KRAFT Crolette, Menu Buka Puasa Praktis dan Bernutrisi

Assalamualaikum, Mama, ada yang sedang mencari ide menu buka puasa untuk keluarga? Sudah pernah coba bikin KRAFT Crolette, belum? Jika belum, Mama wajib banget membuatnya untuk sajian buka puasa. Dijamin semua anggota keluarga menyukainya.

Apa sih KRAFT Crolette? Ini adalah singatan dari crown omelette alias omelette yang memiliki mahkota. Makanan ini dibuat hanya dari dua bahan saja, yakni telur dan keju KRAFT Cheddar. Paduan bahan-bahan ini menciptakan makanan yang cantik dilihat, enak dirasa, dan sudah pasti bernutrisi. Penasaran cara membuatnya? Terus baca tulisan ini sampai selesai ya, Ma.

Resep KRAFT Crolette

KRAFT Crolette
Crolette enak dinikmati selagi hangat/ Foto Nurvita Indarini

Yuk, disiapkan bahan-bahannya. Setelah itu, langsung eksekusi di dapur ya.

Bahan:
2 butir telur
KRAFT Cheddar (saya pakai kemasan 30 gram)
Sedikit garam
Sedikit merica

Cara membuat:

  1. Kocok telur yang telah diberi garam dan merica, lalu tuangkan ke pan dengan sedikit minyak. Kalau ingin menambahkan sayur atau sosis sebagai isian, bisa juga, lho.
  2. Lipat telur, sisihkan setelah matang.
  3. Taruh KRAFT Cheddar parut di pan antilengket yang kering, kemudian nyalakan kompor.
  4. Taruh telur dadar yang tadi dibuat di tengah pan, di atas keju.
  5. Setelah dua menit, angkat, tegakkan keju di sisi kanan dan kiri telur sehingga menyerupai crown atau mahkota.
  6. Sajikan.

Untuk lebih jelasnya, simak cara membuatnya di video berikut ini.

Rahasia Bikin KRAFT Crolette Antigagal ala Saya

Bikin KRAFT Crolette memang simpel, tapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar sukses. Nah, ini saya bagikan beberapa tips membuat KRAFT Crolette antigagal, seturut pengalaman saya ya.

1. Wajib Pakai KRAFT Cheddar

KRAFT Cheddar
KRAFT Cheddar, kunci sukses pembuatan Crolette/ Foto: Nurvita Indarini

Salah satu rahasia kesuksesan membuat KRAFT Crolette terletak pada kejunya. Jadi, kita wajib banget pakai KRAFT Cheddar. Saya coba pakai keju lain ternyata hasilnya tak seperti yang diharapkan.

KRAFT Cheddar yang memiliki kandungan tinggi kalsium dan protein membuat bentuk crown sempurna. Crown juga tidak mudah patah pada saat dipanaskan.

Selain itu KRAFT Crolette yang terbuat dari keju KRAFT Cheddar memiliki cita rasa lebih nikmat. Kejunya gurih spesial dan memiliki tekstur lembut. Hasil parutannya lebih kering, dan ketika dipanggang warnanya lebih keemasan. Inilah yang membuat KRAFT Crolette terlihat lebih cantik.

Keunggulan KRAFT Cheddar

KRAFT Cheddar
KRAFT Cheddar benar-benar keju/ Foto: Nurvita Indarini

KRAFT Cheddar adalah keju yang wajib distok di rumah. Anak-anak suka sekali makan keju, jadi makanan apa pun sering kali ditaburi keju. Bahkan anak sulung saya sering memotong sendiri KRAFT Cheddar jadi potongan-potongan kecil, lalu dicamil sambil membaca buku.

Kenapa pilih keju KRAFT Cheddar? Ini karena KRAFT Cheddar memiliki beberapa keunggulan yang bikin saya makin tenang saat menghidangkannya untuk keluarga.

  1. Bahan utamanya keju

Agar tak salah pilih keju, saya selalu memastikan menggunakan kriteria #KejuAsliCheck. Nah, KRAFT Cheddar benar-benar keju asli. Hal itu terlihat dari komposisi di kemasan tercantum keju sebagai bahan baku di urutan pertama, bukan air atau tepung.

Baca tulisan ini juga yuk: Kampanye #KejuAsliCheck, Panduan Pilih Keju Cheddar Asli Bernutrisi

  1. Dilengkapi nutrisi Calcimilk

KRAFT Cheddar memiliki klaim nutrisi pada kemasan. Perhatikan kemasannya deh, Ma, terdapat informasi kandungan Calcimilk. Kandungan inilah yang membuat KRAFT Cheddar tinggi kalsium, protein, dan vitamin D.

  1. Rasanya benar-benar enak

Rasa keju KRAFT Cheddar benar-benar beda dari yang lain. Gurihnya khas dan bikin lidah menari-nari. Ini karena KRAFT Cheddar dibuat dari keju asli tanpa perisa tambahan. Tekstur kejunya juga lembut sehingga seperti meleleh di mulut.

