Kerupuk Sehat Waroeng Kroepoek Ini Bikin Makan Makin Enak

“Mana kerupuk putih bulatnya, Ma?” Suara suami memecah konsentrasi saya yang sedang sibuk. Ya, sore itu saya sedang sibuk dengan camilan berupa kerupuk sehat di depan kompor.

Mungkin ada mama yang bertanya-tanya kenapa saya ngemil kerupuk di depan kompor. Jawabannya adalah karena saya sambil menggoreng kerupuk juga, he-he-he. Jangan sampai kerupuk putih bulat yang sedang digoreng gosong.

Kami sekeluarga suka banget makan kerupuk. Kerupuk putih bulat adalah yang paling sering menemani sesi makan atau ngemil.

Apalagi jika sedang makan bakso seperti sore itu. Kuah gurih hangat, ditambah lembutnya bakso, dipadu keriuknya kerupuk adalah paduan sempurna. Enak banget.

Bicara soal kerupuk, saya punya rekomendasi kerupuk sehat, nih. Pokoknya nggak akan bikin merasa bersalah ngemilinnya karena ini adalah camilan sehat. Selengkapnya yuk, baca cerita saya.

Rekomendasi Kerupuk Putih Bulat yang Enak dan Sehat

Kerupuk putih bulat dari Kroepoek Waroeng yang akan digoreng/ Foto: Nurvita Indarini

Saya memilih menggoreng sendiri kerupuk putih bulat. Soalnya saya jadi bisa memastikan semua proses lebih sehat dan higienis. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Kebersihan dan kesehatan harus lebih dijaga.

Kerupuk putih bulat yang saya goreng adalah varian mini rose crackers dari Kroepoek Waroeng. Sesuai namanya, bentuknya bulat kecil dengan uliran motif seperti mawar.

Ada beberapa alasan Mama dan keluarga wajib coba kerupuk putih bulat dari Kroepoek Waroeng, yakni:
Modern dan higienis
Bebas gluten
Tanpa whitening atau pemutih
Tidak menggunakan MSG
Tanpa pengawet
Lebih sedikit baking soda
Tanpa formalin
Tanpa boraks.

Dengan alasan-alasan itu, kerupuk ini sudah pasti lebih aman. Saya pun tenang menyajikan kerupuk sehat ini untuk keluarga.

Bahkan saya nggak khawatir memberikan kerupuk untuk anak. Maklum, si sulung suka sekali makanan yang keriuk-keriuk. Dia sering ngemil kerupuk sambil membaca buku favoritnya.

Pastikan Kerupuk Sehat Bebas dari Boraks dan Formalin

Enaknya makan bakso ditemani kerupuk putih bulat nan sehat/ Foto: Nurvita Indarini

Mama pernah baca berita tentang makanan yang ditambahkan boraks dan formalin? Mi basah, bakso, tahu, dan kerupuk adalah beberapa makanan yang sering dilaporkan ditambahi bahan berbahaya ini.

Pembuat kerupuk yang nakal menambahkan boraks dengan tujuan meningkatkan kerenyahan. Boraks juga diyakini bisa memberikan rasa gurih dan membuat makanan yang mengandung pati jadi lebih tahan lama.

Saat kita makan kerupuk yang mengandung boraks, dampak kesehatannya memang tidak akan langsung terasa. Borak akan tertimbun dan terakumulasi di dalam tubuh. Dalam jangka panjang, boraks bisa menyebabkan gangguan otak, hati, dan ginjal.

Saya baca dari artikel Dinkes Kabupaten Pasuruan, bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, boraks bisa menyebabkan demam. Bahkan seseorang bisa mengalami anuria atau tidak terbentuknya urin, koma, dan pingsan. Jika dalam tubuh anak atau bayi terdapat 5 gram boraks, bisa mengakibatkan kematian. Duh, seram ya, Ma.

Bagaimana dengan formalin? Serupa boraks, formalin juga memberikan efek tahan lama pada makanan. Sayangnya, formalin adalah pengawet makanan yang berbahaya. Hal ini karena formalin sedianya digunakan untuk bahan yang bukan makanan. Formalin biasa digunakan untuk mengawetkan kayu dan mayat, lho.

Tak terbayangkan kalau makanan yang kita makan, apalagi dimakan anak-anak, mengandung bahan-bahan yang berbahaya. Untuk itu, pastikan juga untuk selalu cek kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsa ya, Ma.

Rekomendasi Kerupuk Enak dan Sehat Lainnya

Cassava chips, kerupuk sehat yang cocok untuk camilan si kecil/ Foto: Nurvita Indarini

Selain kerupuk putih bulat mini rose crackers, ada varian lain dari Kroepoek Waroeng yang jadi favorit di rumah. Kerupuk sehat ini adalah cassava chips.

