Viral Kasus Air Galon Palsu, Pastikan Air Mineral di Rumah Asli dan Bersih

Hai, Ma, sudah melihat video air galon palsu yang viral di media sosial belum? Duh, miris banget melihatnya. Kok ada saja ya pihak yang tega menipu orang lain demi meraup keuntungan.

Saya pertama kali melihat video tersebut dari postingan Chef Devina Hermawan di Twitter. Dalam video tersebut tampak seorang laki-laki dengan mudahnya membuka tutup galon air mineral. Dengan mudahnya pula, dia memasang tutup galon yang baru. Pria ini melakukan aksi tersebut dengan tangan terborgol, lho.

Sekilas saya melihat tutup galonnya mirip sekali dengan tutup galon air mineral yang asli. Melihat penampakannya, tidak ada yang tahu bahwa itu adalah galon palsu alias isinya bukan air mineral asli.

Ya, sulit bagi konsumen untuk membedakan mana yang asli dan palsu. Pasalnya secara kasat mata tutup galon asli, galon air mineral pun asli, keadaanya baik, tidak rusak sama sekali.

Saya kadang bertanya-tanya apakah ada tutup galon palsu. Jika memang ada tutup galon palsu, pasti pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab semakin leluasa melancarkan aksinya. Seram ya jika tutup galon mudah dipalsukan.

Isi Air Galon Palsu Bukan Isu Baru

Galon asli tapi isi palsu sudah ditemukan sejak lama/ Foto ilustrasi: Canva

Modus operandi pelaku pemalsuan adalah dengan mengganti tutup galon dengan merek air mineral ternama. Rupanya air yang digunakan pelaku berasal dari depot air isi ulang. Setelah mengganti tutup galonnya, pelaku memasok galon berisi air mineral palsu ke warung-warung. Tega sekali!

Informasi ini saya dapat dari artikel di situs resmi Humas Polri. Artikel tersebut menyoroti kasus pemalsuan air mineral galon di wilayah Polda Banten beberapa waktu lalu.

Nah, perkara tutup dan galon asli tapi isi galon bisa dipalsukan ini bukan hal baru. Pelaku yang diamankan Polda Banten mengaku sudah menjalankan aksinya selama dua tahun.

Sewaktu saya cari-cari pemberitaan tentang isi galon palsu di mesin pencari Google, berderet-deret kabarnya. Bahkan pemalsuan ini saya dapati sudah terjadi sejak beberapa tahun lalu.

Menurut artikel di suara.com, kepolisian mencatat kasus pemalsuan atau pengoplosan galon isi ulang ditemukan hampir setiap tahun. Misalnya pada 2011, kasus pemalsuan ditemukan di Bantul, lalu di Kota Depok pada 2016, Tangerang Selatan di tahun 2017, Pandeglang pada 2018, Magetan  di tahun 2020, dan yang teranyar di Cilegon pada 2022.

“Kreatif” dan super niat sekali ya pihak-pihak yang memalsukan air mineral galon. Rupanya para pelaku mendapatkan tutup galon air mineral merek ternama dari penyuplai dengan harga Rp 5.000. Dengan semudah itu mendapatkan tutup galon merek ternama, potensi pemalsuan air mineral galon masih menjadi ancaman dari waktu ke waktu.

Ancaman hukuman tidak membuat pelaku pemalsuan gentar. Keuntungan hingga 28 juta rupiah dalam sebulan menyilaukan mata pelaku. Gimana nggak meraup 28 juta rupiah, lha wong para pelaku bisa memproduksi 100 galon per hari atau 2.500 air mineral galon palsu per bulan.

Perbuatan pemalsuan air mineral dalam galon ini melanggar pasal 62 ayat 1 jo pasal 8 ayat 1 huruf a dan d Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan atau pasal 143 jo pasal 99 Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan jo pasal 55 ayat 1 KUHP. Ancaman hukuman atas perbuatan ini adalah 5 tahun penjara.

