128 Tahun BRI, Digitalisasi Perbankan Jadi Amunisi Melayani Setulus Hati

Bagi yang besar di era 90-an tentu tidak asing dengan produk Tabanas alias Tabungan Pendidikan Nasional. Saat masih duduk di sekolah dasar (SD), produk tabungan yang satu ini jadi andalan untuk menyimpan uang di bank. Tabanas BRI jadi pilihan saya kala itu, karena Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang paling dekat dari rumah dan mudah ditemukan.

Saya ingat sekali, kala itu masih duduk di kelas empat SD. Ibu memboncengkan saya menggunakan sepeda menuju kantor cabang BRI dekat rumah. Tangan kecil saya menggenggam erat tas kecil berisi uang yang didapat dari kerabat kala Lebaran.

Saya menabung di Tabanas, sedangkan Ibu menabung di Simpedes. Asa dilangitkan, semoga kelak tabungan tersebut bisa digunakan untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi. Berharap kelak bisa membeli sepeda motor baru kala tabungan di Simpedes sudah mencukupi.

Bertahun-tahun berlalu, kantor cabang BRI di dekat rumah itu masih tegak berdiri. Bahkan terkesan lebih modern setelah direnovasi. Layanannya pun kian beragam, bahkan semakin memudahkan karena komitmen digitalisasi perbankan yang senantiasa dikembangkan.

16 Desember 2023 mendatang, BRI genap berusia 128 tahun. Bagi saya, ini bukan persoalan usia tua, akan tetapi komitmen dan semangat yang terus dijaga untuk melayani masyarakat sepenuh hati.

Di tulisan kali ini, saya hendak berkisah tentang transformasi digital yang dilakukan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI). Juga tentang aneka produk digital yang bisa dimanfaatkan para nasabahnya.

Strategi Sukses Transformasi Digital BRI

Transformasi digital BRI/ Foto diolah menggunakan Canva

Seiring berkembangnya teknologi dan informasi, dunia digital tak bisa dihindarkan. BRI pun tak mau tertinggal langkah. Digitalisasi BRI dilakukan tanpa nanti, sekaligus mengusung strategi nan mumpuni. Tak heran, transformasi digital BRI berlangsung smooth dan terus menuai respons positif masyarakat.

Hal itu antara lain terlihat melalui super apps BRImo yang pada 2022 mencatat volume transaksi finansial mencapai Rp2.669 triliun atau tumbuh lebih dari dua kali lipat dibandingkan 2021. Sedangkan dilihat dari dari volume transaksi, angkanya mencapai Rp1,83 miliar.

Dua tahun kemudian, yakni pada 2023, volume transaksi Super Apps BRImo tumbuh sebesar 66,87 persen atau sekitar Rp2.984 triliun. Sementara itu, jumlah penggunanya mencapai 29,8 juta pada September 2023.

Transformasi digital secara nyata mampu turut mendongkrak industri perbankan dengan cepat. Selain itu, meningkatkan inklusi keuangan, serta memberdayakan Usaha Ultra Mikro, Mikro, Kecil, dan Menengah.

Transformasi digital ini berhasil ditorehkan melalui beberapa strategi jitu. Strategi tersebut yakni pemetaan layanan digitalisasi perbankan, peningkatan kualitas layanan digital banking, hingga pengembangan talenta digital.

BRI rupanya menyadari benar bahwa transformasi digital harus melibatkan berbagai hal. Setidaknya perlu didukung sumber daya manusia (SDM) yang andal dan pengolahan teknologi informasi yang memadai.

Demi meningkatkan kualitas SDM-nya, BRI bekerja sama dengan sejumlah lembaga pendidikan ternama di luar negeri. Misalnya saja Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Gartner, dari Amerika Serikat. Selain itu, BRI juga menggelar program beasiswa ke mancanegara dan sertifikasi profesional di bidang teknologi informasi .Hal ini menunjukkan betapa akses informasi dan edukasi dibuka seluas-luasnya bagi SDM di BRI.

Sementara itu, dukungan di bidang teknologi dan informasi dilakukan melalui penguatan pengolahan big data. Tak lupa, pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) sebagai langkah andalan. Termasuk pula penguatan IT operating model yang dibarengi transformasi sesuai blueprint transformasi BRIvolution 2.0.

Aneka Layanan Digital BRI, Mana yang Jadi Pilihanmu?

Inisiatif digital yang dilakukan BRI terbukti sangat membantu masyarakat, utamanya kala pandemi beberapa waktu lalu. Layanan perbankan yang terintegrasi membuat masyarakat tetap bisa bertransaksi dengan aman dan nyaman di tengah situasi yang penuh pembatasan.

Ketika pandemi berlalu, kemudahan layanan digitalisasi perbankan terus ditawarkan. Masyarakat pun jadi lebih mudah melakukan kegiatan perbankan karena lebih praktis dan fleksibel,

Nah, setelah melihat strategi digital yang dijalankan BRI, yuk kita lihat bersama aneka layanan digitalisasi perbankan yang diluncurkan BRI.

  1. Digital Saving

Zaman saya kecil dulu, jika hendak membuka rekening tabungan, harus mendatangi cabang BRI terdekat. Namun, kini perkembangan teknologi membuat kita bisa membuka rekening tabungan di mana saja dan kapan saja. Ruang dan waktu tak lagi menjadi penghalang.

Ya, dengan fasilitas Digital Saving BRI, kita tidak perlu datang ke kantor BRI untuk membuka rekeningtabungan. Bahkan tidak membutuhkan aplikasi, hanya perlu mengakses situs resmi BRI, lalu membuka rekening online dengan langkah mudah.

