Theraskin Muluskan Langkahku Dapatkan Kulit Kembali Muda dalam 21 Hari

Saat masih belia, kulit begitu halus dan kenyal. Namun, menjelang umur 40 tahun, keriput halus mulai muncul. Belum lagi hadirnya flek hitam di wajah. Hiks. bisakah dapatkan kulit kembali muda?

Menua memang pasti, tetapi kulit kembali muda adalah pilihan. Iya, pilihan untuk mau mengupayakan atau tidak. Apalagi di dunia ini nyaris tidak ada sesuatu yang diraih tanpa usaha.

Namun bagaimana jika umur sudah 30-an akhir atau bahkan kepala empat? Memangnya masih bisa dapatkan kulit kembali muda? Umur hanyalah angka. Insyaallah masih bisa kok kulit kembali muda, asal upaya mendapatkannya tidak ditunda-tunda.

Bagaimana cara dapatkan kulit kembali muda? Tenang, di tulisan ini akan saya paparkan beberapa caranya. Namun, sebelumnya simak juga ya paparan tentang tanda kulit yang mengalami penuaan, manfaat mempunyai kulit lebih muda, langkah mendapatkan kulit kembali muda, serta rekomendasi skin care-nya.

Tanda Kulit Mengalami Penuaan

Tanda kulit mengalami penuaan/ Foto: Canva

Ayo kita bercermin dan lihat bayangan sendiri di sana. Apa yang dilihat? Adakah perbedaan dengan wajah sendiri sepuluh tahun lalu?

Menua memang wajar. Sudah kodratnya, manusia kecil akan membesar. Sedangkan manusia dewasa akan menua. Nah, perhatikan kulit wajah sendiri yuk, sambil mengenali tanda kulit mengalami penuaan.

1. Sekitar Dagu dan Rahang Kendur

Coba deh lihat foto kita saat remaja. Wajah bulat, lemak tersebar rata memenuhi dahi, pelipis, pipi, juga area sekitar mata dan mulut.

Usia yang semakin bertambah membuat lemak kehilangan volumenya. Lemak tersebut akan menggumpal, lalu bergeser ke bawah, seolah tersedot gravitasi Bumi. Alhasil wajah kita tak lagi sebulat di masa remaja.

Kulit yang semula halus dan kencang mulai kendur. Bagian wajah terlihat lebih gemuk dan kehilangan kekencangan ototnya.

Hal ini membuat area sekitar dagu, rahang, dan leher jadi lebih kendur. Kondisi tersebut bisa menimbulkan tampilan dagu ganda.

2. Kulit Kering

Semakin bertambahnya usia membuat kelenjar sebaceous menghasilkan lebih sedikit minyak. Kelembapan kulit jadi sulit terjaga. Akibatnya kulit akan menjadi lebih kering, bahkan bisa jadi terasa gatal.

Terkait produksi minyak di wajah, ada perbedaan antara laki-laki dan perempuan. Pada laki-laki, semakin bertambah usia, tidak serta merta menurunkan produksi minyak dalam jumlah banyak. Umumnya, setelah usia 80-an tahun produksi minyak kaum laki-laki berkurang signifikan.

Sedangkan pada perempuan, produksi minyak akan berkurang secara bertahap. Apalagi setelah mengalami menopause, semakin sedikit lagi minyak yang dihasilkan untuk melembapkan kulit.

Ilustrasi masalah penuaan kulit/ Foto: Canva

3. Muncul Kerutan

Kulit yang mengering dan lapisan lemak di wajah yang menyusut tidak hanya membuat permukaan wajah tidak lagi montok. Kondisi ini juga menyebabkan munculnya kerutan.

Biasanya garis halus mulai terlihat di dahi, juga di antara alis. Kerutan ini muncul tatkala otot-otot wajah yang terus-menerus menarik, akhirnya membuat kulit menjadi kusut dan berkerut atau keriput.

