Keseruan JaKreatiFest, Bisa Bikin KTP Digital Hingga Dapat Hadiah

Akhir pekan ini, kami sekeluarga mengikuti keseruan Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest). Wah, seru banget acaranya. Bisa dapat ilmu, layanan pembuatan KTP digital, hingga dapat hadiah.

JaKreatiFest dihelat di Grand Atrium, Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada 6 sampai 9 Juni 2024. Di hari kedua festival, Sabtu (8/6/2024) cukup banyak pengunjung yang hadir.

Sabtu ini, sejak pagi digelar berbagai talk show menarik. Ada talk show tentang “Inovasi Jitu untuk UMKM GO Export di Era Digital”, “Halal Lifestyle”, juga “Kreasi Pangan Olahan” yang dilanjutkan demo memasak.

Selain itu ada fashion show Jakarta Bankers Top Model yang diiringi penampilan penyanyi Ghea Indrawari. Acara hari ini akan ditutup oleh performa penyanyi bersuara emas, Tiara Andini.

Kami datang Sabtu ini selepas makan siang. Berikut ini hal-hal seru yang kami lakukan di JaKreatiFest.

1. Membuat KTP Digital di JaKreatiFest

ktp digital
Ilustrasi KTP digital/ Gambar diolah menggunakan Canva

Di JaKreatiFest terdapat booth Pelayanan Identitas Kependudukan Digital dan Pencetakan KTP. Saya pun menggunakan kesempatan itu untuk minta dibantu membuat Identitas Kependudukan Digital (IKD) alias KTP digital.

Di meja registrasi, petugas menyampaikan syarat untuk membuat KTP digital. Syaratnya yakni,

(1) memiliki e-KTP,

(2) ponsel dengan akses internet,

(3) terdapat Nomor Induk Kependudukan (NIK),

(4) mempunyai alamat pos-el (e-mail) aktif,

(5) punya nomor ponsel aktif.

Setelah itu, saya diminta untuk mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital. Berikut ini cara membuat KTP digital selengkapnya,

(1) mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital di Playstore,

(2) mengisi data berupa NIK, pos-el, nomor ponsel, lalu klik tombol verifikasi data,

(3) melakukan verifikasi wajah dengan pilih tombol ambil foto untuk melakukan pemadanan face recognition,

(4) pilih scan QR Code yang didapat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, setelah berhasil, cek pos-el yang didaftarkan untuk melihat kode aktivasi dan melakukan aktivasi IKD,

(5) masukkan kode aktivasi dan captcha untuk aktivasi IKD,

(6) aktivasi IKD telah selesai.

Saya baru tahu kalau kita nggak bisa sepenuhnya membuat KTP digital sendiri di rumah. Sebab kita perlu scan QR Code yang didapat di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Alhamdulillah urusan membuat KTP digital sudah selesai. Dengan memiliki IKD ini, salah satu manfaatnya adalah bisa mengakses layanan pemerintah dan swasta tanpa harus datang ke kantor atau mengurus berbagai dokumen fisik.

2. Menyimak Talkshow “Halal Lifestyle”

jakreatifest

Talkshow yang saya ikuti dipandu oleh moderator Teuku Wisnu. Salah satu narasumbernya adalah Anna Setyawati, Ekonom Ahli Departemen Ekonomi & Keuangan Syariah Bank Indonesia.

Dalam pemaparannya Anna mengatakan suatu makanan dikatakan halal itu tidak sekadar bebas dari babi. Misalnya terkait dengan konsumsi daging ayam, terkait juga dengan bagaimana ayam tersebut disembelih, apakah sudah sesuai syariat Islam atau belum.

“Juga harus diperhatikan unsur thayyib-nya. Misalnya apakah makanan tidak menggunakan pewarna yang membahayakan,” ujarnya.

Untuk menanamkan kebiasaan mengonsumsi yang halal dan thayyib, BI sudah melakukan berbagai upaya edukasi. Namun begitu, ini bukan tugas BI semata. Perlu peran dari masyarakat luas juga.

“Kami juga minta pada ulama dan dai agar saat ceramah menyerukan halal lifestyle,” imbuh Anna.

Narasumber lainnya, Greget Kalla Buana dari Islamic Financial Planner, menuturkan sebaiknya masyarakat tidak sekadar menggunakan segala hal berlabel halal. Lebih dari itu, harus terus mengingat Allah dalam melakukan apa pun.

Jadi, saat menggunakan produk apa saja dan saat menggunakan uang, seseorang harus benar-benar mindful. Tujuannya adalah falah atau sukses dunia akhirat.

Dalam talkshow ini, peserta yang aktif bertanya atau menjawab pertanyaan bisa dapat hadiah. Apa hadiahnya? Voucher belanja yang bisa dipakai untuk membeli produk-produk UMKM di JaKreatiFest.