Kerupuk yang satu ini berbahan dasar singkong kualitas terbaik. Camilan sehat yang pas banget dimakan sambil baca buku atau nonton film kesukaan.

Pada saat cassava chips masih mentah, Mama akan melihat beberapa butiran biji cabai di kerupuknya. Jangan khawatir, kerupuknya nggak pedas, kok. Sedikit sensasi rasa cabai, tapi nggak akan bikin kepedasan.

Kerupuknya renyah. Bumbunya pas. Nggak bikin tenggorokan sakit. Saya nggak khawatir saat si kecil berkali-kali mengambil kerupuk ini. Cassava chips menurut saya bisa banget jadi kerupuk anak.

Tips Menggoreng Kerupuk

Menggoreng kerupuk butuh pengetahuan. Ya, kita nggak boleh asal menggoreng agar kerupuk bisa mengembang sempurna dan tidak gosong.

Nah, berikut ini tips menggoreng kerupuk ala Kroepoek Waroeng yang saya kutip dari Instagram @eatwaroeng.

1. Jemur kerupuk mentah sebelum digoreng

Kroepoek Waroeng menggunakan sediking baking soda. Penjemuran di bawah matahari akan membantu mempercepat pengembangan kerupuk saat digoreng.

Menjemur juga berfungsi menguapkan kadar air pada kerupuk yang sudah lama disimpan. Proses penjemuran juga bisa membunuh jamur yang menempel di permukaan kerupuk.

2. Siapkan wajan pertama

Tuang minyak ke wajan pertama dan pastikan minyak cukup panas.

3. Masukkan kerupuk

Masukkan kerupuk ke wajan pertama, lalu balik kerupuk hingga mengembang.

4. Pindahkan ke wajan kedua

Pindahkan kerupuk dari wajan pertama ke wajan kedua yang berisi minyak lebih panas.

5. Tekan kerupuk dalam minyak

Saat menggoreng kerupuk, tekan kerupuk ke dalam minyak hingga mengembang sepurna. Proses ini tidak lama, hanya beberapa detik. So, jangan tinggalkan penggorengan saat sedang menggoreng kerupuk ya, Ma.

Menggoreng Kerupuk Menggunakan Air Fryer

Oh ya, jika di rumah ada air fryer, bisa banget dipakai untuk menggoreng kerupuk. Begini cara menggoreng kerupuk menggunakan air fryer ala Kropoek Waroeng.

  1. Pre-heat air fryer ke 180 derajat Celsius.
  2. Celup kerupuk ke minyak. Celup saja ya, Ma, jangan direndam. Namun, bisa juga tanpa proses celup ke minyak.
  3. Masukkan ke air fryer selama 2 menit.
    Jika kerupuk tanpa dicelup minyak, timer di-set lebih lama sedikit ke 2,5 menit.

Bahkan Mama bisa juga menggoreng kerupuk sehat dari Kropoek Waroeng ini menggunakan microwave. Hm, Mama lebih suka menggoreng kerupuk pakai apa nih?

Beli Kerupuk Sehat di Mana?

Kerupuk anak, camilan sehat untuk si kecil/ Foto: Nurvita Indarini

Saat ini kerupuk sehat dari Kropoek Waroeng mudah didapat. Mama bisa membelinya di market place seperti Shopee dan Tokopedia.

Untuk menghemat ongkos kirim, bisa memilih store di Shopee dan Tokopedia berdasarkan kota terdekat. Saat ini ada store Kropoek Waroeng di Shopee dan Tokopedia di kota Jakarta, Bekasi, Semarang, dan Surabaya.

Selain itu bisa juga oder kerupuk sehat via WhatsApp. Selengkapnya cek cara ordernya di sini ya, Ma.

Saya beli Kroepoek Waroeng di market place Shopee

Kerupuk sudah jadi bagian dari hari-hari kita. Tak hanya sebagai teman makan, tapi juga camilan sambil menjalankan kegiatan rutin.

Agar tetap sehat, pastikan kerupuk yang dikonsumsi adalah kerupuk sehat sehingga bisa jadi camilan sehat ya, Ma. Mama juga bisa mencari tahu dan mendapatkan informasi camilan sehat lainnya di akun Instagram @themunchingqueen. Semoga informasi tentang kerupuk ini bermanfaat.

Referensi:

Fadjar Kurnia Hartati. Analisis Boraks Secara Cepat, Mudah
Dan Murah Pada Kerupuk. Jurnal Teknologi Proses dan Inovasi Industri, Vol. 2 No. 1, Juli 2017.

Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan. Formalin, Boraks dan Rhodamin B. https://dinkes.pasuruankab.go.id/berita-formalin-boraks-dan-rhodamin-b.html diakses pada 19 Februari.