2. Gunakan Keju dengan Takaran Pas

KRAFT Cheddar parut/ Foto: Nurvita Indarini

Agar KRAFT Crolette terbentuk sempurna, pastikan menggunakan keju dengan takaran pas. Jika terlalu sedikit, crown akan lemah sehingga sulit untuk tegak lebih sempurna. Sebaliknya, jika terlalu tebal akan membuat lebih sulit kering. KRAFT Cheddar ukuran 30 gram ini nih yang paling pas.

Keju sebaiknya disebar secara merata di atas pan agar crown nantinya tidak tebal sebelah. Gunakan tangan untuk membantu meratakan keju, dengan cara mencubit keju yang terlalu menumpuk di satu sisi untuk dipindahkan ke bagian lain.

3. Ukuran Pan

Pan antilengket untuk membuat crolette/ Foto: Canva

Ukuran pan, bagi saya berpengaruh dalam kesuksesan membuat KRAFT Crolette. Jika pan terlalu besar, kita akan kesulitan mengontrol telur dan kejunya. Jadi, saya memilih menggunakan pan kecil agar lebih mudah mengontrol isinya. Oh ya, jangan lupa api yang digunakan sedang cenderung kecil saja.

4. Waktu yang Pas Saat Mengangkat

Proses membalik crolette/ Foto: Nurvita Indarini

Hal krusial lainnya adalah perlunya memerhatikan waktu yang pas saat mengangkat Crolette. Setelah dua menit, umumnya crown mulai berubah warna menjadi keemasan. Jangan mengangkat Crolette ketika keju masih berwarna keputihan alias belum terlalu kering.

Saat diangkat di waktu yang tepat, yakni ketika warna keju mulai berwarna keemasan, crown lebih kuat. Pada saat dibentuk, crown tidak akan patah saat sedikit ditekuk.

Alasan KRAFT Crolette Bisa Jadi Menu Andalan Keluarga

KRAFT Crolette
KRAFT Crolette yang ini mahkotanya terbalik/ Foto: Nurvita Indarini

Saya sudah beberapa kali bikin KRAFT Crolette untuk sajian keluarga. Ini benar-benar menu andalan untuk berbuka puasa. Bahkan sering kali saat sahur pun anak saya minta dibuatkan Crolette.

Ini dia alasan yang bikin KRAFT Crolette jadi menu andalan keluarga:

  1. Simpel
    KRAFT Crolette cocok bagi para Mama yang anti ribet-ribet club seperti saya. Cara membuatnya simpel, bahannya pun simpel. Tidak butuh waktu lama pula untuk membuatnya.
  2. Kaya nutrisi
    KRAFT Crolette adalah sajian yang kaya nutrisi, karena terbuat dari bahan-bahan bernutrisi. Hidangan yang cocok untuk memenuhi kebetuhan nutrisi keluarga, apalagi anak-anak.
KRAFT Cheddar
Informasi nilai gizi KRAFT Cheddar/ Foto: Nurvita Indarini

Keju KRAFT Cheddar terbuat dari bahan baku yang tinggi kalsium, protein, dan vitamin D. Sedangkan telur sudah lama dikenal sebagai pangan yang kaya protein, vitamin, dan nutrisi lainnya.

Telur cepat dicerna dan bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan asam lemak omega 3, vitamin B, dan ionida di telur juga mampu mengurangi rasa lelah, letih, dan lesu. Jadi, setelah puasa seharian, buka puasa dengan Crolette bisa bikin suasana hati lebih baik dan lelah pun sirna seketika.

Dalam satu menu Crolette mampu memenuhi kebutuhan 50 persen kebutuhan protein harian dan 40 persen kebutuhan kalsium. Menu ini cocok juga dimakan saat sahur karena protein membantu tubuh kenyang lebih lama.

  1. Menggugah selera

KRAFT Crolette terbukti enaknya. Setiap kali saya bikin menu ini, wangi telur dadar yang disusul keju panggang seketika memenuhi rumah. Aroma ini mengundang anak-anak dan suami untuk mendatangi saya di dapur.

“Wangi banget, bikin Crolette ya, Ma? Yeaay, makanan buka puasanya enak banget,” seru si sulung kegirangan.

Telur dadarnya lembut, dipadu dengan crown keju dari KRAFT Cheddar yang gurih dan crunchy. Mmm, benar-benar menggugah selera.

KRAFT Crolette
Crolette yang simpel, enak, praktis, bernutrisi/ Foto: Nurvita Indarini

Itulah rekomendasi resep menu buka puasa yang bernutrisi dan simpel untuk keluarga. Yuk, Ma, coba juga resep KRAFT Crolette. Pasti keluarga suka dan Mama makin disayang. Selamat mencoba!

Referensi:

Siaran Pers Mondelez Indonesia. Dukung Pemenuhan Nutrisi Buah Hati, KRAFT Luncurkan #KejuAsliCheck

WebMD. Good Eggs: For Nutrition, They’re Hard to Beat, diakses pada 11 April 2022.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com