Berkenalan dengan Robot yang Bisa Bantu Pekerjaan Rumah

Aduh, capek banget mengerjakan pekerjaan rumah yang tiada habisnya. Baru saja ruang tengah selesai dibereskan, gantian ruang tamu yang berantakan. Seandainya ada robot yang bisa meringankan pekerjaan rumah, pasti menyenangkan.

Dream come true! Ternyata memang ada robot yang bisa membantu menyelesaikan pekerjaan rumah. Saya dan si Sulung bertemu dengan robot ini di Telkom Digital Experience (TDX). Namanya Zenbo.

Robot
Zenbo yang pintar/ Foto: Instagram @telkomdigitalexperience

Zenbo merupakan robot yang dapat membantu aktivitas di rumah seperti memutar musik dan pengingat janji. Dia juga bisa menjadi teman bercerita untuk anak. Zanbo dilengkapi teknologi Artificial Intelligent yang dapat menjalankan perintah melalui suara dan identifikasi wajah.

Lucu deh robotnya. Kepalanya oval, dilengkapi sepasang mata bulat besar. Fitur itu membuat Zenbo terlihat imut, polos, dan menggemaskan. Apalagi dutambah badannya yang bulat seperti bola. Duh, ingin membawa pulang Zenbo nih.

Zenbo bukan satu-satunya robot yang ada di TDX. Masih ada beberapa robot dan teknologi canggih masa depan yang bisa kita lihat dan rasakan di sini. Penasaran dengan TDX?

TDX, Wahana Teknologi Masa Depan

TDX merupakan sebuah tempat yang memberikan pengalaman berupa teknologi baru di masa depan. Di sini, kita bisa merasakan seperti apa sih gaya hidup digital di masa depan.

TDX dikembangkan oleh Telkom. Lokasinya berada di Telkom Landmark Tower, Jl. Gatot Subroto, Jakarta. TDX mengintegrasikan berbagai implementasi Information Communication Technology (ICT) di berbagai tempat seperti rumah, kantor, bahkan untuk kepentingan hiburan.

Berbagai teknologi yang ditampilkan di TDX menunjukkan bahwa di masa depan ICT bisa mendukung gaya hidup, menciptakan produktivitas kerja, dan meningkatkan kualitas hidup.

Keseruan di TDX

Saat berkunjung ke TDX beberapa waktu lalu, anak saya bersemangat sekali. Buat anak-anak, segala hal terkait robot yang canggih tentu menarik perhatian. Berikut ini beberapa keseruan yang bisa dinikmati di TDX.

1. Bermain Galaxy Marbles

Keseruan bermain Galaxy Marbles di Telkom Digital Experience/ Foto: Instagram @telkomdigitalexperience

Main game adalah aktivitas yang disukai banyak orang. Di TDX, pengunjung bisa mencoba bermain Galaxy Marbles yang tidak biasa.

Kenapa tidak biasa? Soalnya game interaktif ini diproyeksikan di dinding. Nah, anak-anak tinggal menyentuh dinding layaknya layar touch screen untuk bermain. Keren dan seru ‘kan?

2. Belajar Melalui Finding Object

Lagi-lagi dinding menjadi media untuk belajar dengan cara menyenangkan. Game finding object dihadirkan dengan cara memproyeksikan gambar di dinding. Selanjutnya perlu kejelian untuk menemukan sesuatu di game ini.

3. Trivia Quiz tentang Bumi dan Antariksa

Quiz tentang bumi dan antariksa yang seru/ Foto: Instagram @telkomdigitalexperience

Menyukai hal-hal yang berkaitan dengan antariksa? Jangan lewatkan trivia quiz tentang Bumi dan antariksa di TDX. Quiz ini dikerjakan dengan cara menyentuh jawaban yang ada di dinding interaktif.

4. Virtual Reality Games

Di TDX juga ada virtual reality games yang seru. Adanya perangkat KAT WALK memungkinkan penggunanya untuk bergerak seperti berjalan, melompat, menunduk, dan menembak. Semua gerakan telah disinkronisasi secara otomatis melalui sensor ke dalam video game.

Menjajal Kecanggihan Robot Masa Depan

Selain Zenbo, beberapa robot pintar bisa dijajal kebolehannya oleh pengunjung TDX. Siapa saja? Yuk, kenalan satu demi satu.

1. Robotic Vacuum Cleaner

Robot
Robotic vacum cleaner/ Foto: Instagram @telkomdigitalexperience

Vacuum cleaner ini bisa mendeteksi dan membersihkan kotoran hingga di tempat yang sulit terjangkau. Menggunakan perintahsuara, sensor yang ada pada robot bisa mengatur sendiri pekerjaan di waktu tertentu. Kehadiran robotic vacuum cleaner akan membuat rumah bersih, harum, dan higienis.

2. Lynx, Robot yang Bisa Bernyanyi

Lynx adalah Intelligent Humanoid Robot yang dapat melakukan gerakan yoga, bernyanyi, dan menari. Tak cuma itu, Lynx juga bisa mengingatkan agenda dan event penting, informasi cuaca, memberi tahu rute tercepat, juga menyampaikan hasil pertandingan olah raga favorit.

Lynx dilengkapi mikrofon dan camera canggih. Robot ini dapat merespons berbagai perintah suara dan terkoneksi langsung dengan smartphone.

3. Lengan Robot

Lengan robot berukuran besar ini bisa diprogram untuk mendukung pekerjaan manusia dengan konsistensi dan ketelitian tinggi. Faktor keamanan tentu menjadi hal utama yang dikedepankan dalam tugas robot ini.

Keberadaan lengan robot bisa membantu produksi barang secara massal yang memerlukan standar ketelitian dan kualitas tinggi. Misalnya saja industri perakitan komponen otomotif. Dengan begitu, proses produksi juga akan berlangsung lebih cepat.

4. Alexa

Selain Lynx, ada juga robot lucu bernama Alexa yang bisa kita “suruh-suruh”. Misalnya nih, saat akan mematikan televisi, tinggal perintahkan saja Alexa untuk melakukannya.

“Alexa, switch off the television.” Dengan patuh, Alexa akan melakukannya. Seru deh memerintah robot. Kata anak saya, dengan adanya robot kita nggak perlu khawatir akan melukai perasaannya saat menyuruhnya bekerja keras.

“Soalnya robot nggak punya perasaan,” bisiknya. Hi-hi-hi.

Seru sekali main-main di TDX. Buat anak saya bisa mendorong rasa ingin tahunya terhadap berbagai hal terkait teknologi di masa depan. Asyiknya lagi, untuk bisa merasakan pengalaman canggih masa depan TDX tidak dipungut biaya alias gratis.

Pengunjung hanya perlu melakukan reservasi di www.tdx.co.id. Setelah itu tunggu instruksi selanjutnya. Sayangnya karena pandemi Covid-19, saat ini TDX masih menutup layanannya. Instagram TDX pun sudah lebih dari satu tahun tidak aktif. Semoga pandemi segera berlalu, sehingga kita bisa kembali merasakan kemajuan teknologi masa depan di TDX.

Jika ingin jalan-jalan di Jakarta, bisa mampir juga ke Taman Ismail Marzuki (TIM). Saat ini TIM sedang direvitalisasi. Yuk, kenali spot menarik di TIM: Yuk ke Taman Ismail Marzuki, Ini Dia Spot-spot Menariknya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com