Support Sesama Orang Tua Bersama Popmama Parenting Academy 2021

Menjadi orang tua memang tidak mudah. Ada banyak sekali tantangannya. Dalam parenting, terkadang kita terjebak rutinitas dan luka pengasuhan di masa lalu. Untuk itu, para orang tua perlu saling memberi dukungan. Yuk jadi bagian parents support parents bersama Popmama Parenting Academy.

Popmama Parenting Academy adalah event tahunan yang digelar oleh Popmama.com. Di tahun 2021 ini adalah kali ketiga kegiatan tersebut digelar. Setiap kali dihelat, pasti seru dan sangat “berdaging”. Pokoknya bermanfaat banget bagi orang tua untuk tumbuh bersama dan mendapat banyak bekal dalam membersamai si kecil.

Nah, di tulisan kali ini akan dibahas tentang apa itu Popmama Parenting Academy, sejarah Popmama Parenting Academy, serta aneka kegiatan seru dan bermanfaat di Popmama Parenting Academy 2021.

Apa Itu Popmama Parenting Academy?

Popmama Parenting Academy, sering disingkat Popac, adalah tempat belajar sekaligus memberikan hiburan untuk para orang tua millenial. Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Popmama.com untuk menyediakan informasi kepengasuhan anak yang terkini dan lengkap.

Popmama Parenting Academy tidak membatasi diri pada orang tua baru saja lho. Jadi, seturut penelitian internal Popmama.com, tahap parenting ada empat fase, yakni expecting parents, parents with baby, parents with toddler, dan parents with big kids.

Semua fase itu memiliki tantangan masing-masing. Popmama.com, antara lain melalui Popmama Parenting Academy, ingin membantu keluarga millennial menghadapi tantangan tersebut. Acara-acara yang digelar dalam Pop Mama Parenting Academy diharapkan bisa menjadi amunisi berharga bagi orang tua millenial.

Dalam penyelenggaraan Popac, Popmama.com kerap menggandeng para pakar di bidangnya. Ada dokter, psikolog, bidan, praktisi, komunitas orang tua, juga orang tua yang punya cerita sukses menghadapi tantangan dalam pengasuhan.

Perjalanan Popmama Parenting Academy

Sebuah kisah besar selalu dimulai dengan langkah awal. Pun dengan Pop Mama Parenting Academy. Berikut ini saya kisahkan perjalanan Popmama Parenting Academy ya, Ma.

Popac Pertama Kali

Popmama Parenting Academy 2019/ Foto diolah dari Instagram Popmama Parenting Academy

Popmama Parenting Academy digelar pertama kali pada 2019. Kala itu, acara digelar selama tiga hari yakni 11, 12, dan 13 Oktober 2019 di The Forum Atrium Summarecon Mall Serpong. Tema yang diangkat adalah “The Learning Place for Millenial Family”.

Kendati hanya berlangsung tiga hari, tetapi penuh kegiatan yang bisa membuat orang tua dan si kecil belajar sekaligus bersenang-senang. Kala itu digelar serangkaian talkshow dan workshop bersama para ahli dan keluarga millennial. Sejumlah kompetisi untuk anak-anak seperti mewarnai, fashion show, dan menari juga turut dilangsungkan.

Satu kegiatan yang tak kalah seru adalah Popmama Little Star 2019. Ini merupakan ajang pencarian bakat anak-anak yang berusia 5 – 13 tahun. Finalis terpilih diberi kesempatan menunjukkan bakatnya di panggung Popac. Tak hanya itu, mereka juga membawa pulang hadiah total puluhan juta rupiah.

Tak kurang dari 7.000 orang tua hadir dalam perhelatan tersebut. Tentu menyenangkan ya bisa bertemu dengan sesama orang tua yang antusias belajar dan beraktivitas bersama buah hatinya.

Popac di Tengah Pandemi

Di tahun 2020, Popac kembali digelar. Pandemi Covid-19 membuat kegiatan ini harus dijalankan secara online atau virtual. Meski begitu, keseruan dan antusiasme para orang tua millenial sangat terasa.

Popac 2020 yang berlangsung pada tanggal 28 September hingga 3 Oktober 2020 ini mengusung tema “Nurturing The Future-Ready Family“. Kegiatan kala itu antara lain talkshow dan workshop bersama para ahli di bidangnya. Kegiatan ini memungkinkan para mama mendapat pengetahuan dan teman-teman baru, bahkan bisa sharing pengalaman.

