Melindungi Diri dan Keluarga dengan Manajemen Risiko

Pernahkan kamu berpikir bahwa tidak ada kepastian di hari mendatang dan bisa saja segala sesuatunya berjalan tidak sesuai rencana? Oleh karena itu, penting sekali untuk memahami manajemen risiko untuk mengantisipasi hal-hal tidak terduga. Namun, sayangnya tidak semua orang mampu memahami pentingnya manajemen risiko. Apabila tidak memahami manajemen risiko yang baik, maka akan sulit melakukan mitigasi yang tepat, termasuk soal keuangan.

Manajemen risiko dalam bidang keuangan sangat penting dilakukan. Pasalnya, kondisi keuangan merupakan hal yang sensitif bagi setiap orang. Apabila tidak dikelola dengan baik, maka bisa terjadi masalah keuangan yang berat. Untuk memudahkan manajemen risiko keuangan, maka kamu memerlukan digital banking. Online banking adalah layanan yang akan membuat kamu jauh lebih mudah mengatur pemasukan, pengeluaran hingga menabung secara lebih fleksibel.

Cara Melindungi Diri dan Keluarga dengan Manajemen Risiko

manajemen risiko keuangan
Manajemen risiko keuangan/ Foto: Pexels

Keadaan di masa depan bisa saja tidak sejalan dengan apa yang kita rencanakan, apalagi menyangkut keuangan. Itulah pentingnya manajemen risiko sehingga kamu tidak akan merasa kewalahan apabila terjadi hal di luar rencana karena manajemen keuangan sudah baik. 

Keberadaan digital banking sangat bermanfaat bagi diri dan keluarga karena kamu dapat mengatur arus keuangan lebih mudah, baik pengeluaran, pemasukan hingga saving uang. Online banking adalah layanan yang akan memberikan fleksibilitas tinggi bagi kamu untuk mengelola cashflow. Nah, lantas, bagaimana sih cara melindungi diri dan keluarga dari sesuatu yang tidak bisa diprediksi di masa depan? Terutama memprediksi soal keuangan. Yuk, simak tipsnya di sini.

1. Disiplin dengan Diri Sendiri

manajemen risiko keuangan
Ilustrasi disiplin keuangan/ Foto: Canva

Melindungi diri dan keluarga dari masalah keuangan, salah satunya adalah dengan bersikap disiplin pada diri sendiri. Disiplin tidak hanya terkait waktu, akan tetapi juga mampu menempatkan sesuai porsinya, seperti mengelola keuangan dengan bijak. Di sini kamu harus mempertimbangkan, menghitung, hingga menerapkan strategi yang tepat untuk mengelola keuangan. Kenapa demikian?

Terkadang kita hanya bersikap disiplin apabila itu berkaitan dengan orang lain, akan tetapi seringkali justru terlena dengan diri sendiri. Oleh karena itu, cara manajemen risiko diri sendiri dan keluarga dalam hal keuangan adalah menanamkan sikap disiplin diri. Sehingga, langkah kedepan untuk mengatur berbagai permasalahan termasuk keuangan menjadi lebih terstruktur.

2. Mengelilingi Diri dengan Lingkungan yang Tepat

Ilustrasi pertemanan yang tepat/ Foto: Canva

Agar kamu mampu melakukan manajemen risiko yang tepat, tentu kamu harus mampu memilih lingkungan pertemanan yang tepat. Lingkungan tempat kita bergaul sangat mempengaruhi gaya hidup. Gaya hidup yang salah, dapat membuat kita boros pengeluaran yang mengakibatkan keuangan tidak tertata. Maka, pilihlah lingkungan pertemanan yang sehat. 

Untuk membantu kamu mengatur keuangan agar goal keuangan terwujud, yakni dengan menggunakan digital banking. Layanan online banking adalah layanan yang dapat membantu kamu dalam mengatur keuangan lebih fleksibel. Pasalnya, digital banking tidak terikat oleh jam kerja maupun tempat sehingga dapat dilakukan secara leluasa. 