Paparan sinar matahari dan merokok bisa membuat kerutan di wajah muncul lebih cepat dan lebih banyak.

4. Timbul Flek Hitam

Ketika usia seseorang semakin bertambah, jumlah sel yang mengandung pigmen atau melanosit berkurang. Kondisi ini mempercepat produksi melanin, yakni pigmen yang membuat warna kulit menjadi lebih gelap.

Itulah yang membuat bintik-bintik berpigmen muncul di area yang terkena sinar matahari. Istilah medis untuk bintik-bintik ini adalah lentigo. Biasanya lentigo berwarna hitam atau cokelat.

Ukuran lentigo bervariasi. Umumnya berdiameter 5-20 mm dan muncul secara berkelompok. Bintik ini memang tidak menimbulkan rasa gatal atau sakit di kulit, tetapi cukup mengganggu secara estetika.

Langkah Jitu Dapatkan Kulit Kembali Muda Tanpa Operasi

Dapatkan kulit muda kembali/ Foto: Canva

Di usia menjelang kepala empat, ada beberapa langkah jitu yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit muda kembali. Pasti operasi ya? Nope! Ini ikhtiar tanpa operasi.

Oke, ini dia ikhtiar yang bisa dilakukan untuk dapatkan kulit kembali muda.

1. Lindungi Kulit dari Sinar Matahari agar Kulit Kembali Muda

Salah satu cara terbaik menjaga kulit wajah tetap awet muda adalah menghindarkannya dari paparan sinar matahari. Apalagi sebagian besar kerusakan kulit berasal dari bagian spektrum cahaya UVA. Sementara sinar UVB bisa menyebabkan kulit terbakar.

Untuk melindungi kulit dari sinar matahari, kita bisa memakai topi bertepi lebar. Tak ada salahnya mengenakan kacamata hitam pula saat keluar rumah di siang hari.

Untuk pakaian, usahakan mengenakan kemeja berlengan panjang serta celana panjang. Untuk bagian tubuh yang tidak terlindungi pakaian, kita bisa mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 atau yang lebih tinggi.

Nah, sebaiknya tabir surya ini dioleskan setiap hari, tidak hanya saat musim kemarau saja. Tabir surya ini hendaknya dioleskan 15-30 menit sebelum kita keluar rumah. Lalu oleskan lagi setiap dua jam, atau lebih sering lagi jika berkeringat dan saat berenang.

2. Jauhi Rokok dan Alkohol

Merokok mempercepat penuaan kulit. Rokok menyebabkan keriput, serta kulit kusam dan pucat. Apalagi seringkali bibir perokok menghitam. Kondisi ini membuat wajahnya tak bersinar dan terlihat lebih tua.

Demikian pula alkohol. Alkohol bersifat kasar untuk kulit. Konsumsi alkohol akan membuat kulit dehidrasi. Lama-kelamaan kondisi ini bisa merusak kulit dan membuat kita terlihat lebih tua.

Ketimbang merokok dan minum alkohol, lebih baik mengasup makanan yang kaya antioksidan dan lemak sehat. Misalnya saja salmon, delima, dan teh hijau yang bisa membantu mendukung kesehatan kulit.

3. Kulit Kembali Muda dengan Olahraga Teratur

Penelitian yang dipublikasikan pada 2015 menemukan aktivitas fisik, setidaknya yang dilakukan beberapa kali seminggu, dapat membantu melindungi kulit. Pengamatan dilakukan pada sukarelawan yang bersepeda dua kali seminggu dengan durasi 30 menit.

Setelah tiga bulan diketahui lapisan dalam dan luar kulit relawan tampak lebih muda beberapa tahun, dibandingkan sebelum program latihan. Selain itu, orang yang sering berolahraga memiliki lebih sedikit perubahan kulit terkait usia, dibandingkan orang dewasa yang berolahraga seminggu sekali atau kurang.

