ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402), Laptop Bisnis Terbaik dengan Koneksi 5G Pertama di Indonesia

Apa jadinya bila laptop yang kita pakai memiliki konektivitas 5G? Wuih! Dengan laptop secanggih itu pasti semakin memudahkan aktivitas tanpa batas. Penasaran pada laptop dengan konektivitas 5G? Baca baik-baik namanya ya: ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402). Yup, ini adalah laptop 5G pertama di Indonesia.

Laptop canggih ini cocok banget untuk para profesional di bidang industri dan bisnis. Mengingat begitu mudahnya terkoneksi, sudah pasti bisnis yang dijalankan terasa makin lancar dan kian “gurih”.

ASUS ExpertBook B7 Flip memang ditujukan untuk kalangan bisnis. Wait, mungkin ada yang masih galau kenapa harus memilih laptop bisnis untuk menunjang kegiatan bisnis. Kenapa nggak pakai laptop non-bisnis atau consumer saja?

Well, di pasaran kita memang mengenal laptop bisnis dan consumer. Sebenarnya sah-sah saja menggunakan laptop consumer untuk keperluan bisnis. Pun boleh saja menggunakan laptop bisnis untuk digunakan secara pribadi atau personal.

Namun, tentu bukan tanpa alasan dong produsen mengeluarkan laptop bisnis dan laptop consumer. Oke, agar lebih mantap memilih laptop, simak dulu yuk perbedaan kedua jenis laptop tersebut.

Perbedaan Laptop Bisnis dan Laptop Consumer

Foto: dok. Asus

Sebelum melihat perbedaan laptop bisnis dan laptop consumer, kita pahami dulu arti keduanya ya. Laptop bisnis memang dibuat untuk mendukung kebutuhan bisnis. Umumnya, laptop yang ditujukan untuk bisnis memiliki fitur yang lebih lengkap ketimbang laptop consumer.

Garansi panjang, lebih tahan lama, dan bergaya konservatif adalah ciri khas laptop bisnis. Namun, seiring kemajuan teknologi, gaya konservatif ini mulai ditinggalkan. Desain berkelas, elegan. dan modern semakin banyak disematkan pada laptop bisnis. Laptop bisnis biasa digunakan di perusahaan dan instansi.

Kebalikan dari laptop bisnis, laptop consumer didesain untuk tujuan penggunaan pribadi. Tak heran,
laptop consumer biasanya dipasarkan dengan warna pilihan yang sangat beragam dan desainnya eye catching.

Agar lebih memahami kedua laptop tersebut, berikut ini beberapa hal yang membedakan laptop bisnis dan laptop consumer.

1. Ketahanan

Bicara ketahanan, laptop bisnis memiliki ketahanan yang lebih ketimbang laptop consumer. So, laptop bisnis lebih “bandel” untuk penggunaan sepanjang hari. Kualitas mesinnya dibuat agar tahan lama, sehingga lebih tahan terhadap air dan debu. Bahkan jika jatuh dan sering terbentur, laptop bisnis biasanya akan lebih baik-baik saja daripada laptop consumer.

Saat menggunakan laptop bisnis, kita juga tidak perlu bolak-balik nge-charge. Ini karena baterai laptop bisnis lebih awet ketimbang laptop consumer. Ya, laptop consumer memang tidak dibuat dengan tujuan bisa digunakan hingga puluhan jam dalam sepekan.

2. Fitur Perangkat Keras

Dari segi fitur perangkat keras, sebenarnya banyak laptop bisnis yang tidak jauh berbeda dengan laptop consumer. Hanya saja, sering kali laptop bisnis pasti dilengkapi webcam dan memiliki banyak port USB. Laptop bisnis juga sudah menyematkan konektivitas tinggi, dari 3G dan bahkan sudah ada yang 5G, sehingga memudahkan penggunanya untuk tetap online dari mana saja dengan lebih lancar.

Baca juga:

ASUS Zenbook 14X OLED (UX5400) Bikin Freelancer Makin Produktif

Memilih Laptop Terbaik untuk Amankan Data Rahasia

3. Perangkat Lunak

Pernah dengar bloatware? Ini adalah pre-aplikasi atau aplikasi “sampah” yang tersemat diperangkat elektronik seperti laptop. Seringkali aplikasi atau pre-aplikasi yang siap instal itu tidak diperlukan oleh pengguna. Padahal keberadaan pre-aplikasi dan aplikasi tersebut membuat storage hard disk semakin banyak terpakai. Nah, bloatware sering ditemukan di laptop consumer.

Sedangkap perangkat lunak laptop bisnis biasanya relatif aman dari bloatware. Produsen biasanya menawarkan sistem dengan perangkat lunak yang diinginkan pembeli bisnis. Hal yang paling penting, laptop bisnis disertai perangkat lunak keamanan yang mumpuni. Dengan begitu, data berharga yang disimpan di laptop bisnis relatif lebih aman. Selain itu, laptop bisnis sering kali dibekali perangkat lunak antivirus. Wah, pengamanannya dobel-dobel.

4. Harga

Umumnya laptop bisnis harganya lebih mahal daripada laptop konsumer. Wajar saja mengingat daya tahan baterai, kecepatan, dan ketahanan laptop bisnis sangat mumpuni. Namun, sebenarnya harga laptop juga tergantung pada fitur dan modelnya. Apalagi jika laptopnya memiliki penyimpanan atau bandwidth ekstra, tentu harganya lebih mahal.

Meski begitu, laptop consumer ada juga yang dibanderol dengan harga tinggi. Beberapa laptop consumer yang dioptimalkan untuk bermain game harganya tidak main-main.

