Yuk ke Taman Ismail Marzuki, Ini Dia Spot-spot Menariknya

Taman Ismail Marzuki (TIM) berbenah. Ia siap tampil dengan wajah barunya. Harapannya, bakal muncul TIM urban tourism. TIM yang baru punya sejumlah daya tarik. Cari tahu yuk spot-spot menariknya.

Bicara TIM, ingatan saya selalu melayang ke beberapa tahun lalu, saat diri ini masih agak muda. Beberapa kali setelah pulang kerja, selalu melangkahkan kaki ke TIM. Ya, bagi saya dan teman-teman TIM adalah meeting point yang selalu melekat di benak.

Seiring waktu berlalu, TIM kehilangan beberapa fungsinya. Untuk mengembalikan fungsi TIM sebagai taman terbuka publik, tempat pusat kesenian dan kebudayaan, serta edukasi, revitalisasi pun dilakukan.

Beberapa gedung di kawasan TIM direnovasi. Misalnya saja Gedung Graha Bakti Budaya (GBB), Teater Arena, museum, galeri, perpustakaan, pioskop, area kuliner, dan planetarium. Masjid Amir Hamzah juga direlokasi nih.

Saat ini. TIM belum menerima kunjungan secara massal. Hanya saja setiap Kamis sore, TIM membuka kunjungan untuk umum. Kegiatan yang merupakan bagian dari persiapan TIM urban tourism. Agar bisa diundang hadir dalam kunjungan, kita perlu mengisi formulir registrasi di sini.

Semoga pandemi segera berlalu, revitalisasi selesai, dan TIM segera menerima kunjungan seperti biasa. Sebetulnya banyak tempat di TIM yang instagramable. Hanya saja kali ini, saya hanya memilih lima spot menarik di TIM.

1. Masjid Amir Hamzah di Kawasan Taman Ismail Marzuki

Masjid Amir Hamzah yang sejuk/ Foto: Instagram @wajahbaru_tim

Jika kelak berkunjung ke TIM, Mama akan mendapati Masjid Amir Hamzah yang sejuk dan menyejukkan. Kesan modern, minimalis, tetapi tetap mengandung unsur seni dan ramah lingkungan sangat kuat.

Di bagian atapnya terdapat tanaman lovegrass. Sedangkan di sekitarnya ada taman seluas 470 meter persegi. Pepohonan membuat taman tersebut terasa asri dan adem.

Sisi menarik lainnya dari masjid ini adalah keberadaan kolam yang mengelilingi areal Masjid Amir Hamzah. Di kolam tersebut ada ribuan ekor ikan yang dibudidayakan.

Lokasinya di antara Gedung Teater Jakarta TIM, Graha Bhakti Budaya, dan Kampus Institut Kesenian Jakarta. Luas masjid dan plaza salat adalah 800 meter persegi. Masjid ini bisa menampung 250 jemaah.

2. Gedung Panjang

Gedung Panjang yang ikonik/ Foto: Instagram @wajahbaru_tim

Spot menarik lainnya adalah Gedung Panjang yang bangunanya terinspirasi lagu Rayuan Pulau Kelapa ciptaan Ismail Marzuki. Ada bagian gedung yang terlihat seperti berundak-undak. Itulah gambaran not balok di beberapa lirik Rayuan Pulau Kelapa.

Gedung Panjang juga representasi dari kapal Pinisi yang legendaris. Gedung ini juga terinspirasi rumah panggung, yang merupakan salah satu bangunan khas Indonesia.

Berfoto dengan latar belakang Gedung Panjang sepertinya bakal keren sekali ya!

3. Planetarium dan Pusat Latihan Seni

Planetarium dengan wajah barunya/ Foto: Instagram @wajahbaru_tim

Planetarium adalah salah satu spot di TIM yang digandrungi masyarakat dari berbagai usia. Pasalnya luar angkasa selalu menyimpan banyak misteri. Di sini kita bisa mengajak anak untuk mengikuti pertunjukkan luar angkasa. Seru sekali.

Planetarium merupakan salah satu bangunan di kawasan TIM yang direnovasi. Kelak di gedung ini tidak hanya tentang edukasi luar angkasa, melainkan juga menjadi pusat latihan seni.

Kubah khas planetarium tidak akan dihilangkan. Interiornya pun tidak akan jauh bebeda. Nah, di area lantai dua, akan hadir Museum Ismail Marzuki. Ruang-ruang latihan seni serta galeri-galeri seni juga ada di sini, misalnya latihan balet dan latihan teater.

4. Graha Bakti Budaya

Gedung teater yang lebih modern dengan fasilitas lebih lengkap/ Foto: @wajahbaru_tim

Spot menarik lainnya di TIM adalah gedung teater Graha Bhakti Budaya. Gedung yang lama telah dihancurkan, kemudian di lokasi yang sama dibangun lagi bangunan dengan arsitektur lebih modern.

Fasilitas pendukung di dalamnya pun ditingkatkan dan dimodernisasi. Harapannya dari ruangan-ruangan di sini bisa disaksikan pertunjukan teater dan seni yang lebih baik.

Dilihat dari maket desain gedungnya sih bakalan bagus banget. Jadi nakin penasaran dengan interior gedungnya juga. Kalau lihat gedung teater yang ciamik, saya selalu ingat komik Bidadari Merah. Komik itu menceritakan gadis yang sangat mencintai pertunjukan teater dan selalu berlatih untuk bisa menjiwai perannya dengan baik. Makanya saya juga antusias kalau nonton teater di tempat dengan fasilitas memadai. Lebih terbawa alur cerita rasanya.

5. Teater Halaman Taman Ismail Marzuki

Teater Halaman TIM nan asri/ Foto: situs Dinas Kebudayaan Jakarta

Teater Halaman menjadi spot menarik lainnya di TIM. Duh, membayangkannya saja sudah membuat diri ini melesat langsung ke kawasan TIM.

Jadi, Teater Halaman ini berbentuk setengah lingkaran dan dilengkapi tempat duduk yang nyaman. Di sekitar Teater Halaman akan ada kolam resapan dan pepohonan yang rindang. Wah, bakal bikin kegiatan menonton pertunjukkan seni dan budaya lebih nyaman.

Nah, itu dia beberapa spot menarik di TIM yang kelak bisa disambangi. Spot-spot menarik ini merupakan bagian untuk merujudkan TIM urban tourism. Menarik sekali jika nantinya TIM menjadi salah satu tujuan wisata yang lengkap. Semakin nggak sabar nih menunggu revitalisasi TIM selesai. Wajah baru TIM sungguh dinanti.

Referensi

Kumparan. Melihat Pembangunan Teater Halaman Taman yang Ramah Lingkungan di TIM.
https://kumparan.com/kumparannews/melihat-pembangunan-teater-halaman-taman-yang-ramah-lingkungan-di-tim-1v7EOaUnFDz/full diakses pada 9 Desember 2021.

Republika. Arsitektur Masjid Amir Hamzah Menjadi Kebanggaan Jakarta. https://www.republika.id/posts/8212/arsitektur-masjid-amir-hamzah-menjadi-kebanggaan-jakarta diakses pada 9 Desember 2021.

Ayo Jakarta. Planetarium di TIM Cikini Punya Wajah Baru, Warganet Antusias. https://jakarta.ayoindonesia.com/jakarta-pusat/pr-76767401/Planetarium-di-TIM-Cikini-Punya-Wajah-Baru-Warganet-Antusias diakses pada 9 Desember 2021.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com