Memang masih butuh penelitian yang lebih banyak dan mendalam terkait dampak olahraga pada kesehatan kulit. Meski demikian, banyak penelitian yang telah menunjukkan bahwa olahraga ringan dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tentunya hal ini dapat membuat kulit tampak lebih muda.

Jaga tubuh tetap terhidrasi demi kulit yang lebih muda/ Foto: Canva

4. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi dan Konsumsi Makanan Sehat

Minum air dulu yuk! Air menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit sehingga membuat kulit lebih bersinar. Sebaliknya, kurang minum akan membuat kulit kering.

Di samping itu, perlu banget untuk mengasup makanan yang sehat dan seimbang. Banyak kalangan menyarankan untuk tidak melewatkan konsumsi buah dan sayuran segar. Asupan ini dapat membantu mencegah kerusakan sel yang menyebabkan penuaan dini pada kulit.

Satu lagi nih, jika kita penggemar gula dan karbo olahan, sebaiknya batasi asupan tersebut. Sudah banyak penelitian menunjukkan pola makan yang banyak mengandung gula atau karbohidrat olahan dapat mempercepat penuaan.

5. Hindari Ekspresi Wajah yang Sama Berulang-ulang

Jika Mama kerap mengernyitkan dahi, lebih baik dihindari. Pun jika sering menyipitkan mata saat berada di bawah terik matahari. Juga saat bibir sering mengerucut karena kesal berkepanjangan. Lho kenapa?

Membuat ekspresi wajah yang sama dan berulang-ulang membuat wajah kita mengontraksikan otot yang sama selama bertahun-tahun. Hal ini akan memicu timbulnya garis-garis di wajah dan keberadaan garis ini menjadi permanen.

6. Kulit Kembali Muda dengan Cukup Tidur dan Kelola Stres

Tidur sangat penting untuk kesehatan kulit, karena membantu memperbaiki dan meremajakan kulit. Usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam.

Mengelola stres juga penting dilakukan untuk menjaga kulit tetap awet muda. Pasalnya stres yang tidak terkelola dengan baik akan menyebabkan timbulnya jerawat, kulit kusam, dan masalah kulit lainnya.

Namanya hidup, pasti tak lepas dari stres. Nggak apa-apa mengalami stres, tapi sebaiknya kita bisa mengelola stres yang dihadapi. Caranya bagaimana? Kita bisa melakukan aktivitas pereda stres seperti yoga, meditasi, olahraga, atau melakukan hobi yang menyenangkan.

Tidur cukup menjadi salah satu cara dapatkan kulit kembali muda/ Foto: Canva

7. Investasi pada Produk Skincare Anti-penuaan

Saatnya berinvestasi pada produk skincare anti-penuaan. Apalagi jika kulit mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti munculnya garis halus, kerutan, dan kulit kering.

Sebaiknya pilih produk anti-penuaan yang antara lain mengandung retinol. Kandungan ini bisa membantu menjaga kulit tampak awet muda.

Age Revival Theraskin, Kembalikan Kilau Kulit Mudaku

Age Revival Theraskin andalan untuk perawatan kulit/ Foto: Nurvita Indarini

Nah, sekarang saya akan berbagi pengalaman menggunakan skincare anti-penuaan dari Theraskin. Saya menggunakan Age Revival Anti Aging Kit Basic Skincare, yang merupakan rangkaian perawatan wajah untuk kulit flek, penuaan, dan kusam.

Apa saja kandungan di dalam skincare ini? Ternyata terdapat Tetrapeptide yang ampuh menyamarkan kerutan dan mengencangkan kulit. Selain itu, mengandung Retinol yang juga mampu mengatasi kerutan.

Kandungan lainnya adalah 4D Hyaluronic Acid, yang terbukti melembapkan dan meningkatkan elastisitas kulit. Ada pula kolagen yang membantu melembapkan dan menjaga kehalusan kulit.