Bahaya Isi Galon Palsu

“Nah kan ketahuan juga gampang banget dipalsuin, pantesan kadang nemu air yang udah ada jentik nyamuknya, ya ampun.” Demikian cuit seorang warga Twitter mengomentari video tutup galon palsu yang viral tersebut.

Ketika tutup galon mudah dipalsukan atau pelaku gampang mendapatkan tutup galon asli, maka isinya bisa air apa saja. Kita nggak akan tahu bila isinya adalah air mentah yang tidak jelas sumbernya. Bahkan kita pun nggak tahu bila air yang digunakan untuk mengoplos adalah air hujan, misalnya.

Dengan uang dua puluh ribu rupiah, harapannya kita akan mendapatkan air mineral yang sehat dan berkualitas untuk seluruh keluarga. Apalagi jika di rumah ada anak-anak kecil yang pencernaannya masih sensitif.

Gara-gara ulah pihak tidak bertanggung jawab, konsumen jadi minum air yang tidak jelas sumbernya. Jika  sumber airnya tidak jelas, bahaya isi galon palsu mengintai keluarga kita.

Bayangkan Ma, jika yang diminum adalah air mentah, peminumnya sangat mungkin terkena penyakit infeksi. Apalagi jika yang minum adalah anak-anak dan manusia lanjut usia dengan kekebalan tubuh yang rentan. Diare, perut keram, mual, bahkan kolera adalah sederet kondisi yang mungkin muncul akibat minum air sembarangan.

The Environmental Protection Agency (EPA), instansi perlindungan lingkungan di Amerika Serikat, mewanti-wanti agar air minum bebas lebih dari sekitar 90 kontaminan dari bahan kimia ataupun bahan biologis. Kontaminan kimia misalnya arsenik, timbal, dan tembaga. Sedangkan kontaminan mikroba antara lain bakteri dan parasit.

Yuk, Lebih Hati-hati Agar Terhindar dari Air Galon Palsu

air galon palsu
Pastikan air mineral di rumah asli dan berkualitas/ Foto ilustrasi: Canva

Kabar pemalsuan air mineral dalam galon ini tentu membuat khawatir konsumen. Namun, dengan pemberitaan ini, harapannya kita bisa meningkatkan ketelitian dan kehati-hatian saat akan membeli air mineral kemasan galon ya, Ma.

Beberapa waktu lalu beredar video mengenai cara cek galon asli. Caranya adalah dengan menyamakan nomor produksi di badan galon dan tutupnya. Namun, kadang agak sulit mengeceknya karena tulisan kodenya kecil dan agak samar.

Rasa air mineral juga bisa jadi indikator pemalsuan. Air mineral palsu yang tidak jelas sumbernya bisa jadi terasa kesat di mulut. Masalahnya tidak semua orang peka dengan rasa airnya.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengusulkan dilakukan langkah-langkah responsif. Misalnya dengan melakukan evaluasi secara berkala oleh pihak produsen. Selain itu YLKI juga menyarankan tutup, segel, dan galon dimodifikasi dalam kurun waktu tertentu. Dengan modifikasi berkala, akan menyulitkan pelaku untuk melakukan pemalsuan.

Kita, sebagai konsumen juga harus meningkatkan kewaspadaan agar tidak menjadi korban pemalsuan air mineral ya, Ma. Apalagi kita dan keluarga sangat membutuhkan manfaat sehat air mineral.

Manfaat Sehat Air Mineral

Air mineral berasal dari mata air alami. Disebut air mineral karena terkandung berbagai mineral seperti kalsium karbonat, magnesium sulfat, kalium, dan sodium sulfat.

Dikutip dari WebMD, berikut ini beberapa manfaat sehat air mineral:

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian pada wanita pasca-menopause menunjukkan konsumsi air mineral terbukti menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Di saat yang bersamaan, air mineral juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Seperti kita tahu kolesterol jahat dalam kadar tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Nah, dengan konsumsi air mineral, kesehatan jantung tetap terjaga.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian pada tahun 2004 membuktikan konsumsi air mineral dapat menurunkan tekanan darah pada orang-orang dengan hipertensi. Dalam penelitian, sejumlah orang yang memiliki hipertensi diberi asupan air mineral selama empat pekan. Hasilnya, tekanan darah mereka turun secara signifikan.

