Rice Cooker Low Sugar Sekai, Ikhtiar Cegah Diabetes dan Kegemukan

Ada nggak sih yang sering merasa bersalah saat makan nasi? Apalagi nih saat dihadapkan pada nasi beserta ayam goreng plus sambal terasi. Saking nikmatnya, saya berkali-kali tambah nasi. Seusai makan baru deh merasa bersalah. Ya, khawatir jadi gemuk.

Di satu sisi, saya adalah penggemar nasi. Rasanya ada yang kurang jika belum makan nasi. Apalagi jika porsi nasinya terlalu sedikit, saya bisa rungsing. Maklum, sebagai ibu-ibu yang melakukan pekerjaan domestik sendiri, wajib banget punya energi cukup. Nah, buat saya, nasi adalah pemasok energi paling mantap.

Benarkah nasi bisa bikin gemuk seperti yang disangka kebanyakan orang? Bahkan ada yang mengaitkan konsumsi nasi dengan diabetes. Daripada bingung, saya baca beberapa jurnal penelitian. Berikut ini, saya rangkumkan ya Ma.

Benarkah Nasi Bikin Gemuk dan Picu Diabetes?

Dilema makan nasi/ Gambar diolah menggunakan Canva

Nasi adalah makanan pokok sebagian masyarakat Indonesia. Ingat ‘kan Ma jargon “4 sehat 5 sempurna” yang sering didengar saat kecil dulu? 4 sehat 5 sempurna terdiri dari nasi, lauk, sayur, buah, dan susu.

Nah, nasi sudah dikenalkan sebagai salah satu makanan yang “wajib” dikonsumsi agar tubuh sehat. Namun, sekarang saat sudah dewasa kok malah disarankan tidak boleh mengonsumsi nasi banyak-banyak?

Ini karena nasi adalah bahan makanan bertepung yang tinggi karbohidrat. Apabila kita makan nasi terlalu banyak dan tidak diimbangi dengan olahraga dan aktivitas fisik yang cukup, maka bisa mengalami kenaikan berat badan.

Hal ini sejalan dengan penelitian terhadap 437 pekerja pabrik di Jepang. Pekerja yang makan nasi putih dalam jumlah banyak selama setahun mengalami kenaikan berat badan. Sementara pekerja yang makan nasi putih lebih sedikit cenderung bisa mempertahankan berat badannya.

Lalu apa kaitan konsumsi nasi dan peningkatan risiko diabetes tipe dua? Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu melihat sebuah tinjauan studi tahun 2010 yang dipublikasikan di Arch Intern Med. Menurut studi, orang yang makan setidaknya lima porsi nasi putih per minggu memiliki risiko 17 persen lebih tinggi terkena diabetes tipe 2.

Hal senada diungkap penelitian tahun 2012 yang dimuat di Jurnal BMJ. Dalam studi tersebut, peneliti menunjukkan bukti asupan nasi putih yang lebih tinggi dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Ras Asia disebut memiliki kecenderungan lebih tinggi mengalami diabetes akibat konsumsi nasi putih.

Nasi putih merupakan makanan dengan indeks glikemik tinggi. Makanan berindeks glikemik tinggi memiliki kandungan karbohidrat yang dapat dicerna secara cepat oleh tubuh. Hal ini membuat kadar gula darah naik lebih cepat. 

Lalu, bagaimana caranya ya agar tidak merasa bersalah saat makan nasi? Bisakah kandungan gula pada nasi dikurangi untuk mengurangi risiko diabetes dan kegemukan?

Saya pun browsing di internet, mencari cara menurunkan gula pada nasi. Sampai akhirnya saya menemukan informasi rice cooker digital low sugar Sekai di Instagram Sekai dan sekaihome.co.id. Wah, ini dia yang saya butuhkan. Yuk, lihat alat masak ini lebih dekat.

Rice Cooker Digital Low Sugar Sekai Bisa Kurangi Kadar Gula di Nasi

Rice cooker low sugar Sekai/ Gambar diolah dari YouTube Sekai Electronic Indonesia

You are what you eat. Nah, proses memasak dan alat masak menentukan kualitas dan kesehatan makanan yang dihasilkan. Itu makanya kita sebaiknya nggak asal beli alat masak agar makanan yang disantap tetap terjaga nutrisinya.

Nah, rice cooker digital low sugar Sekai ini bisa menurunkan kadar gula dalam nasi hingga 50 persen, lho. Membantu banget bagi siapa pun yang sedang menjalankan gaya hidup sehat, bukan?

Mengonsumsi kadar gula pada nasi yang rendah adalah ikhtiar mencegah diabetes. Tak cuma itu, kita pun bisa makan nasi tanpa khawatir jadi gemuk.

Namun, apakah kemampuan rice cooker digital low sugar Sekai dalam menurunkan kadar gula ini klaim semata? Setelah saya perhatikan, ternyata Sekai membuktikannya melalui lab inspection report tertanggal 25 Februari 2022.

Laporan tersebut menyebutkan rice cooker digital low sugar Sekai terbukti mengurangi hingga 50 persen kadar gula di nasi. Kadar kalori pada nasi juga berkurang sampai dengan 46 persen jika dibandingkan rice cooker biasa.

