergies and Asthma menemukan kaldu dapat meningkatkan fungsi rambut-rambut kecil di hidung dalam mencegah virus penyakit masuk ke tubuh.

Daging ayam kaya akan senyawa carnosine. Menurut penelitian, senyawa ini membantu mengurangi rasa tersumbar di hidung dan tenggorokan. Carnosine diyakini bisa meminimalkan peradangan di saluran pernapasan bagian atas dengan menghentikan migrasi sel darah putih.

Gelatin, glukosamin, dan kondroitin di daging ayam yang dilepaskan ke dalam kaldu memiliki manfaat luar biasa. Kandungan tersebut bisa membantu memperbaiki dan membangun kembali jaringan ikat dan mengurangi peradangan. Tubuh pun jadi lebih cepat pulih.

Bumbu sup ayam seperti bawang merah dan bawang putih, serta sayuran yang ditambahkan mengandung fitonutrien. Kandungan ini penting untuk sistem kekebalan, serta membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Memahami manfaat sup ayam yang luar biasa ini, selama beberapa hari saya masak menu ini. Agar tidak bosan, sayuran tambahannya diganti-ganti.

3. Kerokan

Siapa yang sering mengandalkan kerokan saat masuk angin? Toss bagi yang suka kerokan. Ternyata cara tradisional ini memang terbukti ada khasiatnya lho.

Prof. Dr. dr. Didik Gunawan Tamtomo, PAK, MM, MKes, seorang guru besar di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo pernah melakukan penelitian manfaat kerokan di tahun 2003-2005.

Kata Prof. Didik, kerokan bisa meningkatkan kadar beta endorfin secara drastis. Inilah alasan timbulnya rasa nyaman, tenang, dan enak badannya setelah kerokan. Bahkan orang yang telah dikerok juga bisa tidur lebih nyenyak.

Kerokan juga bisa menurunkan kadar prostaglandin akibat penekanan beta endorfin. Prostaglandin adalah senyawa lemak dari asam lemak melalui proses enzimatik yang bikin tubuh terasa nyeri.

Oh ya, saya biasanya menggunakan koin yang memang dikhususkan untuk kerokan. Jadi koinnya tidak serta merta diambil dari dompet setiap kali akan kerokan. Ini dilakukan untuk menjaga kebersihan koin dan menghindari kuman penyakit yang bisa menempel di kulit. Jika sudah selesai kerokan, koin dicuci menggunakan sabun, dikeringkan, lalu disimpan dengan baik.

4. Minum Air Putih Hangat untuk Usir Masuk Angin

air putih
Air putih hangat bisa memberikan rasa nyaman di tenggorokan/ Foto: Canva

Sebenarnya tidak banyak bukti ilmiah yang menyebut minum air putih hangat mujarab mengatasi masuk angin. Hanya saja menurut tulisan di situs Cleveland Clinic, minum air hangat atau air panas bisa membuat saluran pencernaan sedikit relaks. Saat minum air panas, uap yang naik ke saluran hidung bisa sedikit meredakan hidung tersumbat.

Minum air hangat juga memberikan efek yang menenangkan, sehingga bisa membuat kami sekeluarga merasa nyaman. Hangatnya air tersebut juga membuat tenggorokan lebih lega.

5. Minum Antangin

Saya selalu menyediakan Antangin di rumah untuk membantu menjaga kesehatan keluarga. Bukan hanya saya dan suami saja yang mengonsumsi, anak saya yang usianya tujuh tahun pun turut meminumnya. Ya, Antangin adalah sirup herbal yang bisa membantu mengatasi masuk angin.

Agar stok Antangin di rumah tidak rusak, saya selalu menyimpannya di suhu ruangan, jauh dari paparan sinar matahari langsung. Stok Antangin juga dipastikan berada di tempat yang tidak lembap.

Selain untuk mengatasi masuk angin, Antangin juga bisa diandalkan untuk mengatasi sakit perut karena pengaruh makanan, mabuk perjalanan, kecapekan, maupun kurang tidur. Saya sering mengalami ketidaknyamanan perut kala menghadapi deadline pekerjaan. Ini karena saya sering harus begadang untuk menyelesaikan pekerjaan. Untung selalu ada Antangin, sehingga rasa tidak nyaman di perut bisa diatasi.

Di kotak obat, selalu bersemayam Antangin JRG dan Antangin Habbatussauda. Ada yang sama dengan saya? Toss lagi yuk! Sekarang kita ulik bersama fakta-fakta di balik Antangin agar makin mantap menggunakan produk ini sebagai andalan saat masuk angin melanda.

