Cari Rice Cooker yang 10X Lebih Tahan Lama? Baca Tulisan Ini

Hai, Ma, adakah yang sedang mencari rice cooker? Di pasaran, terdapat berbagai jenis dan merek rice cooker. Saking banyaknya pilihan malah bikin bingung.

Sebaiknya, saat hendak membeli rice cooker, banyak-banyak cari info dulu ya, Ma. Ini penting agar kita mengenal betul rice cooker yang hendak dipilih.

Bagi saya, keawetan rice cooker dan kemampuannya memasak nasi juga jadi pertimbangan utama. Jangan sampai rice cooker-nya tampak bagus, tapi sebenarnya nggak awet. Duh, harus sering-sering beli rice cooker jadinya.

Jangan sampai juga nasi yang dimasak lengket ke panci pemasaknya. Satu lagi nih, permasalah yang sering dihadapi para mama: nasi gampang kering.

Padahal ‘kan enak ya makan nasi hangat yang pulen? Apalagi lauknya ayam goreng, lalapan, dan sambal terasi. Waah, saya langsung ngiler membayangkannya.

Kebetulan, di tulisan kali ini saya berbagi pengalaman menggunakan rice cooker dengan panci Nanoal yang anti lengketnya 10x lebih tahan lama. Yuk, dibaca terus, Ma.

Pengalaman Pakai Rice Cooker Miyako: Tahan Banting

Aneka Rice Cooker Miyako

Rice cooker Miyako adalah merek yang familiar bagi keluarga saya. Banyak yang pakai rice cooker ini karena saling merekomendasikan. Di grup Whatsapp keluarga, beberapa kali ada yang tanya, “Kalau mau beli rice cooker, bagusnya apa ya?”

“Miyako,” jawab anggota grup lainnya dengan kompak.

Wah, Miyako memang sudah menjadi merek andalan di sebagian besar keluarga besar saya. Nih, saya ceritakan pengalaman adik saya yang menggunakan rice cooker Miyako sejak dia pindah ke rumah barunya 2015 silam.

Rice cooker yang dia pakai benar-benar awet. Pokoknya tahan banting banget. Rice cooker-nya baru rusak di bagian dekat tutup engsel beberapa bulan lalu.

Kata adik saya, sebenarnya kerusakan itu tidak terlalu memengaruhi performa rice cooker-nya secara umum. Namun, karena tampilannya sudah menurun, akhirnya dipensiunkan.

Kakak saya juga punya pengalaman serupa. Rice cooker Miyako sudah dipakainya selama lebih dari tiga tahun. Selama itu, tidak pernah ada masalah berarti.

“Nasinya nggak gampang kering. Tips dari aku, kalau tombol memasaknya baru saja pindah ke posisi warmer, buka dulu tutupnya sampai uap panasnya hilang. Kalau sudah hilang uapnya, baru ditutup. Nasinya bakal lebih awet,” saran Kakak.

Kakak saya ini memang Miyako mania. Tak hanya rice cooker, kipas anginnya pun menggunakan merek Miyako. “Soalnya bandel, nggak gampang rusak,” begitu alasan Kakak memilih Miyako.

Bahkan untuk setrika, dispenser, dan kipas angin, Kakak saya setia pada Miyako. Tahu tidak, Ma, setrikanya sudah digunakan sejak Kakak saya berumah tangga lho. Artinya, dia sudah menggunakannya selama hampir 17 tahun. Tidak pernah rusak sama sekali.

Berbagai alat elektronik dari Miyako yang awet bertahun-tahun

Adik sepupu saya juga mengandalkan rice cooker Miyako untuk memasak nasi. Mulanya, dia memasak nasi dengan cara manual menggunakan panci di atas kompor. Ingin lebih praktis, hampir dua tahun terakhir ini dia beralih menggunakan rice cooker.

“Awalnya nasinya keras, nggak matang gitu. Ternyata bukan karena rice cooker-nya, tapi karena airnya kurang. Maklum, belum terbiasa pakai rice cooker. Sekarang sih sudah biasa. Nasinya pulen, enak,” terang sepupu.

Sepupu juga memberikan tips agar nasi tidak cepat kering. Menurutnya, jika usai makan malam masih ada sisa nasi, sebaiknya kabel colokan listrik dicabut. Nah, esok paginya, kabel colokan kembali dihubungkan ke listrik.

“Itu nasinya masih enak lho,” imbuh sepupu.

Pengalaman selanjutnya menggunakan rice cooker disampaikan oleh sepupu yang saat ini sedang kuliah di Medan. Dia happy sekali pakai rice cooker ini karena bisa menghadirkan berbagai masakan.

“Aku menggoreng telur, masak sarden kalengan, dan bikin mi instan pakai Rice Cooker Miyako,” kisahnya.

Kehebatan Rice Cooker Miyako itu tentu memudahkannya, sehingga nggak selalu makan di luar. Namanya anak kost ya, Ma, perlu irit-irit ‘kan? Apalagi kalau uang bulanan belum dikirim.

Rice Cooker Miyako Nanoal, 10X Lebih Tahan Lama

rice cooker miyako
Miyako Nanoal MCM 508 SBC dengan warna body yang cantik dan elegan

Nah, sekarang cerita saya pribadi nih. Kebetulan, rice cooker di rumah baru saja ganti. Saya menggunakan Miyako Nanoal MCM 508 SBC. Cantik deh penampakannya, warnanya rose gold dipadu hitam. Sungguh elegan dan terkesan modern. Pas sekali diletakkan di dapur atau di ruang makan.