3. Ikut Kuis Berhadiah di JaKreatiFest

ondel-ondel
Ornamen di salah satu booth di JaKreatiFest/ Foto oleh Nurvita Indarini

Di JaKreatiFest ada beberapa booth yang menyediakan berbagai informasi penting dan pelayanan. Beberapa booth yang menyediakan pelayanan yakni,

1. Identitas Kependudukan Digital

2. Bayar Pajak Secara Digital

3. Penukaran Uang Rupiah

Sedangkan booth yang memberikan layanan informasi yaitu,

1. Petualangan Rupiah dan Perlindungan Konsumen

2. Sertifikasi Halal

3. KUPVA BB & PJP LR

4. Satu QRIS untuk Semua

5. Promosi Jakarta Urban Tourism & MICE

6. JakLingko: Integrasi Transportasi, Connecting You Everywhere

7. Transportasi Jakarta: Nyaman, Cepat, Harga Terjangkau

Nah, saya mampir ke booth Promosi Jakarta Urban Tourism & MICE. Di sana, saya mendapat informasi tentang kegiatan wisata jalan kaki di beberapa titik di Jakarta. Wah, saya berminat banget. Kebetulan sudah lama tidak ikut kegiatan semacam itu.

Di booth tersebut, saya diajak ikut kuis nih. Ada beberapa soal yang harus dijawab. Setelah itu, dapat hadiah deh berupa voucher belanja dan suvenir.

Saya juga sempat main kuis Kahoot di booth Petualangan Rupiah dan Perlindungan Konsumen. Alhamdulillah saya jadi pemenangnya. Hadiahnya voucher belanja dan kipas angin tangan. Lumayan ‘kan?

4. Belanja Produk UMKM di JaKreatiFest

jakreatifest
Belanja produk UMKM di JaKreatiFest/ Foto oleh Nurvita Indarini

JaKreatiFest kali ini menghadirkan 79 UMKM, terdiri dari fashion, craft atau kerajinan tangan, serta makanan dan minuman. Harganya bervariasi, mulai dari Rp15.000,00.

Anak-anak ribut mengajak ke bagian makanan dan minuman, jadilah kami langsung menjelajahi Food Society A untuk mendapatkan gastronomic experience. Semuanya tampak menggiurkan.

Di jajaran minuman ada aneka kopi, teh, juga jamu. Selain itu ada aneka keripik dan camilan yang dibuat dari umbi-umbian dan buah-buahan. Ada pula camilan vegan, aneka bumbu masakan, serta sambal.

Sebelum beli, kami sibuk mencicipi tester-nya. Setelah merasakan langsung rasanya, baru menentukan pilihan produk apa saja yang dibeli.

Kebetulan saya dapat voucher belanja senilai Rp200.000, jadi lumayan deh bisa jajan senilai itu. Jika barang belanjanya melebihi nilai voucher, maka pembayaran bisa dilakukan menggunakan QRIS. O, ya, tulisan seputar QRIS bisa dibaca di Pakai QRIS Cross-Border, Tak Repot Tukar Uang Saat Traveling ke Negara ASEAN ya.

Kami membeli kaldu ayam, kaldu sapi, dan kaldu jamur. Lalu, beli keripik ubi, dan keripik daun singkong. Tak lupa satu stoples vegan brownies kukis. Lumayan nih bisa buat camilan untuk menikmati aktivitas di akhir pekan.

Penutup

Senang sekali bisa datang dan merasakan keseruan kegiatan JaKreatiFest. Ilmu bertambah, KTP digital aman, seru-seruan ikut kuis berhadiah, dan belanja produk UMKM yang berkualitas.

JaKreatiFest 2024 menyisakan satu hari lagi di hari Ahad, 9 Juni 2024. Di hari keempat, ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dinikmati. Ada talkshow “Digitalisasi dan Integrasi Transportasi Jakarta: Nyaman, Cepat, dan Harga Terjangkau”, serta “Inovasi Keuangan Digital: Inklusif dan Terlindungi”.

Acara akan ditutup live music performance yang menghadirkan penyanyi Mahalini. Seru banget ‘kan? Apalagi acara ini gratis.

O, ya, bila ingin tukar uang Rupiah baru bisa juga lho. Di sana ada layanan kas keliling dari Bank Indonesia bekerja sama dengan Bank DKI dan Bank Mandiri. Penukaran uang hanya bisa dilayani sampai pukul 14.00 WIB, jadi jangan sampai ketinggalan ya!

2 Comments
  1. Laila RI says

    seru ya kak acaranya, apalagi ada live music yang penyanyinya keren-keren semua

  2. Analisa Muya says

    Wah seru banget acara JaKreatiFest, bisa bikin KTP digital dan dapet voucher belanja senilai 200k plus kipas tgan…beruntung bangets….

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.