Berikut ini beberapa langkah mudah membuat digital saving di BRI.

  1. Digital CS, Digitalisasi Perbankan untuk Tingkatkan Layanan Nasabah

Digital customer service (CS) merupakan mesin one stop service yang berfungsi untuk melayani transaksi nasabah secara self service. Layanan ini diluncurkan untuk meningkatkan pelayanan kepada nasabah, sehingga membuat berbagai macam urusan perbankan bisa menjadi lebih mudah dan cepat.

Melalui Digital CS, nasabah bisa melakukan pengaduan. Juga bisa membuka rekening untuk Tabungan BRI BritAma, BritAma Bisnis, Tabungan BRI Simpedes, dan Simpedes Usaha.

Jika kartu ATM hilang, rusak, atau tertelan, maka bisa melakukan penggantian kartu melalui Digital CS juga lho. Bahkan kita bisa pula mencetak rekening koran, mengirim rekening koran via e-mail, mencetak 5 transaksi terakhir, hingga penerbitan kartu debit.

Layanan  Digital CS BRI ini bisa diakses dengan mudah oleh nasabah. Pasalnya mesin Digital CS telah tersebar dan dapat ditemukan di banyak lokasi.

Baca juga tulisan menarik lainnya, ini tentang penipuan di bidang perbankan: Penjahat Siber Punya Banyak Trik, Nasabah Harus Bijak dan Cerdik

  1. Aplikasi Perbankan dalam Genggaman Bersama BRImo

BRI Mobile alias BRImo adalah aplikasi Keuangan Digital Bank BRI berbasis data internet. Nasabah maupun non-nasabah BRI bisa bertransaksi dengan User Interface dan User Experience terbaru. 

Kehadiran BRImo diharapkan bisa menggeser habit nasabah yang sebelumnya bertransaksi melalui unit kerja BRI, ATM dan SMS Banking lantas beralih ke transaksi melalui internet banking. Nah, dengan internment banking ini, pelanggan bisa menggunakan layanan internet 24 jam dalam sehari. Dengan Internet Banking BRI, Anda dapat berinteraksi dengan BRI selama 24 jam 

  1. Debit Virtual 

Debit Virtual BRI dapat digunakan untuk bertransaksi di merchant online yang memiliki jaringan Principle. Layanan penerbitan kartu debit virtual ini bisa dilakukan melalui aplikasi BRImo.

Ada banyak sekali manfaat debit virtual BRI. Misalnya saja kemudahan dan kecepatan pembuatan kartu digital dari mana saja, tanpa harus ke bank. Selain itu lebih aman, lantaran bebas dari risiko kartu hilang dan skimming. Tak hanya itu, terdapat juga aneka promo menarik, dan pastinya memudahkan berbelanja online di jaringan merchant e-commerce domestik maupun internasional.

  1. BRIspot, Digitalisasi Perbankan untuk Kemudahan Proses Kredit

Kenalkan aplikasi pemrosesan kredit melalui mobile: BRIspot. Keunggulannya, proses kredit menjadi jauh lebih cepat. Jika sebelumnya membutuhkan waktu 2 minggu, dengan BRIspot rata-rata menjadi 2 hari saja, bahkan bisa lebih cepat. 

Nasabah bisa mengajukan KPR, KTA, maupun payroll loan. Untuk menggunakan layanan ini, bisa menggunakan aplikasi mobile dan situs web.

Penutup

Transformasi digital di berbagai bidang adalah keniscayaan. Hal itu membuat BRI enggan main-main dalam melakukan digitalisasi perbankan dalam layanannya.

Salah satu contoh keberhasilan transformasi digital BRI adalah melalui hadirnya agen BRILink. Agen-agen tersebut setidaknya telah melayani lebih dari 700 transaksi finansial. Bahkan hingga akhir September 2022, volume transaksi selama 9 bulan nilainya lebih dari Rp9 triliun.

Tahun berlalu, musim berganti. 128 tahun bukanlah perjalanan singkat. Tentu banyak dinamika yang terjadi. Akan tetapi BRI menunjukkan semakin bertambah tua, justru semakin modern dalam memberikan pelayanan. BRI belajar keras agar tak terlindas zaman. Semua itu dilakukan demi melayani sepenuh hati semua nasabahnya.

Apalagi sejak dulu, BRI dikenal aktif mendorong sektor UMKM. Misalnya melalui langkah BRI terus melakukan penyaluran KUR kepada debitur, agar mampu mendorong UMKM naik kelas. Tak berlebihan jika BRI menjadi Pahlawan UMKM. Nyata, BRI untuk Indonesia.

Referensi

https://bri.co.id/digital-cs

https://bri.co.id/brimo

cnbcindonesia.com, Transformasi Digital BRI Sukses Berkat Strategi Ini, https://www.cnbcindonesia.com/market/20230201121936-17-410032/transformasi-digital-bri-sukses-berkat-strategi-ini, diakses pada 25 November 2023.

https://promo.bri.co.id/main/promo/detail/debit_virtual_bri

https://bukarekening.bri.co.id/digital-saving/info_open

swa.co.id, Dua Transformasi BRI Lepas dari Masa Krisis Akibat Pandemi, https://swa.co.id/swa/business-update/bank-rakyat-indonesia/dua-transformasi-bri-lepas-dari-masa-krisis-akibat-pandemi, diakses pada 25 November 2023.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com