Pakai Kompor Rinnai, Masak Bareng Anak Makin Seru dan Lihai

“Nak, tahu tidak pernikahan Mama dan Ayah dimulai dari Rinnai lho. Ya, kompor yang sedang kita pakai untuk memasak ini.”

-Saya kepada si sulung, ketika sedang memasak bersama-

Taqi, anak sulung saya, yang sedang memotong daun bawang menghentikan aktivitasnya. Sepertinya dia tertarik pada kisah kompor Rinnai dan rumah tangga yang dibangun orang tuanya.

“Jadi Mama dan Ayah beli kompor Rinnai, lalu menikah?” tanyanya.

Saya menggeleng dan menyampaikan kisah lanjutannya. Beberapa tahun sebelum menikah, ayahnya Taqi mendapat doorprize di acara ulang tahun kantornya. Hadiahnya adalah sebuah kompor Rinnai.

“Kompor itu langsung dibawa ke kontrakan Mama dan disimpan bersama barang-barang yang jarang dipakai. Dulu sempat nggak yakin bakal menikah sama Ayah. Eh ternyata hampir dua tahun kemudian, Mama dan Ayah menikah dan pindah ke rumah kita ini,” tutur saya sambil mengambil nasi dari rice cooker Miyako. Nasi dari rice cooker Miyako ini akan dimasak nasi goreng merah.

Dulu saya nggak bisa masak macam-macam masakan. Masakan andalan di awal menikah adalah tumis dan sup. Namun, seiring waktu berlalu, saya semakin lihai memasak.

Kompor Rinnai ini menjadi saksi ketika saya belajar bikin kue. Bersama kompor ini pula saya belajar membuat berbagai macam gulai. Hampir satu dekade pernikahan saya, kompor Rinnai doorprize dari kantor suami ini masih setia.

“Dulu Mama belajar masak macam-macam. Sekarang Mama bisa ajarin Taqi masak ya,” ucap bocah delapan tahun itu menyimpulkan.

Ya, benar sekali. Kompor Rinnai membersamai rumah tangga saya tanpa pernah rewel sedikit pun. Bersamanya tercipta aneka makanan sehat. Dengan Rinnai, saya bisa menyenangkan keluarga melalui lidah dan perutnya.

Aah, saat masak bareng anak seperti ini, pasti ada saja keseruannya. Sering kali mengalir banyak cerita. Sesi masak pun jadi wadah bergulirnya cerita dan rasa.

Manfaat di Balik Keseruan Masak Bareng Anak

Masak bareng anak yang penuh manfaat/  Foto: Nurvita Indarini

Dulu, saat masih kecil, Taqi cukup sering membantu saya memasak. Mulanya dia menggunakan pisau plastik untuk memotong, sampai berani menggunakan pisau tajam.

Di masa lalu, Taqi kecil selalu penasaran dengan rasa setiap bahan dan bumbu masakan. Dia akan mencolek tepung, kunyit bubuk, atau garam dan memasukkannya ke mulut. Buncis mentah, wortel mentah, dan aneka sayur mentah lainnya pun sering dicicipinya. Tingkah khas anak-anak saat masuk dapur.

Mengajak anak memasak harus membawa bekal berupa stok sabar yang banyak. Ya, sabar saat menghadapi aneka pertanyaan yang beranak pinak. Sabar saat terjadi kekacauan dan dapur jadi lebih berantakan.

Namun, jangan sampai kapok ya, Ma, mengajak si kecil memasak. Dari kegiatan memasak, ada banyak manfaat yang bisa didapat. Simak yuk aneka manfaat memasak bersama anak.

1. Belajar Matematika dengan Cara Menyenangkan

Belajar banyak dari memasak/ Foto: Canva

Belajar matematika di dapur sambil memasak? Bisa! Ada banyak hal terkait matematika dalam kegiatan memasak.

Kita bisa minta anak mengambil lima siung bawang merah, dua butir telur, atau tiga lembar daun salam. Bisa sekaligus belajar penjumlahan, pengurangan, perkalian, maupun pembagian. Seru ‘kan?

Dari dapur, anak juga bisa belajar tentang alat ukur berat. Coba deh minta anak-anak menimbang bahan masakan menggunakan timbangan meja. Mereka pasti senang tuh bisa sambil main-main timbangan.

Melalui aktivitas memasak, anak juga belajar memerhatikan detail kecil. Mereka bisa mengetahui nama bahan masakan, bumbu, juga lebih memahami sebab akibat.