Kontes online juga turut memeriahkan Popac 2020, yakni lomba foto keluarga berhadiah menarik. Buat para mama, yang tidak kalah seru adalah online bazar yang dikemas dalam Popmama Exclusive Deals.

Popmama Parenting Academy 2021

Popac 2020/ Foto diolah dari Instagram Popmama Parenting Academy

Di tahun 2021 ini Popac hadir dengan tema “Parents Support Parents”. Sepertinya Popmama.com sadar benar, pandemi Covid-19 yang belum berakhir membuat pengasuhan anak semakin menantang.

Mama dan Papa tidak hanya disibukkan dengan pekerjaan ranah publik yang harus dikerjakan di rumah, tapi juga pekerjaan domestik, dan pendidikan anak. Belum lagi munculnya tantangan finansial karena beberapa keluarga mengalami penurunan pendapatan, sementara pengeluaran semakin banyak.

Di situasi yang terasa semakin berat ini, orang tua butuh sekali dukungan. Dengan saling dukung, orang tua akan merasa semakin kuat dan bersemangat menghadapi tantangan.

Nah, melalui Popmama Parenting Academy 2021, diharapkan Mama, Papa, dan si kecil bisa menghabiskan waktu bersama dengan gembira. Bersenang-senang bersama di rumah saja bukan angan semata. Catat tanggal mainnya ya, Ma, kegiatan ini digelar secara online pada 1-31 Desember 2021.

Daftar Keseruan Popmama Parenting Academy 2021

Menjelang Popac 2021, Popmama menggelar sejumlah program sebagai bagian dari kegiatan menuju Popac 2021. Misalnya saja Popmama Talk di Instagram yang membahas tentang hubungan gizi seimbang dan anak aktif. Ada pula kulwap mengenai trik sukses memulai bisnis makanan.

Popmama online class dengan tema “Menumbuhkan Minat Baca Anak di Era Digital” juga dihelat dalam rangka menyambut Popac 2021. Lalu apa saja kegiatan yang bisa diikuti di Popac 2021? Banyak! Akan ada webinar, kulwap, content series, Community Awards, dan Popmama Little Star 2021.

Berikut ini beberapa kegiatan Popac 2021 yang bisa diikuti.

  1. Lomba Blog Popmama Parenting Academy 2021

Mama yang hobi menulis dan mempunyai blog, ayo ikut lomba ini. Selain mengasah kemampuan menulis, jika beruntung bisa dapat hadiah jutaan rupiah lho.

Caranya gampang banget. Mama hanya perlu menulis minimal 500 kata. Temanya tentang Popmama Parenting Academy, bisa sejarahnya, apa itu Popmama Parenting Academy, atau isi acara Popac 2021.

Ayo segera menulis, karena tulisan yang diterima juri hanya yang diterbitkan pada 1-30 November 2021. Masih ada waktu nih, semangat!

  1. Community Awards

Community Awards diberikan dalam rangka upaya merangkul komunitas yang berkontribusi dalam mendukung orang tua Indonesia. Ada dua kategori dalam award ini, yaitu Supportive Community dan Educative Community.

Jika Mama tergabung dalam komunitas, segera daftar yuk. Kegiatan ini bisa diikuti dengan cara menunjukkan aktivitas yang dilakukan. Jika beruntung, akan ada hadiah menarik yang dipersembahkan untuk komunitas.

Segera daftar ya, karena akan ditutup pada 20 November. Selanjutnya penjurian secara tertutup dan terbuka dilakukan pada 22 November hingga 3 Desember 2021. Pemenang akan diumumkan pada 22 Desember 2021.

Baca juga yuk: 5 Aktivitas Anak Pengusir Bosan Saat Pandemi Covid-19

  1. Popmama Little Star 2021

Ada yang kangen dengan Popmama Little Star? Di Popac 2021, si kecil bisa unjuk kebolehan sekaligus berkesempatan mendapat hadiah jutaan rupiah.

Kegiatan ini ditujukan untuk anak berusia 7 hingga 14 tahun. Cara mengikutinya juga mudah. Mama hanya perlu merekam saat si kecil unjuk bakat, seperti menari, menyanyi, berakting, modelling, olahraga, dan lainnya. Lalu videonya diunggah ke Instagram.

Jangan sampai terlewat ya. Periode pendaftarannya dari tanggal 15 November sampai 4 Desember 2021.

  1. Bantu Anak Yatim/Piatu Akibat Covid-19

Selama pandemi Covid-19 melanda Indonesia, sering sekali terdengar berita kehilangan orang terkasih. Ribuan anak kehilangan orang tua di usia yang sekecil itu.

