Tips Pilih Pelembut dan Pewangi Pakaian untuk Hempas Bau Membandel

Assalamualaikum. Annyeonghaseo, Mama! Lagi pada ngapain nih? Nonton drakor? Wah, seru banget. Kalau saya baru saja selesai mencuci pakaian dan berasa di Korea! Soalnya cucian aku wangi banget. Wanginya tuh khas Korea banget.

Happy banget deh saya kalau cucian pada wangi kayak gini. Apalagi sekarang ‘kan lagi musim hujan, cucian rentan bau apek. Padahal bau pakaian bisa memengaruhi mood. Saat menjemur dan mengangkat pakaian yang berbau kurang enak, rasanya nggak happy. Beda halnya bila cucian berbau harum, rasanya ingin terus-terusan cium-cium pakaian sambil senyum-senyum.

Ini nggak berlebihan kok, Ma. Soalnya indra penciuman adalah yang paling kuat dari panca indra kita. Penyebabnya, saraf penciuman secara langsung terkait dengan bagian otak yang memantau ingatan dan emosi. Dengan begitu, aroma sangat bisa memengaruhi suasana hati, konsentrasi, ingatan, dan emosi.

Nah, itu makanya sebagai seorang mama, saya berikhtiar agar pakaian kami senantiasa harum mewangi sepanjang hari. Jika mood kami sekeluarga baik, tentu banyak hal akan berjalan lebih baik juga bukan?

Apa rahasia pakaian kami yang selalu wangi ini? Rahasianya ada ada di pelembut dan pewangi pakaian dan cara pencucian yang tepat. Penasaran pelembut dan pewangi pakaian terbaik yang bisa menghilangkan bau membandel dan bikin baju di lemari awet wanginya bahkan seperti berada di Korea Selatan? Baca tulisan ini sampai selesai ya, Ma.

Tips Memilih Pelembut dan Pewangi Pakaian Terbaik

Saat ini ada banyak sekali produk pelembut dan pewangi pakaian. Lalu, produk mana yang menjadi pilihan? Buat Mama yang ingin membuat pakaian keluarga harum sepanjang hari, berikut ini tips memilih pelembut dan pewangi pakaian a la saya.

1. Pelembut dan Pewangi Pakaian yang Efektif Melenyapkan Bau Membandel

Namanya pelembut dan pewangi pakaian tentu harus bisa melenyapkan bau pada pakaian sekaligus melembutkannya dong. Hanya saja saya pernah menggunakan produk pelembut dan pewangi pakaian yang wanginya tidak tahan lama.

Jadi, setelah pakaian selesai dicuci, wanginya masih menempel. Namun, setelah dijemur dan kering, bau wanginya seperti ikut menguap.

Bicara soal bau pada pakaian, ada tujuh bau nih yang memang bandel banget. Sepertinya butuh usaha ekstra untuk membuat baju-baju kita terbebas dari bau ini.

Bau keringat
Sering kali bau keringat masih saja menempel di pakaian, meski pakaian tersebut sudah dicuci pakai sabun, disikat, dan diberi pewangi pakaian. Saya pernah mencium baju si sulung yang setelah dicuci tuh masih ada bau khas keringat dia yang menempel. Luar biasa kuat sekali bau keringatnya.

Bau polusi
Suami saya selalu menggunakan sepeda motor saat ke kantor. Hal itu membuatnya harus berpanas-panas dan berjibaku dengan asap kendaraan setiap hari. Hasilnya dia selalu memberi saya oleh-oleh pakaian berbau polusi. Padahal bau polusi termasuk salah satu yang lumayan sulit dihilangkan.

Bau bawang
Suatu kali saya pernah bantu saudara yang sedang hajatan. Tugas saya adalah mengupas dan mengiris bawang, lalu menggorengnya. Seusai bantu-bantu di dapur, kerudung dan baju saya ikut bau bawang. Aroma bawang goreng di makanan memang enak ya Ma. Namun, jika aroma itu menetap di pakaian, hmm tidak nyaman rasanya.

Bau badan
Salah satu bau yang bikin tidak percaya diri adalah bau badan. Orang-orang sekitar jadi enggan berdekatan jika kita punya masalah dengan bau badan. Mengesalkannya lagi, bau badan ini berpotensi bertahan di pakaian, meski sudah dicuci.

Bau amis
Usai masak ikan, seafood, atau daging-dagingan, sering kali menyisakan bau amis yang menempel di pakaian. Kerap kali bau amis bertahan cukup lama di serat pakaian.

Bau asap
Pernah nggak berdiri di dekat penjual satai, Ma? Tentu sering ya saat sedang membeli satai untuk dibawa pulang. Bau daging yang dibakar memang nikmat, tapi tidak dengan asap pembakaran satai yang menempel di baju.