Tak hanya itu, anak-anak belajar secara langsung bagaimana makanan berubah melalui perubahan suhu. Anak pun bisa belajar mendeskripsikan sesuatu. Misalnya saat kentang tumbuk sudah matang, anak bisa menjelaskan bagaimana tampilan, rasa, dan tekstur makanan.

Anak juga belajar merencanakan dan menyelesaikan suatu proyek. Ya, memasak adalah proyek dengan serangkaian langkah. Langkah-langkah itu harus dilakukan bertahap, sampai akhirnya jadi masakan dengan rasa yang diinginkan.

2. Mengembangkan Kreativitas dan Imajinasi Anak

Kreativitas terasah dari kegiatan masak bersama/ Foto Canva

Suatu kali saya pernah membuat cilok bersama anak. Umumnya cilok berbentuk bulat bukan? Namun, anak saya ingin membuat cilok yang beda. Dia membuat cilok berbentuk kelinci!

Adonan cilok pun laksana playdough bagi anak. Biarkan mereka berkreasi sesukanya. Sebab dari situ, anak-anak belajar berpikir out of the box.

Di saat yang lain, anak saya membentuk kentang yang kan digoreng dengan bentuk sesukanya. Setelahnya, dia menyusun cerita dari kentang aneka bentuk yang sudah digoreng. Luar biasa! Imajinasi anak pun terlecut dari kegiatan memasak.

3. Belajar Bekerja Sama Melalui Memasak Bareng Anak

Membiasakan kerja sama dalam tim melalui masak bareng/ Foto: Canva

Sebuah proyek terkadang perlu dikerjakan bersama orang lain. Nah, melalui kegiatan memasak ini, anak bisa belajar bekerja sama dalam tim.

Anak-anak akan memahami bagaimana mengelola suatu tugas yang berbeda. Mereka pun akan menyadari pentingnya setiap anggota tim menyelesaikan tugas dengan baik demi mencapai tujuan bersama.

Meski butuh kedisiplinan untuk menyelesaikan suatu proyek, bukan berarti harus kaku dan super serius. Kita bisa menunjukkan pada si kecil bahwa menjalankan tugas sambil bersenang-senang sangat bisa dilakukan.

4. Belajar tentang Keamanan

Anak bisa belajar tentang keamanan menggunakan peralatan di rumah dari memasak/ Foto: Canva

Di dapur ada banyak hal yang bisa membahayakan. Api, pisau, minyak panas, dan sebagainya. Hal ini terkadang membuat orang tua khawatir saat anak ikut berkegiatan di dapur.

Namun, melibatkan anak dalam kegiatan memasak justru membuat anak belajar tentang keamanan. Mereka tahu mengapa minyak menjadi panas, dan paham cara agar tidak terciprat.

Pisau yang tajam mungkin tampak mengerikan. Namun, jika digunakan sesuai fungsinya akan sangat membantu pekerjaan di dapur.

Dengan melihat secara langsung cara kerja alat-alat di dapur, anak bisa mengembangkan rasa aman dalam dirinya. Mereka pun jadi lebih tahu cara menggunakan alat-alat tertentu. Anak-anak juga belajar cara menghindari bahaya yang mungkin muncul. Hal itu bisa meningkatkan rasa percaya diri anak lho, Ma.

5. Mempererat Hubungan dan Komunikasi

Serunya bisa cerita banyak hal sambil memasak/ Foto: Nurvita Indarini

Saat memasak bersama anak, kita sedang membangun waktu yang berkualitas dengan mereka. Kita dan anak sama-sama fokus melakukan sesuatu bersama tanpa gangguan. Hal ini tentunya bisa mempererat ikatan orang tua dan anak.

Perasaan kebersamaan ini akan membekas, dan bahkan bisa menjadikan memasak sebagai sesuatu yang menyenangkan. Kelak, anak tidak akan merasa canggung untuk memasak. Bahkan mereka meyakini dapur adalah salah satu spot terbaik di rumah untuk menciptakan kebahagiaan.

Selama memasak, kita dan anak bisa melancarkan komunikasi. Anak bisa bercerita apa saja dan menyampaikan perasaannya. Sering kali dari dapur terkuak aneka cerita dan perasaan yang sempat terkubur.

Kompetisi Foto Masak Seru Bareng Ibu

Kompetisi foto bersama Rinnai dan Miyako

Mama sering mengabadikan momen kebersamaan bersama anak saat memasak? Wah, bisa ikutan kompetisi foto “Masak Seru Bareng Ibu” nih. Kompetisi yang digelar Miyako x Rinnai dalam rangka Hari Ibu ini berlangsung pada 1 Desember 2022 – 1 Januari 2023.