Fakta Antangin JRG

Manfaat kandungan Antangin JRG

Antangin JRG dibuat dari bahan-bahan alami yang telah terbukti khasiatnya. Berikut ini manfaat dari bahan-bahan yang terkandung dalam Antangin JRG.

  • Jahe merah: menghangatkan Badan, mengobati sakit kepala, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi batuk, mengatasi mual, dan meningkatkan nafsu makan.
  • Jahe emprit: meningkatkan imunitas, antimual, antiinflamasi, dan meredakan nyeri di otot.
  • Panax Gingseng Redix: meningkatkan stamina tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu proses pemulihan setelah sakit.
  • Pepermint: mengatasi tidak nyaman pada perut, mengurangi sakit kepala dan tegang pada otot, membantu melegakan pernapasan, serta meningkatkan energi.
  • Royal Jelly: antibakteri, antioksidan, dan anti-inflamasi.

Fakta Antangin Habbatussauda

Kandungan Hebat Antangin Habbatussauda

antangin
Antangin Habbatussauda/ Foto: Nurvita Indarini

Antangin Habbarussauda terbuat dari 100 persen bahan alami dan telah tersertifikasi halal. Berikut ini beberapa manfaat hebat kandungan alami dalam Antangin Habbatussauda:

  • Habbatussauda: meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi sakit kepala, meredakan hidung tersumbat, meringankan perut kembung dan masalah pencernaan lainnya.
  • Meniran: menstimulasi sistem kekebalan tubuh
  • Jahe: meredakan mual dan perut kembung, mengatasi pegal
  • Daun sembung: mencegah pembentukan gas di pencernaan, mengatasi perut kembung, membantu mengencerkan lendir di hidung dan tenggorokan.
  • Daun mint: meredakan keluhan gas berlebihan di perut, meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Biji pala: mengatasi masalah pencernaan, membuat tidur lebih nyenyak, merupakan antibiotik alami.
  • Kunir: meningkatkan daya tahan tubuh, mengatasi perut kembung.
  • Akar Manis: melancarkan saluran pernapasan, meringankan gangguan pencernaan.
  • Madu: Menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan imunitas, energy booster, membuat tidur makin nyenyak.

Kesehatan Selama Ramadan Terjaga, Lebaran Makin Bahagia

Begitu keluhan masuk angin dirasakan, saya dan suami langsung mengonsumsi Antangin. Suami pilih Antangin JRG, sedangkan saya Antangin Habbatussauda. Rasa Antangin JRG ada sedikit pahit, manis, dan semeriwing. Usai minum Antangin JRG, terasa sekali hidung dan tenggorokan begitu plong. Sedangkan Antangin Habbatussauda, rasa semeriwing tidak sekuat Antangin JRG. Akan tetapi Antangin Habbatussauda membuat tenggorokan terasa lebih hangat. Sesaat setelah minum Antangin Habbatussauda, saya bersendawa beberapa kali dan kembung di perut pun hilang.

Ditambah istirahat cukup dan asupan bergizi, masuk angin langsung kabur terbirit-birit. Kepala yang tadinya terasa berat perlahan membaik. Antangin mengenyahkan masuk angin dengan cara menyenangkan.

Konsumsi Antangin disesuaikan dengan dosisnya, yakni untuk dewasa adalah tiga kali sehari, masing-masing satu sachet. Untuk anak saya, dosis minum Antangin-nya adalah tiga kali sehari, masing-masing setengah sachet.

Cara konsumsi Antangin:

– Diminum langsung sesudah makan

– Dicampur dengan teh hangat

Alhamdulillah kami bisa menjalankan ibadah Ramadan dengan baik. Kami pun bisa mudik ke kampung halaman dengan bugar. Saat Lebaran, dengan energi dan kesehatan prima bisa bersilaturahmi ke rumah-rumah kerabat. Tak bisa dibayangkan jika masuk angin bertahan sampai Lebaran, pasti kami lesu dan tak bergairah.

Nah, Ma, jangan lupa juga untuk selalu menyediakan stok Antangin di rumah dan di kotak obat saat perjalanan ya. Kapan pun dan di mana pun, Antangin bisa menghangatkan keluarga dan bikin kita makin bugar. Pokoknya dengan Antangin, wes ewes ewes, bablas angine!

Referensi:

Kompas. 5 Cara Efektif Atasi Masuk Angin Tanpa Obat, diakses pada 13 Mei 2022.

BBC Goodfood. Will chicken soup really cure your cold? diakses pada 13 Mei 2022.

detikHealth. Badan Terasa Nyaman Usai Kerokan? Ini Sebabnya, diakses pada 13 Mei 2022.

Cleveland Clinic. Are There Health Benefits to Drinking Hot Water? diakses pada 13 Mei 2022.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com