Petualang Cilik dan Membaca Menyenangkan di Let’s Read

Membaca menyenangkan adalah pengalaman penting bagi anak. Dengan begitu anak ingin terus membaca, dan membaca lebih banyak lagi.

Selanjutnya dia akan menjadi petualang cilik yang akan sibuk menyelami dunia lewat kata dan gambar. Lebih lanjut lagi, rasa ingin tahu anak muncul. Dia akan mencari tahu informasi lebih banyak untuk menuntaskan hasrat ingin tahunya.

Ini adalah kisah Taqi, putra sulungku. Kami sering menyebut kegiatan membaca sebagai aktivitas bertualang. Raga memang masih di rumah, namun rasa dan imajinasi mengembara. Kali ini bertemu bocah dengan thalasemia. Di waktu yang lain berkenalan dengan virus Corona.

Berbagai cerita menarik memberikan pengalaman membaca menyenangkan bagi Taqi. Hal itu didapatnya dari Let’s Read. Aku sengaja mengunduh aplikasi Let’s Read karena ingin memberikan bahan bacaan yang berkualitas dan menarik.

Membaca Menyenangkan Memunculkan Rasa Ingin Tahu

Membaca menyenangkan/ Foto: Bermix Studio dari Unsplash

“Mama, ada binatang mirip buaya tapi bukan buaya. Dia adalah biawak air,” ujar Taqi suatu kali.

Ternyata Taqi baru selesai membaca cerita berjudul “Goya Ingin Pulang”. Ini adalah cerita tentang biawak air. Bagi Taqi, buaya adalah binatang yang familiar di telinga. Namun, dia belum terlalu tahu tentang biawak air.

Bermula dari membaca menyenangkan di Let’s Read ini, Taqi mengajakku mencari informasi tentang biawak air. Kami jadi tahu bahwa binatang ini rata-rata memiliki panjang sekitar 1,5 hingga 2 meter.

Membaca menyenangkan, cerita “Goya Ingin Pulang”

Tidak hanya lihai berenang, biawak juga bisa memanjat pohon. Keistimewaan biawak air adalah pada ekornya, yang bisa menjadi cambuk bagi pengganggu.

Kisah lain yang anakku baca di Let’s Read berjudul “Ira Tidak Takut”. Dari kisah ini, Taqi jadi tahu ada penyakit bernama thalasemia. Pasien thalasemia harus mendapat transfusi darah agar bisa beraktivitas seperti biasa.

Luar biasa! Hanya dari membaca, kosakata anak bertambah. Melalui membaca, pengetahuannya juga bertambah. Bahkan setiap usai membaca, Taqi seperti orang yang kehausan informasi.

Alasan Membaca Jadi Menyenangkan di Let’s Read

Alasan membaca menyenangkan di Let’s Read

Setiap kali membuka aplikasi Let’s Read, kami merasa seperti masuk ke perpustakaan sesungguhnya. Dimulai dari melihat-lihat sampul buku, lalu membuka sedikit halaman awalnya. Kemudian, memutuskan buku mana yang akan dibaca.

Nah, berikut ini beberapa alasan membaca di Let’s Read jadi terasa lebih menyenangkan dan seru:

  1. Ilustrasi Menarik

Namanya anak-anak, visual sangatlah penting. Tidak heran, anakku suka sekali membaca buku-buku di Let’s Read karena ilustrasinya yang menarik.

Bahkan ilustrasi buku-buku yang disajikan mampu bercerita. Terkadang anakku menambahkan cerita versi dirinya melalui ilustrasi yang dilihat. Seketika dia berpetualang. Ibarat terbang di antara planet di Galaksi Bimasakti dalam kisah “Mencari Pluto”.

Membaca menyenangkan dengan bertualang di Let’s Read
  1. Pilihan Banyak

Ada banyak sekali buku cerita yang ditampilkan di Let’s Read. Anak-anak bebas memilih dan membaca yang diinginkan.

Imajinasi anak disentuh dan dipancing keluar. Misalnya saja ketika anak membayangkan dirinya turut membuat mesin untuk menemui matahari. Seperti yang dilakukan Srey Pov dalam kisah “Petualangan Menemui Matahari”. Benar-benar petualangan yang seru.

  1. Cerita dalam Berbagai Bahasa

Ada banyak buku yang ditampilkan dalam berbagai bahasa. Bahkan, ada pula yang menggunakan bahasa daerah, lho. Hm, bisa jadi salah satu cara mengajarkan bahasa daerah pada anak.

  1. Kaya Nilai Budaya

Let’s Read mendukung pengenalan kearifan lokal pada anak-anak. Karena itu ada banyak sekali cerita anak yang menitikberatkan pada kearifan lokal.

Misalnya kisah tentang kue apam yang merupakan kue tradisional. Ada pula tentang cerita pernikahan rubah dari Nepal dan kepercayaan di baliknya. Sederhana dan sehari-hari, tetapi dikemas dengan sangat menarik.

  1. Info Level Kesulitan Baca

Let’s Read juga menampilkan informasi level atau tingkat kedulitan baca di setiap buku. Dengan begitu, orang tua akan lebih mudah mendampingi anak dalam memilih buku yang akan dibaca.

Tentang Let’s Read

Yuk, membaca menyenangkan di Let’s Read

Let’s Read diinisiasi oleh program Books for Asia, The Asia Foundation. Program ini berangkat dari kesadaran bahwa anak-anak membutuhkan buku dengan karakter dan tema yang terkait dengan kehidupan sehari-harinya. Sekaligus juga ingin memberi kesempatan anak menjelajahi dunia.

Let’s Read lantas mengumpulkan cerita bergambar berkualitas dalam sebuah perpustakaan digital. Kepedulian pada bahasa daerah yang kurang populer dan kekayaan kearifan lokal, maka digagas pula berbagai lokakarya. Hasilnya adalah kelahiran buku cerita anak yang kaya nilai budaya bangsa.

Setiap buku di Let’s Read bisa diunduh dan di-print. Ketika akses membaca buku berkualitas semakin terbuka, harapannya tercipta kebiasaan membaca. Dengan membaca anak akan lebih banyak tahu. Dengan lebih banyak tahu, maka anak akan semakin pintar.

Membaca menyenangkan menjadi semacam pondasi penting untuk membangun kebiasaan membaca. Tanpa pengalaman menyenangkan, membaca akan terasa membosankan dan tidak menarik. Jadi, yuk, kita bantu anak mendapatkan pengalaman membaca menyenangkan dengan download aplikasi Let’s Read.