Terdapat pula niacinamide yang bermanfaat untuk mencerahkan dan melembapkan kulit. Selain itu, ada kandungan Glycolic Acid dan Allantoin yang menjadi bahan aktif utama untuk memudarkan noda di wajah.

Cara pakainya mudah banget. Pokoknya antiribet-ribet club. Di pagi hari, saya mencuci muka menggunakan Gentle Cleanser. Setelah itu, baru deh menggunakan Protection Day Cream. Sementara di malam hari, setelah cuci muka menggunakan Gentle Cleanser, saya mengoleskan Intense Retinol Serum.

Begini yang Kurasakan Setelah Pakai Theraskin

Gentle Cleanser dari Theraskin ini tidak terlalu berbusa. Wanginya pun tidak menyengat. Lembut sekali. Setelah cuci muka menggunakan Gentle Cleanser ini, kulit terasa lebih licin dan lembap.

Protection Day Cream yang saya gunakan di pagi hari juga tidak terasa berat. Demikian pula dengan Intense Retinol Serum. Kulit wajah benar-benar terasa lebih lembut, tidak kering, lebih lembap, dan tidak lagi kusam.

Flek hitam di wajah mulai tersamarkan setelah penggunaan 21 hari atau sekitar tiga pekan. Kerut halus di sekitar mata dan kening juga perlahan hilang. Revival Anti Aging Kit Basic Skincare dari Theraskin terbukti kembalikan kulit muda saya. Benar-benar kembali muda tanpa tunda.

Alasan saya memilih skincare ini karena Theraskin BPOM, aman, dan halal. Yup, semua produk Theraskin telah teregistrasi BPOM dan bersertifikasi halal. Hal ini penting banget agar saya selalu merasa aman dan nyaman dalam menggunakan suatu produk.

Di samping itu, Theraskin merupakan skincare dikembangkan bersama dokter kulit. Dengan begitu, Theraskin terjamin efektivitasnya. Bahkan skincare ini telah diformulasikan dengan teknologi terkini. Tujuannya agar tekstur produk mudah diserap dan bisa bekerja secara optimal.

Penutup

Tidak ada kata terlalu dini untuk mulai merawat kulit. Dan tidak perlu merasa terlambat jika baru mulai perhatian pada kondisi kulit. Bukankah lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali?

Untuk mendapatkan kulit kembali muda ingatlah selalu untuk minum cukup air, berolahraga secara teratur, sertakan makanan kaya antioksidan, dan biasakan gaya hidup sehat. Tak lupa, gunakan #AgeRevivalTheraskin agar kulit #KembaliMudaTanpaDitunda.

Apalagi #TheraskinBPOMamandanhalal, jadi nggak perlu ragu dan waswas saat menggunakan skincare ini. #2KuncianHandaldalam1Rangkaian Theraskin ini benar-benar membuat kulit saya kembali muda dan bersinar. Yuk, #JadiMudaBersamaTheraskin.

Referensi

Crane JD, MacNeil LG, Lally JS, et al. Exercise-stimulated interleukin-15 is controlled by AMPK and regulates skin metabolism and aging. Aging Cell. 2015;14(4):625-634. doi:10.1111/acel.12341

aad.org. 11 Ways to Reduce Premature Skin Aging. https://www.aad.org/public/everyday-care/skin-care-secrets/anti-aging/reduce-premature-aging-skin, diakses pada 5 Mei 2024.

health.com. 8 Ways To Prevent Premature Aging, https://www.health.com/beauty/what-every-26-to-29-year-old-needs-to-know-about-their-skin, diakses pada 5 Mei 2024.

health.harvard.edu. Why Your Face Ages and What You Can Do. https://www.health.harvard.edu/staying-healthy/why-your-face-ages-and-what-you-can-do, diakses pada 5 Mei 2024.

Situs Theraskin. https://theraskin.co.id

beauty
Comments (0)
Add Comment