Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Murah

Suatu hari kami melintas di sebuah jalan di kawasan Bekasi Selatan menggunakan si hitam, mobil kami. Suami yang berada di belakang kemudi ekstra hati-hati lantaran kondisi jalanan cukup ramai. Eh, tak disangka ada kendaraan lain yang melintas dan terlalu mepet sehingga menimbulkan gores cukup dalam di badan mobil. Kesal!

Di saat yang lain, kami bermobil sekeluarga untuk menghadiri undangan pernikahan kerabat. Meski sudah berusaha hati-hati, tapi tetap saja ada hal tak terduga yang bikin mobil semakin banyak “lukanya”. Kala itu, kami sedang berhenti karena lampu lalu lintas menyala merah. Entah bagaimana, tiba-tiba ada mobil lain yang menyenggol sisi kanan belakang mobil. Saat tiba di rumah, baru disadari ada gores dan sedikit penyok di bagian belakang mobil. Kesalnya luar biasa.

“Kita sudah hati-hati, tapi orang lain nggak hati-hati jadi bikin mobil kita lecet-lecet nih,” keluh saya pada suami.
“Tenang, Ma, kita kan ada asuransi mobil. Lecet kayak gini bisa di-cover kok.” Ucapan suami sedikit menenangkan.

Belum juga klaim asuransi diajukan, mobil kami mengalami masalah lagi. Saat sedang berkendara di tengah hujan angin, mobil tertimpa dahan pohon yang membuat kaca depan retak. Iya, sih, retaknya sedikit. Hanya saja kalau dibiarkan tentu retakannya bisa menjalar ke mana-mana.

“Tenang, Ma, jangan stres ya lihat kaca mobil retak. Ini juga bisa kita klaim kok ke asuransi,” ujar suami yang melihat raut wajah pias saya.

Saat itu juga saya bersyukur telah mengasuransikan mobil. Kendati mobil kami sudah berusia lima tahun, tetap saja sayang kalau terjadi sesuatu dengannya. Apalagi kalau sampai hilang seperti mobil tetangga. Dia hanya bisa gigit jari lantaran mobilnya tidak memiliki asuransi.

Sepenting itu asuransi bagi pemilik kendaraan. Hanya saja sepertinya masih banyak orang yang tidak mengasuransikan mobilnya. Hmm, kira-kira kenapa ya?

Alasan Orang Enggan Mengasuransikan Mobilnya

Meski tahu banyak manfaatnya, tetapi sering kali orang masih enggan mengasuransikan mobilnya karea sejumlah alasan/ Foto: Canva

Kecelakaan dan insiden yang bikin mobil rusak atau hilang bisa terjadi kapan saja. Akan tetapi, masih ada pemilik kendaraan yang memilih mengambil risiko tidak mengambil asuransi mobil. Yuk ditelisik alasan orang enggan mengambil asuransi mobil.

  1. Mobil Jarang Digunakan

Pemilik kendaraan sering kali berpikir mobil yang jarang digunakan akan lebih kecil risiko mengalami kecelakaan. Apalagi jika mobil hanya dipakai sesekali untuk berbelanja ke suoermarket dekat rumah, misalnya. Hal itu membuat premi asuransi yang dibayar terasa tidak sepadan.

Namun, sering kali kecelakaan bisa terjad di dekat rumah. Kita juga tidak pernah tahu bakal selalu aman dari musibah atau tidak. Kerap kali kita sudah berhati-hati saat mengemudi, tetapi kendaraan lain memicu insiden pada mobil kita.

  1. Merasa Tidak akan Mengalami Musibah

Mengutip The South African, manusia rentan mengalami ‘bias optimisme’. Ini adalah kondisi ketika orang berpikir mereka tidak akan mengalami sesuatu yang buruk dibandingkan orang lain.

‘Bias optimisme’ adalah hal umum yang dimiliki manusia. Sayangnya, harapan dan kenyataan tidak selalu seiring sejalan. Banyak orang tidak mengambil asuransi karena yakin tidak akan pernah mengalami kecelakaan. Padahal tidak ada seorang manusia pun yang tahu apa yang akan terjadi padanya di kemudian hari.

  1. Tidak Menyadari Tingginya Biaya Perbaikan Mobil

Biaya perawatan dan perbaikan mobil adalah “nice problem” atas kendaraan yang kita miliki. Jika rusak atau mengalami musibah, bisa jadi kita harus mengeluarkan uang lumayan banyak.

Namun, masih banyak pemilik kendaraan yang tidak menyadari betapa tingginya biaya perbaikan mobil. Bahkan benturan kecil pada bemper dapat mengakibatkan pengeluaran besar. Tanpa asuransi mobil, biaya untuk memperbaikinya bisa sangat mahal.

  1. Tidak Peduli pada Goresan di Mobil

Bagi beberapa pemilik kendaraan, goresan di badan mobil merupakan masalah yang mengganggu. Akan tetapi beberapa orang lainnya menganggap goresan di mobil itu wajar dan tidak perlu dipikirkan. Hal utama dari sebuah mobil adalah fungsinya, bukan kemulusannya. Itulah yang membuat beberapa pemilik kendaraan enggan mengasuransikan mobilnya.

Padahal asuransi mobil tidak hanya mengurus perbaikan lecet dan gores di badan mobil saja. Sayangnya, berbagai manfaat lain dari asuransi mobil tidak dipertimbangkan.

  1. Asuransi Mobil Dirasa Mahal

Anggapan asuransi mobil mahal menimbulkan keengganan seseorang untuk mengasuransikan kendaraannya. Sebenarnya mahal dan murah itu relatif, tergantung benefit yang diperoleh. Lagi pula ada juga kok asuransi mobil murah, asal kita mau mencari dan membandingkan.