Oke, sekarang saya mau ajak Mama melihat lebih dekat Miyako Nanoal MCM 508 SBC yang saya gunakan. Jadi, ini adalah penanak nasi dengan fungsi 3 in 1. Selain menanak nasi, juga bisa digunakan untuk mengukus dan menghangatkan makanan.

Oh ya, panci di Rice Cooker Miyako ini menggunakan teknologi Nanoal yang menjadikannya panci anti lengket 10x lebih tahan lama. Selain itu, pancinya juga food grade dan bebas dari PFOA. Hal ini membuatnya lebih awet, lebih tahan lama, dan lebih aman bagi kesehatan.

Kelebihan lain dari penanak nasi ini adalah keberadaan tiga elemen pemanas. Elemen ini berada di bagian atas, tengah, dan bawah. Hal itu menjadikan nasi matang lebih sempurna dan tahan hangat lebih lama. Ada garansi lima tahun untuk elemen panas ini lho, Ma. Jadi semakin tenang pakainya ‘kan?

Rice cooker ini juga dilengkapi Thermostat. Fungsinya adalah untuk membuat nasi tetap hangat, tidak mudah kering, serta tidak mudah basi. Apalagi ada gelas pembuangan air yang mumpuni di bagian belakang body.

rice cooker miyako
Nasi tidak lengket saat dimasak menggunakan Miyako Nanoal MCM 508 SBC

Keberadaan gelas tersebut bisa menampung air sisa memasak, alhasil nasi tidak mudah basi dan busuk. Jangan lupa secara berkala membersihkan gelas penampung ini ya, Ma. Tujuannya adalah agar rice cooker tetap bersih. Performanya pun akan tetap maksimal.

Perhatikan juga nih bagian atasnya alias di bagian tutup. Ada sesuatu yang menonjol bukan? Itu adalah magic tonjolan yang fungsinya menjaga nasi tetap enak. Bagian ini juga perlu dibersihkan secara berkala, Ma. Jika kotor, sisa uap nasi akan terperangkap dan mengakibatkan kotoran masuk ke nasi.

Ukuran rice cooker ini juga cukup besar, Ma. Bisa digunakan untuk masak beras 1,8 liter atau sekitar 1,4 kg. Sementara itu, kapasitas yang bisa digunakan untuk menghangatkan makanan adalah 5 liter. Wah, memudahkan sekali ya untuk menghidangkan makanan dalam jumlah besar.

Kapasitas yang cukup besar ini tidak akan membuat kita berkali-kali masak nasi. Hemat tenaga dan hemat listrik juga pastinya. Untuk diketahui, Rice Cooker Miyako Nanoal MCM 508 SBC memiliki daya 395 Watt dan tegangan 220 VAC

Pengalaman Memakai Rice Cooker Miyako Nanoal MCM 508 SBC

rice cooker miyako
Ini saya yang sedang memasak nasi.

Nah, setelah melihat lebih dekat Miyako Nanoal MCM 508 SBC, sekarang saya akan ajak Mama membuat makanan dengan alat masak ini. Seperti saya singgung di awal tulisan, rice cooker ini bisa menjalankan fungsi selain memasak nasi.

Saya sering menggunakan rice cooker ini untuk membuat nasi liwet, nasi kebuli, hingga dimsum. Kendati dimasak menggunakan rice cooker, rasanya tetap seenak masakan yang dimasak menggunakan panci dan kompor. Matang sempurna dan endeus!

Dimsum yang dimasak menggunakan rice cooker, teksturnya lembut, kenyal, dan juicy. Agar dimsum tidak lengket saat diangkat, keranjang rice cooker sebaiknya diolesi minyak wijen terlebih dahulu. Bisa juga dengan memberinya alas sawi putih.

Untuk menghemat waktu, saya beberapa kali mengukus dimsum sembari memasak nasi. Nasi masak, dimsum juga masak. Lebih hemat tenaga, waktu, dan listrik.

Sekarang, kita uji kemampuan fungsi lain rice cooker ini yuk. Dicoba untuk membuat dimsum yang cocok untuk sajian buka puasa. Ini dia resepnya.

Pun untuk menghangatkan makanan, kemampuan Miyako Nanoal MCM 508 SBC tak perlu diragukan. Sup ayam, tumis pare, ayam rica-rica, dan lainnya yang sebelumnya disimpan di kulkas, kembali hangat. Mmmm, selera makan pun meningkat karena makanan tersaji hangat.

Sudah enam bulan saya menggunakan rice cooker ini, alhamdulillah terbantu sekali dalam menyajikan makanan lezat dan sehat untuk keluarga. Apalagi di saat puasa seperti saat ini. Saya nggak perlu repot menyalakan kompor untuk menghangatkan makanan.

Baca tulisan ini juga yuk: Pakai Kompor Rinnai, Masak Bareng Anak Makin Seru dan Lihai

Penutup

Itulah pengalaman saya dan keluarga menggunakan rice cooker Miyako. Masyaallah, benar-benar awet bertahun-tahun. Perawatannya mudah, dan nasi hasil masakannya pun nggak mudah kering.

Rice Cooker Miyako Nanoal MCM 508 SBC juga telah mengantongi SNI, sehingga kualitasnya terjamin. Untuk informasi lebih jelas tentang rice cooker ini, Mama langsung saja klik link berikut ini ya. 

Yuk, hanya pakai rice cooker yang aman bagi kesehatan dan panci anti lengketnya 10x lebih tahan lama. Atau Mama juga sudah lama menggunakan rice cooker Miyako? Share yuk pengalamannya, termasuk resep yang pernah dibuat menggunakan rice cooker tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com