Apalagi bila baju menyimpan asap rokok. Saya memang nggak merokok, tetapi suatu kali baju saya bau banget asap rokok karena berada di antara para perokok yang sibuk ngebul. Duh, saya jadi pusing saat baju bau begini.

Bau apek
Di musim hujan seperti sekarang ini, pakaian jadi tidak mudah kering ya, Ma? Kondisi ini mengakibatkan cucian berbau apek. Bau ini bahkan seringkali bertahan lama, meski pakaian sudah diseterika dan masuk lemari.

Lalu apa produk pelembut dan pewangi pakaian terbaik yang akhirnya saya pilih? Jawabannya: Molto Korean Strawberry. Serius, Ma, pakaian yang saya cuci enak banget wanginya. Aromanya tuh ada manis-manisnya gitu ala Korean Strawberry, jadi menimbulkan kesan romantis. Wanginya dijamin bikin Mama semua jatuh cinta kayak pas lagi nonton drama Korea. Aih, uwuuuu!

Molto Korean Strawberry juga terbukti memberikan keharuman tujuh kali lebih wangi. So, nggak heran wanginya di pakaian awet banget. Sejak pakai Molto, bau-bau membandel di pakaian tidak lagi tercium. Molto Korean Strawberry jadi rekomendasi pewangi pakaian karena memang efektif banget menghilangkan tujuh bau membandel pada pakaian.

2. Harga Terjangkau

pelembut dan pewangi pakaian

Salah satu pertimbangan membeli sesuatu adalah harga. Jika harganya bersahabat dan manfaat barangnya luar biasa, maka harus diperjuangkan. Seperti Molto Korean Strawberry, harganya juga ramah di kantong.

Molto Korean Strawberry kemasan 9 ml harganya 500 rupiah. Jika beli dua belas, maka bisa dapat gratisan satu sachet. Wih, untung banget ‘kan? Sedangkan Molto Korean Strawberry ukuran 680 ml harganya 16.900 rupiah. Murah banget sih, ini.

3. Pelembut dan Pewangi Pakaian yang Mudah Didapatkan

Kita harus memastikan pula produk pelembut dan pewangi pakaian yang jadi pilihan itu mudah didapatkan. So, kapan pun dan di mana pun membutuhkannya, nggak akan pusing saat harus membelinya.

Nah, untuk mendapatkan Molto Korean Strawberry juga gampang banget. Mama bisa membelinya di market place seperti Tokopedia dan JD.ID, atau bisa membelinya secara langsung di supermarket.

Cara Menggunakan Pelembut dan Pewangi Pakaian di Mesin Cuci 2 Tabung

pelembut dan pewangi pakaian

Bagaimana cara menggunakan pelembut pakaian (bayi/anak/keluarga)? Jika Mama mencuci secara manual alias menggunakan tangan, hanya perlu merendam cucian dengan cairan pewangi pakaian (bayi/anak/keluarga) di sesi akhir pencucian.

Lalu bagaimana cara menggunakan pelembut pakaian di mesin cuci dua tabung? Sebelumnya, maaf ya, Ma, saya khusus bagikan untuk Mama yang akan atau sudah menggunakan mesin cuci dua tabung. Soalnya saya di rumah menggunakan mesin cuci dua tabung. Begini caranya.

  1. Cuci pakaian seperti biasa menggunakan deterjen di tabung cuci. Setelah selesi, buang air cucian. Saya menggunakan air bekas mencuci baju ini untuk membersihkan car port, jadi lumayan bisa menghemat air.
  2. Bilas cucian, saya biasanya menggunakan waktu 15 menit saja untuk membilas. Pembilasan ini penting untuk menghilangkan residu deterjen. Selanjutnya, buang air bilasan cucian. Agar tak terbuang percuma, saya masih menggunakan air ini untuk membersihkan car port.
  3. Nah, ini dia waktunya menuangkan pelembut dan pewangi pakaian ke mesin cuci. Setelah mengisi air di tabung cuci, saya menggunakan baskom untuk melarutkan Molto Korean Strawberry dengan air secukupnya. Ingat ya, Ma, jangan langsung menuang pewangi pakaian ke cucian karena bisa menimbulkan noda. Selanjutnya air tersebut dituangkan ke dalam tabung cuci. Saya putar kenop pencucian dengan pengaturan waktu lima menit saja. Jika proses sudah selesai, buang air di tabung cuci. Lagi-lagi saya gunakan air ini untuk menyiram car port. Hmm, car port jadi wangi.
  1. Keringkan baju di tabung pengering, lalu jemur deh.

Ini Dia Penyebab Cucian Berbau Tak Sedap

Saya juga akan share nih kebiasaan sehari-hari yang bisa bikin cucian berbau tidak sedap. Dengan mengenali dan menghindari kebiasaan ini, dijamin cucian baju bakal awet wanginya dan keluarga pun makin sayang sama kita.