3. Meredakan Gejala Sembelit

Konsumsi air mineral bermanfaat bagi mereka yang mengalami gangguan pencernaan dan sembelit. Dengan konsumsi air mineral, selain metabolisme lebih terjaga, fungsi kandung empedu juga lebih meningkat.

Ikhtiar Menghindarkan Diri dari Air Galon Palsu

air galon palsu
Pastikan kita tidak gunakan air galon palsu/ Foto ilustrasi: Canva

Beli air mineral ya harus dapat air mineral dong. Apalagi kita sengaja membeli air mineral karena sadar ada sejumlah manfaat sehat yang bisa dirasakan seluruh keluarga.

Untuk memastikan keluarga hanya minum air mineral yang asli dan berkualitas, ada sejumlah ikhtiar yang saya lakukan nih, Ma.

– Cek Galon dengan Teliti

Sebelum membeli air mineral galon, saya cek dengan baik galonnya untuk memastikan terdapat kode best before. Kode ini berupa tulisan dengan tinta hitam yang menunjukkan tanggal, bulan dan tahun pembuatan. Dengan mengecek kode ini juga menghindarkan dari membeli produk yang kedaluwarsa.

Perhatikan pula kode galonnya ya, Ma. Sebaiknya pilih galon dari bahan yang bebas BPA. Hal ini ditunjukkan dengan keberadaan kode segitiga nomor 1.

– Pilih Air dalam Galon dengan Pengaman yang Baik

Sebelum dibuka, pastikan botol atau galonnya benar-benar dalam kondisi yang baik ya, Ma. Cek dulu, apakah galon tidak keras atau ada bagian yang penyok.

Pastikan pula tutupnya tersegel dengan baik dan rapi. Ada baiknya pilih galon dengan tutup ulir yang kedap udara dan tersegel rapat. Dengan begitu, kebersihan dan keamanan air di dalam galon benar-benar terjamin.

– Beli di Toko yang Dipasok Langsung oleh Produsen Air Mineral

Untuk memastikan membeli produk air mineral yang asli, sebaiknya beli langsung di toko yang dipasok secara langsung oleh produsen air mineral. Dengan datang langsung ke toko, kita bisa mengecek secara leluasa galon dan tutupnya.

Sebenarnya saat ini di pasaran ada air mineral kemasan galon yang selalu baru dan bukan cuci ulang. Air mineral dalam kemasan galon seperti ini bisa mencegah peluang pemalsuan.

Penutup

Semoga informasi tentang air mineral palsu ini menambah kewaspadaan kita. Jangan lupa selalu berikhtiar agar tidak menjadi korban pemalsuan. 

Semoga orang-orang yang berniat melakukan pemalsuan air mineral dalam galon diberi hidayah ya, Ma. Produsen air mineral, pemerintah, dan pihak-pihak terkait juga semoga lebih ketat dalam mencegah pemalsuan, agar konsumen mendapatkan hak-haknya dengan baik. Ingatkan juga pada diri sendiri agar lebih cermat membeli air mineral.

Referensi:

Humas Polri. Cilegon Police Reveals Case of Counterfeiting of Aqua Mineral Gallon Water Contents, diakses pada 27 Agustus 2022.

suara.com. Heboh Pemalsuan Galon Isi Ulang, Mengapa Bisa Terjadi?, diakses pada 27 Agustus 2022.

liputan6.com. YLKI Soroti Kelalaian Produsen soal Kasus Air Galon Palsu, diakses pada 27 Agustus 2022.

WebMD. Health Benefits of Mineral Water, diakses pada 27 Agustus 2022.

Hello Sehat. Apa yang Terjadi Jika Saya Minum Air Mentah?, diakses pada 27 Agustus 2022.

1 Comment
  1. Sejingga says

    Alhamdulillah agen galon langganan komplek nggak neko-neko. Jadi aman sentosa…

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com