Laptop bisnis akan digunakan dalam jangka panjang. So, sebaiknya kita pilih yang paling tepat dengan kebutuhan. Kemampuan laptop bisnis yang andal tidak hanya akan menghemat pengeluaran, tapi juga mengindarkan stres pemakainya.

Alasan ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) Jadi Laptop Bisnis Terbaik

Setelah memahami perbedaan laptop bisnis dan consumer, sekarang saatnya menentukan pilihan laptop bisnis seperti apa yang akan dibawa pulang. Saya rekomendasikan ASUS ExpertBook B7 Flip sebagai laptop bisnis terbaik.

Ada sejumlah alasan di balik rekomendasi ini. Yuk, disimak baik-baik.

1. Konektivitas 5G

Seperti disinggung di awal tulisan, ASUS ExpertBook B7 Flip memiliki konektivitas 5G. Kelebihan ini membuat penggunanya bisa bekerja kapan saja dan di mana saja. Yup, kita tidak perlu tergantung pada jaringan WiFi.

Modem 5G telah terintegrasi dengan ASUS ExpertBook B7 Flip. Tak perlu perangkat perantara untuk bisa mengakses internet tanpa jaringan WiFi. Kita hanya perlu menyematkan kartu SIM aktif ke ExpertBook B7 Flip. Taraaa! Otomatis terhubung ke jaringan 5G. Benar-benar tanpa batas!

2. Praktis, ASUS ExpertBook B7 Flip Bisa Jadi Tablet

Simsalabim, bukan sulap bukan sihir, laptop ASUS ExpertBook B7 Flip bisa berubah seketika menjadi tablet. Lho kok bisa? Bisa dong, sebab ExpertBook B7 Flip didesain convertible, sehingga bisa digunakan dalam bentuk laptop, atau dilipat 360 derajat sehingga berbentuk tablet.

Layar sentuh ExpertBook B7 Flip juga mendukung penggunaan stylus. Kita bisa membuat catatan atau membuat sketsa secara langsung di layarnya. Pun ketika kita dan klien butuh menandatangani kesepakatan, segera sodorkan saja layar laptop dan stylus-nya. Sepraktis itu!

3. ASUS ExpertBook B7 Flip Ringan tapi Kuat

Foto: dok. Asus

ExpertBook B7 Flip memiliki bodi tipis, ringkas, dan ringan. Hanya 1,44 kg. Meski begitu, kekuatan dan ketangguhannya tidak diragukan. Laptop ini memiliki bodi bodi yang telah diperkuat oleh struktur khusus berbahan magnesium aluminium tangguh.

ExpertBook B7 Flip juga telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS. Jangan khawatir saat tak sengaja terkena benturan, laptop tetap aman.

Ketangguhan ExpertBook B7 Flip tak hanya itu. Jika keyboardnya tidak sengaja ketumpahan air, laptop pun akan tetap baik-baik saja. Rangka konstruksi port-nya juga dibuat sedemikian rupa agar tidak mudah rusak.

4. Baterai ASUS ExpertBook B7 Flip Tahan Lama

Kerja menggunakan ExpertBook B7 Flip bakal sangat menyenangkan. Kita nggak perlu bolak-balik mencari colokan listrik, sebab baterai laptopnya benar-benar tahan lama dan mendukung fast charging.

ExpertBook B7 Flip bisa bertahan hingga 12 jam. Wow! Ini luar biasa banget sih. Nyaman banget saat dibawa bepergian karena nggak harus direpotkan dengan urusan daya di laptop yang sering melemah.

5. Prosesor Terbaik

ExpertBook B7 Flip dipersenjatai prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan didukung Intel® Iris® Xᵉ graphics. Ini adalah prosesor terbaik yang cocok untuk laptop tipis dan ringan. Prosesor tersebut mendukung peningkatan performa penyimpanan dan responsivitas sistem, sehingga memungkinkan kerja lebih cepat. Ditambah Intel® Iris® Xᵉ graphics, ExpertBook B7 Flip memiliki visual yang cemerlang dengan dukungan miliaran warna.

6. Keamanan dan Privasi Terlindungi

Foto: dok. Asus

Keamanan laptop bisnis ini tak diragukan lagi. Lihat saja, telah disematkan Trusted Platform Module (TPM) 2.0 yang merupakan chip untuk menyimpan password dan kunci enkripsi agar tetap aman. Ada pula modul pemindai sidik jari (fingerprint).

Webcam ExpertBook B7 Flip dilengkapi pelindung fisik berupa privacy shutter, sehingga keamanan dan privasi penggunanya tetap terjaga. Layar sentuh 14 inch-nya pun memiliki filter privasi bawaan. Hal itu membuat tampilan layar terlihat gelap dari samping.

ExpertBook B7 Flip memiliki Two-Way AI Noise Cancelling untuk meredam bising saat pengguna memakai mikrofon. Wah, meeting online bakal berlangsung lebih lancar tanpa gangguan suara “bocor”.

Penutup

Dengan berbagai kelebihannya, tidak berlebihan jika ExpertBook B7 Flip menjadi laptop bisnis terbaik. Saat ini laptop tersebut sudah bisa dibeli secara offline maupun online. Harganya mulai dari sekitar 31 juta-an rupiah. Angka ini tentu sebanding dalam meningkatkan produktivitas secara maksimal. Gimana, siap mengembangkan bisnis bersama Asus ExpertBook B7 Flip?

Referensi

Business News Daily, Business vs. Consumer Laptops: What You Need to Know, diakses pada 23 Juni 2022.

asus.com, ExpertBook B7 Flip, diakses pada 23 Juni 2022.

intel.co.id, Menembus Batasan Performa, diakses pada 23 Juni 2022.

Comments (0)
Add Comment