1. Menggunakan deterjen terlalu banyak

Kadang ada orang yang berpikir menggunakan deterjen banyak-banyak akan membuat cucian lebih bersih. Padahal ini pendapat yang salah. Justru penggunaan deterjen yang terlalu banyak bisa bikin cucian berbau tidak sedap lho.

Kenapa bisa begitu? Ini karena residu pada deterjen yang berlebihan tidak terbuang maksimal pada saat proses pembilasan. Nah, residu berlebihan ini menetap di kain cucian, sehingga dapat menyebabkan penumpukan jamur dan lumut, bahkan mengundang bakteri. Inilah yang bikin pakaian kita jadi bau.

Tak hanya itu, menggunakan terlalu banyak deterjen dapat membuat pakaian kaku. Residu deterjen yang tak hilang sempurna juga mengganggu kinerja mesin cuci. Bahkan mesin cuci bisa jadi lebih cepat rusak. Jadi, sebaiknya gunakan deterjen sesuai aturan pakainya ya.

Baca juga yuk: Barang Wajib di Tas Saat Bepergian di Musim Pandemi

2. Terlalu lama merendam cucian

Siapa yang berpikir semakin lama merendam pakaian akan membuat kotoran yang menempel lebih mudah dibersihkan dan pakaian jadi lebih bersih? Jika Mama masih menganut pendapat ini, sebaiknya segera hilangkan.

Merendam cucian terlalu lama justru membuatnya berbau. Apalagi nih jika kita merendam hari ini dan baru mencucinya esok hari atau lusa. Baunya, beuuuh, mirip dengan bau feses atau pun comberan. Saya pernah melakukannya, jadi hafal sekali baunya. Bahkan bau yang telanjur melekat di kain sulit hilangnya.

3. Menggunakan pelembut dan pewangi pakaian terlalu banyak

Pelembut dan pewangi pakaian hendaknya digunakan sesuai takaran pada petunjuk pemakaian. Jika menggunakan pelembut dan pewangi pakaian terlalu banyak akan meninggalkan residu di kain. Lagi-lagi residu inilah yang akan memerangkap jamur atau pun bakteri penyebab bau pakaian tidak sedap.

Dengan Molto Korean Strawberry, kita hanya perlu menggunakan takaran satu tutup botol untuk dua kilogram baju. Bisa pula menggunakan setengah tutup botol Molto untuk 20 potong baju. Takarannya disesuaikan juga dengan jenis kain.

4. Merendam cucian dalam air pelembut dan pewangi pakaian terlalu lama

Merendam pakaian, baik menggunakan deterjen atau pun pewangi pakaian, terlalu lama menimbulkan dampak tidak baik. Alih-alih pakaian menjadi semakin wangi, baunya justru tidak enak. bau apek. Tak cuma bau apek, pakaian yang direndam terlalu lama berpotensi memunculkan bakteri dan jamur, serta jadi penyakit. So, cukup direndam 10-15 menit saja.

5. Tidak segera menjemur pakaian yang telah dicuci

Nah, jika sudah selesai mencuci pakaian, sebaiknya segera dijemur ya, Ma. Meski sudah dikeringkan di mesin pengering, pakaian masih lembap. Apabila pakaian lembap dibiarkan terlalu lama menumpuk di ember, selain baunya jadi tidak enak, pakaian juga bisa jamuran.

Saya pernah tidak segera menjemur pakaian yang selesai dicuci, karena buru-buru pergi. Apesnya lagi, kami sekeluarga harus menginap dua hari. Ketika pulang, beberapa pakaian di ember sudah dihinggapi bintik-bintik hitam karena adanya jamur. Eeuuuh!

Efek Aroma Korean Strawberry

Aroma dan rasa strawberry sepertinya disukai banyak orang. Tidak heran berbagi produk makanan, kosmetik, bahkan pengharum menggunakan rasa atau aroma strawberry.

Saya pernah baca aroma strawberry termasuk afrodisiak yang bisa meningkatkan gairah seksual. So, bisa dibayangkan jika pakaian kita dan suami menggunakan Molto Korean Strawberry, pasti romantisme bisa meningkat. Eaaa! Uhuuuuii!

Saat menghirup aroma manis dari Molto Korean Strawberry, hal itu mengingatkan saya pada kebun strawberry. Setiap kali datang ke kebun strawberry yang sedang berbuah lebat, rasanya sejuk di pandang dan menyegarkan. Apalagi ini korean strawberry yang tekenal besar dan enak. Makin menyenangkan jika membayangkan sedang berada di kebun strawberry bersama Heechul dan Kyuhyun dari Super Junior (Suju) serta suami, pastinya.

