Mencicipi Pizza Buatan Chef Asli Italia di Jakarta

Ciao! Mama, pernah mencicipi pizza asli Italia? Di Jakarta, ada lho pizza rumahan yang dibikin langsung oleh tangan seorang chef asli Italia.

Baru-baru ini saya mencicipi langsung pizza asli Italia, Ma. Wuih! Ternyata beda banget pizza-nya dengan pizza yang selama ini saya makan dari gerai pizza ternama di Tanah Air.

iL Gusto. Itulah nama tempat yang menjual pizza bikinan asli orang Italia di Jakarta. Ini bukan restoran ya, Ma, melainkan rumah biasa. Yuk, saya ceritakan lebih banyak tentang pengalaman saya makan pizza ala iL Gusto.

Pizza Tipis Khas Italia

Pizza margherita yang saya pesan/ Foto: Nurvita Indarini

Jika terbiasa makan pizza buatan gerai pizza ternama di Negeri ini, agak kaget melihat dan merasakan pizza iL Gusto. Pizza-nya tipis. Jika dinikmati dalam keadaan panas atau hangat, ada sensasi kriuknya.

Pizza dari iL Gusto yang saya pesan kala itu adalah margherita. Kebetulan sedang ada promo. Jika biasanya margherita dibanderol Rp85.000, saat promo hari itu saya hanya membayar Rp59.000 saja. Lumayan ‘kan?

Oke, ayo kita buka kotak pizza-nya. Kotaknya agak basah menandakan pizzanya benar-benar fresh from the oven. Begitu diangkat dari oven, langsung masuk ke kotak.

Hmm, aroma wangi pizza langsung menguar, bikin perut semakin krucuk-krucuk. Di depan mata tersaji pizza dengan tiga warna. Merah dari tomat, putih dari keju, dan butiran kecil-kecil berwarna hijau dari taburan oregano.

Kriuk! Kerenyahan pizza khas Italia segera menyapa di gigitan pertama. Gurihnya keju berpadu dengan segarnya saus tomat merah segar dan oregano. Masya Allah, seenak itu!

Taqi dan Ariq, kedua anak saya, makan pizza tersebut dengan lahapnya. Sekarang makan pizza buatan orang Italia ya, Nak. Kelak jika Allah kasih kesempatan, kita makan pizza langsung di Italia. Aamiin.

iL Gusto, Hidden Gem Pizza Asli Italia

Pizza iL Gusto/ Foto: Nurvita Indarini

Bagi saya iL Gusto itu semacam hidden gem pizza asli Italia di Jakarta. Soalnya iL Gusto bukanlah restoran besar yang mudah ditemukan. Tempatnya berada di kompleks perumahan tanpa ada plang besar.

Lokasi tepat iL Gusto adalah di Tanjung Barat Townhouse Kav.15, Jl. Tanjung Barat Selatan, Jagakarsa, Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Ini merupakan rumah biasa. Penandanya hanyalah plakat kecil bergambar seorang chef, dengan tulisan iL Gusto dan dilengkapi nomor telepon.

Ketika saya datang, seorang pria berwajah Italia menyapa dari balik pintu dengan ramah. Dia lalu memberikan instruksi dalam bahasa Inggris tentang bagaimana cara memesan pizza iL Gusto.

Pria bernama Max itu juga bertanya apakah pizza akan dimakan di tempat atau dibawa pulang. Jika dimakan di tempat, iL Gusto menyediakan meja dan kursi di teras rumahnya. Tidak banyak meja dan kursi yang disediakan, sehingga nggak bisa makan ramai-ramai di tempat.

Oh ya, il gusto artinya rasa. Sebuah kata yang jamak dipakai sebagai nama tempat makan yang menjual makanan Italia. Rasa khas Italia yang autentik memang disajikan oleh iL Gusto. Namun, topping pizza-nya dibikin banyak varian, menyesuaikan dengan selera orang Indonesia.

Tidak hanya enak, pizza yang disajikan iL Gusto dibuat menggunakan tepung non-Genetically Modified Organism (GMO) dan hidrasi lebih dari 80 persen. iL Gusto juga mengklaim pizzanya merupakan alternatif sehat. Nilai gizi tinggi dan gluten rendah menjadi nilai lebihnya. Bagi vegan, pizza iL Gusto cocok banget karena 100 persen vegan.

Aneka Pasta dan Pizza Penggugah Selera di iL Gusto

Tidak hanya pizza, pasta juga menjadi item istimewa iL Gusto. Jika Mama mau beli pizza atau pasta iL Gusto, simak menunya dulu yuk. Beberapa menu ini saya kutip dari katalog iL Gusto.

  1. iL Gusto

Sama dengan nama gerainya, pizza iL Gusto merupakan salah satu andalan dari IiLGusto. Ini merupakan pizza dengan potongan tomat Italia, lelehan keju mozarella, jamur, dan pepperoni di atasnya.