3. Mengubah Mindset

Ilustrasi ubah mindset/ Foto: Canva

Mindset atau pola pikir merupakan landasan yang mempengaruhi seseorang dalam melakukan tindakan. Maka dari itu, untuk melindungi diri dan keluarga dengan lebih aware akan manajemen risiko, yakni dengan mengubah pola pikir (mindset). Kebanyakan orang terlena dengan kehidupan saat ini dan lupa mempersiapkan masa depan karena belum terjadi.

Pola pikir demikian harus segera diubah, karena pada dasarnya tidak ada yang tahu bagaimana keadaan di masa mendatang. Oleh karena itu, penting sekali untuk melakukan manajemen risiko terhadap ketidakpastian di masa depan.

4. Mulai Menabung

manajemen risiko keuangan
Mulai menabung/ Foto: Canva

Tidak ada kata terlambat bagi kamu untuk menabung. Salah satu cara paling efektif untuk melindungi diri dan keluarga terkait keuangan, yakni dengan memulai menabung. Hal-hal di masa mendatang tidak ada yang tahu, bisa saja kamu kehilangan pekerjaan, memasuki pensiun, jatuh sakit dan berbagai kemungkinan lain yang membebani keuangan. 

Oleh karena itu, penting sekali untuk merencanakan keuangan secara lebih terstruktur dan sesuai porsinya. Mitigasi bencana yang bisa kamu lakukan yakni dengan menabung. Mulailah mengalokasikan penghasilan untuk tabungan agar mampu mengantisipasi kondisi di masa depan. Beruntungnya, ini dapat dilakukan lebih mudah menggunakan layanan digital banking. Dengan layanan ini, kamu bisa menabung kapan saja dengan nominal sesukamu. 

5. Mulailah Mencari Side Income

Ilustrasi income/ Foto: Canva

Kebanyakan rumah tangga hanya bergantung pada satu penghasilan saja, sehingga membuat kondisi keuangan menjadi mengkhawatirkan. Pasalnya, apabila terjadi permasalahan keuangan, tentu kamu akan sulit untuk mengatasinya. Dengan demikian, sebaiknya lakukan manajemen risiko dengan cara mencari side income (penghasilan tambahan) untuk menjaga kondisi keuangan tetap stabil.

Kamu juga bisa lebih leluasa mengalokasikan berbagai kebutuhan dan tabungan apabila memiliki side income. Tentunya ini semakin dipermudah dengan layanan online banking dimana berbagai transaksi keuangan bisa dilakukan lebih aman dan terstruktur. Dengan waktu yang fleksibel, kamu jauh lebih mudah untuk melakukan saving.

Kelola Manajemen Risiko dengan Baik bersama Digital Banking 

manajemen risiko keuangan
Ilustrasi digital banking/ Foto: Canva

Manajemen risiko merupakan hal yang penting dilakukan untuk mengantisipasi berbagai permasalahan yang tidak sesuai rencana. Keuangan merupakan masalah yang sensitif karena menyangkut berbagai kebutuhan. Maka dari itu, antisipasi dengan membuat rencana manajemen risiko menjadi sebuah keharusan agar keuangan keluarga menjadi sehat.

Kehadiran digital banking semakin mempermudah kamu untuk mengatur keuangan pribadi maupun keluarga. Dalam hal ini, kamu sangat disarankan memanfaatkan digital banking dari digibank by DBS sebagai solusi cerdas untuk pengelolaan keuangan. Tak hanya untuk kelola keuangan saja, di aplikasi perbankan ini, tersedia juga produk asuransi dan ada lebih dari 150 pilihan investasi yang bisa kamu coba.

Dengan demikian, dipastikan tidak ada lagi kekhawatiran akan pengeluaran lebih besar dari pendapatan. Sebab, kamu sudah  mengatur pendapatan ke pos-pos yang sudah ditetapkan dengan rapi dan teratur. Tertarik untuk tahu lebih banyak informasi tentang digital banking dari digibank by DBS? Yuk, cari tahu di sini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.