Aroma Molto Korean Strawberry begitu lembut, serta memberikan efek senang dan bahagia. Apalagi pakaian juga begitu lembut. Tidak berlebihan nih kalau Molto Korean Strawberry jadi rekomendasi pelembut pakaian terbaik.

Agar aroma korean strawberry di pakaian makin kuat, saya pakai Rinso Korean Strawberry Powder 700 gram. Tak hanya wangi, Rinso juga ampuh menghilangkan noda di pakaian hanya dengan satu kali kucek. Bahkan Rinso juga efektif 99,9 persen membunuh bakteri dan virus, serta menjaga warna pakaian tetap cemerlang. Enaknya lagi, Rinso juga terasa lembut dan tidak panas di tangan.

Saking sukanya pada aroma korean strawberry, saya sampai mencari cairan pembersih lantai dengan aroma tersebut. Beruntung Unilever mengeluarkan Super Pell Korean Strawberry dengan aroma korean strawberry yang mewah. Lantai tidak hanya bersih berkilau dan hiegienis, tetapi juga wangi. Bahkan wangi bertahan hingga delapan jam lho, Ma. Cucok banget deh!

Aroma korean strawberry kian menguar di rumah saya karena ada Sunlight Extra Korean Strawberry. Jadi sesi mencuci piring semakin menyenangkan. Piring bersih dan kesat karena Sunlight Extra Korean Strawberry bisa membersihkan lemak membandel. Pokoknya #WanginyaBikinJatuhCinta

Penutup

Bahagia itu sederhana dan kita sendiri yang menciptakan. Tidak perlu harus selalu jalan-jalan ke berbagai tempat hingga ujung dunia. Sering kali mendapati cucian yang bersih dan wangi sudah bisa menciptakan kebahagian tersendiri.

Iya, bahagia itu sesimpel pakai baju wangi. Bahagia juga kadang sesimpel nonton drama Korea. Apalagi jika nonton drama Korea dengan baju beraroma Korean strawberry. Waaah, serasa jadi tokoh utama yang selalu diromantis-romantisin deh.

Jika kita mensyukuri yang sedikit, insyaAllah akan ditambah lagi nikmatnya. Semoga bermula dari bahagia karena pakaian beraroma wangi, bahagia kita akan terus beranak-pinak ya, Ma.

Yuk, Ma, ciptakan kebahagian dari pakaian wangi bersama pewangi pakaian terbaik, Molto Korean Strawberry. Siap-siap merasakan sensasi menyegarkan dari pewangi pakaian Korea ini ya!

Referensi

The Harvard Gazzette. What the Nose Knows, diakses pada 15 Juni 2022.

Planet Laundry. Wash with Wally: Too Much Fabric Softener?, diakses pada 15 Juni 2022.

Cleanipedia. How To Use Fabric Softener, diakses pada 15 Juni 2022.

NY Times. For the Dishwasher’s Sake, Go Easy on the Detergent, diakses pada 15 Juni 2022.

10 Comments
  1. aliyatus sa'diyah says

    aku yang penyuka aroma strawberry wajib coba nih pasti seger banget jadi penasaran

    1. Rivani Rahmadani says

      Molto emang selalu punya inovasi baru yang up to date ya, saat dunia di racunin oleh semua hal yang berbau Korean Korea an, akhirnya muncul juga pewangi dan pelembut pakaian yang Korea banget

  2. Nyonya Faruq says

    Auto belanja bisa ngeborong semua nih kalau belanja pasti kalap kalau serba strawberry

  3. Caca says

    Jujur ya aku suka banget strawberry. Setelah demgar pewanfi ada aroma korean strawberry? Penasaran mau coba

  4. Imawati Annisa Wardhani says

    Iya terjangkau ya harganya, nunggu hilal di market terdekat nih biar bisa nyobain juga wangi strawberry Koreanya..

  5. Ekaduwih says

    wah betul sekali … benar2 rekomendasi yaaa karna wanginya khas korea yaitu strawberry. Bikin pakaian seger dan fresh , kita pun yg pakai juga jadi percaya diri yaaa

  6. Rika Amelina says

    Setujuuuu. Saya juga pakai Molto Korean Strawberry ini, bener sih wanginya juarak! Seger dan manissss, fixed langganan beli ini buat nyuci

  7. Renayku says

    Molto Korean Strawberry udah merebut hatiku. Wanginya enak bgt & beneran tahan lama. Gak mau ganti varian aroma lainnya haha

  8. Niken says

    Terimakasih tips nya mbak, dengan Molto Perfume Boost Korean Strawberry aman deh pokoknya hasil cucian kita ya.

  9. britannia ika says

    Wah aku juga pakai ini, seger banget wanginya. Pakaian juga jadi lembut

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com