Wait, pepperoni? Biasanya pepperoni dibuat dari pork, lalu bagaimana dengan Il Gusto ini? Aha! Jangan khawatir. iL Gusto menggunakan beef pepperoni yang bersertifikat halal dan memenuhi standard hygiene. Alhamdulillah, nggak khawatir lagi dong ya,

  1. Marinara

Suka pedas? Marinara cocok nih jadi pilihan. Di atas roti yang kering dan kriuk berpadu parsley, bawang putih, oregano, EVO (Extra Virgin Olive oil), dan lada segar.

  1. iL Soprano

Pilihan lainnya adalah iL Soprano, yang di atas roti renyahnya merupakan paduan racikan tomat segar Italia, keju mozarella, dan sosis Italia.

  1. iL Padrino
iL Padrino, pizza bagi penggemar sayuran/ Foto: dok. Pizza iL Gusto

Bagi penyuka sayuran, pizza yang satu wajib dicoba. iL Padrino memadukan bayam, brokoli, dan keju mozarella yang melimpah, paprika segar, serta black olives. Endeeuuzz tuh pastinya.

  1. iL Fungo

Nah, pizza yang ini pasti bakal jadi favorit pecinta jamur. Jamur champignon segar diracik bersama tomat, keju mozarella, parsley, dan black truffle olive oil. Mamma mia! Lezatnya!

  1. iL Tonno

Suka tuna? Pizza iL Tonno adalah pilihan pas. Tuna dipadu dengan tomat segar Italia, keju mozarella, dan bawang bombay. Mmm, membayangkannya saja bikin ngiler.

  1. Penne Alla Parmigiana

Ini adalah penne pasta dengan tomat, terong, bawang, dan parmesan. Kebayang belum gimana nikmatnya?

  1. Spaghetti Alla Bolognese

Spaghetti ini istimewa karena menggunakan saus tomat spesial khas Italia yang dibikin secara homemade. Daging sapi dan parmesan bikin spaghetti ini semakin menggugah selera.

  1. Spaghetti Aglio Olio Peperoncino

Untuk penyuka pedas, iL Gusto punya menu spaghetti pedas. Pasta italia dicampur dengan bawang, EVO, dan peperoncino alias lada segar. Mmm, unik pastinya.

  1. Fusilli al Tonno

Pasta spiral Italia ini disajikan dengan tomat, bawang bombay, dan tuna. Harus mencicipi sendiri agar bisa mendeskripsikan seenak apa sih fusilli yang satu ini.

Cara Memesan iL Gusto Pizza

Chef Max sedang membuat pizza/ Instagram Pizza iL Gusto

Harga pizza dan pasta iL Gusto bervariasi, start from Rp58.000. Harga rata-rata pizzanya Rp99.000 Jika Mama ingin memesan pizza atau pasta di iL Gusto Pizza, ada beberapa cara nih.

  1. Via GoFood

Cari saja Il Gusto Pizza, Tanjung Barat di GoFood. Silakan dilihat menunya, dan pesan deh.

  1. Via WA

Order via WA di nomor berikut ini: 083819191717. Nanti Mama bisa melihat katalog menu di nomor WA tersebut. Selanjutnya admin akan memberikan form pemesanan.

Komunikasi dilakukan menggunakan bahasa Inggris. So, Mama bisa sambil practice English deh. Kalau bisa bahasa Italia, boleh sambil latihan juga he-he.

Saya dulu pernah les bahasa Italia ‘kan, terus niatnya mau sambil latihan gitu pas ketemu Chef Max, eh ingatnya cuma “Grazie” dan “Ciao”. Miris, lalu nangis di pojokan.

  1. Via Instagram

Mama juga bisa order dengan cara mengirimkan pesan ke Instagram Pizza iL Gusto.

Pizza Asli Italia yang Halal

Sebelumnya saya sempat menyinggung pepperoni yang digunakan sebagai topping pizza iL Gusto yang alhamdulillah halal ya, Ma. Ternyata nggak cuma pepperoninya saja yang halal, lho. Semua bahan pembuat pizza yang digunakan Chef Max adalah produk premium dan halal.

Dalam salah satu komentar di Instagram iL Gusto, Chef Max menjelaskan dirinya selalu membaca bismillah sebelum mulai memasak. Harapannya masakan yang dibuatnya akan mendatangkan keberkahan untuk pelanggan dan dirinya. Masya Allah.

Oh ya, anak saya suka banget sama Chef Max yang berasal dari Roma ini. Soalnya orangnya ramah. Orang-orang Italia yang saya temui di berbagai kesempatan memang ramah-ramah sih. Hangat gitu orangnya.

Waktu beli pizza di iL Gusto, Chef Max kasih kue cokelat buat Taqi dan Ariq, masing-masing satu. Sebagai penggemar kue-kuean, happy sekali mereka. Kuenya enak, saya ikut nyicip juga he-he. Nanti kalau ada rezeki, mau pesan varian pizza iL Gusto lainnya.

Allora, vuoi la pizza da iL Gusto? Qual è il tuo gusto di pizza preferito?

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com