Tujuan kompetisi foto “Masak Seru Bareng Ibu” adalah agar para ibu dapat lebih berbaur dengan anak-anaknya. Selain itu, juga mengedukasi anak-anak bahwa ada banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan bersama keluarga di rumah.

Melalui kompetisi ini, Miyako dan Rinnai juga ingin mengajak para ibu untuk terus semangat menjalani perannya sebagai “Super Mom”. Kendati ada berbagai tantangan, tetapi ibu selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi anak-anaknya. 

Harapannya, setelah kompetisi berakhir, kegiatan masak bersama di rumah bisa terus dilakukan. Dengan begitu, akan sering tercipta momen seru dan aktivitas positif di rumah.

Cara ikut kompetisi fotonya mudah sekali. Berikut ini ketentuannya:

1. Follow dan tinggalkan jejak di Instagram Miyako dan Rinnai.

2. Like, comment, dan subscribe channel YouTube: Miyako Official Channel dan Rinnai Indonesia

3. Follow TikTok Miyako dan Rinnai (@Miyako_Indonesia – @Rinnai_Indonesia)

4. Upload foto dan ceritakan keseruan memasak bersama si kecil dengan menggunakan produk Miyako dan Rinnai di Instagram.

5. Gunakan tagar #MasakSeruBarengIbu #MiyakoXRinnai

6. Tag 3 orang teman untuk ikutan #MasakSeruBarengIbu

7. Foto yang diperlombakan tidak boleh mengandung unsur SARA dan brand lain.

Penasaran dengan hadiahnya? Total hadiahnya puluhan juta rupiah! Ada pula produk Rinnai dan Miyako, serta merchandise lainnya. Menarik banget ‘kan?

Oh ya, ada pula live Cooking Demo di Instagram pada 23 Desember 2022. Berbagai hadiah menarik diberikan selama acara berlangsung. Live Cooking Demo berlangsung 2 kali yaitu pada pukul 09.00 – 10.00 WIB di Instagram Rinnai (@rinnai_indonesia) dan 14.00-15.00 WIB di Instagram Miyako (@miyako_indonesia).

Penutup

Siomay, salah satu makanan yang dimasak bersama anak/ Foto: Nurvita Indarini

Dimulai dari kompor Rinnai, perjalanan hidup saya banyak mengalami perubahan. Menjalani peran sebagai istri dan ibu bikin saya belajar banyak hal. Kehadiran peralatan masak berkualitas, seperti kompor Rinnai dan rice cooker Miyako, membuat saya lebih mudah menghadapi tantangan menyiapkan sajian sehat.

Jika dulu saya berjibaku sendiri di dapur, kini malah bisa mengajak suami dan anak berkolaborasi untuk masak bersama. Masak bukan lagi sekadar menyajikan makanan, tapi bisa jadi ajang meningkatkan bonding.

Nah, liburan akhir tahun sudah di depan mata nih. Masak bareng anak bisa jadi salah satu alternatif kegiatan positif di rumah untuk mengisi liburan. Tabungan kenangan indah bersama anak dari dapur pun semakin bertambah.

Jangan lupa juga untuk segera ikut kompetisi foto “Masak Seru Bareng Ibu” ya. Siapa tahu Mama yang jadi pemenangnya. Oh ya, pemenang kompetisi berkesempatan masak bersama Chef Norman Ismail di studio MIYAKO x RINNAI lho. Seru banget! Untuk info kompetisi foto lebih lanjut, cek di link ini ya.

Selamat memasak dan berkompetisi foto!

Baca juga: Menumbuhkan Karakter Pantang Menyerah pada Anak

Referensi

healthychildren.org. 5 Great Reasons to Cook with Your Kids, https://www.healthychildren.org/English/healthy-living/nutrition/Pages/Cooking-With-Your-Children.aspx, diakses pada 14 Desember 2022.

rinnai.co.id. Ciptakan Momen Masak Seru Bareng Ibu, https://www.rinnai.co.id/hari-ibu-bersama-rinnai-indonesia/, diakses pada 14 Desember 2022.

Keterangan pers Miyako dan Rinnai tertanggal 30 November 2022, Kolaborasi MIYAKO dan RINNAI “Masak Seru Bareng Ibu” Rayakan Kasih Ibu di Momen Istimewa.

alat masakmasak bersama
Comments (2)
Add Comment
  • Blogger Perempuan

    Memasak juga termasuk bisa nagajarin anak berbagai hal yah, Mbak. Termasuk kesabaran.

    • Nurvita Indarini

      Bener banget, Mbak 😀