Ide Aktivitas Anak Antibosan dari Paddle Pop: Main ke Planet Jupiter

Adakah anaknya yang bercita-cita menjadi astronot, Ma? Jika iya, sama dong dengan anak saya. Si sulung, Taqi, suka sekali dengan hal-hal berbau antariksa. Nggak heran, dia semangat sekali saat melakukan aktivitas untuk lebih mengenal salah satu planet di galaksi Bima Sakti, yakni planet Jupiter.

Hari itu, 17 Juli 2021, Taqi bergegas menyelesaikan semua kewajibannya. Mandi pagi, sarapan, mengaji, mengerjakan les bahasa Inggris, semua dilakukan dengan cepat. Motivasinya adalah tidak ingin terlambat ikut aktivitas bareng Paddle Pop. Ya, pagi itu kami bersiap mengikuti Liburan ke Planet Mochi: Main ke Planet Jupiter Bareng Melki Bajaj dan Buumi Playscape, yang digelar Paddle Pop via Zoom Meeting.

Untuk Mama yang sedang mencari ide aktivitas anak, aktivitas bertema luar angkasa ini bisa banget dilakukan bareng si kecil. Yuk, kita lihat keseruan setiap aktivitasnya satu demi satu.

Ide Aktivitas Anak 1: Moon Dough Pottery

ide-aktivitas-anak
Seru-seruan bikin moon dough beraroma kopi.

Kegiatan pertama yang dilakukan anak-anak di sesi main kali ini adalah membuat moon dough pottery. Melalui kegiatan ini, mereka diajak mengingat Bulan yang merupakan satelit Bumi. Nah, Jupiter juga punya satelit. Bahkan satelitnya banyak sekali. Jumlahnya sampai 79 satelit. Namun, sejauh ini baru 53 satelit yang dikonfirmasi oleh ilmuwan.

Oke, jadi kita main pura-pura nih. Pura-puranya kita membuat aneka benda langit dari dough bikinan sendiri. Dough-nya unik karena beraroma kopi. Hmm, saya langsung ingin minum kopi deh, he-he.

Ini dia alat dan bahan membuat dough-nya:

15 sdm tepung terigu

1 sdm kopi bubuk (kami beri lebih banyak, soalnya baunya enak)

15 sdm air hangat

Cetakan kue

Rolling pin (karena nggak punya, kami menggantinya dengan botol kaca bekas selai)

Mangkuk

Wadah datar (kami pakai nampan)

Cara membuatnya:

Taruh tepung terigu di mangkuk

Beri air sedikit demi sedikit sambil diuleni

Jika adonan sudah bisa dibentuk, beri kopi bubuk, lalu kembali diuleni

Taruh adonan di atas nampan, lalu ratakan menggunakan rolling pin

Gunakan cetakan kue untuk mendapat berbagai bentuk dough.

Kakak dari Buumi Playscape sedang memandu anak-anak bermain ke planet Jupiter. Seru!

Saat menguleni adonan, tanpa disadari kemampuan motorik halus anak jadi terasah lho, Ma. Bagi anak prasekolah, kemampuan motorik halus semacam ini penting untuk mendukung kemampuan menulis.

Saat mencetak dough, Taqi bersikukuh hendak membuat bulan sabit. Padahal, cetakan kami hanya ada dua, yakni bentuk bintang dan kepala beruang. Namun, oke, Nak, silakan membuatnya. Meski tidak ada cetakannya, Taqi bisa mencari cara untuk membuat bentuk lainnya. Artinya kegiatan ini bisa menumbuhkan kreativitas, sekaligus mendorong kemampuan pemecahan masalah.

Dari satu lempengan dough, bisa dibuat berapa bentuk baru ya? Oke, saatnya Taqi menghitung hasil karyanya. Satu, dua… Rupanya kami bisa membuat tujuh bentuk baru. Wah, dari kegiatan ini, anak juga bisa belajar berhitung. Menghitung banyaknya bahan yang dibutuhkan, serta banyaknya bentuk baru dough.

Seru banget, di depan kami tersaji aneka bentuk dough beraroma kopi. Suami yang mendadak bergabung malah ingin memakannya. Duh, Pak, ini bukan kue.

Dough yang sudah dicetak ini lantas dijemur. Bila sudah kering, anak bisa mewarnainya. Tuh, kegiatannya bisa jadi banyak banget kan, Ma. Cocok banget digunakan untuk mengisi waktu selama PPKM.

Ide Aktivitas Anak 2: Alien Egg Game

ide-aktivitas-anak
Ayo berburu telur alien…

Selanjutnya anak-anak akan melanjutkan permainan pura-pura berburu telur alien. So, alien egg game bisa menjadi ide kegiatan anak lainnya nih, Ma. Karena menggunakan air, sebaiknya kegiatan ini dilakukan di luar ruangan ya.

Alat dan bahan membuat alien egg game-nya sangat simpel.

Balon aneka warna

Ember

Air

Glitter

Cara membuat:

Isi balon dengan air, lalu ikat masing-masing ujungnya. 

Masukka  balon-balon yang sudah diberi air ke dalam ember yang sudah berisi air.

Taburkan glitter di dalam ember.

Anak bisa diminta untuk memindahkan telur-telur alien ini dari satu wadah ke wadah yang lain. Ssst! Memindahkan telurnya harus hati-hati banget agar tidak pecah. Caranya jari-jari tangan diluruskan, lalu dengan posisi seperti sungkem, gunakan sebagai pencapit telur alien.