Tips Memilih Asuransi Mobil Terbaik dan Termurah

Jika tahu caranya, bisa kok dapat asuransi yang murah dengan layanan terbaik/ Foto: Canva

Asuransi mobil murah tetapi memberikan layanan terbaik, memangnya ada ya? Layanan memuaskan sering kali membuat harga terasa murah. Nah, dalam memilih asuransi mobil, kita harus mempertimbangkan berbagai faktor seperti jenis asuransi, produk, serta perbandingan besaran premi dan layanannya.

Berikut ini tips memilih asuransi mobil terbaik dan termurah, dikutip dari situs Lifepal.

  1. Pilih Jenis Asuransi yang Sesuai

Asuransi mobil ada banyak macam. Untuk itu kita harus tahu apa yang dibutuhkan. Untuk mobil yang biasa melalui jalanan kota yang macet, paling pas memilih asuransi mobil all risk. Kondisi macet, jalan sempit, dan jalanan rusak rawan mebuat mobil kita lecet.

Sedangkan untuk mobil yang berada di daerah rawan kriminalitas, maka TLO atau Total Loss Only adalah yang paling pas. Susuai namanya, asuransi jenis ini dapat memberikan perlindungan pada mobil dari risiko kehilangan.

  1. Bandingkan Polis

Membandingkan polis dari berbagai perusahaan asuransi kendaraan adalah hal penting yang dilakukan. Dengan melakukan perbandingan, kita bisa mendapatkan polis asuransi dengan premi murah dan manfaat lengkap.

Eit, jangan merasa proses ini ribet. Kita bisa kok melakukan perbandingan polis secara online melalui Lifepal. Yuk, segera bandingkan di sini.

Jadi Lifepal adalah perusahaan online marketplace asuransi di Indonesia. Melalui situs resmi lifepal.co.id, kita bisa memilih dan membeli produk asuransi secara transparan, sesuai kebutuhan dengan premi bersahabat. Pokoknya memudahkan banget deh.

  1. Bandingkan Harga Premi Versus Fitur Layanannya

Sering kali meskipun harga premi asuransi mobil sama, tetapi fitur layanannya berbeda-beda. Untuk itu, perlu sekali tahu apa saja perlindungan, fitur, dan benefit ekstra yang diberikan. Pastikan, apakah yang di-cover hanya kerusakan mobil saja. Sebab ada juga asuransi yang juga menanggung pengemudi dan penumpangnya tanpa additional fee.

Premi asuransi mobil jadi terasa murah jika fitur layanan yang diberikan banyak dan sesuai kebutuhan kita.

  1. Pilih Asuransi Mobil yang Punya Bengkel Rekanan Luas

Biasanya asuransi mobil akan bekerja sama dengan bengkel resmi (authorized) dari brand mobil kita. Akan tetapi, ada juga yang bekerja sama dengan bengkel non-authorized. Hal ini membuat bengkel rekanannya lebih banyak dan jangkauan daerah yang lebih luas. Manfaat tersebut akan sangat dirasakan jika mobil kita rusak di daerah yang kurang kita kenal.

  1. Pilih Perusahaan Asuransi yang Kredibel

Saat ini ada banyak sekali perusahaan asuransi mobil. Sebelum menjatuhkan pilihan, ada baiknya melakukan perbandingan. Jangan hanya tergiur nama besar perusahaan semata, tetapi juga pelayanannya harus tepercaya. Pastikan perusahaan asuransi mobil yang kita pilih minim komplain.

Beli Asuransi Mobil di Lifepal, Lebih Mudah dan Hemat

Lifeoal membantu banget mendapatkan asuransi yang terbaik, transparan, dan terasa murah/ Foto: Canva

Seandainya Lifepal adalah manusia pasti sudah saya salami, peluk, dan cium-cium. Soalnya betul-betul memudahkan dalam proses memilih asuransi, khususnya asuransi mobil yang saya butuhkan.

Ketika beli asuransi di Lifepal, kita bisa hemat 25 persen lho. Ini karena Lifepal telah bekerja sama dengan 30 lebih brand asuransi ternama di Indonesia. Ratusan polis yang ada di Indonesia juga sudah dibedah, sehingga yang ditawarkan adalah produk terbaik dengan kriteria premi terjangkau tetapi pertanggungan maksimal.

Manfaat lain saat beli asuransi di Lfepal adalah keamanan dokumen yang terjamin. Jadi, saat kita beli polis secara online, selain dikirimkan buku polis dalam bentuk hardcopy, softcopy-nya juga dikirim melalui email. Solusi cerdas menghindari hilangnya dokumen polis. Bayangkan, jika dokumen polis hilang, tetu kita kesulitan mengajukan klaim.

Tidak hanya itu, layanan nasabah Lifepal siap sedia 24 jam dalam 7 hari. Kita nggak perlu khawatir saat mengalami keadaan darurat di malam hari. Pokoknya tim Lifepal bisa membantu nasabah dalam pengajuan proses klaim meski semua orang sedang tidur. Layanan konsultasi asuransi ini dapat diakses melalui telepon di nomor (021) 3111 6121 atau WhatsApp di 0823 3003 0027.

Satu lagi, nggak perlu khawatir beli asuransi di Lifepal karena telah terdaftar dan diawasi OJK, melalui PT Anugrah Atma Adiguna.

Itulah dia manfaat memiliki asuransi mobil, cara mendapatkan yang murah dan terbaik, serta tempat paling tepat membeli asuransinya. Jika masih penasaran tentang asuransi mobil, langsung saja cari tahu di situs Lifepal ya.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Lifepal Blog Competition

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com