Untuk mendukung masa depan anak yang kehilangan orang tua akibat Covid-19, Popmama.com ingin mengajak siapa saja untuk menyisihkan sedikit rezeki. Sedikit dari kita, bisa bermakna banyak untuk masa depan anak-anak tersebut. Setidaknya untuk keperluan pendidikan dan kebutuhan harian anak bisa terpenuhi.

Mari kita berdonasi dengan klik link ini. Donasi bisa dilakukan hingga 31 Desember 2021. Nantinya dana yang terkumpul akan disalurkan melalui program #KawalMasaDepan.

  1. Peluncuran Buku Panduan Pengasuhan Generasi Pandemi

Buku ini berisi panduan untuk memahami dan mengerti cara memberikan stimulasi terbaik bagi anak. Seperti kita tahu di masa pandemi ini, memberikan stimulasi untuk tumbuh kembang anak bisa jadi hal yang sangat menantang.

Namun, bukan berarti hal itu membuat kita sebagai orang tua mengesampingkan pentingnya stimulasi. Apalagi menurut Popmama.com, “generasi pandemi” memiliki karakter unik. Hal ini dikarenakan mereka tumbuh dan berkembang di situasi dunia yang bingung. Penyebabnya adalah merebaknya virus dan kondisi yang semakin penuh ketidakpastian.

Pembuatan buku ini melibatkan sejumlah pakar. Penelitian dengan melibatkan pembaca pun dilakukan. Dengan begitu buku ini diharapkan bisa menjadi panduan yang mudah dipahami dan diterapkan, sebagai bagian dari parents support parents. Nantinya buku ini dapat diunduh di situs Popmama.com.

Nah, itu dia A-Z tentang Popmama Parenting Academy. Semoga Mama dan keluarga bisa mendapatkan banyak manfaat dari tulisan ini, terlebih dari Popac 2021.

Hari-hari kita sebagai orang tua di masa pandemi mungkin terasa berat. Jutaan beban yang ditanggung terlalu rumit untuk diurai satu demi satu. Namun, percayalah, Mama tidak sendiri. Ada banyak orang tua lain yang juga sedang berjuang. Yuk, saling support dan tetap semangat!

Referensi

Instagram @popmama.parenting.academy

https://popac.popmama.com/

11 Comments
  1. Indri says

    Popmama jadi akademi online (rujukan) nih buat para orang tua terutama keluarga milenial. Mencari ilmu parenting jadi lebih mudah.

  2. Julia Pasca says

    Popac 2021 keren ya mbak acaranya, semakin seru dan menarik dan sayang kalau tidak diikuti ni, Daftaaaaaaaaaar dunk

  3. Sakif says

    Waw.. Seru ya bisa kumpul sama ribuan mama sekaligus

  4. Gusti yeni says

    Semangat selalu ya bun memang di masa pandemi keriwehan bunda2 dirumah bertambah karena anak2 daring pasangan WFH

  5. Novarty Eka putriana says

    POPAC 2021 sayang banget nih kalau dilewatkan. Apalagi tahun-tahun sebelumnya sukses terus dan ilmunya berlimpah banget! Nah, yang sekarang ini malah lebih lama, jadi ilmunya pasti jauh lebih buanyaaaakkk

  6. deddyhuang.com says

    acara ini seru banget sih soalnya kita berasa gak sendirian pas nantinya dalam pola asuh anak ya. mana tahu bisa dapat insight baru.

  7. Novi Ardiani says

    harus banget kalau urusan parents support parents ini mah…. karena dukungan peers itu udah terbukti membuat kita jadi lebih ringan melangkah…. sesama merasakan proses dan perjalanan yang sama bisa saling menguatkan iya kan mba……

  8. Phai Yunita S Wijaya says

    Setuju banget yaa.. Kalau acaranya popac tempat belajar sekaligus memberikan hiburan untuk para orang tua millenial. Kutungguin ini acaranya.

  9. ovie says

    Seru banget acaranya, wajib nih orang tua milenal ikutan.
    Belajar parenting bersama popmama.

  10. Tami says

    Harus dijadwalkan ini, meski bukan orangtua millenial, tetep butuh ilmunya, dan POPAC 2021 ini banyak ilmu-ilmu keren. Sayang kalau terlewat.

  11. Naqiibatin Nadliriyah says

    POPAC 2021 semakin seru ya, Bun.. Banyak ilmu yang dibagikan secara cuma-cuma nih. para orang tua dan calon orang tua wajib mengikuti acara keren ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com