Oh ya, bila nggak ada balon, kita bisa menggantinya dengan plastik. Di akhir permainan, telur-telur ini bisa dilempar sampai pecah. Simpel tapi seru banget ya, Ma, ide aktivitas anak yang satu ini.

Ide Aktivitas Anak 3: Mochi Sugar Swirl

ide-aktivitas-anak
Ayo menghias Paddle Pop Mochi secantik mungkin…

Nah, kegiatan yang ketiga ini nggak kalah seru dan jadi kegiatan penutup yang menyenangkan. Soalnya Mochi Sugar Swirl adalah kegiatan menghias Paddle Pop Mochi. Si kecil sudah pernah mencoba mencoba Paddle Pop Mochi kan, Ma? Suka nggak?

Taqi suka banget sama varian yang satu. Kenyal di luar, lembut dan dingin di dalam. Sekali gigit, es krim di dalam mochi bakal lumer di mulut. Unik banget.

Nah, ini dia alat dan bahan yang perlu disiapkan:

Paddle Pop Mochi Choc Vanilla

Gula halus

Susu 1-2 sdm

Pewarna makanan

Wadah

Piping bag (opsional)

Meses

Alternatif:

Gula halus dan susu bisa diganti menggunakan kental manis. Kami menggunakan pilihan kental manis ini karena lagi nggak ada susu bubuk di rumah.

Baca juga: 5 Aktivitas Anak Pengusir Bosan Saat Pandemi Covid-19

Cara membuat:

Di mangkuk, campurkan gula halus, susu, dan sedikit air (atau ganti semuanya dengan kental manis) hingga mendapat konsistensi yang agak kental. Beri beberapa tetes pewarna makanan, lalu aduk rata.

Di wadah yang lain, letakkan Paddle Pop Mochi, lalu beri adonan susu yang sudah diberi pewarna. Kemudian, taburi meses.

Keseruan Taqi dan teman-teman beraktivitas bareng Paddle Pop. Taqi, fotomu yang mana, Nak? 😀

Menurut Taqi, Paddle Pop Mochi ini pura-puranya pesawat alien. Nah, Taqi punya alat yang bisa membuat pesawat ini jadi edible. Sekali tembak, pesawat alien yang keras bisa jadi lunak, sehingga bisa dimakan.

Agar pesawat alien semakin enak dimakan, maka perlu diberi berbagai topping. Taqi sendiri memilih warna merah dan kuning untuk menghias mochinya. Setelah selesai menghias, Taqi tak sabar segera menyantap “pesawat alien”. Nyam! Dalam sekejap mata, pesawat-pesawat alien sudah berpindah ke perut Taqi.

Ide aktivitas anak ini bisa dimodifikasi sesuai alat dan bahan di rumah, serta disesuaikan pula dengan usia anak. Jangan khawatir berantakan, karena anak justru belajar banyak dari berantakan ini.

Bagi Mama yang ketinggalan beraktivitas bareng Paddle Pop dengan tema “Main ke Planet Jupiter” bisa menonton rekamannya berikut ini.

Fakta Menarik Jupiter untuk Anak

Selama beraktivitas, kakak-kakak dari Buumi Playscape yang mendampingi kegiatan ini menyisipkan informasi menarik tentang planet Jupiter. Namanya saja “Main ke Planet Jupiter” ya, Ma, jadi informasi tentang planet ini perlu diberitahukan pada anak.

Planet Jupiter/ Foto: Canva

Nah, apa saja fakta menarik tentang Jupiter, ini dia rangkumannya.

  1. Planet terbesar

Di tata surya kita, Jupiter adalah planet terbesar. Ukurannya 318 kali ukuran Bumi, lho.

  1. Hari terpendek

Di Bumi, satu hari terdiri dari 24 jam. Sedangkan di Jupiter, sehari hanya 10 jam. Di tata surya kita, Jupiter-lah yang punya hari terpendek. Kenapa begitu? Jawabannya karena Jupiter berotasi cepat sekali, sehingga hanya butuh waktu 9 jam 55 menit alias hampir 10 jam saja dalam sekali rotasi.

Planet Jupiter/ Foto: Canva
  1. Bola gas raksasa

Jupiter merupakan bola gas raksasa yang di dalamnya terdapat lautan logam cair atau hidrogen metalik. Lautan ini ditutupi selubung hidrogen dan helium yang tebal.

  1. Punya satelit yang banyak

Jika Bumi hanya punya satu bulan sebagai satelit, Jupiter punya puluhan satelit. Empat satelit Jupiter yang paling dikenal yakni Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.

  1. Punya cincin

Baca juga: Nostalgia Majalah Anak Melalui Eksperimen Bersama si Kecil

Planet di tata surya kita yang dikenal punya cincin adalah Saturnus. Namun, jangan salah, Saturnus bukan satu-satunya planet bercincin. Jupiter juga punya cincin meski jauh lebih kecil. Cincin ini berasal dari satelit Jupiter yang tertarik oleh asteroid.

Gimana, seru sekali ‘kan kegiatan bermain bersama Paddle Pop? Semoga semakin menambah ide aktivitas anak selama di rumah saja ya. Oh ya, untuk ide kegiatan main anak lainnya dari Paddle Pop, bisa disimak di sini. Dijamin antibosan! Selamat bermain bersama si kecil, Ma!

Leave A Reply

Your email address will not be published.