Mekanisme Kerja Rice Cooker Digital Low Sugar Sekai

Saya masih penasaran nih dengan cara kerja rice cooker digital low sugar Sekai. Bagaimana rice cooker ini bisa mengurangi kadar gula dan kalori pada nasi ya?

Ternyata rice cooker ini menyaring dan membuang air pada beras yang mengandung glukosa. Dengan begitu, air tajinnya dibuang. Hal ini tidak bisa dilakukan rice cooker biasa, yang mana airnya tidak terbuang dan justru diserap oleh nasi.

Menurut pihak Sekai, air tajin yang dibuang itu mengandung glukosa. Bila air ini diserap nasi, maka akan menghasilkan nasi dengan kadar gula tinggi.

Untuk lebih jelasnya, bisa disimak di video cara memasak nasi menggunakan rice cooker digital low sugar Sekai berikut ini.

Oh ya, Ma, Sekai mengeluarkan dua tipe rice cooker digital low sugar. Rice Cooker Low Sugar CMW 522 Serela dan CMW 720 LS. Bedanya, kapasitas beras CMW 720 LS adalah 1 liter, sedangkan CMW 522 adalah 2 liter.

Keunggulan Rice Cooker Digital Low Sugar Sekai

Gimana, Ma, sudah lebih merasa aman mengonsumsi nasi yang dimasak rice cooker low sugar Sekai? Mengingat glukosanya sudah dibuang bersama air tajinnya, maka nasi di piring kita sudah lebih rendah glukosa dan kalori.

Selain bisa mengurangi kadar gula dan kalori, kira-kira apa lagi ya keunggulan rice cooker ini? Yuk, kita ulik!

Praktis

Mengingat rice cooker low sugar Sekai bertipe digital, tentu praktis sekali dalam penggunaannya. Di tipe CMW 720 LS, kita hanya perlu menekan panel kontrol di bagian depan rice cooker untuk mengatur fungsi sesuai kebutuhan. Sementara di tipe CMW 522, panel control ada di tutup rice cooker-nya.

Low Watt

Rice cooker digital low sugar Sekai ini dirancang low watt. Dengan segala kelebihan yang dimiliki, produk ini hanya memerlukan konsumsi daya sekitar 500 watt dan 220 V / 50 Hz. Alhamdulillah, cukup hemat dan sangat mendukung pola makan sehat.

Tampilan Ringkas dengan Pilihan Warna Cantik

rice cooker digital low sugar sekai
Tipe CMW 522/ Foto: Instagram Sekai

Rice cooker ini memiliki tampilan yang ringkas alias simpel, tetapi tetap elegan. Lihat saja, body-nya tidak banyak perintilan dan cocok diletakkan di mana saja. Dijamin tidak akan membuat titik penempatan terasa penuh.

Saat rice cooker akan dipindahkan pun mudah dan praktis. Ini karena keberadaan handle yang mudah digenggam dan nyaman.

Body rice cooker digital Sekai terbuat dari material stainless steel berkualitas. Kita nggak perlu ragu body-nya bakal gampang tergores atau penyok. Super aman!

Warna rice cooker-nya pun macam-macam, bisa dipilih sesuai favorit kita. Untuk tipe CMW 720 LS ada warna hitam, merah muda, ungu, dan hijau tua. Sementara tipe CMW 522 tersedia dalam warna hitam, merah, dan kuning. Warna mana nih yang bakal bikin dapur Mama lebih cantik?

Multi Function Cooker

Sederhana, tapi juara. Kendati penampakannya simpel, tapi rice cooker digital low sugar Sekai memiliki banyak kemampuan lho.

Kita bisa menggunakan alat ini tak hanya untuk memasak nasi rendah gula saja. Untuk tipe CMW 720 LS, ada lima fungsi lain seperti memasak nasi biasa, bubur, kue, sup, dan menghangatkan makanan.

Sedangkan tipe CMW 522 sanggup menjalankan 8 fungsi memasak. Kemampuannya sama seperti tipe yang disebutkan sebelumnya, hanya saja ditambahi fungsi membuat yoghurt dan bubur bayi.

Selain itu, rice cooker ini juga dilengkapi pengukus yang terbuat dari stainless food grade dan tahan lama. Wah, nggak perlu punya banyak alat masak nih. Satu rice cooker, bisa digunakan untuk macam-macam fungsi masak.

Tahan Basi Sampai 48 Jam

rice cooker digital low sugar sekai
Nasi jadi lebih awet dan tetap sehat/ Foto: Instagram Sekai

Keunggulan lain dari rice cooker digital low sugar Sekai adalah bikin nasi tahan basi sampai 48 jam. Kok bisa? Rahasianya ada pada teknologi 3D heating element.

Keberadaan teknologi tersebut membuat rice cooker ini bisa memanaskan nasi dari berbagai sisi. Sistem pemanasnya juga secara otomatis berjalan dengan baik, sehingga nasi tahan basi selama 48 jam.

Panci Berkualitas, Antilengket dan Tahan Gores

Keunggulan lain rice cooker digital low sugar ini adalah keberadaan panci yang dibuat dari material berkualitas. 5 Lapis innerpot membuat proses memasak lebih cepat.

Lapisan ini juga membuat panci pemasak nasinya antilengket, antigores, dan mudah dibersihkan. Produk yang bagus karena memudahkan proses memasak dan lebih sehat.

Baca juga tulisan tentang gaya hidup sehat lainnya: You Are What You Eat, Ini Manfaat Konsumsi Makanan Halal

Penutup

Segala sesuatu yang terlalu banyak memang tidak baik, termasuk kebanyakan makan nasi putih. Tidak hanya berisiko kegemukan, juga berpotensi mengalami diabetes tipe 2.

Selain mengurangi jumlah asupan nasi, jangan lupa pastikan nasi yang diasup memiliki kadar gula dan kalori lebih rendah ya, Ma. Rice cooker digital low sugar Sekai bisa jadi andalan untuk memasak nasi yang lebih sehat.

Yuk, mulai perbaiki gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat. Ingat ya, Ma, sehat itu sebenarnya murah. Sebaliknya, sakit itu mahal. Saat sakit, selain keluar biaya untuk pengobatan, kita juga jadi tidak produktif.

Gimana, siap beralih memasak nasi yang lebih sehat bersama rice cooker digital low sugar Sekai? Ayo kita segera belanja online rice cooker Sekai!

Referensi

Sawada K., Takemi Y., Murayama N., dan Ishida H. 2018. Relationship Between Rice Consumption and Body Weight Gain in Japanese Workers: White Versus Brown Rice/ Multigrain Rice. Applied Physiology, Nutrition, and Metabolism Volume 44, Nomor 5, dipublikasikan pada Mei 2019.https://doi.org/10.1139/apnm-2018-0262

Hu E.A., Pan A., Malik V., Sun Q. 2012. White Rice Consumption and Risk of Type 2 Diabetes: Meta-analysis and Systematic Review. BMJ, 344: e1454.

Sun Q., Spiegelman D., van Dam RM., Holmes M.D., Malik V.S., Willett W.C., Hu F.B. 2010. White Rice, Brown Rice, and Risk of Type 2 Diabetes in US Men and Women. Arch Intern Med: 170(11): 961–969.

sekaihome.co.id 

Instagram Sekai

13 Comments
  1. Tysa G says

    Aku baru tau loh ada inovasi rice cooker begini, kebetulan lagi nyari rice cooker juga soalnya mau ganti baru..
    Boleh nih nanti rekomenin ke suami minta beliin ini, watt nya juga ga tinggu pula..

  2. Rismayani says

    Boleh juga punya Rice Cooker Digital Low Sugar Sekai ini buat menerapkan pola hidup sehat apalagi nasi bisa tahan basi selama 48 jam, manfaatnya banyak banget nih

  3. aliyatus sa'diyah says

    makin keren aja teknologi sekarang tuh, bismillah semoga ikhtiarnya berhasil mbak aku pun juga pengen coba

  4. Nyonya Faruq says

    Keren ya suamiku kudu beli ini secara mau makan nasi tapi ga mau gemuk ini rekomendasi banget ya

  5. Ratnasari Pevensie says

    Zaman sekarang makin canggih aja yaa, aku malah salfok sama pilihan warnanya yang cantik-cantik banget loh hihi

  6. Deris Afriani says

    Wah ini bagus buat ibuku. Kebetulan ibu diabet. Nasi kadang dikukus dua kali untuk mengurangi kadar gulanya. Rice cooker ini solusi banget nih 😁.

  7. Tri Ayu says

    Wahhh keren, ada panel kontrolnya jadi lebih simpel. Aku yg sering mager masak pasti jadi makin rajin kalo rice cooker ya begini.

  8. Rika Amelina says

    Baru tau ada rice cooker yang bisa kurangin kadar gula dalam nasi. Ok, ini jadi next wish list aku utk elektronik rumah tangga. Makasih reviewnya mbak!

  9. Nyi Penengah Dewanti says

    Mertuaku perempuan menderita diabetes parah. Cocok nih ya make ini. Aku bilang ke suami ah siapa tau ada rejeki bisa beli ini

  10. Imawati Annisa says

    Kayaknya saya pernah lihat produk serupa diiklankan di TV, Untuk penderita diabetes dan yang lagi mengurangi konsumsi gula dari nasi bisa banget ya pakai ricecooker sehat ini. Someday harus mempertimbangkan beli peralatan elektronik kayak gini nih biar kualitas hidup makin baik.

  11. ruziana says

    diabetes konon adalah induk dari penyakit
    memang perlu dijaga banget pola makan biar ga diabet
    tapi dengan rice cooker digital low sugar ini bisa salah satunya memudahkan dalam menjaga kadar gula dalam darah

  12. Duwi lestari says

    Wah sepertinya cocok banget pakai ini untuk menjaga diri dari diabetes

  13. Cyntiayoga says

    Ih tau aja aku lagi nyari rice cooker tapi bingung mau beli yang mana. Makasii yaa kak rekomendasinya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

www.kirmiziyilan.com